12Aug

8 Cara Membuat Toko Online Sendiri Terbaru dengan Gratis Tanpa Modal

Menjadi seorang wirausaha merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diminati oleh masyarakat. Terlebih saat ini sudah terdapat cara baru dalam berwirausaha yaitu dengan membuat toko online. Sudah bukan menjadi rahasia umum jika dunia internet telah mengalami perkembangan sangat pesat dan memberi dampak hampir ke semua bidang. 

Salah satu hal yang tidak luput dari dampak perkembangan teknologi tersebut adalah dalam bidang usaha. Tidak sedikit pengusaha yang rela menghabiskan modal untuk dapat membangun toko online. Padahal, toko online dapat dibuat dengan modal minim dan bahkan tanpa modal sekalipun. 

Akan tetapi hal tersebut dapat diraih dengan adanya cara-cara tertentu saja yang perlu diketahui. Adapun cara membuat toko online sendiri  dapat diketahui melalui beberapa ulasan dibawah ini. 

Membuat Toko Online dengan Cara Sulit 

Cara pertama adalah dengan membuat website untuk digunakan sebagai lapak online pribadi dari produk yang akan dijual nantinya. Pada cara ini, prosedur yang diperlukan membutuhkan waktu cukup lama. Selain itu juga harus dibekali dengan keahlian khusus terkait bahasa pemrograman seperti Python, HTML, Javascript, PHP, dan lain sebagainya. 

Keahlian tersebut juga harus mencakup seputar pengetahuan akan domain hosting, web security, dan lain-lain. Membuat website untuk dijadikan sebagai toko online juga biasanya membutuhkan dana cukup besar. 

Membuat Toko Online dengan Cara Mudah

Perludiketahuibahwaterdapatberbagaimacamcarauntukdapatmembangunsuatutokoonline yang tidak ribet tanpa pembuatan website. Membuat toko online dapat dilakukan dengan cara lain tanpa harus membuat website dan mengerti urusan pemrograman. 

Cara yang dapat digunakan dalam hal ini yaitu dengan menggunakan Content Management System (CMS). Membuat toko online dengan cara tersebut dapat dilakukan dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan pembuatan website. 

Pengertian dari CMS sendiri adalah suatu sistem yang dapat diubah-ubah sesuai dengan keinginan penggunanya. Definisi lebih mudah dalam memahami CMS adalah sebuah website yang sudah jadi. 

Melalui adanya CMS, maka website dapat diatur sesuai dengan kebutuhan serta keinginan termasuk dijadikan sebagai toko online. Pada layanan ini, terdapat beberapa pilihan yaitu terdiri dari Drupal, Joomla, dan WordPress yang bisa digunakan sebagai company profile. Sementara itu, untuk penggunaan toko online, layanan yang dapat dipilih berupa OpenCart dan Prestashop. 

Bagi pengguna CMS tidak perlu merasa khawatir mengenai keamanan dari web yang digunakan. Pihak penyedia jasa dari CMS dalam hal ini selalu merilis versi terbaru serta menutupi beberapa celah keamanannya. 

Berdasarkan kemudahan dalam menggunakan website yang diberikan tersebut. Dapat disimpulkan bahwa CMS merupakan layanan yang dikhususkan untuk orang-orang yang tidak ahli dalam bahasa pemrograman namun sangat membutuhkan penggunaan dari website. 

  • Membuat Toko Online Melalui Domainesia 

Salah satu penyedia layanan CMS yang dapat digunakan untuk membuat toko online dengan mudah adalah Domainesia. Berdasarkan hal tersebut, pengguna juga tidak perlu melakukan konfigurasi domain hosting karena layanan ini menggunakan fitur instant deploy. Dalam hal ini, terdapat langkah-langkah yang harus dilewati yaitu terdiri dari sebagai berikut ini. 

  • Membuka Website Resmi Domainesia 

Langkah awal untuk memulai pembuatan toko online pada cara ini yaitu dengan membuka website dengan laman www.domainesia.com. Setelah itu, pengunjung laman akan dihadapkan beberapa pilihan produk yaitu terdiri dari domain, hosting, VPS, web apps, dan SSL. Dalam hal ini, diantara pilihan tersebut yang harus dipilih adalah web apps. 

  • Memilih Toko Online 

Pada layanan CMS ini juga disediakan beberapa jenis yang dapat dipilih oleh penggunanya. Adapun jenis-jenis CMS tersebut yaitu OpenChart, Prestashop, LiteChart, serta Magento. Masing-masing dari jenis tersebut memiliki bentuk serta tampilan yang berbeda-beda. Setelah memilih salah satu diantara jenis dari CMS tersebut maka dapat dilanjutkan dengan mengklik tombol Activate. 

  • Memilih Hosting dan Domain 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Domainesia merupakan penyedia layanan CMS dimana penggunanya tidak perlu mengkonfigurasi hosting dan domain. Berdasarkan hal tersebut, pengguna dapat langsung memilih hosting dan juga domain untuk toko onlinenya. Nantinya, domain, hosting serta toko online akan menjadi satu kesatuan sehingga pembayaran yang dilakukan akan lebih mudah. 

Pada lokasi server, Domainesia menawarkan empat pilihan yang berbeda. Selain itu juga terdapat pilihan siklus sewa hosting mulai dari satu bulan, tiga bulan, hingga satu tahun. Pilihan aman terkait hal tersebut adalah SSL gratis Let’s Encrypt atau berbayar Comodo SSL. 

  • Menulis Nama Domain 

Langkah selanjutnya adalah menuliskan nama domain dengan menyesuaikan toko online yang akan dijalankan nantinya. Dalam hal ini, nama domain merupakan nama website sehingga pastikan untuk dapat menentukan nama yang mudah diingat oleh konsumen. Setelah menemukan nama yang tepat, maka dapat dilanjutkan dengan memilih durasi domain.

  • Membuat Akun Toko Online 

Akun dibuat agar pengguna dapat masuk ke toko online setiap saat dengan cara login layaknya media sosial. Berdasarkan hal tersebut, akun dibuat dengan menuliskan username beserta passwordnya. Setelah itu pastikan untuk selalu mengingat kedua hal tersebut sehingga nantinya dapat masuk ke toko online dengan lancar. 

Setelah melakukan pembuatan akun, maka akan ditampilkan total dari pemesanan yang harus dibayar. Pada langkah ini, pengguna harus memasukkan alamat emailnya dan dilanjutkan dengan mengklik Masukkan Troli. 

  • Melunasi Tagihan 

Setelah ditampilkan total biaya pemesanan website, tentu saja pengguna harus segera melunasi biaya tersebut. Dalam hal ini pengguna bisa mendapatkan diskon yaitu dengan cara memasukkan kode promo pada kolom yang tertera. Sementara itu, untuk langkah pelunasannya dilakukan dengan login menggunakan akun Domainesia yang dibuat sebelumnya. 

Setelah login, pengguna dapat melakukan tambahan pesanan dengan mengklik Tambah Pesanan. Jika sudah maka pastikan bahwa tulisan “saya telah membaca, memahami, dan menyetujui Term of Service” telah di klik dan langsung dilanjutkan dengan mengklik Selesaikan & Bayar. Selanjutnya pembayaran dapat dibayar dengan cara melihat invoice yang sudah dikirim kepada email pengguna. 

Dalam hal ini, terdapat beberapa metode pembayaran yang dapat dipilih yaitu terdiri dari kartu kredit, transfer bank, Virtual Account hingga PayPal. Setelah memilih cara yang dianggap paling mudah serta membayarnya, maka status pelunasan dapat dilihat dengan mengklik Cek Pembayaran. 

  • Toko Online Siap Digunakan 

Apabila tagihan sudah dilunasi maka hal tersebut menunjukkan bahwa website sudah resmi menjadi pemilik pengguna. Dengan demikian toko online sudah siap dibangun dan mulai memasukkan produk dalam web. Dalam hal ini, pengguna dapat membuka panel admin dan melakukan konfigurasi terhadap website sesuai dengan toko online yang dijalankan nantinya. 

Membuat Toko Online Menggunakan KUDO

Selain melalui cara di atas, membuat toko online dapat dilakukan dengan cara lainnya yaitu dengan menjadi agen dari KUDO. Dalam hal ini, KUDO berperan sebagai marketplace online yang mampu memberikan peluang untuk membangun bisnis online bagi siapa saja. Selain itu, KUDO juga dapat digunakan untuk membuat toko online secara gratis serta tanpa melalui prosedur panjang. 

Melalui KUDO, Anda dapat menjual segala macam produk baik berupa barang maupun jasa. Adapun cara untuk bisa menjadi agen KUDO adalah dengan menginstal aplikasinya. Setelah itu tinggal mengikuti langkah-langkah mudah dan sangat cepat yang sudah diarahkan oleh aplikasi ini. Jika penasaran, langsung saja install aplikasinya atau kunjungi laman resmi dari KUDO sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *