12Aug

Bunga dan Suku Bunga Tabungan, Apa Beda?

Salah satu layanan masyarakat yang berhubungan dengan finansial menjadi suatu hal yang terkadang dibutuhkan oleh banyak orang. Bentuk layanan yang umum dijumpai dalam hal ini adalah peminjaman dana untuk kebutuhan penting dan mendesak. Pada layanan tersebut akan dikenal istilah bunga yang tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. 

Pengertian dari bunga dalam hal ini adalah sebuah bentuk dari imbal jasa terhadap pinjaman uang. Selain bunga, juga terdapat istilah lainnya yaitu suku bunga yang diartikan sebagai persentase dari pokok hutang. Lebih lanjut, persentase dari pokok hutang tersebut harus dibayarkan selama periode tertentu sebagai bentuk dari imbal jasa. Agar dapat mengetahui lebih dalam lagi informasi seputar bunga dapat dilihat melalui beberapa ulasan dibawah ini. 

Perbandingan Suku Bunga Kredit dan Suku Bunga Simpanan 

Seorang nasabah yang mempercayakan uangnya untuk disimpan pada suatu bank akan mendapatkan suku bunga simpanan. Berdasarkan hal tersebut, suku bunga simpanan adalah bentuk dari suku bunga sebagai balas jasa atas penyimpanan uang yang dilakukan oleh nasabah. Adapun tujuan ditetapkannya suku bunga simpanan adalah agar calon nasabah tertarik untuk menempatkan uangnya di suatu bank. 

Setiap bank memiliki produk-produk yang berbeda dalam menetapkan suku bunga simpanan bagi nasabah. Salah satu diantaranya dikenal dengan istilah deposito yang memiliki suku bunga lebih tinggi dibandingkan dengan jenis tabungan biasa dikarenakan terdapat beberapa perbedaan diantara keduanya. Dengan demikian persentase keuntungan yang diperoleh antara keduanya juga berbeda. 

Sementara itu, pengertian dari suku bunga kredit didasarkan atas nasabah yang berperan sebagai peminjam dana. Dimana dalam hal ini, suku bunga akan ditagih sebagai bentuk dari balas jasa atas uang yang telah dipinjamkan. 

Berdasarkan hal tersebut, suku bunga jenis ini berperan sebagai sumber pendapatan bagi pihak bank yang diperoleh dari perbedaan margin dimana suku bunga kredit lebih tinggi dari suku bunga pinjaman. 

Cara Kerja Bunga 

Perhitungan bunga didasarkan atas perkalian dari jumlah pokok pinjaman dengan suku bunga. Pelunasan dari pinjaman tersebut dilakukan selama periode yang telah ditentukan dengan membayar cicilan pokok pinjamannya. Sementara itu, dari segi simpanan tabungan bunga akan diserahkan kepada nasabah pada akhir periode yang telah disetujui baik oleh pihak bank maupun nasabah. 

Jenis Suku Bunga di Perbankan di Indonesia 

Berdasarkan dua bentuk dari suku bunga yang telah disebutkan sebelumnya, maka hal tersebut membuat suku bunga memiliki berbagai macam jenis. Adapun jenis-jenis suku bunga yang terdapat di perbankan Indonesia pada umumnya yaitu terdiri dari sebagai berikut ini. 

Jenis Suku Bunga Kredit Berdasarkan Sifatnya 

Dalam hal ini, terdapat dua jenis dari suku bunga kredit yaitu terdiri dari suku bunga tetap dan suku bunga mengambang yang lebih lanjut akan dijelaskan pada paragraf dibawah ini.

  • Suku Bunga Tetap 

Suku bunga tetap adalah bentuk dari suku bunga yang memiliki jumlah tetap atau tidak berubah selama periode pelunasan. Adapun keuntungan dari jenis suku bunga ini adalah jumlah suku bunga yang harus disetorkan tidak berubah meskipun terjadi peningkatan pada suku bunga pasaran. Dengan demikian, nasabah tidak perlu khawatir dan membayar cicilan dengan nilai yang tetap. 

Akan tetapi kelemahan dari jenis suku bunga ini adalah terletak pada kondisi sebaliknya yaitu jika suku bunga pasaran menurun. Pada kondisi tersebut, bunga yang dibayarkan oleh nasabah dapat lebih tinggi dari pasaran. Produk bank yang biasa menggunakan jenis suku bunga ini adalah Kredit Pemilikan Rumah (KPR), KTA, kredit motor, kredit jangka pendek, dan lain sebagainya. 

  • Suku Bunga Mengambang 

Suku bunga jenis ini juga biasa disebut dengan istilah floating dimana nilainya selalu mengalami perubahan. Perubahan tersebut terjadi didasarkan pada dinamika suku bunga pasaran dari suatu periode ke periode selanjutnya. Oleh karena itu, suku bunga kredit jenis ini akan mengalami peningkatan jika suku bunga pasaran naik dan juga akan berlaku pada kondisi sebaliknya. 

Kelebihan dari jenis suku bunga ini adalah nasabah tidak perlu mengkhawatirkan nilai suku bunga yang selalu tinggi karena sewaktu-waktu nilai tersebut akan rendah. Sementara itu, untuk kekurangan adalah nasabah tidak memiliki kesempatan untuk dapat menikmati keuntungan kompetitif dari suku bunga pasaran layaknya suku bunga tetap. 

Jenis Suku Bunga Kredit Berdasarkan Perhitungannya 

Berdasarkan perhitungannya, suku bunga kredit dapat dibedakan dalam tiga jenis yang lebih lanjut dapat dipahami melalui beberapa penjelasan berikut ini. 

  • Suku Bunga Flat 

Merupakan suku bunga yang diperoleh dari hasil perhitungan tertentu. Perhitungan suku bunga dalam hal ini didasarkan pada jumlah pokok awal pinjaman pada setiap cicilan. 

Berdasarkan perhitungan tersebut, cicilan dilakukan secara proporsional dan menyesuaikan jangka waktu kreditnya. Adapun ciri-ciri dari jenis suku bunga kredit ini adalah jumlah dan cicilan pokok bernilai tetap untuk angsuran setiap bulannya. 

  • Suku Bunga Efektif 

Jenis suku bunga selanjutnya adalah suku bunga efektif yang merupakan memiliki kondisi berbanding terbalik dengan suku bunga flat. Berdasarkan hal tersebut, perhitungan dari jenis suku bunga ini didasarkan pada sisa dari jumlah pokok pinjaman. 

Pada jenis suku bunga ini angsuran akan mengalami penurunan setiap bulannya dikarenakan jumlah porsi bunga menurun. Akan tetapi cicilan pokok pinjaman dalam hal ini bernilai tetap. 

  • Suku Bunga Anuitas 

Jenis suku bunga yang terakhir dalam hal ini adalah suku bunga anuitas yang merupakan bentuk modifikasi dari suku bunga efektif. Modifikasi yang ditetapkan pada jenis suku bunga ini adalah jumlah angsuran yang sama untuk setiap bulannya. 

Berdasarkan hal tersebut, cara perhitungan dari jenis suku bunga ini adalah didasarkan atas sisa jumlah pokok pinjaman. Namun porsi cicilan pokok pinjaman akan meningkat sedangkan jumlah porsi yang dibayar mengalami kondisi sebaliknya yaitu akan menurun. 

Dengan kata lain, pada awal periode kredit nilai pembayaran porsi bunga akan besar. Akan tetapi hal tersebut akan secara perlahan mengalami penurunan hingga mencapai akhir jangka waktu pelunasan. Adapun tujuan dari bentuk modifikasi tersebut adalah untuk memudahkan nasabah sehingga tidak perlu pusing dalam mengubah angsuran setiap bulannya. 

Itulah ulasan tentang informasi terkait bunga dan suku bunga secara umum yang berlaku di Indonesia. Perlu diketahui juga bahwa terdapat informasi yang tidak kalah penting yaitu adannya perusahaan teknologi yang mampu memberi komisi seperti bunga bank. 

Melalui aplikasi yang berperan dalam hal ini, hal tersebut dapat diperoleh dengan sangat mudah yaitu menggunakan gadget saja. Aplikasi yang dimaksud dalam hal ini adalah KUDO yaitu sebuah marketplace online untuk membangun toko online bagi siapa saja. 

Merupakan singkatan dari Kios Untuk Dagang Online, aplikasi ini mampu memberikan peluang cukup besar dalam menjalankan bisnis online yang sangat mudah dan cepat. Tidak hanya dapat menjual produk berupa barang saja, akan tetapi aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai penyedia jasa layanan PPOB bagi penggunanya. 

Lebih menariknya lagi, bisnis online tersebut tetap dapat dilakukan tanpa adanya modal. Adapun penghasilan yang diperoleh berasal dari komisi yang cukup besar jika berhasil menjual produk di dalamnya. Jika penasaran, Anda dapat langsung membuktikannya dengan menginstal aplikasi KUDO atau kunjungi website resminya. Setelah itu, ikuti langkah untuk dapat menjadi salah satu dari agennya sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *