21Jul

Kudo : Supplier Sembako Rumahan Online Murah 2017

Berdagang merupakan suatu yang dilakukan masyarakat untuk mendapatkan penghasilan demi memenuhi kebutuhan hidup. Banyak orang yang menggantungkan hidupnya dengan cara berdagang. Barang yang diperdagangkan pun apa saja, mulai dari berdagang dengan cara membuka warung kecil-kecilan hingga restoran besar, dari warung kecil-kecilan hingga toko grosir besar, anak-anak hingga pakaian orang dewasa, peralatan dapur dan peralatan lainnya, kendaraan, dan sebagainya. Bahkan tidak jarang berdagang merupakan sebuah yang dan tentunya memberikan keuntungan yang besar dibandingkan dengan jenis usaha lainnya, misalnya menjadi . Karena kebutuhan setiap orang akan suatu barang atau tidak bisa dibatasi, sehingga dengan cara berdagang barang dan jasa tersebutlah kebutuhan orang tersebut dapat terpenuhi. Hal ini tentunya sesuai dengan hukum permintaan dan penawaran, seperti syarat hukum tersebut adalah ada pembeli maka akan ada penjual.

Manfaat kegiatan berdagang makanan, , pakaian dan sebagainya tersebut nyatanya tidak hanya dirasakan oleh orang per orang saja. Tetapi, juga mampu menggerakkan roda perekonomian tingkat daerah, tingkat nasional, dan bahkan perekonomian dunia. Karena dengan cara berdagang, masyarakat menjadi memiliki penghasilan, kemudian penghasilan tersebut digunakan lagi untuk konsumsi atau membeli barang atau jasa yang dibutuhkan. Kemudian masyarakat memiliki penghasilan, perekonomian semakin berkembang karena masyarakat semakin makmur, dan pembangunan ekonomi pun akan semakin meningkat pula.

Usaha berdagang sebenarnya cukup mudah dilakukan. Apalagi usaha berdagang secara kecil-kecilan, yang diperlukan tidak terlalu besar. Bisa membuka usaha berdagang rumah dengan membuka warung kecil-kecilan. Usaha berdagang dengan membuka warung kecil-kecilan ini misalnya usaha , usaha warung makan, usaha grosir pakaian, usaha menjahit, usaha berjualan kue, usaha membuat kerajinan tangan dan sebagainya. Jenis usaha tersebut hanya membutuhkan modal yang kecil, tempat yang tidak terlalu luas, dan bisa dilakukan oleh . Sedangkan usaha berdagang untuk skala besar tentunya membutuhkan modal yang sangat besar, tempat yang juga cukup besar, dan tentunya membutuhkan pengalaman serta pemahaman bisnis yang memadahi, supaya tidak mengalami kerugian besar. Usaha dengan skala cukup besar ini misalnya usaha mebel, toko , dealer motor, dan sebagainya.

Namun bagi Anda yang masih pemula dalam , seperti bisnis grosir sembako, sebaiknya dagang kecil-kecilan terlebih dahulu supaya lebih mendalami ilmu berbisnis. Apalagi yang Anda miliki tidak terlalu besar, sehingga lebih cocok di samping sambil mendalami ilmu bisnis, tetapi juga sambil mengumpulkan modal untuk mengembangkan bisnis dagang Anda. Salah satu mengawali bisnis sembako adalah mendapatkan barang dengan harga dari supplier sembako. ini tidak bisa dianggap sebelah mata. Karena banyak juga usaha besar yang berawal dari bisnis kecil-kecilan. Biasanya dengan skala kecil dilakukan sebagai usaha sambilan di samping menjalani sehari-hari untuk tambahan pendapatan akibat atau upah yang didapat yang kurang mencukupi. Padahal biaya untuk memenuhi kebutuhan hidup semakin tinggi saja.

Kudo : Toko Supplier Sembako Rumahan Online Murah 2017

Membuka usaha grosir sembako sebenarnya memiliki peluang yang lebih luas dibandingkan dengan usaha dan usaha dagang eceran, karena target pemasaran tidak hanya toko-toko sembako eceran. Sembako yang dijual juga bisa langsung diecer ke masyarakat, meskipun target utama pemasaran memang toko-toko sembako. Namun, sebenarnya usaha yang satu ini membutuhkan modal yang cukup besar dibandingkan dengan modal untuk membuka biasa. Karena target pemasarannya memang toko sembako, sehingga modal yang diperlukan tentunya memang lebih besar dari modal membuka toko sembako biasa.

Umumnya dalam setiap usaha, modal adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki. Besarnya modal yang diperlukan tergantung skala usaha yang akan dijalankan. Hal ini ternyata berlaku pula pada usaha dagang sembako. Karena kegiatan usaha hampir sama halnya dengan berinvestasi, yang mana semakin besar keuntungan yang didapatkan, maka semakin besar pula modal dan resiko yang akan ditanggung. Nah, untuk meminimalisir hal tersebut, terutama bagi para pemula usaha atau bisnis, sebaiknya mempelajari dahulu analisis kekuatan, kelemahan, arah dan target usaha Anda atau yang biasa dikenal sebagai S.W.O.T.. Analisis ini tidak bisa dianggap sepele meskipun Anda hanya berniat membuka usaha dagang sembako. Karena jika dicermati dan direalisasikan dengan baik, maka usaha Anda berpeluang besar akan berhasil.

Ketika sudah melakukan analisis S.W.O.T. tersebut, sebelum benar-benar membuka usaha dagang sembako, mulailah untuk mengimplementasikannya dalam bentuk praktek dengan membuka usaha warung sembako kecil-kecilan di rumah Anda atau di kios kecil, namun berada di tempat yang cukup ramai sesuai dengan lokasi konsumen yang Anda targetkan. Menggunakan garasi rumah, teras atau halaman rumah sebagai lokasi usaha warung sembako ini gunanya untuk meminimalisir kebutuhan modal ditengah modal minim yang Anda miliki.

Setelah menentukan lokasi usaha untuk dijadikan sebagai warung sembako kecil-kecilan, carilah atau supplier sembako yang menawarkan harga paling murah. Untuk mencari distributor sembako tersebut, Anda bisa survei langsung atau mencari referensi kepada kerabat Anda atau orang-orang yang berpengalaman. Mencari distributor sembako yang murah dapat membuat modal untuk membeli sembako yang akan Anda jual bisa diminimalisir, dan harga sembako yang Anda jual pun akan menjadi lebih murah. Anda bisa membeli berbagai jenis sembako yang ingin Anda jual melalui distributor sembako atau toko grosir sembako yang murah tersebut, tetapi bisa pula Anda melakukan spesialisasi produk sembako yang akan Anda jual. Spesialisasi ini maksudnya menjual beberapa macam jenis sembako saja supaya kuantitas barang yang dijual terlihat lebih banyak.

Kelebihan lainnya menjual produk sembako dengan cara spesialisasi adalah Anda bisa menarik konsumen lebih banyak. Karena usaha Anda akan lebih dikenal konsumen untuk membeli beberapa macam jenis sembako tersebut. Contoh spesialisasi ini misalnya menjual minyak goreng dan gula saja, atau menjual beras dan telur ayam saja, minuman ringan dan sebagainya. Kemudian masyarakat akan berpikiran bahwa warung Anda seperti warung grosir sembako, sehingga mereka lebih percaya untuk membeli gula dan minyak goreng hanya di warung Anda, atau lebih percaya untuk membeli beras dan telur ayam hanya di warung Anda pula. Namun jangan lupa untuk tidak mengambil yang terlalu besar, sementara Anda mendapatkan produk sembako dari distributor yang murah. Karena jika untuk yang Anda ambil terlalu besar, tentunya harga sembako Anda akan sama saja atau bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan harga sembako di warung lain. Hal ini akan membuat usaha Anda sia-sia saja. Masyarakat tidak akan mau membeli sembako yang harganya lebih mahal, sementara di tempat lain masih banyak warung sembako yang harganya lebih murah.

Melakukan usaha dengan orientasi keuntungan yang besar boleh saja, asalkan mengambil keuntungan tidak dengan cara menjual harga barang yang dijual dengan harga yang mahal. Masih ada cara lain yang dapat dilakukan untuk meraup keuntungan yang lebih besar ketika sedang merintis usaha warung sembako. Misalnya dengan cara berorientasi kepada kuantitas barang yang dijual. Mengorientasikan kuantitas barang yang dijual yaitu dengan cara mengambil keuntungan lebih kecil. Dengan begitu, harga barang sembako yang Anda jual harganya akan lebih murah dibandingkan dengan harga sembako di warung lain. Dengan begitu, banyak masyarakat akan rela membeli sembako di warung Anda dan bahkan menjadi pelanggan tetap meskipun warung sembako Anda mungkin cukup jauh ditempuh dari tempat tinggal mereka. Namun, dengan catatan jangan mematok harga terlalu rendah sampai lebih rendah dari harga beli di distributor. Karena tentu saja Anda akan mengalami kerugian dan usaha Anda lama kelamaan akan gulung tikar akibat tidak balik modal. Jika sudah begini, angan-angan Anda untuk membuka toko grosir sembako yang besar akan sangat sulit tercapai akibat modal yang tidak kunjung mencukupi.

Berorientasi kepada kuantitas barang yang dijual sebenarnya juga bisa mendapatkan keuntungan yang besar meskipun keuntungan besar yang didapat tidak secepat mencapai keuntungan besar dengan cara menjual produk dengan harga mahal. Namun sebagai perintis, berorientasi kepada kuantitas barang yang dijual akan lebih banyak menarik konsumen dan menjadikan konsumen lebih mempercayai warung Anda untuk dijadikan sebagai langganan tetap. Dengan begitu, usaha Anda akan lebih memiliki nama dibandingkan dengan usaha warung sembako lainnya. Memiliki nama dan mendapat kepercayaan dari para konsumen sangat penting untuk kelanjutan usaha Anda selanjutnya yang ingin membuka usaha toko grosir atau supplier sembako, karena Anda sudah memiliki pelanggan setia. Apalagi ketika Anda membuka toko grosir, pelanggan setia Anda akan lebih senang lagi karena tentunya harga sembako yang mereka beli harganya akan semakin murah. Untuk itu, berilah pelayanan yang maksimal untuk selalu menjaga kenyamanan dan kepercayaan pelanggan Anda.

Supaya Anda lebih paham, berikut ini ada beberapa membuka usaha warung sembako  untuk meraih untung yang berlipat sebelum merintis usaha toko grosir sembako, yaitu:

  1. Menentukan lokasi usaha yang strategis, misalnya di pinggir jalan di tempat yang ramai, atau di depan rumah jika rumah Anda berada di pemukiman yang cukup ramai. Menentukan lokasi usaha yang strategis juga bisa dilakukan dengan cara lihat target pemasaran Anda. Misalnya target pemasaran Anda adalah ibu-ibu rumah tangga, maka sebaiknya membuka warung sembako di tempat-tempat yang mudah dijangkau oleh ibu-ibu rumah tangga. Supaya pelanggan Anda lebih nyaman, pilihlah tempat usaha yang juga bisa cukup untuk parkir kendaraan pelanggan dan kendaraan distributor Anda. Jangan lupa memperhatikan juga lokasi warung pesaing Anda. Apakah cukup banyak warung sembako yang laris di sekitar tempat Anda akan melakukan usaha. Jika tidak banyak hanya satu atau dua warung saja, maka lokasi tersebut bisa untuk lokasi usaha Anda.
  2. Pertimbangkan jenis barang yang akan Anda jual untuk menentukan harga. Misalnya dengan menjual air minum kemasan yang masih dalam satu kardus harganya lebih rendah dibandingkan menjual air minum kemasan yang sudah dalam bentuk satuan. Atau bisa juga menentukan harga barang yang cepat laku dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga barang yang tidak cukup laku. Misalnya menjual beras dan air minum kemasan. Beras merupakan bahan pangan pokok, sehingga sangat dibutuhkan masyarakat dan akan cepat habis ketika dijual. Oleh sebab itu, harga beras lebih mahal. Sedangkan air minum kemasan tidak terlalu dibutuhkan karena tidak mungkin setiap orang meminum air kemasan, sehingga menjual air minum kemasan ini tidak akan cepat habis kecuali jika ada tertentu. Oleh sebab itu, harga air minum emasan ini lebih murah dibandingkan dengan harga beras.
  3. Carilah distributor atau pemasok barang sembako langsung untuk merintis warung grosir Anda. Carilah agen grosir atau agen distributor sembako yang terpercaya dan menjual dengan harga yang lebih murah di antara agen distributor lainnya. Agen distributor besar biasanya mematok harga grosir yang lebih murah. Untuk mendapatkan agen distributor yang murah dan terpercaya, Anda bisa mengamati atau survei langsung ke agen distributor yang datang ke toko-toko grosir. Tanyalah agen distributor tersebut untuk mendapatkan informasi mengenai harga barang yang mereka jual. Selain itu, Anda juga bisa mencari info mengenai agen distributor yang murah melalui kerabat atau orang-orang yang berpengalaman dibidang usaha tersebut. Setelah mendapat agen distributor yang Anda inginkan, jalinlah dengan agen tersebut supaya tanpa diminta agen distributor tersebut akan datang mengantarkan barang-barang sembako ke warung Anda secara rutin supaya warung sembako Anda tidak kehabisan stok.
  4. Melakukan spesiaisasi produk untuk meminimalisir modal dan membuat usaha Anda tampak besar. Melakukan spesialisasi produk ini dilakukan dengan cara sebisa mungkin memilih barang yang banyak dicari oleh konsumen untuk dijual. Misalnya beras, gas LPG 3 kg sampai 15 kg, gula dan garam, minyak goreng, telur ayam, tepung terigu dan sebagainya. Dengan menjual jenis sembako tersebut, Anda tidak perlu khawatir barang dagangan Anda tidak habis, karena masyarakat sangat membutuhkan barang-barang sembako tersebut yang fungsinya tidak bisa digantikan dengan barang sembako lainnya.  selain itu, spesialisasi produk ini akan membuat usaha warung sembako Anda lebih dikenal masyarakat karena barang yang dijual lebih banyakdibandingkan warung sembako biasa, seperti toko grosir, sehingga mereka beranggapan bahwa harga barang yang anda jual juga lebih murah dibandingkan dengan warung sembako lainnya.
  5. Siapkan sarana pendukung lainnya, misalnya timbangan, mesin hitung, dan kendaraan untuk antar barang. Timbangan sangat diperlukan untuk menimbang berbagai produk sembako yang Anda jual, misalnya beras, gula, minyak goren curah, tepung terigu, dan sebagainya. Jika tidak ada timbangan, Anda tidak akan mengukur berat barang yang Anda jual. Kemudian mesin hitung digunakan untuk perhitungan barang-barang yang dibeli konsumen supaya lebih cepat dan akurat. Sedangkan kendaraan untuk antar barang sangat berguna untuk membantu mengantar barang-barang yang sudah dibeli konsumen yang jumlahnya sangat banyak langsung ke alamat konsumen Anda.
  6. Memberikan pelayanan semaksimal mungkin untuk membangun kepercayaan konsumen. Memberikan pelayanan yang baik dapat dilakukan dengan cara melayani konsumen dengan sopan dan ramah. Selain itu, bangunlah kepercayaan konsumen dengan kejujuran, misalnya menimbang dengan timbangan yang benardan tidak curang aau menjual produk yang kualitasnya layak dan baik atau tidak kadaluarsa. Kemudian usahakan konsumen selalu nyaman berbelanja di tempat Anda karena proses perhitungan dan yang cepat dan terpercaya. Serta memberikan layanan pesan antar untuk memperluas skala usaha Anda. Memberikan layanan pesan antar ini sangat banyak diperlukan oleh ibu-ibu rumah tangga yang tidak sempat pergi ke warung. Apalagi barang sembako yang mereka butuhkan dalam jumlah yang lumayan banyak, maka layanan ini membantu mereka supaya kegiatan menjadi lebih praktis. Tingkatkan terus pelayanan Anda kepada konsumen dengan pelayanan yang lebih baik dibandingkan dengan pelayanan yang diberikan oleh kompetitor usaha tersebut.
  7. Dalam memanajemen usaha warung sembako Anda, pastikan tidak tercampur aduk dengan keuangan lainnya misalnya dengan gaji Anda. Kemudian pisahkan antara keuntungan dengan modal untuk stok barang berikutnya. Jangan sampai modal yang sudah dikumpulkan terpakai untuk keperluan lainnya apalagi untuk keperluan yang kurang produktif, supaya usaha Anda bisa terus berjalan dengan baik. Kemudian sisihkan sebagian keuntungan untuk ditabung dan dukumpulkan untuk atau membuka usaha yang lebih besar lagi seperti toko grosir sembako.

Dari seluruh tips-tips sukses dalam merintis usaha sembako tersebut, yang paling utama untuk kesuksesan sebuah usaha adalah dengan pandai-pandai atau jeli melihat peluang. Apalagi di masa sekarang ini, setiap jenis usaha atau bisnis selalu memiliki pesaing yang tidak bisa diremehkan sepak terjangnya. Jika tidak pandai-pandai mencari celah dan jeli melihat peluang, maka apapun bisnis yang Anda jalankan tidak akan bisa bertahan lama. Karena usaha yang Anda jalankan tidak lebih baik dibandingkan dengan yang dijalankan kompetitor usaha Anda. Oleh sebab itu, dalam setiap usaha selalu diperlukan adanya inovasi-inovasi produk dan sistem pelayanan supaya bisnis atau usaha Anda menjadi lebih unggul dan bisa bersaing dengan usaha lainnya.

Dalam menghadapi perkembangan saat ini, alangkah lebih bijak jika Anda memanfaatkan sebaik-baiknya momen tersebut dengan cerdas. Perkembangan teknologi dan internet bisa menjadi jalan untuk mencapai peluang yang seluas-luasnya bagi usaha yang Anda jalankan. Caranya adalah tentu saja dengan memanfaatkan perkembangan dunia teknologi dan internet tersebut untuk dijadikan sebagai lahan bisnis, misalnya membuka bisnis berjualan secara . Untuk hal ini Anda bisa mencoba membuka toko sembako secara online. Kesuksesan bisnis dagang secara online ini tidak perlu diragukan lagi. Karena melalui sistem online, cakupan pemasaran produk lebih luas bahkan bisa langsung diakses oleh konsumen kapan pun dan di mana pun mereka berada, sehingga lebih praktis dilakukan para konsumen ditengah-tengah kesibukan menjalankan rutinitas mereka sehari-hari.

Untuk menjadi supplier sembako secara online, maka adalah solusi yang paling tepat. Kios Untuk atau KUDO ini merupakan sebuah situs jual beli online atau market place untuk berbagai jenis barang dan jasa melalui website dan . Website resmi KUDO adalah www.KUDO.co.id. Sementara itu, menurut situs KUDO, KUDO adalah perusahaan yang bergerak di bidang (perdagangan secara online) yang melayani pembelian produk online, , transportasi, , pembayaran seperti tagihan , , dan masih banyak lagi, serta produk digital lainnya melalui Agen yang nantinya akan mendapat untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh Agen tersebut melalui website dan atau melalui aplikasi KUDO.

Zaman sekarang jika melakukan usaha secara konvensional saja, maka usaha yang dijalankan akan tenggelam di tengah kesuksesan usaha yang dilakukan secara online, terutama bisnis usaha dagang grosir sembako. Oleh sebab itu, menjadi adalah kesempatan yang besar untuk bisnis supplier sembako yang sukses dan meraih keuntungan besar. Agen KUDO menurut situs website KUDO adalah perorangan yang melakukan transaksi dengan memanfaatkan platform KUDO sebagai media usaha dan mendapatkan imbalan berupa komisi dan atau insentif untuk setiap transaksi yang dilakukan. Dengan bergabung bersama KUDO selain dapat memperluas jaringan pemasaran Anda juga akan mendapat komisi. Komisi ini maksudnya adalah keuntungan dari penjualan produk Anda dari harga produk untuk setiap transaksi yang berhasil dilakukan. Komisi akan langsung diberikan oleh KUDO kepada Agen KUDO yang berhasil melakukan transaksi.

Keuntungan-keuntungan yang akan didapatkan ketika menjadi Agen KUDO memang sangat menggiurkan, apalagi untuk usaha sederhana seperti bisnis toko sembako. Oleh sebab itu, saat ini sudah banyak Agen-Agen KUDO yang menjual berbagai macam produk dan tersebar di . Untuk itu, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum dan sesudah menjadi Agen KUDO, antara lain yaitu:

  1. Sebelum menjadi Agen, identifikasi dulu diri Anda, apakah mampu dan terampil melakukan kegiatan berjualan secara online melalui KUDO dengan mengukuti perjanjian yang sah menurut hukum yang berlaku di Indonesia. Tentunya supaya usaha ini semakin mudah, Anda harus cekatan dalam mengoperasikan gadget dan internet.
  2. Anda bisa mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi Agen KUDO, yaitu mengisi data diri yang sesuai menurut Kartu Tanda Penduduk (KTP) kemudian mengisi nama yang benar, nomor dan email yang masih aktif.
  3. Setelah itu, supaya Anda menjadi Agen dan teverifikasi, makalengkapi data diri sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang meliputi nama lengkap, jenis kelamin, dan tanggal lahir. Kemudian mengisi jenis usaha yang dijalankan atau pekerjaan Anda, alamat usaha, serta mengunggah fotokopi KTP dan foto diri yang terbaru, berwarna dan beresolusi baik. Data yang digunakan untuk pendaftaran tersebut harus valid atau sesuai. Jika data tersebut terbukti tidak valid dan tidak benar dikemudian hari, maka KUDO akan menolak pendaftaran calon Agen dan bahkan menjatuhkan sanksi.
  4. Perlu dicatat bahwa KUDO tidak memungut biaya pendaftaran sepeserpun kepada calon Agen, sehingga hati-hati terhadap penipuan.
  5. Untuk melakukan pemesanan melalui KUDO, Agen harus setuju untuk menyimpan saldo terlebih dahulu yang kemudian akan dipotong ketika Agen membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana yang tertera pada halaman pembayaran yang terdiri dari ongkos kirim, harga produk, dan biaya lainnya. Saldo yang sudah tersimpan tersebut tidak dapat ditarik kembali.
  6. Apabila verifikasi data yang Anda lakukan telah berhasil, selanjutnya Anda akan mendapat kode referral yang digunakan untuk memberikan rekomendasi kepada calon Agen lainnya. Jika Agen berhasil mengajak calon Agen lainnya, maka Agen tersebut akan mendapat komisi atau keuntungan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  7. Agen harus menjaga kerahasiaan password dan PIN masing-masing untuk menghindari penipuan, karena KUDO tidak akan meminta password atau PIN Agennya. Oleh sebab itu, setiap telah selesai mengakses website atau aplikasi KUDO, sebaiknya Anda logout, supaya kerahasiaan akun Anda lebih terjaga dan terhindar dari penyalahgunaan oleh orang lain.
  8. KUDO berhak dan berwenang melakukan tindakan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh Agen sesuai dengan ketentuan dan hukum yang berlaku di Indonesia. Sementara itu, jika ditemukan kecurangan dalam bertransaksi, KUDO akan menutup akun KUDO baik sementara maupun permanen sebagai sanksi.

Dengan menjadi Agen KUDO, Anda juga tetap bisa meneruskan usaha supplier sembako secara offline, supaya profit yang didapatkan lebih banyak. Untuk itu, tunggu apalagi? Segera raih keuntungan tersebut.