21Dec

Peluang Warung Toko Kelontong Modern & Sederhana Terbaru

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Toko . Hampir semua orang tahu apa itu . Sebuah mini market atau toko kecil yang pada umumnya mudah diakses oleh calon pembelinya. Toko kelontong banyak dijumpai di pinggiran jalan ramai, dekat stasiun, lingkungan perumahan padat di perkotaan, dll. Toko kelontong biasanya menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti: sembako, aneka makanan kering, rokok, peralatan mandi, sabun cuci, dan masih banyak lagi.

Mengenal Lebih Dekat Sejarah Toko Kelontong

Toko kelontong ternyata memiliki sajarah yang unik. Pada mulanya, kata ‘kelontong’ berasal dari bunyi-bunyian alat musik semacam rebana yang terbuat dari kaleng. Alat musik ini digunakan oleh para pedagang keliling tionghoa untuk menarik calon pembeli. Para pedagang keliling ini disebut Tjina Kelontong.

Yah, toko kelontong memang sudah ada sejak jaman dulu. Di Amerika Serikat misalnya, toko kelontong pertama kali dibuka pada tahun 1927, tepatnya di Dallas, Texas, oleh sebuah perusahaan yang sekarang dikenal dengan jaringan toko kelontong terbesar di dunia, yaitu 7-Eleven (sebelum berkembang, bernama Southland Ice Company).

Sementara di Jepang, toko kelontong pertama dibuka pada tahun 1962 oleh Tetsudou Kousaikai, organisasi yang mengelola kios-kios di stasiun kereta api. Toko-toko kelontong di Jepang kemudian terus berkembang pesat seiring jalannya waktu. Hingga saat ini, toko kelontong di Jepang jumlahnya mencapai 40.000 toko kelontong.

Mengapa Bisnis Toko Kelontong Menjadi Pilihan yang Menarik?

Dewasa ini, tingkat konsumsi masyarakat semakin tinggi, terutama untuk kebutuhan sehari-hari. Maka, dengan membuka toko kelontong, Anda memiliki peluang besar menjaring para konsumen. Sebagai contoh misalnya, Anda berada di lingkungan ramai atau padat penduduk. Orang-orang di sekitar Anda membutuhkan barang-barang konsumsi sehari-hari. Perlu Anda tahu, kebutuhan sehari-hari mereka pun semakin beragam.

Tak perlu takut, karena berbisnis toko kelontong cukup mudah dan sederhana. Prinsipnya, Anda hanya perlu membeli barang dalam jumlah besar dengan harga murah (grosir), kemudian dijual dengan harga yang menguntungkan. Tentunya dengan tetap memerhatikan kualitas produk, meskipun membeli dengan harga murah.

Bisnis toko kelontong juga sangat cocok bagi Anda yang lebih senang di rumah bersama keluarga. Misalnya sambil mengurus anak. Dengan membuka toko kelontong, Anda tidak perlu seharian berada di luar rumah, karena bekerja pada orang lain.

Persiapan Membuka Toko Kelontong

Membuka toko kelontong tidaklah rumit dan tidak membutuhkan modal yang sangat besar. Jika Anda berada di lingkungan perkotaan yang padat penduduk, jalan ramai, atau bahkan ingin membuka toko kelontong di rumah. Anda hanya perlu persiapan di bawah ini:

  1. Tempat Usaha dan Perlengkapan
    Membuka toko kelontong tidak membutuhkan tempat yang besar. Ruangan kecil berukuran 3×4 meter saja cukup untuk membuka usaha ini. Yang terpenting adalah orang-orang mengetahui bahwa Anda membuka toko. Berikan tanda pada orang-orang, seperti papan nama toko atau spanduk toko kelontong Anda.Jika Anda tidak ingin menggunakan mesin kasir, cukup dengan menyediakan kalkulator. Bahkan Anda bisa jadi tidak membutuhkan kedua alat tersebut, jika Anda pandai berhitung.

    Peralatan yang perlu disiapkan berikutnya seperti: rak/etalase, meja, lemari pendingin, dan peralatan lain sesuai kebutuhan toko kelontong Anda.

  2. Pengadaan Barang
    Anda bisa mencari barang-barang persediaan toko kelontong Anda di pasar induk agar mendapatkan harga yang murah, ataupun distributor/agen barang tertentu yang memberlakukan sistem ‘titip barang’. Sitem ‘titip barang’ ini bisa meminimalisir kerugian Anda, akibat barang tidak laku. Misalnya: roti, kue, air minum, kerupuk, es krim, dll.Pengadaan barang bisa Anda lakukan setiap hari atau secara terjadwal menurut jumlah stok barang toko kelontong Anda.

    Luangkanlah waktu untuk survei tempat pembelian barang. Manakah yang lebih murah, tapi kualitas barang tetap terjaga.

    Tips Jitu Membuka Toko Kelontong Agar Menarik Konsumen

    Toko Kelontong yang menarik, akan mengundang banyak konsumen.

    Seperti apa toko kelontong yang diminati calon pembeli?

    Berikut kiat jitu membuka toko kelontong agar menarik konsumen:

    – Tampilan fisik

    Tampilan fisik sebuah toko kelontong bisa mengundang para konsumen. Buatlah toko Anda semenarik mungkin. Misalnya: pilihan cat yang segar, tata lampu, tata letak etalase, dan tentunya kebersihan toko adalah hal yang paling utama.

    – Diversifikasi Produk

    Keaneka ragaman produk yang tersedia di toko kelontong Anda, akan mempengaruhi konsumen yang datang.

    Seperti yang telah disinggung di atas, kebutuhan konsumen semakin beragam. Orang tidak hanya membutuhkan makanan dan minuman. Ada beberapa barang yang sama pentingnya dengan kebutuhan premier, misalnya pulsa handphone atau voucher listrik. Jadi, Anda bisa melakukan diversifikasi produk di toko kelontong yang Anda kelola.

    – Pelayanan yang Baik

    Percayalah, sebagus apapun dan selengkap apapun toko kelontong Anda, jika pelayanan yang Anda berikan buruk, maka akan sia-sia. Layanilah konsumen Anda dengan ramah dan semaksimal mungkin.

    Hindari kata-kata, “Maaf, barang yang Anda butuhkan tidak ada di sini.” Jika Anda mengatakan demikian, maka pelanggan Anda tidak akan datang lagi untuk mencari barang yang mereka cari. Akan jauh lebih baik, jika Anda mengatakan, “Maaf, barang yang Anda cari sudah habis, besok datang lagi, kami usahakan barang itu sudah tersedia.”

Nah, itulah beberapa kiat jitu membuka toko kelontong agar menarik konsumen.

Cara Sukses Menambah Penghasilan Toko Kelontong Anda

Hmm, kini toko kelontong Anda sudah berjalan. Lalu, bagaimana sih, supaya bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari bisnis Anda?

Bekerjasama dengan pengusaha lain adalah salah satu cara menambah penghasilan toko kelontong Anda. Misalnya saja: pengusaha food delivery, laundry, dan dry cleaning, mereka membutuhkan mitra agar jangkaun pasar bisa seluas-luasnya. Maka, Anda bisa merangkul para pengusaha ini untuk bekerjasama.

Jalinan kerjasama pun sangat mudah. Toko kelontong Anda hanya perlu memasang papan informasi mengenai usaha mereka. Anda cukup menampung pesanan, dan melakukan transaksi, kemudian meneruskannya ke si pemilik usaha tersebut. Jika itu laundry dan dry cleaning, buatlah kesepakatan jadwal pengambilan pakaian. Jika itu food delivery, maka Anda cukup meneruskan pesanan, lalu mitra Anda yang akan mengantarnya ke pemesan. Buatlah kesepakatan jadwal penyerahan uang hasil penjualan. Dalam sistem kerjasamai ini, trust atau kepercayaan masing-masing pihak harus dijaga.

Selain cara di atas, ada cara lain yang sangat mudah dan praktis, serta bisa menambah omset bisnis usaha Anda untung berkali-kali lipat, yaitu dengan membuka bisnis online.

Apa itu Bisnis Online?

Bisnis online adalah kegiatan jual beli barang atau jasa dengan media internet.

Seperti yang kita ketahui, dunia modern telah memasuki era digital. Semua dapat dilakukan melalui internet, tidak terkecuali jual beli barang atau jasa. Orang membeli barang-barang yang mereka butuhkan tanpa harus pergi ke toko. Sambil duduk santai, menikmati secangkir teh di teras dengan buaian angin sore, orang bisa berbelanja. Tinggal kilk! Maka, barang yang dipesan akan tiba di rumah. Mudah dan praktis.

Barang-barang yang tersedia di toko online pun serba ada. Orang tinggal pilih mana yang dibutuhkan.

Nah, kebayang kan, jika Anda memiliki bisnis online? Seberapa besar dan luasnya jangkauan bisnis Anda jika dilakukan secara online. Sasaran konsumen tidak lagi hanya orang-orang di sekitar lokasi toko kelontong Anda, tapi menjangkau ke segala penjuru, bahkan hingga luar negeri. Anda pun dapat mengantungi penghasilan tambahan, selain dari usaha toko kelontong Anda.

Tak usah khawatir. Barang-barang yang dijual melalui toko online, tidak harus barang-barang yang nilainya mahal. Di era digital yang serba mudah ini, barang-barang toko kelontong Anda pun dapat dijual melalui online.

Cara berbisnis online juga sangat mudah. Anda tinggal mendaftar disejumlah platform atau lapak toko online yang sekarang ini banyak tersedia di internet. Apalagi semenjak hadirnya .

Yuk, maksimalkan penghasilan usahamu dengan KUDO!

Bersama KUDO, Anda dapat berbisnis tanpa stok barang dan modal, namun bisa menjual jutaan produk kepada pelanggan Anda.

Apa itu KUDO?

KUDO adalah perusahaan teknologi yang menyediakan platform untuk jual beli barang berbasis online. KUDO hadir sebagai inovasi terbaru di dunia bisnis modern dan memberikan peluang kepada masyarakat Indonesia, agar memiliki bisnis usaha. KUDO menyediakan berbagai macam produk berkualitas, dari berbagai merchant ternama yang dapat Anda jual kembali (sistem reseller), seperti: fashion, elektronik, makanan, peralatan rumah tangga, kosmetik, asuransi, pulsa, dan cicilan pembayaran.

Dengan mendaftarkan diri Anda menjadi , Anda bisa berbisnis dengan modal SEPULUH RIBU RUPIAH! Bayangkan, dengan modal sepuluh ribu saja, Anda sudah bisa berbisnis.

Jadi, tunggu apalagi? Daftarkan diri Anda menjadi agen KUDO sekarang juga!

Cara Regristasi Menjadi Agen KUDO

Tidak perlu khawatir, mendaftar agen KUDO sangat mudah. Ini bisa dilakukan oleh siapapun. Berikut cara mendaftar menjadi agen KUDO:

  1. Pertama, buka website kudo.co.id atau download aplikasi KUDO melalui PlayStore.
  2. Ke dua, pilih tombol navigasi ‘Daftar Jadi Agen’, lalu klik. Anda dapat mendaftar dengan menggunakan akun facebook atau mengisi data yang diperlukan.
  3. Ke tiga, lakukan pengisian saldo minimal sebesar Rp 10.000, 00. Pengisian saldo dapat dilakukan dengan transfer bank. Lalu, saldo tersebut akan masuk ke akun agen KUDO Anda.
  4. Kini Anda telah resmi bergabung menjadi agen KUDO dan bisa langsung berbisnis.

Apa sih, Keuntungan Bergabung Menjadi Agen Kudo?

Perlu Anda ketahui, KUDO hadir memberikan kemudahan untuk mewujudkan mimpimu menjadi pengusaha.

Dengan bergabung menjadi agen KUDO, Anda akan mendapat banyak keuntungan, seperti:

– Anda tidak harus memiliki toko dan persediaan barang. Namun, Anda dapat menjual berbagai macam produk berkualitas dengan mudahnya.

– Anda dapat mulai berjualan hanya dengan modal minimal 10 ribu.

– KUDO memiliki skema komisi yang menarik, yaitu komisi yang didapat langsung dari setiap penjualan yang Anda lakukan, dan banyak bonus lain yang bisa Anda dapatkan .

– KUDO memberikan kemudahan untuk memeriksa dan mengelola semua transaksi melalui aplikasi KUDO.

Lalu Bagaimana Cara Berjualan di Kudo?

Anda sudah menjadi agen Kudo, tapi masih bingung cara berjualannya? Berikut penjelasan cara berjualan di KUDO:

  1. Buka Aplikasi Kudo
    Buka aplikasi KUDO, pastikan Anda telah login ke akun agen KUDO. Periksa saldo Anda, yaitu minimal sepuluh ribu. Temukan dan tawarkan produk kepada pelanggan/calon pembeli Anda secara langsung, atau Anda dapat membagikan link produk ke media sosial.
  2. Lakukan Pemesanan
    Langkah selanjutnya, yaitu pilih dan pesan produk yang diinginkan pelanggan, masukkan data pembelian lalu konfirmasikan pembayaran. Untuk menghindari kekurangan saldo di akun agen KUDO Anda, isilah saldo akun agen KUDO Anda secukupnya.
  3. Pelanggan Bayar
    Anda akan menerima pembayaran dari pelangganmu menggunakan cara yang disepakati, misalnya transfer bank atau bayar langsung.
  4. Barang Dikirim
    Setelah proses transaksi berhasil dan pembeli telah mengkonfirmasi pembayaran, barang akan dikirimkan ke alamat pembeli/pemesan.
  5. Terima Komisi
    Anda akan menerima komisi secara otomatis yang akan masuk ke saldo akun agen KUDO Anda.

Promo Kudo

Selain kemudahan dalam berbisnis bersama KUDO, banyak sekali keuntungan yang KUDO tawarkan. Promo-promo yang ditawarkaan Kudo antara lain:

  1. Promo PPOB
    Sebagai agen KUDO, Anda dapat menjual token PLN dengan harga paling murah dibandingkan agen lainnya, dan tentunya ini akan semakin menguntungkan.Berikut harga token yang bisa Anda tawarkan:

    – Token 50rb, sebesar Rp 49.030, 00

    – Token 20rb, sebesar Rp 19.530, 00

    Caranya yaitu dengan memasukan kode voucher: KUDOTOKEN

    Baca promo PPOB selengkapnya di link berikut:

    https://kudo.co.id/shop/promo/jual-token-pln-berapapun-paling-murah-makin-untung-2822

  2. Promo Pulsa
    Jualan pulsa bersama KUDO dan dapatkan voucher gratis hingga Rp 500.000, 00.Caranya hanya bergabung menjadi di KUDO dan lakukan transaksi jual pulsa sebanyak-banyaknya.

    Baca promo rekrut mitra pengemudi Grab selengkapnya di link berikut:

    https://kudo.co.id/shop/promo/jualan-pulsa-gratis-voucher-hingga-500-ribu-2812

  3. Promo Grab
    Ingin pergi umroh atau mendapatkan hadiah sepeda motor? Yuk, bantu semua orang agar mendapatkan uang tambahan. Ajak mereka untuk menjadi mitra pengemudi Grab! Anda berkesempatan mendapatkan hadiah umroh dan sepeda motor. Sebanyak 3 unit motor Scoopy, dan 2 paket umroh untuk Anda.

Baca promo rekrut mitra pengemudi Grab selengkapnya di link berikut:

https://kudo.co.id/shop/promo/rekrut-mitra-pengemudi-grab-berhadiah-umroh-dan-sepeda-motor-november-2017-2802


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *