17Jul

Peluang Warung Toko Kelontong Modern & Sederhana 2017

Mendirikan dapat dilakukan sebagai salah satu cara dalam menambah penghasilan sehari-hari, atau sebagai sumber penghasilan utama. Jenis usaha juga bermacam-macam, mulai dari yang dijalankan secara offline maupun . Kita juga bisa bidang jual beli produk ataupun layanan tertentu. Dengan perencanaan yang matang dan promosi yang tepat sasaran, ini bisa mendatangkan keuntungan yang cukup memuaskan. Salah satu usaha yang dapat kita temukan dengan mudah di sekitar dan dapat kita mulai sekarang juga adalah . Usaha ini dapat menjadi salah satu rekomendasi offline untuk dijalankan dari dalam rumah saja serta tentunya mendatangkan keuntungan.

Mengenal Apa Itu Toko Kelontong

Toko atau disebut juga sebagai warung akan menjual aneka kebutuhan sehari-hari seperti dan lain-lain. Warung ini biasa didirikan di tengah perumahan atau tempat tinggal dengan segmen pasar tetangga dekat yang berbelanja kebutuhan sehari-hari. Warung hampir selalu ramai terutama apabila lokasinya ada di area pemukiman yang padat penduduk. Warung ini juga memiliki potensi untuk apabila mayoritas warga sekitar lebih memilih untuk berbelanja di warung dibanding ataupun modern. Faktor inilah yang membuat serta keuntungan utama terbuka lebar bagi para pebisnis warung. Walau keuntungan dari penjualan tiap barangnya hanya sedikit, namun tingginya jumlah pembeli bisa jadi omzet penghasilan yang cukup menjanjikan.

Apalagi sekarang toko seperti ini tidak sekedar menyediakan kebutuhan dasar saja seperti sembako. Barang-barang kebutuhan sekunder juga dapat dijual di dalamnya, seperti mainan anak-anak hingga beragam dan juga tabung LPG. Bahkan, kini warung sudah dilengkapi counter serta bisa menjadi tempat pembayaran serta . Semakin beragamnya produk dan layanan yang disediakan warung membuat keuntungan yang didapat oleh pebisnis warung juga akan semakin meningkat. Tidak heran apabila bisnis ini banyak dipilih terutama oleh mereka yang hendak . Usaha ini banyak dipilih oleh mereka yang mencari usaha tidak terlalu rumit serta keuntungannya tetap lumayan.

Usaha ini memiliki prinsip yang sederhana, yaitu membeli barang secara grosir atau dalam jumlah banyak dengan tujuan agar mendapat harga paling . Selanjutnya, barang tersebut akan dijual kembali secara ecer agar mendapat keuntungan yang tinggi. Warung ini bisa ditemukan dengan mudah di sekitar kita serta termasuk dalam jenis toko yang mudah serta cepat dijangkau. Apabila kita hanya menginginkan untuk berbelanja sedikit kebutuhan sehari-hari tanpa harus pergi jauh atau memakan waktu lama, maka warung biasa dijadikan pilihan utama. Usaha ini dapat memberi angin segar pada pemilik, walau margin keuntungan yang didapat biasanya tidak akan terlalu besar.

Usaha ini juga terbilang cocok untuk yang tidak bisa melakukan aktivitas di luar rumah karena harus mengurus atau tidak ingin menghabiskan banyak waktu dalam membuat sesuatu agar dapat dijual. Warung kelontong sederhana cocok untuk , pensiunan, atau orang lain yang hendak memulai bisnis sendiri dari rumah.

Peluang Usaha Dagang Warung Toko Kelontong Modern & Sederhana 2017

Sistem Produk serta Usaha Toko Kelontong

Jika tertarik untuk memulai usaha ini, terdapat beberapa hal yang harus kita pertimbangkan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Tempat dan Perlengkapan
    Usaha ini memang tidak membutuhkan ruangan yang ukurannya besar. Cukup dengan ruangan seluas 3×4 meter saja sudah bisa digunakan sebagai lokasi usaha. Tidak diperlukan banyak renovasi pula untuk ruangan tersebut. Yang terpenting calon pelanggan tahu bahwa kita membuka usaha toko kelontong. Barang yang banyak serta beragam macamnya akan menarik minat orang untuk membeli di warung kita. Perlengkapan inti yang dibutuhkan di antaranya meliputi etalase untuk penyimpanan atau penempatan barang-barang tertentu, rak untuk menempatkan sebagian besar barang yang dijual, timbangan sebagai penakar barang kebutuhan pokok serta kalkulator.
  2. Pengadaan Barang
    Mendapatkan barang dagangan bisa dilakukan sendiri tiap dua hari sekali. Mendapat barang dengan harga paling murah bisa berasal dari pasar induk. Barang kebutuhan pokok atau sembako bisa didapat dari secara langsung. Agen ini juga biasanya akan berlokasi di pasar induk. Untuk mendapat harga termurah, kita juga bisa melakukan survei sebelum membeli tiap jenis barang. Apabila sudah menemukan produk yang harganya paling murah di toko A, belum tentu di toko lain barang yang sama akan menjadi yang termurah. Prinsipnya adalah melihat terlebih dahulu barang yang dibutuhkan  lalu datangi beberapa toko yang sama-sama menjual barang itu. Survei akan membantu kita dalam mengetahui toko yang menjual produk dalam harga terendah sehingga margin keuntungan yang didapat akan semakin besar.
  3. Konsinyasi
    Tidak semua barang di toko kelontong akan dibeli sendiri. Kita juga bisa menerima titipan dari orang lain serta tetap mengambil keuntungan dari harga jual. Misalnya, kita menerima titipan sebanyak 20 kue dengan harga per buahnya Rp 1.000,- kemudian kita jual kembali seharga Rp 1.200,- per buah. Selisih harga akan menjadi keuntungan kita sendiri. Usahakan barang titipan ini adalah barang yang bisa bertahan lama, misalnya aksesoris. Apabila berupa maka bisa berupa makanan kecil.
  4. Diversifikasi Produk
    Toko kelontong modern sekarang ini tidak sekedar menjajakan sembako atau barang-barang kebutuhan pokok, namun juga barang-barang kebutuhan sekunder. Termasuk di antaranya adalah , untuk HP, dan lain sebagainya. Diversifikasi produk ini dapat dilakukan dengan memasang keterangan harga pulsa di bagian depan toko. Pelanggan yang akan membeli barang kebutuhan sehari-hari juga bisa sekaligus membeli pulsa di warung kita.
  5. Kerjasama dengan Bisnis Lain
    Siapa sangka ternyata usaha toko kelontong banyak dicari oleh pelaku usaha lainnya? Tujuannya tentu adalah untuk . Kita bisa memanfaatkan bisnis ini untuk mendapat tambahan keuntungan. Salah satu dari beberapa usaha lain yang bisa diajak kerjasama ini adalah bisnis laundry serta dry clean. Pemilik usaha ini akan membutuhkan toko kelontong dalam menjangkau pasar yang biasanya ada di perumahan-perumahan. Caranya, cukup pasang plang usaha laundry ini di toko kita. Orang-orang yang hendak mencucikan akan dapat menaruh cucian mereka di toko kita sekaligus membayar total biaya yang diperlukan. Cucian diambil tiga kali dalam seminggu oleh pihak laundry dan dikembalikan sendiri setelah dicuci, sehingga pelanggan bisa mengambilnya sendiri pada toko kita. Dari sini, kita bisa mengambil keuntungan antara sepuluh hingga dua puluh persen dari laundry tersebut.
  6. Membeli Lemari Es
    Apabila usaha telah berjalan secara stabil, kita bisa mempertimbangkan untuk membeli lemari es. Lemari es ini digunakan untuk tempat penyimpanan minuman ringan yang biasa disajikan dingin, seperti minuman berkarbonasi ataupun es krim. Harganya sekitar Rp 2.000.000,- tergantung dari ukuran, merk serta spesifikasi. Untuk memperjualbelikan minuman, kita harus membeli krat yang harga satuannya kira-kira Rp 20.000,- dan botol akan menjadi milik kita serta dapat ditukarkan apabila sudah terjual. Lemari es ini akan membutuhkan biaya yang cukup besar, sehingga sebaiknya kita menjual aneka variasi makanan serta minuman dingin yang lain. Contohnya seperti susu kedelai, pudding, dan lain-lain.
  7. Layanan Pesan Antar
    Walaupun toko kelontong terbilang jarak dekat, namun tetap ada sebagian orang yang terlalu sibuk ataupun enggan keluar rumah untuk membeli sesuatu. Kita bisa memanfaatkannya dengan menyediakan layanan pesan antar. Pelanggan bisa menelepon toko kita dan memesan barang apa saja yang diinginkan. Setelahnya, kita bisa mengantarkan barang pesanan ke alamat pembeli. Biasanya untuk layanan pesan antar ini terdapat minimal pembelanjaan, misalnya minimal Rp 50.000,- dan ongkos kirim. Dari ongkos kirim inilah kita bisa mendapat keuntungan tambahan.

Kiat Menambah Keuntungan Toko Kelontong

Membuka usaha toko kelontong modern memang akan memberi keuntungan yang besarnya tergantung dari selisih penjualan. Semakin besar penjualan maka akan semakin besar juga keuntungan yang kita dapatkan. Agar keuntungan melonjak naik tentunya akan dibutuhkan strategi serta cara yang benar. Terutama karena pelaku bisnis warung kelontong ini terbilang banyak di sekitar kita. Potensinya yang besar membuat tidak sedikit orang menggeluti usaha satu ini. Posisi toko ini juga tidak bisa dihilangkan perannya. Untuk itulah agar dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal, dibutuhkan strategi khusus karena tidak cukup apabila hanya mengandalkan penjualan barang-barang yang laris saja.

  1. Menambah Jumlah Item Barang
    Persentase keuntungan yang didapat dari penjualan barang di toko kelontong memang terbilang kecil, mulai dari sepuluh hingga dua puluh persen. Jika kita menaikkan harga maka pembeli bisa lari serta penjualan akan menurun. Tentu hal ini tidak kita harapkan. Solusi yang bisa diterapkan adalah dengan menambah jumlah item barang di toko atau warung. Barang yang dijual harus variatif agar bisa memenuhi kebutuhan pembeli. Prioritas utamanya adalah barang kebutuhan sehari-hari. Setelah itu barulah kita bisa membeli barang lain atau barang kebutuhan sekunder sebagai isi toko. Semakin jeli dalam menentukan barang apa saja yang ditambahkan dalam toko. Penambahan barang ini bisa dilakukan dengan mengamati kondisi lingkungan sekitar toko kita berada. Lihat dari keberadaan konsumen, usia, , jenis kelamin hingga tempat-tempat keramaian yang ada di sekitar seperti sekolah, warnet dan lain-lain. Kita juga dapat mempertimbangkan faktor musim. Misalnya di musim hujan bisa dijual payung, jas hujan, susu jahe dan lain sebagainya. Yang tak terlupakan adalah mengamati merk baru di pasaran. Lihat iklan televisi untuk mengetahui produk atau merk baru yang iklannya seringkali muncul serta banyak dicari pembeli.
  2. Sediakan Layanan Antar
    Layanan pesan antar bisa ditambahkan dalam penataan toko kelontong sekaligus menjadi layanan unggulan di toko kita. Layanan ini terutama akan sangat bermanfaat bagi pembeli yang tidak sempat keluar rumah karena sangat sibuk, misalnya atau kantoran. Selain itu, yang harus membeli galon air juga pasti akan kerepotan, sehingga kita bisa mengantarkannya langsung ke alamat pembeli. Untuk layanan antar ini bisa diberlakukan tarif tersendiri serta minimal pembelian agar kita tetap mendapat keuntungan. Kita bisa pasang plang atau pemberitahuan di toko mengenai layanan antar beserta nomor yang dapat dihubungi.
  3. Tentukan Harga
    Apabila selama ini dalam menentukan harga tidak terdapat patokan jelas, maka kita bisa mengubah caranya dan meninggalkan cara patokan harga menggunakan cara ingatan itu. Umumnya yang menjadi daya tarik bagi pembeli adalah harga murah terutama untuk sembako. Kita harus berusaha agar harga jual di toko kita bisa menjadi murah. Carilah dari agen atau pasar induk yang paling murah. Hindari mematok harga yang terlalu tinggi padahal bisa murah atau mematok harga terlalu murah padahal harga masih bisa tinggi. Penting untuk meraih image toko murah agar kita bisa menarik lebih banyak pembeli.
  4. Jual Barang-barang Unik
    Selain harga yang murah, daya tarik lain dari toko adalah adanya barang-barang unik yang menarik perhatian. Di antaranya seperti sandal jepit aneka model. Apabila pembeli sudah tahu kalau di toko kita terdapat sandal jepit, maka pembeli tidak akan mencarinya di tempat lain.

Bisnis Sampingan Berbasis Online

Contoh toko kelontong sebagai usaha sampingan di atas termasuk dalam bisnis offline, yaitu bisnis yang bisa dijalankan di dunia nyata serta tidak membutuhkan koneksi internet. Kini seiring perkembangan zaman, bisnis juga bisa dijalankan secara online dengan bantuan internet. ini dapat berupa berjualan produk hingga jasa. Bisnis online turut didukung fakta bahwa pengguna internet di sangat banyak jumlahnya dan terutama pengguna . Keuntungan dari bisnis online di antaranya adalah , dapat dijalankan di serta tetap . Semua orang bisa berbisnis online, baik pelajar, , ibu hingga karyawan sekalipun.

Sebelum membahas lebih jauh seputar bisnis online, kita simak terlebih dahulu apa saja keuntungan dari melakukan bisnis secara online ini.

  1. Dapat dijalankan dengan kecil. Contohnya adalah apabila kita berbisnis secara , maka modal yang dikeluarkan nyaris nol alias tidak ada sama sekali. Ini karena kita cukup meneruskan pesanan dari pembeli ke supplier dan supplier yang akan mengemas serta mengirim produk pesanan pembeli. Kita tidak perlu mengeluarkan untuk membeli barang yang akan dijual, serta tidak perlu melakukan proses pengemasan maupun pengiriman barang.
  2. Selain modalnya terbatas, bisnis juga bisa kita lakukan sambil mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Tidak seperti toko kelontong yang mengharuskan kita harus menjaganya apabila sewaktu-waktu ada pembeli, maka dalam toko online kita tidak perlu online setiap saat untuk melayani pembeli yang bisa datang tiba-tiba. Ini membuat waktu kita semakin fleksibel dan bisa dikerjakan dari dalam rumah saja sambil mengurus rumah tangga atau anak.
  3. Media yang digunakan untuk berjualan online sangat akrab bagi kita seperti jejaring sosial, website hingga marketplace. Pastinya kita sudah tidak asing dengan Facebook, Twitter ataupun Instagram. Ketiganya seringkali digunakan untuk berjualan online, demikian juga dengan website, blog serta marketplace yang kini sudah makin menjamur.
  4. Keuntungan yang bisa kita dapatkan dari bisnis online ini juga bisa sangat besar. Terutama sekali karena pengguna internet di Indonesia sangat banyak jumlahnya. Demikian pula dengan jumlah orang yang melakukan jual beli secara online juga terbilang sangat banyak. Sangat mudah untuk mendapatkan pembeli ataupun melakukan promosi secara online.

Jenis-Jenis Bisnis Online di Internet

Bisnis online melalui internet dapat berupa berjualan produk ataupun jasa. Aneka jasa yang bisa kita tawarkan di internet juga sangat beragam. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Bagi kita yang memiliki bakat dan kemampuan di bidang desain, dapat mencoba untuk menyediakan jasa pembuatan website premium. Banyak toko online yang membutuhkan jasa pembuatan website ini agar tampak lebih menarik.
  2. Selain pembuatan website, desain template blog atau WordPress juga bisa kita sediakan. WordPress memang menyediakan template , namun tidak semua orang puas dengan template gratisan ini. Beberapa rela membayar mahal untuk template berbayar. Peluang ini bisa kita ambil untuk menyediakan jasa desain template.
  3. Siapa sangka ternyata menjual foto bisa juga dijadikan online. Namun tentu saja bukan sembarang foto, melainkan foto yang diambil dengan kamera profesional dan memiliki angle serta lighting bagus. Jangan salah, banyak pemilik website serta blog yang rela membayar mahal untuk mendapat foto yang dapat mendukung konten di halamannya. Website khusus untuk jual beli foto ini di antaranya adalah Shutter Stock serta iStockPhoto.
  4. Tinggal di dekat objek terkenal? Punya kamar kosong di rumah yang tidak terpakai? Sewakan saja dan tawarkan secara online. Di luar negeri, praktek bisnis seperti ini sudah umum melalui website Air BnB. Kita juga bisa menirunya apabila tempat tinggal kita kebetulan berdekatan dengan objek wisata yang terkenal serta memiliki kamar kosong di rumah yang tidak terpakai. Pada musim , hotel serta tempat penginapan lain pastilah penuh dan banyak pengunjung yang tidak kebagian kamar. Dari sinilah kita bisa mendapatkan keuntungan dengan menyewakan kamar untuk wisatawan yang datang.
  5. Daripada berdiam di dalam rumah, gunakan kemampuan kita untuk sebagai freelance content writer. Bayaran yang diterima biasanya adalah per artikel yang ditulis. Pekerjaan ini bisa dilakoni dari dalam rumah saja serta nyaris sama sekali.

Media Berjualan Online di Internet

Sangat banyak media yang bisa kita manfaatkan untuk berjualan secara online melalui internet. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Website sering digunakan sebagai tempat berjualan online. Kita bisa melakukan personalisasi pada website seperti menerapkan tema yang sesuai, pengaturan checkout, dan lain sebagainya. Membuat website sendiri untuk toko juga akan memberi kesan eksklusif pada toko kita, ini karena rata-rata website merupakan website berbayar.
  2. Media sosial kerap digunakan sebagai tempat berjualan. Terutama adalah Facebook serta Instagram. Melalui Facebook, kita dapat membuat album foto berisi barang-barang yang kita jual. Sementara di media sosial berbasis foto yaitu Instagram, kita bisa memajang foto barang dagangan lalu menyertakan caption serta hashtag di bawahnya. Kita bisa menggunakan media sosial pribadi atau membuat akun baru khusus untuk berjualan. Media sosial memiliki jumlah pengguna yang sangat besar sehingga kita bisa menjaring pembeli dengan mudah.
  3. Blog, selain digunakan sebagai diary di dunia maya, juga bisa digunakan sebagai tempat berjualan. Sama seperti website, kita juga dapat melakukan personalisasi pada blog seperti menggunakan template yang mendukung barang dagangan serta menyertakan foto-foto produk secara menarik.
  4. Marketplace kini tengah banyak digemari masyarakat sebagai tempat membeli dan menjual aneka barang secara online. Keuntungan dari marketplace di antaranya adalah tempatnya sudah ramai dan banyak pembeli di dalamnya sehingga akan mudah bagi kita dalam menjaring pembeli. Membuat akun marketplace juga gratis sehingga bisa menekan modal yang harus dikeluarkan.

Bisnis Online Melalui KUDO

Mencari tambahan penghasilan selain melalui toko kelontong juga bisa melalui , Kios Untuk , salah satu marketplace yang sudah populer di Indonesia. KUDO hadir sebagai solusi bagi kita yang hendak mencari tambahan penghasilan, namun tidak memiliki cukup modal. Pendiri KUDO telah mengonsep KUDO sebagai solusi atas masalah ini. KUDO disiapkan dengan berbagai kelebihannya yang membuat marketplace ini unggul serta dapat menjadi pilihan dalam menjalankan bisnis. Salah satu keunggulannya adalah transaksi online rasa online yang terjamin keamanannya. Pembeli bisa membayar pesanan kepada secara langsung.

Untuk bisa menjalani , kita dapat bergabung sebagai agen. Sangat banyak keuntungan yang ditawarkan dari menjadi agen KUDO. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. KUDO menjalin kerjasama dengan banyak perusahaan ternama dalam penjualan produknya. KUDO juga terlebih dahulu telah melakukan seleksi atas perusahaan yang bekerjasama, serta hanya perusahaan terpilih dengan produk terbaik yang bisa bekerjasama dengan KUDO. Produk berkualitas ini akan memudahkan agen KUDO dalam menjualnya.
  2. Skema keuntungan yang ditawarkan KUDO sangat menarik serta transparan. Kita akan memperoleh hingga sebesar tujuh puluh persen sebagai agen. Besaran komisi juga disertakan langsung di bagian bawah produk sehingga lebih transparan.
  3. Tersedia jutaan barang di KUDO yang bisa kita jual. Ini akan memudahkan kita dalam penjualan agar makin laku.
  4. Aplikasi KUDO didesain secara khusus agar dapat dijalankan secara aman oleh agen serta pembeli. Semua transaksi yang dilakukan akan terekam serta dapat dilacak. Tidak perlu khawatir akan resiko penipuan ataupun komisi yang tidak dibayarkan.
  5. Tidak dikenakan biaya untuk menjadi agen KUDO. Kita bisa bergabung secara gratis sehingga usaha ini bisa dibilang nyaris tanpa modal.

Langkah-langkah menjadi agen KUDO juga sangat mudah. Kita hanya membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk bisa mengakses aplikasinya.

  1. Download terlebih dahulu melalui PlayStore.
  2. Daftarlah menjadi agen dengan mengisi data-data yang diperlukan.
  3. Lakukan pengisian saldo minimal sebesar Rp 10.000,-
  4. Kita sudah resmi bergabung menjadi agen dan dapat mulai berjualan.

Cara berjualan melalui KUDO juga mudah. Tidak perlu orang yang berpendidikan tinggi untuk bisa melakukannya. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi KUDO terlebih dahulu yang telah didownload. Tawarkan produk pada pelanggan melalui media sosial ataupun secara langsung.
  2. Apabila pelanggan hendak melakukan pemesanan, lakukan pemesanan secara online. Pilih produk yang dipesan lalu masukkan data pembelian serta lakukan konfirmasi pembayaran.
  3. Terima pembayaran dari pelanggan menggunakan cara yang telah disepakati bersama.
  4. Barang akan dikirim segera ke alamat pelanggan setelah proses pembelian dinyatakan berhasil.
  5. Komisi yang kita dapat dari transaksi ini akan langsung ditransfer ke dalam saldo kita.

Agar bisnis KUDO berjalan maksimal dan mendapatkan keuntungan seperti yang diharapkan, terdapat beberapa hal yang harus kita perhatikan di bawah ini.

  1. Mulailah dengan niat dan melakukannya secara serius.
  2. Pahami teknis cara menggunakan aplikasi KUDO, cara deposit, berjualan referral, dan lain sebagainya.
  3. Kelola secara baik dan pisahkan uang pribadi dengan uang untuk bisnis.
  4. Update ilmu secara berkala melalui serangkaian pelatihan yang diadakan KUDO. Hal ini juga bertujuan agar kita tidak tertinggal update-update terbaru KUDO.