25May

Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Menggunakan adalah pilihan dan sebagai seorang tentu saja menjadi konsumtif juga adalah sebuah pilihan. Penggunaan kartu kredit pun harus dilakukan secara cermat karena kalau saja kita salah langkah, malah akan mengakibatkan utang yang menumpuk.

Untuk menghindari hal tersebut mempunyai beberapa bagaimana menggunakan kartu kredit dengan bijak:

Tentukan Limit Kartu Kreditmu

Menentukan limit kartu kredit sangatlah penting karena limit tersebut akan disesuaikan dengan pemasukan kita, jangan sekali-kali menentukan limit kartu kredit melebihi pemasukan Anda. Bisa-bisa Anda tidak sanggup membayar kartu kredit setiap bulan soalnya udah over limit .

Walaupun bank telah menetapkan limit untuk kartu kredit sesuai dengan atau pemasukan kita, sebaiknya kita juga menetapkan limit sendiri bawah limit dari bank sehingga lebih berdisiplin dalam menggunakan kartu kredit itu untuk . Sobat Kudo setuju ga?

 

Periksa Tagihan dengan Cermat

Selalu periksa tagihan setelah Anda berbelanja. pengguna kartu kredit  yang membayar begitu saja tagihan kartu kreditnya setelah menerima surat tagihan kartu kredit dari bank, padahal seharusnya kita memeriksa dulu tagihan tersebut karena mungkin saja kita membayar tagihan yang tidak sesuai dengan tagihan kita. Agak sedikit tricky ya Sobat Kudo.

 

Belanja Sesuai Kebutuhan

Penggunaan kartu kredit bisa menjadi sangat penting dalam kehidupan kita. Untuk itu penggunaan kartu kredit haruslah dicermati maka belilah barang sesuai dengan kebutuhan. Walaupun pengguna kartu kredit memiliki kebebasan dalam berbelanja, memiliki barang yang tidak kita perlukan atau bahkan tidak terpakai akan menjadi bumerang. Hal ini dikarenakan akan menumpuk tagihan, dimana pengguna kartu kredit akan menambahkan jumlah hutang.

Memangnya Sobat Kudo mau ditagih-tagih mulu karena belum bisa bayar? Hihi.

 

Bayar Tagihan Tepat Waktu

Membayar tagihan kartu kredit tepat waktu sangatlah penting, karena outstanding balance akan bertambah jika kita tidak membayar tepat waktu. Pada bulan berikutnya akan muncul outstanding balance sejumlah tertentu. Jika pada bulan itu kita lagi-lagi tak membayar penuh, utang ini bakal membengkak di bulan selanjutnya.

Jika kita memang tak bisa membayar penuh tagihan bulan ini usahakan melunasinya pada bulan berikutnya, sebab bunga outstanding balance ini bisa tumbuh dengan cepat melampaui limit kartu kredit bila dibiarkan lama tak terbayar lunas.

 

Simpan Kartu Kedit Jika Tidak Diperlukan

Opsi ini sebenarnya bukan pilihan, tapi menyimpan kartu kredit jika tidak diperlukan memang sangat efektif. Disiplin dalam penggunanan kartu kredit akan menjadi rem yang sangat bagus untuk pengeluaran Anda. Selain menghindarkan Anda dari belanja tanpa rencana, menyimpan kartu kredit juga menghindarkan Anda dari kehilangan kartu tersebut karena dompet Anda jatuh atau dicopet.

Penggunanaan kartu kredit memang sangat bermaanfaat bagi karyawan, tapi jika kita tidak bijak dalam pengunaannya akan membuat hutang Sobat Kudo menumpuk. Ayo ngaku, siapa yang belum bulan ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *