11May

5 Tips Cepat Mendapatkan Inspirasi Dalam Menulis

Sesering dan seahli apapun Sobat Kudo menulis, pasti ada saat dimana kamu bisa kehabisan ide dan susah mendapatkan inspirasi. Pada akhirnya, Sobat Kudo cuma bisa bengong dan termenung menunggu inspirasi itu datang sendiri. Dari pada membuang-buang waktu, kamu bisa loh menjemput inspirasi itu dengan lebih cepat. Gimana caranya? Ikuti tips di bawah ini;

  1. Tenangkan Pikiran

Pikiran yang tegang dan stress pastinya menghambat inspirasi untuk datang, karena itu berusahalah untuk menenangkan pikiran. Bagaimana caranya? Terserah kamu! Bisa dengan mendengarkan musik, menonton video lucu, tidur-tiduran, atau lakukan gerakan Yoga singkat. Apapun itu yang pasti bisa membuat pikiran kamu lebih fresh dan kembali cemerlang!

  1. Cari Lokasi Baru

Bosan duduk aja di meja kerja? Coba deh cari suasana baru! Kamu bisa cari spot yang asik seperti di rooftop kantor, di coffee shop, taman dekat kantor/komplek rumah, sampai di ruangan sepi. Dimana pun itu yang penting bisa membuat kamu nyaman dalam menulis.

  1. Pelajari Hal-Hal Baru

Apapun yang terkait dengan bahan tulisan kamu, jangan malas untuk belajar dari media lain, baik itu dari buku , majalah, tv, radio, Google hingga sosial media. Semakin rajin kamu belajar, maka bahan tulisan kamu bisa semakin banyak dan mudah untuk dikembangkan. Menulis pun menjadi lebih mudah dan mengalir begitu saja dari ilmu yang sudah tersimpan di pikiran kamu.

  1. Cari Teman Ngobrol

Inspirasi tulisan memang bisa datang dari mana saja, istilahnya buah kelapa jatuh dari pohon juga bisa jadi bahan tulisan. Nah, untuk kamu yang sedang “mandek” mencari ide tulisan, coba deh ajak teman kantor atau anggota keluarga kamu untuk diskusi dan bertukar pikiran sebentar. Siapa tau pemikiran-pemikiran baru dari orang lain bisa memperkaya isi tulisan kamu.

  1. Selalu Bawa Buku Catatan

Saat kamu lagi termenung menatap jendela di dalam bus atau kereta api, tiba-tiba kamu dapat inspirasi tulisan. Cepat-cepat catat ide tersebut di memo kecil yang selalu dibawa kemana-mana! Jadi kamu bisa mengembangkan ide tulisan tersebut di lain waktu.

Gimana Sobat Kudo? Mudahkan mempraktekannya? Jangan lupa untuk selalu berdoa sebelum menulis dan jangan sungkan untuk berimaginasi juga berimprovisasi dalam mengembangkan ide-ide yang terpendam. Selamat menulis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *