24Aug

Cara Membuat Toko Online Sendiri dengan Gratis Tanpa Modal 2017

Pendapatan merupakan suatu pemasukan atau penghasilan yang diperoleh dengan cara atau menjalankan . Mengenali nominal angka pendapatan dan sumber pendapatan sangat penting dilakukan, karena dalam , kita harus mengetahui berapa bagian dari pendapatan tersebut yang dapat dibelanjakan, kemudian untuk ditabung, atau untuk dikelola kembali dengan cara berinvestasi atau sebagai . Dengan mengetahui nominal dan sumber pendapatan yang telah didapatkan, perencanaan akan menjadi lebih matang atau terorganisir jika dibandingkan dengan tidak memahami nominal dan sumber pendapatan yang didapat. Karena semakin besar pendapatan yang didapatkan tidak akan menjamin ketentraman keuangan jika tidak diatur dan dikelola dengan optimal hingga berakibat tidak akan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ketika memperoleh pendapatan dengan jumlah tertentu, salah satu permasalah yang paling umum terjadi adalah kebiasaan gaya hidup yang boros, terutama bagi orang yang memiliki pendapatan yang lebih tinggi. Misalnya untuk barang-barang bermerek mahal atau makan restoran dan kafe. Hal ini disebabkan karena ego yang besar untuk menikmati pendapatan tersebut. Sehingga jika kebiasaan ini terus menerus dilakukan tanpa pernah disadari dampaknya, tentunya akan merugikandiri sendiri. Oleh sebab itu, untuk menghindari masalah keuangan tersebut, sebaiknya dari awal memperoleh penghasilan atau pendapatan sendiri membiasakan diri untuk mengelolanya dengan rapi. Meskipun awalnya tidak mudah, namun dengan lebih disiplin dan penuh dengan kesadaran diri, maka Anda tidak akan mengalami kebangkrutan.

Pada dasarnya manusia memang memiliki sekali keinginan, namun bukan berarti memilih gaya hidup defisit dengan pengeluaran lebih besar dibandingkan dengan pendapatan adalah sesuatu yang wajar. Keinginan yang timbul dalam diri manusia akan silih berganti seiring dengan selalu dipenuhinya keinginan tersebut. Misalnya ketika menginginkan barang A dan mendapatkannya kemudian menginginkan barang B dan barang C, lalu barang B dan C tersebut akan didapat, selanjutnya menginginkan barang D, E, hingga Z, dan seterusnya. Semakin banyak dipenuhinya kebutuhan barang yang diinginkan, maka lama kelamaan akan mengakibatkan kelangkaan barang tersebut. Jika sudah terjadi kelangkaan, tentunya harga barang akan semakin tinggi. Hal ini akan mengakibatkan pendapatan yang diperoleh tidak mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

Cara Membuat Toko Online Sendiri dengan Gratis Tanpa Modal 2017

Manfaat Pribadi

Walaupun pada awalnya mengatur pendapatan merupakan hal yang cukup sulit dilakukan, namun sebenarnya mengatur pendapatan tersebut akan memberikan manfaat dalam menjaga kestabilan kondisi keuangan Anda. Manfaat yang akan didapat jika mengelola pendapatan dengan benar yaitu:

  • Memiliki Tabungan
    Menyimpan bertujuan untuk kunsumsi, berjaga-jaga, dan untuk spekulasi. Spekulasi yang dimaksud adalah untuk berinvestasi, sedangkan jika hanya digunakan untuk konsumsi saja, maka penggunaan uang termasuk kurang efisien. Sementara itu, memegang uang juga bertujuan untuk berjaga-jaga, karena terkadang ada saja kebutuhan yang tidak diperkirakan yang harus dipenuhi. Misalnya kebutuhan untuk berobat karena sakit, untu biaya pendidikan dan sebagainya.  Oleh sebab itu, sebagai upaya persiapan menghadapi kebutuhan mendesak yang tidak diprediksi, maka sebaiknya menabungkan sebagian pendapatan yang dimiliki.
  • Mendapat Kesempatan untuk Berinvestasi
    Kesempatan untuk berinvestasi tidak terlepas dari hasil usaha menabung yang telah dilakukan sebelumnya. Banyak orang yang sudah sangat stabil kondisi ekonominya karena menabung sisa uang dari pendapatan yang digunakan untuk konsumsi. Namun tidak sampai disitu saja, uang yang telah ditabung tersebut kemudian digunakan untuk berinvestasi. Sisa uang yang sudah diinvestasikan jika mengalami keuntungan tentunya akan menambah pendapatan. Oleh sebab itu, orang yang pandai mengelola keuangannya merupakan orang yang bermental , sedangkan orang yang hidup di bawah pendapatannya merupakan orang yang bermental miskin.
  • Memiliki Dana Darurat
    Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam menjalani kehidupan selalu dibayangi ketidakpastian kondisi yang akan datang hingga ada kalanya kita akan mengalami keadaan darurat yang muncul dalam bentuk yang bermacam-macam. Keadan darurat tersebut dari awal sulit diprediksi bagaimana bentunya dan kapan akan menimpa kita. Meskipun demikian, dalam menghadapi keadaan darurat tersebut, kita juga bisa melakukan penanggulangan resikonya mulai sekarang dengan cara menyediakan dana darurat. Dengan begitu, kehidupan akan menjadi lebih tenang karena sudah memiliki dana yang bisa digunakan ketika sedang mengalami keadaan darurat dan mendesak.
  • Mendapat Kesempatan Untuk Merasakan Hidup yang Lebih Berkualitas
    Dalam memenuhi kebutuhan hidup, terkadang kita memaksakan diri untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Misalnya membeli mobil dengan cara kredit. Membeli suatu barang dengan cara kredit bukanlah cara yang terbaik, karena Anda hanya menikmati sesuatu yang bukan milik Anda sendiri dan harus membayar cicilan kredit beserta bunganya hingga lunas. Padahal jika Anda tidak tergesa-gesa untuk membeli mobil tersebut, Anda tidak perlu membayar bunga kredit yang jika dihitung secara keseluruhan akan membuat total uang yang Anda bayarkan untuk membeli mobil tersebut menjadi lebih besar dibandingkan jika membeli mobil dengan langsung lunas. Bukan tidak mungkin Anda bisa membeli mobil tanpa kredit, karena dengan menabung sebagian pendapatan, Anda menjadi bisa berinvestasi dan mendapatkan pendapatan lebih. Dari pendapatan lebih tersebut jika dikumpulkan lama-kelamaan Anda akan mampu membeli mobil langsung lunas. Dengan begitu Anda tidak akan dikejar-kejar kewajiban membayar kredit setiap bulannya.
  • Merasakan Kebebasan dan Keamanan Finansial
    Ada suatu pepatah yang menyatakan bahwa para bekerja keras untuk meraih kebebasan finansial, sedangkan para bekerja keras untuk meraih keamanan finansial. Namun sebenarnya upaya tersebut akan sia-sia jika menjalani hidup diatas kebutuhan atau defisit. Berbeda halnya jika mereka lebih memilih mengatur pengeluarannya agar di bawah pendapatan dan mengelola pendapatan yang diperoleh sedemikian rupa, karena akan lebih menjamin kebebasan dan keamanan secara finansial.
  • Menjadi Kaya yang Sebenarnya
    Banyak orang yang salah mendefinisikan bahwa pendapatan yang tinggi artinya adalah kaya. Padahal pendapatan yang tinggi hasilnya akan negatif jika tingkat konsumsinya semakin tinggi, misalnya untuk membeli kendaraan mewah, rumah mewah, hingga mewah. Padahal jika dikurangi dengan pendapatan, konsumsi yang berlebihan tersebut bisa menyebabkan keuangan Anda menjadi negatif hingga menimbulkan hutang. Artinya kekayaan dari pendapatan yang tinggi tersebut merupakan kekayaan semu. Berbeda dengan memiliki pendapatan yang cukup kemudian melakukan konsumsi dengan jumlah di bawah pendapatannya dan tidak menimbulkan kredit atau hutang. Dengan pola konsumsi yang tersebut, kekayaan atau pendapatan yang dimiliki bukanlah kekayaan semu, melainkan kekayaan yang sebenarnya.

Dalam meraih manfaat yang optimal dari berapapun besarnya pendapatan yang diperoleh, maka akan membuat kondisi keuangan lebih stabil. Artinya apabila seseorang mampu mengurangi prosentase konsumsinya dan menambah prosentase savingnya, maka kesempatan untuk berjaga-jaga dan berinvestasi akan semakin besar. Akibatnya akan meningkatkan perekonomian secara personal dan menimbulkan ketenangan hati serta pikiran.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengelola keuangan dengan baik, mulai dari menabung, berinvestasi hingga . Menabung menjadi salah satu cara mengelola keuangan yang banyak dilakukan masyarakat, namun upaya menabung saja tanpa disertai dengan investasi akan membuat nilai uang yang ditabung semakin lama akan semakin tergerus inflasi. Sementara itu, berinvestasi terkadang menjadi cara mengelola uang yang dianggap rumit dilakukan jika tidak memiliki pengetahuan tentang investasi. Padahal investasi juga bisa dilakukan dengan cara menyimpan logam mulia atau investasi tanah dan bangunan. Karena dalam beberapa tahun kemudian, nilai logam mulia serta nilai tanah dan bangunan tersebut jika dijual harganya akan menjadi lebih tinggi oleh sebab itu menjadi sebuah peluang investasi yang menjanjikan meskipun membutuhkan yang cukup besar.

Di sisi lain, membuka usaha berdagang secara saat ini semakin banyak diminati orang karena lebih mudah, praktis, dan tentunya membutuhkan modal yang lebih hemat. Faktor penggunaan modal yang lebih hemat ini menjadi pertimbangan utama, karena dibandingkan dengan jenis usaha lainnya, usaha berdagang secara online memang membutuhkan modal yang kecil namun keuntungan yang didapatkan sangat besar. Bahkan tidak jarang banyak orang yang menjalankan usaha berdagang mengalami kesuksesan besar. Karena meskipun hanya dilakukan secara online, tidak menutup kemungkinan usaha berdagang akan berkembang pesat.

Usaha dengan Membuka Toko Online

Usaha membuka saat ini menjadi salah satu prospek usaha yang sangat menjanjikan. Karena di era serba digital seperti saat ini, banyak masyarakat yang lebih suka melakukan secara online, mulai dari belanja, membeli , hingga membayar dan . Kemudahan transaksi tersebut membuat konsumsi masyarakat semakin tinggi. Hal inilah yang menjadi pertimbangan utama dalam mendirikan usaha toko online.

Ada beberapa cara membuka toko online yang dapat  dilakukan terutama bagi Anda yang merupakan dalam berwirausaha, antara lain:

  • Menentukan jenis usaha
    Salah satu cara membuka toko online yang paling utama adalah menentukan jenis yang paling tepat. Untuk menentukan jenis usaha apa yang akan dijalankan, Anda dapat mengamati produk apa yang biasanya paling diminati oleh masyarakat yang suka berbelanja secara online. Biasanya para wanita lebih suka berbelanja produk mulai dari tas, , , hingga aksesoris lainnya. Selain banyak pula wanita usia yang sering mengincar berbagai jenis yang dinginkan di toko online. Sementara itu, para laki-laki biasanya lebih sering mencari perlengkapan , gadget, hingga perlengkapan fotografi di toko online. Dengan menentukan jenis usaha online yang akan dijalani otomatis Anda akan menentukan target utama pemasaran produk Anda secara online.
  • Membuat toko online melalui media sosial
    Membuat toko online merupakan salah satu cara membuka toko online yang harus dilakukan. Untuk membuat toko online, hal yang harus dipersiapkan adalah gadget dan jaringan internet yang memadahi. Setelah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, selanjutnya Anda bisa memanfaatkan seperti facebook, instagram dan sebagainya untuk melakukan promosi produk yang dijual. Selain itu, media sosial juga bisa digunakan sebagai toko online Anda dengan cara membuat akun baru yang berisi informasi dan gambar mengenai produk yang dijual. Pemasaran produk secara online menggunakan media sosial saat ini banyak dilakukan masyarakat karena sangat mudah dan pengguna media sosial di sangat banyak. Bahkan pemasaran menggunakan media sosial bisa lebih luas lagi karena sangat mudah dijangkau pengguna media sosial dari luar negeri.
  • Membuka toko online di situs jual beli online
    Selain media sosial, saat ini banyak masyarakat yang tertarik menjalani dengan cara membuat toko online di situs jual beli online. Masyarakat yang mengakses situs jual beli online untuk berbelanja biasanya dikarenakan situs jual beli online merupakan sebuah tempat jual beli yang lengkap layaknya pasar. Sehingga dengan hanya mengakses salah satu situs jual beli online, berbagai jenis produk yang dibutuhkan akan bisa didapatkan dengan lebih praktis. Di samping itu, situs jual beli online dirasa lebih bagi para konsumen karena terkadang banyak promo-promo menarik mulai dari ongkos pengiriman, diskon harga, hingga garansi resmi dari berbagai produk-produk asli yang harganya lebih terjangkau.
  • Memperhitungkan peluang terjadinya transaksi pembelian
    Selain berupaya mendatangkan konsumen, cara membuat toko onlineuntuk pemula yang juga harus dilakukan adalah memperhitungkan atau memperkirakan seberapa besar kira-kira akan terjadi transaksi pembelian. Perhitungan atau perkiraan ini dilakukan karena tidak semua pengunjung situs toko online Anda pasti melakukan transaksi pembelian. Perbandingan antara jumlah pengunjung toko online yang melakukan transaksi pembelian dengan pengunjung toko online yang tidak melakukan pembelian disebut conversion rates. Conversion rates yang baik biasanya berkisar antara 2 sampai 4 persen, artinya diantara 100 pengunjung toko online, setidaknya ada satu atau dua konsumen yang melakukan transaksi di toko online Anda.
  • Mengedepankan kualitas pelayanan di toko online
    Jika membangun sebuah website untuk situs toko online, sebiknya memperhatikan kualitas website tersebut, jangan sampai terlalu lama ketika merespon pelanggan, gambar produk yang kurang jelas, atau informasi produk yang tidak lengkap. Jika pelayanan dasar dalam toko online tidak bisa dipenuhi, maka otomatis pelanggan akan meninggalkan situs toko online Anda dan beralih ke toko online lain.
  • Membuat konsep toko online yang matang
    Mempersiapkan toko online dengan matang dapat dilakukan dengan memperhatikan persaingan pasar  terlebih dahulu agar bisnis yang dijalani memiliki positioning yang kuat. Setelah konsep yang matang sudah dipersiapkan, toko online Anda akan lebih diingat oleh para konsumen. Oleh sebab itu, cara membuat toko onlineyang satu ini sangat penting dilakukan agar bisnis online yang dirintis bisa terbangun dengan baik dan keberadaan bisnis tersebut bisa selalu diingat oleh pelanggan.
  • Menjawab kebutuhan para konsumen
    Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa sebelum menentukan usaha toko online, Anda harus memperhatikan kira-kira kebutuhan apa saja yang dibutuhkan konsumen. Cara ini dapat membuat toko online Anda menjadi salah satu solusi atas kebutuhan setiap pelanggan. Semakin banyak solusi yang ditawarkan untuk berbagai macam kebutuhan masyarakat, maka akan semakin besar loyalitas para pelanggan terhadap toko online Anda.
  • Kejelasan produk yang diperdagangkan
    Menjual produk yang jelas fungsi atau kegunaannya merupakan salah satu cara membuat toko online yang dapat menarik pelanggan. Sedangkan jika produk yang dijual kurang jelas bentuk, fungsi, dan kegunaannya dapat membuat para konsumen tidak akan melirik produk yang Anda jual di toko online. Menjual produk dengan tidak menyertakan deskripsi produk tersebut mulai dari jenis produk, bahan pembuat, asal, ukuran, hingga kegunaan. Menyertakan informasi mengenai produk yang dijual sangat penting, bila perlu dengan menambahkan kata-kata yang menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut.
  • Memperhatikan ketersediaan produk
    Ketika menjual produk secara online, sebaiknya memperhatikan ketersediaan produk yang dijual. Karena jika pelanggan ingin membeli produk di toko online Anda padahal ternyata stoknya sudah habis akan membuat pelanggan yang berkunjung ke toko online Anda merasa kecewa. Oleh sebab itu, teliti apakah produk yang akan diiklankan masih ready stock atau tidak. Jika tidak, sebaiknya hapus iklan barang yang stoknya sudah habis dari laman toko online Anda.
  • Produk yang dipajang sesuai dengan kondisi produk yang sebenarnya
    Terkadang banyak pelanggan toko online yang merasa kecewa setelah mendapat kiriman barang yang dibelinya secara online, karena ternyata kondisi barang tersebut tidak sesuai dan tidak sebagus barang yang diiklankan di toko online. Jika hal ini sudah terjadi, pelanggan akan semakin tidak percaya dengan toko online Anda dan bisa memberikan review yang buruk mengenai toko online yang Anda rintis. Oleh sebab itu, untuk menghindari hal tersebut sebaiknya menjual produk yang jujur sesuai dengan gambar produk yang diiklankan. Karena kepercayaan dan kepuasan konsumen terhadap toko online yang Anda rintis adalah hal yang paling utama.
  • Melakukan promosi dan diskon
    Untuk menarik minat pelanggan, jangan pelit untuk menawarkan diskon atau promosi. Diskon atau promosi merupakan salah satu kunci yang dapat menarik pelanggan. Namun supaya tidak mengalami kerugian, jangan terlalu sering memberikan diskon. Gunakan momen-momen tertentu untuk menawarkan diskon tersebut.
  • Mencantumkan alamat yang nyata
    Terkadang banyak masyarakat yang ragu ketika akan berbelanja secara online jika belum mengetahui alamat pasti penjualnya karena takut menjadi korban penipuan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mencantumkan alamat yang jelas dan pasti untuk membuktikan bahwa niat Anda berdagang secara online bukan untuk menipu. Karena jika merasa ditipu, pelanggan bisa mendatangi alamat Andaa langsung. Selain itu, untuk lebih meyakinkan pembeli, Anda juga perlu mencantumkan foto lokasi atau alamat Anda.
  • Melayani dengan ramah
    Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika menjalankan usaha online, Anda akan menerima banyak sekali pertanyaan mengenai produk Anda dari para konsumen atau pengunjung situs toko online Anda. Sebaiknya menanggapi pertanyaan bahkan dari para pelanggan dengan ramah. Jika dalam melayani pelanggan saja sudah tidak ramah, maka jangan harap pelanggan akan berbelanja di toko online Anda. Alhasil toko online Anda tidak akan berkembang karena banyak pengunjung toko online yang kabur dan merasa tidak nyaman dengan pelayanan Anda. Apalagi ada beberapa kasus toko online yang mencantumkan kata-kata “JADILAH PEMBELI YANG CERDAS!” Padahal kata-kata tersebut seperti lebih menggurui dan tentunya kurang ramah jika dibandingkan dengan kata-kata “Mohon baca syarat dan ketentuan dengan teliti untuk menghindari kesalahpahaman.”
  • Lebih komunikatif
    Dalam menjalani bisnis toko online otomatis peran call center, sales, dan pemilik usaha menjadi tanggungan Anda. Oleh sebab itu, ketika menjalani bisnis toko online, Anda akan mengalami multiperan. Sebaiknya saat melayani pelanggan melalui call center, layani pelanggan dengan ramah dan komunikatif. Jika terjadi kesalahpahaman, sebaiknya jelaskan dengan sabar atau jangan menggunakan emosi meskipun pelanggan yang melakukan komplain sangat keras kepala. Karena jika menanggapi pelanggan yang sedang emosi dengan cara yang emosi pula maka pelanggan akan kabur dan tidak akan pernah melirik toko online Anda lagi.
  • Mencatat penjualan
    Mencatat penjualan adalah cara membuat toko onlineyang juga penting dilakukan. Karena dengan mencatat setiap penjualan yang telah dilakukan, sistem keuangan bisnis Anda bisa lebih tertata dengan baik. Selain itu, mencatat setiap penjualan juga bisa membantu Anda dalam menetapkan target untuk meraih penjualan yang lebih besar, karena menjadi patokan untuk meningkatkan usaha pada periode berikutnya. Misalnya barang yang paling banyak terjual adalah barang A, dengan begitu Anda bisa meningkatkan stok barang A untuk periode penjualan berikutnya.

Bisnis toko online memang membutuhkan modal yang lebih kecil jika dibandingkan dengan bisnis toko offline, karena tidak memerlukan biaya sewa toko dan menyetok barang yang banyak untuk dipajang, serta tidak perlu repot merekrut pegawai untuk menjaga toko. Namun pada dasarnya membuka toko online tetap membutuhkan modal terutama gadget dan jaringan internet. Selain itu, dalam membuka toko online, yang paling diperlukan adalah kepahaman mengenai pengoperasian gadget dan internet. Meskipun demikian, tidak perlu khawatir bagi Anda yang belum memahami internet dan pengoperasian gadget, karena Anda bisa belajar terlebih dahulu.

Membangung Bisnis Online dengan KUDO

Tidak dapat dipungkiri bahwa untuk memenuhi kebutuhan hidup saat ini memerlukan biaya yang sangat tinggi, mulai dari harga barang, biaya pendidikan, biaya , hingga tempat tinggal semakin mahal. Meskipun biaya hidup semakin tinggi, namun bukan berarti tidak ada cara yang bisa dilakukan dalam memperoleh penghasilan lebih untuk memenuhi kebutuhan hidup. Karena saat ini peluang berbisnis secara online semakin terbuka lebar. Cara membuat toko online yang paling tepat adalah dengan bergabung bersama . KUDO atau yang kepanjangan dari Kios Untuk merupakan sebuah situs jual beli online terbaik yang ada di Indonesia karena ada berbagai jenis barang hingga yang bisa diperjual belikan di sana. Mulai dari , pakaian, gadget, peralatan dapur, hingga pembayaran dan telepon pun bisa. Sebagai salah satu situs jual beli online terbaik yang ada di Indonesia, KUDO menjamin kemudahan dan keamanan tiap transaksi antara penjual dan pembeli dengan cara mengawasi setiap transaksi. Agar tidak ada yang melakukan penipuan dan tentunya tidak ada pelanggan yang akan mengalami penipuan.

Untuk membuka toko online melalui KUDO, Anda dapat mendaftar menjadi terlebih dahulu. Cara menjadi agen KUDO sangat mudah, yang pertama Anda bisa Anda bisa mendownload atau mengakses website kudo.co.id. Setelah itu, Anda bisa memilih menu Masuk Sebagai Agen dan memilih Daftar Menjadi Agen. Pahami terlebih dahulu mengenai syarat dan ketentuan berlaku sebelum mendaftar menjadi Agen KUDO.Pilih menu Daftar Menjadi Agen, kemudian Anda akan menemukan halaman formulir yang harus diisi.  Isi lengkap formulir tersebut dengan data yang benar dan bisa dipertanggung jawabkan. Isi pula kode referral jika ada, kemudian pilih daftar. Dengan begitu Anda sudah terdaftar menjadi Agen KUDO.Setelah menjadi Agen KUDO, Anda akan mendapat atau bonus langsung dari KUDO untuk setiap transaksi produk Anda yang berhasil. Oleh sebab itu, dengan menjadi Agen KUDO, Anda akan mendapat keuntungan yang lebih besar, selain produk yang dijual menjadi lebih laris, Anda juga akan mendapat komsis yang menggiurkan.

KUDO banyak diminati oleh masyarakat karena segala kebutuhan masyarakat tersedia lengkap di sana. Kemudian harga produk yang ditawarkan juga lebih terjangkau dibandingkan dengan tempat lainnya.  Sehingga bukan tidak mungkin langkah sukses untuk menjadi pengusaha Anda berawal dari KUDO. Oleh sebab itu, KUDO menjadi lahan bisnis toko online terbaik yang bisa Anda coba.