Tempat Wisata Dekat Maliboro yang Bisa Kita Kunjungi
21Oct

Tempat Wisata Dekat Maliboro yang Bisa Kita Kunjungi

Malioboro telah tersohor sebagai salah satu destinasi yang ada Kota Yogyakarta. Akan tetapi, ternyata masih ada tempat wisata dekat Malioboro yang juga bisa kita kunjungi selagi berlibur di Kota Pelajar ini. Jaraknya yang masih di sekitaran Malioboro membuatnya mudah untuk dijangkau dan pastinya ramai oleh pengunjung. Yogyakarta sendiri memang menjadi salah satu kota favorit tujuan wisatawan di Jawa Tengah, sehingga tidak mengherankan apabila di sini terdapat aneka tempat wisata yang menarik, mulai dari wisata adat, wisata budaya, wisata alam hingga wisata kuliner. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang berada di sekitar Malioboro yang dapat kita kunjungi.

Pertama ada Pasar Beringharjo. Pasar ini merupakan salah satu tempat menarik di Malioboro yang bisa dikunjungi terutama apabila kita gemar berbelanja. Pasar Beringharjo merupakan salah satu wisata yang terkenal di Yogyakarta. Pintu masuk utama dari pasar tradisional ini berada di sebelah timur dari Jalan Malioboro. Di pasar ini, kita bisa puas berbelanja batik serta pernak-pernik khas Yogyakarta. Tersedia pula kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau dan masih bisa kita tawar. Pastikan kita dapat menawar dengan lihai agar dapat memperoleh barang dengan harga . Warga Yogyakarta juga banyak yang berbelanja barang kebutuhan sehari-hari di pasar tradisional ini.

Kedua ada Museum Benteng Vandenberg. Letaknya ada di perempatan ujung selatan dari Jalan Malioboro. Benteng ini dibangun oleh pemerintah Belanda pada zaman penjajahan dahulu sebagai salah satu pusat pemerintahan sekaligus pertahanan militer. Selanjutnya ada Taman Pintar. Kita bisa mencapai tempat ini dengan berjalan kaki dari Museum Benteng Vanderberg. Letaknya ada di sebelah timur dari Benteng. Taman Pintar dibangun agar dapat menjadi media bermain khusus anak-anak serta menumbuhkan minat mereka akan pengetahuan dan juga ilmu sains. Sesuai namanya, bermain di taman ini diharapkan akan membuat anak-anak semakin bertambah pintar atau minimal menumbuhkan keinginan mereka untuk belajar.

Berikutnya ada Keraton Yogyakarta. Letaknya ada di selatan perempatan dari Malioboro. Jarak yang harus ditempuh dari Malioboro kira-kira hanya sekitar empat ratus meter. Di tempat ini kita bisa melihat adat serta kebudayaan dari kesultanan Yogyakarta yang hingga sekarang masih terus dilestarikan. Di keraton ini kita juga bisa melihat aneka koleksi dari benda pusaka kerajaan, mulai dari lukisan, keris, hingga kereta kencana. Di sebelah keraton Yogyakarta, kita bisa menemukan objek wisata lain yaitu Taman Sari. Kita bisa mencapainya dengan menggunakan becak dengan waktu tempuh kira-kira lima belas menit. Taman Sari sendiri masih merupakan bagian dari keraton. Taman Sari terdiri dari bangunan serta lorong bawah tanah dengan sentuhan seni arsitek dari Belanda.

Berikutnya ada Pusat Jajanan Khas yaitu Geplak, Bakpia Patok serta Gudeg. Letaknya ada di sebelah barat dari Jalan Malioboro. Kita bisa membelinya untuk karena tersedia juga gudeg kalengan yang bisa bertahan hingga satu tahun. Terakhir, tempat wisata malam di Jogja yang masih berada di sekitaran Malioboro adalah Tugu Jogja. Tempat ini sekaligus merupakan landmark dari kota Yogyakarta yang sering dikunjungi oleh anak-anak muda untuk berkumpul dan sekedar berfoto bersama. Untuk mencapai Tugu Jogja dari Malioboro, naiklah becak selama kurang lebih tiga puluh menit menuju arah utara dari Jalan Malioboro. Demikian adalah tempat-tempat wisata yang ada di sekitar Malioboro dan sayang untuk dilewatkan.

Sumber gambar: http://uncleseronok.blogspot.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *