17Jun

5 Tips Tetap Sehat di Bulan Puasa

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ikuti 5 langkah untuk tetap sehat selama bulan puasa ini

Bulan puasa menjadi salah satu rintangan yang bisa dilewati sebagai umat muslim. Dan untuk bisa melewati semua rintangan ini kita harus tahan godaan dan harus tetap kuat dan . Agar puasa kamu optimal dan lancar, kamu harus rajin – rajin menjaga . Berikut agar tetap sehat walupun kamu berpuasa:

Hindari makan terlalu berat pada waktu sahur.

Agar kuat sepanjang hari dalam menghadapi puasa terkadang kita berpikir untuk memakan hidangan yang terlalu berat. Contoh hidangannya seperti berlemak dan bersantan, padahal anggapan tersebut justru dapat menyebabkan kita begah pada saat pagi hari. Melakukan kebiasaan ini bahkan dapat menyebabkan sakit perut lho, karena kondisi kita saat bangun tidur dan sebelumnya memakan makanan berat yang dapat meningkatkan asam lambung. Seharusnya kita makan untuk sahur dengan sewajarnya, yaitu makan dengan lauk sayur atau ikan juga dengan porsi yang secukupnya. Agar selama puasa tetap bugar.

Perbanyak makanan berserat

Saat sahur, makanlah makanan berserat seperti buah, sayuran, dan biji-bijian. Jenis makanan ini sangat bagus untuk pencernaan kita sehingga tidak ada kotoran yang menumpuk dibagian pencernaan . Selain itu makanan berserat mempunyai kecenderungan memberikan efek kenyang pada waktu yang cukup lama.

Tetap berolahraga ringan

Menjaga kebugaran saat puasa adalah hal yang penting ketika puasa. Lakukanlah ringan seperti berjalan kaki, atau bersepeda santai. Baiknya hal itu dilakukan setelah berbuka puasa karena nanti jika terlalu serius berolahraga malah dapat membatalkan puasa, lho. Karena kalau sampai Sobat terlalu memaksakan diri dan sakit malah tidak bisa puasa lho. Nah, dengan berolahraga ringan ini akan bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh serta melancarkan aliran darah.

Minum air putih
Dalam sehari manusia membutuhkan 2 liter atau 8 gelas air  putih untuk memenuhi cairan tubuh. Untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa maka kita harus pintar-pintar mengatur jumlah air yang kita minum. Jika kita minum terlalu saat sahur dapat membuat kita susah beraktivitas pada pagi hari walaupun pada saat buka.

Jangan makan berlebih pada saat buka puasa

Banyaknya lauk dan beragamnya sayur kadang membuat Sobat Kudo makan berlebih. Dengan perut yang kosong selama puasa dapat mengakibatkan menumpuknya gas berlebih atau asam lambung yang meningkat secara drastis. Kembali lagi kepada kesehatan, hal ini bisa mengakibatkan sakit perut dan efek makan terlalu kenyang akan membuat kita mengantuk. Sehingga aktifitas sehabis buka puasa jadi terganggu sepeti shalat tarawih dan lain lain, jadi sebisa mungkin makanlah dengan secukupnya.

Demikian beberapa tips tetap sehat selama berpuasa. Semoga tips ini bermanfaat buat semua Sobat Kudo ya. Semoga puasanya lancar sampai hari kemenangan nanti. Ayo, SEMANGAT!!


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *