25Jul

Tak Terasa Sudah Dua Tahun, Seperti Apa Kemajuan Kudo Sekarang?

Sebuah bisnis unik yang penuh dengan tantangan, apa saja kemajuan Kudo selama 2 tahun terakhir?

Perjalanan Kudo sebagai Kios Dagang Online untuk puluhan ribu agen yang tersebar di seluruh Indonesia memang sudah melewati dua tahun. Tapi perjalanan itu seolah belum cukup membuat Kudo mencapai titik kesuksesan yang sesungguhnya.

Masih banyak jalanan terjal yang harus dilalui Kudo sebagai perusahaan start up yang baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang kedua pada 15 Juli lalu.

Melihat sedikit ke belakang tentang sejarah Kudo, sejak pertama didirikan pada 2014 silam, antusiasme masyarakat terhadap Kudo memang sudah terlihat. Hal inipun dikuatkan oleh pernyataan COO dan Co-Founder PT Kudo Teknologi Indonesia, Agung Nugroho, yang dikutip dari Liputan 6 Maret lalu.

“Berkat model bisnis assisted e-Commerce online-to-offline (O2O), KUDO terus tumbuh menjadi perusahaan digital dan terpercaya, dapat diandalkan. Kudo dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin membeli produk online dengan sistem pembayaran tunai, tegasnya.

Awalnya Kudo hanya mengandalkan Kudo Box yang diharapkan bisa menggaet banyak orang untuk bergabung menjadi agen. Namun cara tersebut memberikan hasil yang mengecewakan.

Sumber foto : e27.co

Sumber foto : e27.co

Tak mau menyerah, Kudo mencoba peruntungan dengan memberikan tablet kepada para agen yang dimaksudkan memudahkan mereka untuk mengakses Kudo.

Sumber foto : www.convergencevc.com

Sumber foto : www.convergencevc.com

Rupanya cara tersebut menghasilkan sedikit titik terang. Perlahan jumlah agen pun meningkat. Sampai akhirnya tercetus untuk membuat aplikasi mobile Kudo yang bisa di unduh lewat PlayStore.

Sumber foto : www.youtube.com

Sumber foto : www.youtube.com

“Kudo merupakan produk karya Indonesia untuk dapat memajukan perekonomian digital. Melalui semangat ‘yuk jadi pengusaha’ KUDO mengajak masyarakat menjadi pengusaha dan UKM digital yang sukses,” papar CEO dan Co-Founder PT Kudo Teknologi Indonesia, Albert Lucius, yang dikutip dari Liputan 6, Maret lalu.

Ya, lewat moto-nya Yuk jadi pengusaha, Kudo memang berharap kalau kehadirannya sebagai perusahaan start up bisa membantu masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah menambah penghasilan. Berhasilnya, sampai artikel ini diturunkan Kudo dikabarkan sudah sukses menggandeng ratusan ribu agen hanya dalam kurun waktu beberapa bulan.

Dari semua kesuksesan Kudo selama dua tahun terakhir itu, hasil akhirnya adalah datangnya para investor yang memberikan investasi kepada Kudo, termasuk East Ventures, 500 Startups, GREE, IMJ Investment Partners dan Emtek.

Baca juga : Kudo Peroleh Seed Funding dari East Ventures

Baca juga : Dukung e-Commerce Lokal, Emtek Tanam Investasi di Kudo

 

Tapi sebenarnya Kudo itu apa?

Bagi sebagian orang, nama Kudo memang terdengar sedikit asing. Tapi kalau boleh membahas sedikit tentang Kudo, singkatnya Kudo merupakan platform teknologi yang menghubungkan pembelanjaan online dengan cara tradisional, retail offline yang bisa ditemui di berbagai kota dan desa yang ada di Indonesia.

Mudahnya, Kudo adalah “asisten” platform e-commerce, di mana aplikasinya membuat para penggunanya atau yang biasa disebut agen bisa menciptakan toko digital sendiri untuk menjual pulsa handphone, pembayaran tagihan dan produk-produk e-commerce seperti elektronik dan juga barang kebutuhan sehari-hari.

Sumber foto : www.maritaningtyas.com

Sumber foto : www.maritaningtyas.com

Mereka  membantu orang-orang yang tidak memiliki kartu kredit, tidak percaya sistem pembayaran online atau yang masih kurang memahami teknologi mau melakukan transaksi online untuk tetap melakukan pembayaran atau pembelian produk e-commerce dengan cara tradisional.

Gagasan inilah yang dikatakan sebagai bentuk dari Revolusi industri yang ke empat yang terjadi di Indonesia, di banyak negara-negara ASEAN dan juga pasar-pasar terkait lainnya.

Baca juga : Revolusi Industri “Menyambangi” Asia Tenggara

Kesimpulannya?

Selama dua tahun terakhir Kudo sudah berupaya memberikan hasil yang maksimal untuk mereka yang setia dan percaya kepada Kudo. Baik dari sisi tampilan, fitur, fungsi dan kemudahan lainnya.

Walaupun belum bisa dikatakan 100% sukses, tapi lewat keahlian para ratusan karyawan muda yang dimiliki, Kudo berjanji akan terus memberikan dan menghasilkan semua yang terbaik.

Saat Kudo menginjak usianya yang ketiga di tahun mendatang, selain bisa menambah jumlah agen, Kudo juga berharap bisa melebarkan sayapnya ke luar Indonesia. Sehingga dunia luar tahu kalau Indonesia punya produk karya sendiri yang bisa ikut membantu memajukan perekonomian digital.

 

Happy Anniversary Kudo!!

Kudo, Pasti Bisa!!

 

 

Sumber foto : nannisa7.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *