11Sep

Jika Anda Tak Punya Uang Lakukan Saja 5 Hal Ini

Kondisi keuangan yang stabil tentu menjadi dambaan semua orang. Namun, kita tidak akan pernah tahu apa yang akan kita hadapi di depan. Mungkin hari ini si X masih berfoya-foya belanja kesana kesini, bisa jadi esoknya ia butuh uang, tidak ada yang tahu. Dan hal tersebut dapat terjadi pula pada Anda.

Ada masanya kita berada di atas ketika uang begitu mudahnya didapatkan, namun keadaan tersebut juga dapat berubah seiring waktu. Tidak ada yang stagnan. Tidak ada kebebasan finansial yang abadi. Namun jangan khawatir, ketika anda sudah memiliki saving, mau bagaimana pun keadaan keuangan anda, semua dapat sedikit terjaga.

Lalu bagaimana jika anda butuh uang namun savings atau tabungan anda belum cukup untuk menutup kebutuhan tersebut? Jangan panik, ada banyak hal yang bisa anda coba ketika masalah keuangan macam itu datang. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas hal apa saja yang dapat kita lakukan ketika kita butuh uang. Mau tahu apa saja? scroll down ya!

1. Buka gudang, cari barang yang masih dapat dijual
Pertolongan pertama pada masalah “butuh uang” ini adalah dengan mencari barang-barang berharga yang mungkin masih dapat dijual. Buku-buku tidak terpakai misalnya. Anda dapat meng-online-kan buku-buku tersebut di beragam e-commerce yang ada. Jika sangat mendesak, anda bisa menjual buku-buku tersebut ke pengepul barang bekas yang tentu ada di kota anda.

Selain buku-buku, Anda juga perlu keep an eye on barang-barang bekas lain yang masih dapat dijual seperti tas atau sepatu yang memang tidak anda gunakan, namun masih bagus dan layak pakai. Barang-barang pre-loved ini dapat anda jual dengan harga yang cukup bagus dan bisa menjadi penyelamat pada keadaan darurat keuangan anda.

2. Jadi chef dadakan, coba masak dan tawarkan
Pernah mendengar istilah “orang pintar masih kalah berani dari orang kepepet?”, entah itu peribahasa atau istilah atau apa, tapi hal tersebut sepertinya benar adanya. Orang jadi bisa melakukan hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, karena satu alasan saja: butuh uang. Dan anda bisa mencobanya kalau tidak percaya.

Jika anda memang memiliki bakat dalam memasak, atau memang hobi memasak, anda bisa coba keberuntungan anda dalam menjual makanan yang anda masak untuk menambah penghasilan. Cobalah menjajakannya di hari minggu pagi karena banyak orang sunday morning-an dan itu bisa jadi step awal anda mengatasi masalah “butuh uang” ini.

3. Kerja part time ojek online
Cara selanjutnya untuk membantu mengatasi masalah keuangan yang anda hadapi adalah dengan mencoba kerja part time jadi ojek online. Hal ini bisa menjadi solusi terbaik terutama bagi mahasiswa yang butuh uang. Daripada jadi sugar baby, lebih baik cari duit sendiri dengan menjadi pekerja part time ojek online.
Di Indonesia sendiri ada dua perusahaan penyedia jasa transportasi online yang cukup besar dan masih aktif meng-hire driver. Sebagai gambaran, dalam seharinya jika anda berhasil tutup poin, anda dapat menambah penghasilan hingga ratusan ribu rupiah. Dalam sehari. Hal ini tentu sangat lumayan bukan untuk mengisi waktu luang?

4. Jadi dropshipper
Cara keempat untuk mengatasi masalah butuh uang anda adalah dengan cara menjadi dropshipper. Menjadi dropshipper memungkinkan anda menjual barang milik supplier dan mendapat keuntungan untuk penjualan tersebut. Menjadi dropshipper juga semakin mudah dengan tersedianya banyak toko online.
Keuntungan menjadi dropshipper memang tidak seberapa, jika orderan yang masuk sedikit. Namun nanti, ketika anda sudah memiliki banyak pelanggan, mendapatkan keuntungan berlipat bukan hal yang sulit lagi. Jadi jika anda sedang butuh uang sekarang, mungkin mencoba jadi dropshipper bisa jadi opsi yang boleh juga.

5. Bersilaturahmi dengan teman-teman
Mungkin terdengar klise, tapi anda akan terkejut bagaimana silaturahmi dapat menambah rezeki anda. Anda tidak tahu bukan, ketika berkumpul bersama rekanan kita bisa saja mendapat “bantuan”. Tidak sedang berbicara soal materi, tapi hal-hal non materiil macam ide, dan peluang usaha baru mungkin bisa anda dapatkan juga lho.

Berkumpul atau menjaga silaturahmi yang baik dengan teman-teman juga tidak akan membuat anda kebingungan pada saat-saat sulit. Contoh mudahnya begini, anda anak kos, butuh uang, namun belum di transfer, anda tidak akan kesulitan untuk makan jika anda menjaga hubungan yang baik dengan rekanan.

6. Kerja sambilan
Jika anda masih punya waktu (uang yang anda miliki terbatas, namun masih ada), anda bisa mencoba bekerja paruh waktu. Ada banyak kafe atau usaha lain yang biasanya membutuhkan pekerja sambilan. Jika anda memiliki keterampilan dan pengetahuan pada mata pelajaran tertentu, anda bisa juga mencoba bisnis bimbingan belajar.

Untuk sekali pertemuan, anda bisa mendapatkan setidaknya minimal Rp.50.000 untuk satu kali pertemuan yang biasanya tidak sampai satu jam. Tidak hanya itu, bekerja sambilan di toko juga bisa jadi alternatif yang oke juga ketika uang yang anda miliki menipis. Asalkan itu halal dan bisa menambah penghasilan, kenapa tidak dicoba ya kan?

7. Berpuasa
Ketika uang kiriman dari orang tua belum datang, sedangkan hari masih panjang, anda bisa coba berpuasa. Terdengar konyol memang, tapi anda akan mendapat dua kebaikan sekaligus lho. Bisa menghemat uang, juga menambah pahala. Jika dalam sekali makan anda menghabiskan Rp. 10.000, dalam sehari anda bisa menghabiskan uang sebesar 30.000.

Nah, jika anda berpuasa, dalam sehari anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk 2 kali makan saja. Lumayan kan, berhemat satu kali makan. Selain itu, Anda juga mungkin sudah tahu keutamaan atau manfaat berpuasa yang ada di ajaran agama masing-masing. Seperti sambil menyelam minum air, anda akan mendapatkan beberapa manfaat sekaligus jika berpuasa.

8. Bergabung Bersama Kudo
Untuk memudahkan anda mengatasi masalah butuh uang, anda bisa bergabung bersama Kudo. Berpartner bersama Kudo dapat menjadi solusi paling solutif untuk masalah keuangan anda. Mengapa? Kudo merupakan platform yang tepat untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Dan menariknya, bergabung bersama Kudo tidaklah sesulit yang anda bayangkan.

Benar, bergabung bersama Kudo dapat dibilang sangat mudah dan cepat. Mudahnya, anda tidak membutuhkan tempat untuk membuka usaha bersama Kudo, karena Kudo tidak membutuhkan tempat, dan anda sudah berhemat sewa tempat, itu keuntungan pertama dari Kudo.

Yang kedua, bergabung bersama Kudo sangat mudah. Anda hanya membutuhkan smartphone Android untuk men-download aplikasi Kudo. Bagaimana cara men-download-nya? Anda tinggal buka PlayStore, dan cari Kudo, kemudian instal. Setelah terinstal apa yang bisa anda lakukan?

Pertama, Anda dapat melakukan pembayaran tagihan apapun via Kudo. Hal ini memungkinkan anda menjadi agen pembayaran dan mendapatkan komisi dari hal tersebut. Itu baru satu manfaat bergabung bersama Kudo. Lalu manfaat apalagi yang bisa anda peroleh dari Kudo? Selain menjadi platform pembayaran, anda juga bisa menjadi agen pulsa online.

Nah, bagaimana? Cukup menarik bukan? Selamat Mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *