19May

Tips Mengelola Keuangan Untuk Usaha Kecil

Hampir setiap orang ingin menjadi . Banyak diantaranya yang akhirnya dapat mewujudkan mimpinya tersebut dengan membuka sebuah usaha kecil atau biasa disebut pengusaha kecil.

Untuk mengembangkan usahanya diperlukan sebuah perhitungan dalam mengelola keuangan. Walaupun yang dijalankan skala kecil, namun masalah pengelolaan keuangan haruslah dipikirkan. Apalagi mengingat aspek-aspek penting yang harus dipikirkan seperti biaya transportasi, promosi, pembelian bahan baku dan lain-lain. Setiap pengusaha, walaupun skala kecil memerlukan suatu manajemen (pengelolaan) keuangan jika tidak ingin gagal. Berikut yang dapat diterapkan untuk pengusaha kecil;

  • Manfaatkan setiap peluang usaha sekecil apapun

Untuk merintis , jangan pernah mengabaikan peluang sekecil apapun karena keuntungan yang kecil tersebut bila dikumpulkan secara terus menerus secara tidak disadari akan menghasilkan keuntungan yang besar.

  • Memisahkan uang pribadi dan uang bisnis

Ini hal yang paling penting! Kebanyakan kegagalan dalam mengelola keuangan bisnis dikarenakan kita tidak memisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan bisnis.

  • Selalu mencatat semua pemasukan, pengeluaran, dan keuntungan

Selalu catat pemasukan, pengeluaran dan keuntungan dalam mengelola keuangan bisnis. Sebisa mungkin catat setiap hari agar tidak ada yang terlewat sedikit pun. Kegiatan mencatat ini juga baik untuk mengetahui pengeluaran-pengeluaran tak terduga yang menghalangi kemajuan bisnis kita.

  • Memisahkan sebagian keuntungan untuk pengembangan usaha

Tetap pisahkan sebagian keuntungan yang didapat untuk mengembangkan bisnis pada bidang lain yang lebih menguntungkan. Fungsi utama adanya pengelolaan keuangan salah satunya untuk  dapat mengembangkan bisnis dari skala kecil ke skala menengah.

  • Manfaatkan software aplikasi

Di zaman saat ini sudah banyak berkembang software aplikasi, salah satunya adalah software aplikasi dalam manajemen keuangan. Pastikan software yang digunakan bisa mencatat dan menyimpan data keuangan  setiap harinya. Jika software yang ingin digunakan harus berbayar dan terlalu mahal, bisa memanfaatkan excel.

  • Disiplin

Disiplin merupakan hal kecil namun krusial, terutama bagi usaha skala kecil. Mengelola keuangan bukan hanya tentang seberapa pintar kita dapat namun seberapa disiplin kita menerapkannya.

Baca juga >>  5 Top Strategi Bekerja di Perusahaan Startup

Itulah tips-tips mengelola keuangan untuk pengusaha kecil. Selamat mencoba ..

Sumber foto: Flickr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *