Tempat Unik di Jogja yang Wajib Dikunjungi
21Oct

Tempat Unik di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Jogja adalah tempat yang banyak dikunjungi orang, baik sebagai wisatawan maupun sebagai pelajar. Selain terkenal dengan tempat wisatanya yang unik dan menarik, Jogja juga terkenal dengan sekolah tingginya yang bagus. Karena itulah Jogja ramai dikunjungi pengunjung. Sebagai salah satu kota besar juga daerah istimewa, Jogja memiliki banyak sekali aset pariwisata yang dapat Anda gali. Karena itulah sebagai pengunjung, sebaiknya carilah kesempatan sebaik mungkin untuk menjelajah dan mencari tempat unik yang tidak biasa di Jogja. Kebudayaan yang masih dijunjung tinggi di Jogja merupakan salah satu daya tarik utama wisatawan. Namun, Jogja ramai dikunjungi wisatawan juga karena banyak tempat unik di Jogja. Tempat-tempat unik tersebut bisa berupa tempat unik alami atau tempat unik buatan. Beberapa tempat unik yang ada di Jogja diantaranya adalah Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta atau PASTY, Malioboro dan Gardu Action.

Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta atau yang biasa disebut PASTY adalah salah satu tempat unik di Jogja yang sangat layak untuk dikunjungi. Sesuai namanya, PASTY merupakan sebuah pasar yang menjadikan satwa atau binatang peliharaan serta tanaman hias sebagai objek yang diperjualbelikan. Satwa dan tanaman hias jika dipikirkan memang kurang cocok jika disatukan dalam suatu tempat, terlebih di sebuah pasar. Karena itulah PASTY menggunakan konsep yang unik untuk menyatukan keduanya. Meskipun keduanya masih dalam satu kawasan pasar, namun keduanya dipisah letaknya sehingga terdapat dua zona dalam PASTY. Zona satwa merupakan zona khusus yang menawarkan binatang peliharaan seperti burung, ikan, dan lain-lain. Sedangkan zona tanaman hias menawarkan berbagai tanaman hias yang dapat dipilih sesuai selera. Zona satwa dan tanaman hias dipisahkan oleh Jalan Bantul sehingga PASTY memiliki dua gerbang. Konsep tersebut merupakan salah satu daya tarik dan sisi unik dari PASTY.

Selain PASTY, Malioboro juga termasuk dalam salah satu tempat unik yaitu tempat belanja di Jogja. Jika membicarakan tentang Jogja, maka Malioboro adalah salah satu ikon yang dapat mewakili Jogja. Pasalnya, jalan yang terletak di pusat Kota Jogja tersebut menawarkan berbagai atraksi menarik. Jalan Malioboro terkenal sebagai tempat belanja atau pusat perdagangan terbesar yang ada di Jogja. Sebelum menjadi jalanan yang ramai seperti sekarang, Malioboro hanya jalan kecil yang jarang dilalui. Namun, berkat adanya pasar Beringharjo serta adanya pemukiman etnis Tionghoa, kondisi perekonomian Malioboro mulai membaik. Bahkan karena etnis Tionghoa di sana menjadikan Malioboro sebagai kanal bisnis, maka Malioboro kini menjadi salah satu kawasan paling terkenal di Jogja. Di Malioboro, Anda bisa memborong cinderamata unik yang murah dan berkualitas. Selain itu, di Malioboro Anda juga bisa menyaksikan karnaval atau acara khusus meskipun beberapa diantaranya tidak menentu waktu pelaksanaannya.

Tempat unik lainnya di Jogja adalah Gardu Action. Tempat ini sebenarnya merupakan tempat pengolahan sampah menjadi pernak-pernik yang cantik. Karena itulah di tempat ini Anda akan menerima materi edukasi tentang sampah dan bagaimana cara mengolah sampah tersebut menjadi barang-barang yang berguna. Selain itu, Anda juga bisa berselfie di tempat ini karena Gardu Action juga merupakan tempat foto unik di Jogja. Gardu Action terletak di kawasan Pantai Parangkusumo. Untuk masuk ke tempat ini, Anda tidak akan dipungut biaya atau tiket masuk, namun Anda bisa berdonasi bagi siapa saja yang ingin berdonasi.

Sumber gambar: http://www.anekawisata.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *