10Oct

Cara Kirim Transfer Bagi Pulsa ke Sesama Kartu IM3

Di era digital seperti sekarang ini, hampir tiap orang telah memiliki ponsel masing-masing. Agar dapat difungsikan untuk berkomunikasi dengan orang lain, ponsel haruslah diisi dengan pulsa. Mengingat peran penting pulsa bagi fungsi sebuah telepon genggam, bagi sebagian orang, pulsa telah menempati daftar kebutuhan primer sehari-hari. Pulsa juga menjadi salah satu yang fenomena dibanding keberadaannya beberapa tahun lalu, saat ponsel masih jarang ditemukan. Pulsa juga dapat diibaratkan seperti bensin bagi kendaraan, maka semua orang yang memiliki ponsel harus membeli pulsa juga agar bisa memanfaatkan ponsel tersebut. Mendapatkan pulsa bisa dengan membeli di counter ataupun mempraktekkan cara transfer pulsa IM3.

Bentuk pulsa sendiri ada dua macam, yakni pulsa voucher serta . Saat ponsel masih jarang dimiliki dan nominal pulsa hanya terdiri dari Rp 100.000,- serta Rp 50.000,- saja, pulsa voucher terbilang sangat mudah ditemukan. Untuk bisa memasukkan pulsa dalam ponsel, kita harus menggosok bagian abu-abu pada voucher dan mengisikan sederet angka yang ada di dalamnya. Setelah itu barulah pulsa terisi ke dalam nomor ponsel kita. Cara ini terbilang kuno dan sekarang sudah banyak ditinggalkan. Pulsa elektrik telah menggantikan keberadaan pulsa voucher karena kemudahan yang ditawarkan dalam penggunaan dan isi ulangnya. Dengan menggunakan pulsa elektrik, pulsa akan terisi dalam kartu provider pra bayar menggunakan perantara elektrik.

Faktor lain yang membuat pulsa voucher banyak ditinggalkan adalah biaya pembuatannya terbilang tinggi. Provider harus mengeluarkan biaya untuk pencetakan voucher. Ini tentu berbeda dengan pulsa elektrik yang tidak membutuhkan biaya pencetakan apapun. Jelas bahwa pulsa elektrik lebih menguntungkan, tidak hanya untuk konsumen namun juga untuk provider. Kita bisa dengan mudah menemukan penjual pulsa elektrik di mana saja. Umumnya counter pulsa yang menjual pulsa elektrik ini ada di pinggir jalan. Bahkan, telah ada juga cara transfer pulsa IM3 yang memungkinkan kita untuk mentransfer ataupun menerima pulsa dari dan ke orang lain.

Transfer pulsa ini tentu menjadi solusi bagi kita yang membutuhkan pulsa dalam waktu cepat dan jumlah tertentu, namun tidak memiliki biaya untuk membeli pulsa ataupun lokasi saat ini jauh dari tempat penjual pulsa. Transfer pulsa juga bermanfaat saat kita ingin memberi pulsa pada orang lain, baik sebagai hadiah, ucapan terima kasih, dan aneka kebutuhan lainnya. Transfer pulsa ini juga cukup mudah karena hanya mengharuskan kita untuk mengirim SMS ke nomor tertentu, maka pulsa kita akan secara otomatis masuk ke nomor tujuan. Banyak provider yang menyediakan layanan transfer pulsa. Salah satunya adalah IM3 yang berasal dari Indosat. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara transfer pulsa IM3, mari kita simak terlebih dahulu profil Indosat dan IM3.

Cara Kirim Transfer Bagi Pulsa ke Sesama Kartu IM3

Profil Indosat Ooredoo dan IM3

IM3 Ooredoo yang awalnya bernama Indosat IM3 adalah layanan seluler prabayar dengan kemampuan isi ulang. IM3 Ooredoo dimiliki Indosat Ooredoo serta didirikan pada 2001. Dengan IM3 Ooredoo, Indosat sekaligus menjadi operator pertama yang memiliki dukungan terhadap GPRS, MMS, Java Games hingga video streaming di seluruh Indonesia. IM3 Ooredoo juga turut tersedia dalam layanan pita lebar, layanan paket data kecepatan tinggi serta aneka paket lainnya. Pada 2015 lalu, IM3 Ooredoo meluncurkan kartu perdana dengan nama IM3 Pinternet serta mendukung salah satu perusahaan dari Facebook, yakni Internet.org.

IM3 Ooredoo sendiri menjadi salah satu produk dari Indosat Ooredoo atau PT Indosat Tbk yang awalnya bernama Indosat. Perusahaan ini merupakan penyedia jasa telekomunikasi serta jaringan telekomunikasi di Indonesia. Perusahaan ini terutama menawarkan saluran komunikasi yang ditujukan bagi pengguna telepon genggam. Pilihan yang tersedia ialah pra bayar serta pasca bayar. Merek jual dari Indosat ialah IM3 Ooredoo, Matrix Ooredoo serta Mentari Ooredoo. Jasa lainnya yang turut disediakan Indosat antara lain adalah saluran komunikasi via suara yang ditujukan untuk telepon tetap atau fixed, sambungan langsung internasional, layanan multimedia serta internet dan komunikasi data.

Indosat termasuk salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi terbesar yang ada di Indonesia. Di tahun 2011, Indosat Ooredoo dikabarkan menguasai hingga 21 persen pangsa pasar. Kemudian pada 2013, Indosat Ooredoo tercatat telah memiliki hingga sebanyak 58.5 juta pelanggan telepon genggam. Pada 2015, Indosat Ooredoo diketahui mengalami kenaikan jumlah pelanggan menjadi 68.5 juta serta persentasinya naik menjadi 24.7 persen. Pada Februari 2013, perusahaan telekomunikasi asal Qtar yang awalnya bernama Qtel berubah nama menjadi Ooredoo. Perusahaan ini sendiri menguasai hingga 65 persen dari saham Indosat. Ooredoo juga berencana melakukan penggantian nama pada seluruh perusahaan yang berada di bawah kendalinya di Timur Tengah, Asia Tenggara serta Afrika dengan nama Ooredoo di tahun 2013.

Dua tahun berikutnya pada 2015, secara resmi Indosat mengganti identitas serta logo dengan nama Indosat Ooredoo. Sejarah Indosat memang terbilang panjang. Indosat pertama kali didirikan pada 1967 sebagai salah satu perusahaan penanaman modal asing yang pertama ada di Indonesia. Saat itu, Indosat menyediakan layanan telekomunikasi internasional serta dilakukan melalui satelit internasional. Seiring waktu, akhirnya Indosat makin berkembang menjadi salah satu perusahaan telekomunikasi internasional pertama. Tak hanya itu, pemerintah Indonesia kala itu juga memiliki sepenuhnya Indosat. Pada 1994, Indosat turut menjadi perusahaan publik yang terdaftar dalam Bursa Efek Jakarta serta New York Stock Exchange. Pemerintah menguasai 65 persen saham dan 35 persen sisanya untuk publik.

Perkembangan Indosat berlanjut pada 2003 saat Indosat mengambil alih sebagian besar saham dari Satelindo serta SLI di Indonesia. Saat itu, Indosat mendirikan PT Indosat Multimedia Mobile atau IM3 sebagai bentuk pelopor jaringan GPRS serta layanan multimedia. Indosat kemudian bergabung bersama tiga anak perusahaan, yaitu IM3, Satelindo serta Bimagraha guna membentuk operator seluler di Indonesai. Indosat juga telah mendapat lisensi jaringan 3G serta turut memperkenalkan layanan 3.5 G di Surabaya dan Jakarta. Di tahun 2009, Qtel diketahui membeli 24.9 persen saham publik Indosat sehingga menjadi pemegang saham terbesar dengan kepemilikan mencapai 65 persen.

Di tahun yang sama, Indosat telah memperoleh lisensi tambahan untuk frekuensi 3G serta memenangkan tender lisensi WiMAX yang diadakan oleh pemerintah. Pada 2010, Indosat kemudian melakukan transformasi guna menjadi perusahaan yang fokus serta efisien. Cara yang ditempuh adalah dengan melakukan restrukturisasi organisasi, ekspsi jaringan seluler, modernisasi serta inisiatif dalam mencapai keunggulan secara operasional. Berkat peningkatan jaringan dan inovasi produk, pada 2012 Indosat berhasil mencapai 58.5 juta pelanggan. Berlanjut pada tahun 2013, Indosat berhasil mengadakan komersialisasi untuk jaringan 3G pada frekuensi 900 MHz. Setahun berselang, Indosat turut melakukan peluncuran serta komersialisasi layanan 4G di jaringan 900 MHz serta kecepatan maksimal mencapai 42 Mbps.

Produk yang dimiliki Indosat Ooredoo sangat beragam. Berikut adalah beberapa di antaranya, mulai dari yang sudah kita semua tahu hingga yang masih asing di telinga.

  1. Produk retail Indosat Ooredoo termasuk IM3 Ooredoo, Mentari Ooredoo serta Matrix Ooredoo. Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan ketiganya karena sering digunakan dalam kebutuhan sehari-hari, terutama untuk transfer pulsa IM3.
  2. Produk skala besar dari Indosat Ooredoo di antaranya adalah mobile, machine to machine atau M2M, convergence, connectivity, IT services, satellite serta international roaming.
  3. Produk digital yang ditawarkan antara lain adalah CIPIKA, Dompetku, Dompetku Pengiriman Uang, Dompetku Plus, Pay Up, On De Go, Ideabox, IMX serta Arena Seru
  4. Anak perusahaan dari Indosat Ooredoo di antaranya ialah IndosatM2 serta Lintasarta

Cara Transfer Pulsa Indosat IM3

Sebagai salah satu penyedia jasa telekomunikasi serta provider kartu perdana paling besar di Indonesia, Indosat Ooredoo tentu ingin semua pelanggan merasa puas dengan layanan yang mereka tawarkan. Termasuk di antaranya adalah layanan transfer pulsa IM3, paket internet bulanan sampai dengan paket Combo. Semua layanan tersebut di atas akan memberi kenyamanan pada pelanggannya, baik saat mengirim SMS, menelepon ataupun menikmati paket data internet. Pelanggan hanya perlu menyesuaikan budget serta harga paket yang tersedia. Semakin banyak fitur yang tersaji, tentu akan semakin besar pula harganya.

Dari sekian banyak fitur serta layanan yang diberikan Indosat, kali ini akan dibahas mengenai cara transfer pulsa Indosat IM3. Fitur satu ini memang terbilang sangat membantu, apalagi jika kita tengah membutuhkan pulsa pada saat-saat terdesak. Misalnya adalah pada malam hari saat counter pulsa sudah tutup, sementara kita membutuhkan pulsa saat itu juga untuk kebutuhan mendadak. Dengan adanya fitur transfer pulsa, kita bisa meminta bantuan teman, kerabat atau keluarga untuk mengirimkan pulsa secara transfer. Prosesnya sangat sederhana dan mudah karena bisa dilakukan dari ponsel masing-masing saja. Transfer pulsa ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu SMS serta telepon.

Pertama ada cara transfer pulsa IM3 ke IM3 melalui SMS. Caranya sangat mudah. Ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Kirim SMS ke 151. Formatnya adalah transferpulsa [spasi] nomor yang dituju [spasi] nominal. Contohnya adalah: transferpulsa 0856111111 10000.
  2. Setelah itu, kita cukup mengikut petunjuk selanjutnya.
  3. Kita akan diberi kode Token.
  4. Setelah mendapat kode ini, kirim SMS ke 151 dengan format OK [kode token]. Contohnya adalah: OK 0000
  5. Pulsa akan langsung terkirim ke nomor tujuan sesuai nominal yang tertera.

Selain melalui SMS, cara transfer pulsa sesama IM3 juga dapat dilakukan melalui telepon. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Hubungi *123*7*2*3*1#
  2. Ikuti petunjuk selanjutnya
  3. Kita akan mendapat arahan lebih lanjut dari customer service Indosat guna melakukan transfer pulsa
  4. Khusus untuk transfer pulsa pascabayar Matrix Ooredoo Auto, hubungi *123*7*1*6*1#

Terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku dalam tata cara transfer pulsa IM3 ke IM3 di atas. Perhatikan aneka syarat serta ketentuan yang ada di bawah ini sebelum melakukan transfer pulsa.

  1. Baik pengirim maupun penerima harus memiliki kartu yang nomornya masih aktif. Transfer pulsa tidak akan berhasil jika kartu milik pengirim atau penerima sudah tidak aktif lagi.
  2. Penambahan masa aktif bagi penerima tidak akan mengurangi masa aktif bagi pengirim
  3. Masa aktif dari transfer pulsa akan mengambil masa aktif yang terpanjang atau tidak akumulatif. Maksimalnya adalah 45 hari ekstra masa aktif.
  4. Selain tambahan masa aktif di atas, penerima pulsa juga akan memperoleh tambahan untuk masa tenggang selama tiga puluh hari. Hal ini tidak berlaku bagi Matrix Ooredoo Auto.
  5. Pengirim pulsa harus memiliki pulsa minimal sebanyak Rp 5.000,- setelah melakukan transfer serta dipotong dengan biaya kirim
  6. Jumlah pulsa terkirim nantinya akan dialokasikan pada pulsa utama penerima. Hal ini memungkinkan pulsa yang diterima tidak hangus apabila penerima melakukan perpindahan paket.
  7. Transfer pulsa di atas berlaku bagi seluruh pelanggan prabayar IM3 Ooredoo, Mentari Ooredoo serta Matrix Ooredoo sesuai syarat serta ketentuan yang berlaku.

Bisnis Jual Beli Pulsa

Mudahnya cara transfer pulsa serta peran penting dari pulsa itu sendiri membuat bisnis jual beli pulsa kini bisa ditemukan dengan mudah. Tidak hanya itu, kita juga bisa memulai sendiri bisnis . Sekilas bisnis ini terlihat remeh, namun potensi keberhasilannya sangat besar. Terutama karena banyaknya pengguna ponsel yang sudah pasti akan sangat membutuhkan pulsa elektrik. Jika kita tertarik untuk mencoba bisnis jualan pulsa, maka ada beberapa hal yang harus kita ketahui. Pertama, berjualan pulsa sendiri bisa dibagi dalam beberapa jenis. Mulai dari menggunakan chip, transfer bank hingga secara online atau melalui internet.

Berikut adalah beberapa cara jualan pulsa serta cara transfer pulsa kartu IM3 yang akan sangat berguna saat kita hendak memulai .

  1. Pertama adalah berjualan dengan menggunakan chip. Caranya adalah dengan mendatangi dealer penjualan paling dekat di kota masing-masing. Jika tidak tahu di mana tempat penjualannya, maka kita bisa menanyakan pada customer service Indosat atau provider lain yang hendak dijual. Untuk membeli chip atau SIM card ini biasanya akan diperlukan fotokopi KTP serta uang antara Rp5000 hingga Rp30.000 saja. Ada jenis chip yang bisa digunakan untuk semua provider, namun ada juga yang hanya bisa digunakan untuk provider masing-masing. Jenis-jenis chip yang beredar sekarang ini di antaranya adalah Sev MTRONIKMTRONIK untuk pengisian ulang pulsa Indosat, MKIOS untuk pengisian ulang pulsa Telkomsel, Dompul XL khusus untuk pengisian ulang pulsa XL serta chip all operator.
  2. Kini, jualan pulsa juga bisa melalui transaksi bank. Banyak bank yang telah menyediakan layanan khusus pulsa elektronik serta bisa dimanfaatkan nasabah dalam berjualan pulsa. Bank terutama menawarkan kemudahan pembelian pulsa melalui internet banking serta mobile banking. Harga pulsa di beberapa bank ini juga terbilang terjangkau sehingga selisih harganya akan cukup menguntungkan. Transaksi dapat dilakukan melalui SMS Banking ataupun Internet Banking. Pembelian pulsa melalui SMS Banking diawali dengan mendaftarkan nomor ponsel di CS bank. Setelahnya, pembelian pulsa bisa disesuaikan dengan bank masing-masing yang digunakan. Namun, kekurangan dari berjualan pulsa melalui akun bank ialah prosesnya cenderung terlalu panjang. Selain itu, tidak semua orang telah memiliki akun bank sehingga bisa melakukan transaksi.
  3. Yang tak kalah digemari belakangan ini adalah berjualan pulsa secara online. Server online akan memudahkan transaksi semua operator. Jualan pulsa melalui internet juga akan dapat dilakukan oleh siapa saja karena kemudahan yang ditawarkannya.

Memulai Bisnis Jualan Pulsa

Kemudahan cara transfer pulsa kartu IM3 serta maraknya bisnis penjualan pulsa tentu membuat kita tergiur juga untuk memulainya. Namun sebelum mulai menjalankan bisnis ini, berikut adalah beberapa hal yang harus kita miliki atau lakukan agar bisnis bisa berjalan lancar.

  1. Mulailah dengan niat. Jika tidak ada niat, maka akan sulit bagi kita dalam menjalankan pekerjaan semudah apapun. Niat yang bulat dan tekad yang kuat akan mempermudah langkah kita ke depannya dalam berbisnis.
  2. Selanjutnya, kita juga pasti akan membutuhkan modal. Namun tidak perlu khawatir karena bisnis pulsa termasuk dalam bisnis yang modalnya kecil. Kita bahkan bisa memulainya dengan berbekal SIM Card, ponsel serta sedikit saja deposit untuk berjualan.
  3. Berikutnya, kita juga harus memilih yang tepat. Pemilihan agen pulsa ini akan sangat menentukan kesuksesan usaha ke depannya. Kita bisa memilih apakah lebih suka menggunakan metode SIM card atau chip. Usaha bisa dimulai dengan ponsel 2G ataupun 3G.
  4. Siapkan juga semua peralatan yang dibutuhkan. Tidak dibutuhkan terlalu banyak peralatan dalam bisnis ini. Yang perlu kita miliki hanyalah ponsel masing-masing.
  5. Setelah semua persiapan selesai, mulailah berjualan. Jangan tunda lagi niat baik dalam mencari pekerjaan halal berikut ini. Jika memang telah memantapkan niat, mengumpulkan modal serta peralatan, maka saatnya beraksi dan mulai menjalankan usaha.

Selain itu, kita juga bisa menerapkan aneka tips berikut agar usaha transfer pulsa Indosat IM3 semakin berjalan sukses.

  1. Pertama, jangan berikan kesempatan pada orang-orang untuk berhutang pada kita. Biasanya penjual pulsa akan dihadapkan pada dilema yang cukup sulit. Di satu sisi mereka ingin pulsanya cepat terjual agar mendapat untung, tapi juga merasa tidak enak hati untuk menolak orang-orang yang ingin berhutang pulsa. Mulai hari ini juga, kuatkan tekad untuk mengatakan tidak pada mereka yang ingin berhutang atau bon pulsa. Kita harus tegas dalam menerapkan peraturan ini agar usaha bisa terus berjalan maju dan tidak mengalami kerugian nantinya.
  2. Kemudian, hindari menjual pulsa dengan mengambil keuntungan dalam jumlah yang terlalu besar. Hal ini justru bisa membuat pembeli tidak mampu membeli pulsa di counter kita dan memilih untuk membeli pulsa di tempat lain yang dirasa lebih terjangkau.
  3. Selanjutnya, buat agar usaha jualan pulsa kita diketahui oleh banyak orang. Promosi memang sangat perlu, bahkan bagi usaha yang terbilang usaha kecil seperti berjualan pulsa. Agar semakin banyak orang yang mengetahui usaha kita, kita bisa melakukan promosi melalui sosial media. Juallah pulsa pada orang-orang terdekat dan sarankan agar mereka memberitahu orang lain untuk membeli pulsa pada kita apabila diperlukan. Promosi dari mulut ke mulut ini akan meningkatkan persentase penjualan dan membantu agar usaha kita semakin dikenal ke depannya.
  4. Pilih server yang terpercaya untuk usaha jualan pulsa kita. Server termasuk dalam hal yang krusial serta harus dipilih secara bijak. Kita bisa melakukan survey terlebih dahulu sebelum menentukan server. Bisa juga dengan meminta pendapat orang-orang yang lebih berpengalaman dalam memilihkan satu server yang dirasa paling baik. Server yang dipilih nantinya akan turut mempengaruhi pelayanan kita pada pelanggan. Server yang dapat memberikan respon cepat serta tidak sering terjadi kegagalan pengiriman pulsa tentunya akan sangat memuaskan pelanggan serta membuat pelanggan kembali membeli di lain waktu.
  5. Terakhir, cobalah untuk membuat usaha menjadi menarik dan unik berkat layanannya yang prima. Banyaknya penjual pulsa tentu menambah saingan usaha untuk kita. Untuk itu, kita bisa memberikan sentuhan berbeda pada bisnis yang ditekuni. Tujuannya adalah agar usaha kita tampak lebih unggul dibanding usaha lainnya. Memang terbilang sulit untuk melakukan persaingan dari segi harga. Maka, kita sebaiknya bersaing dari segi pelayanan pada pelanggan. Berikan respon yang cepat serta ketahuilah update terbaru seputar promo dari berbagai provider agar bisa memberikan informasi terkini pada pelanggan.

Usaha KUDO, Usaha Online Menguntungkan dari Rumah

Salah satu keuntungan dari berjualan pulsa adalah bisa dilakukan secara fleksibel. Salah satunya adalah berjualan dari dalam rumah saja. Cara transfer pulsa IM3 Ooredoo dalam bisnis jualan pulsa memang terbilang singkat dan sederhana sehingga dapat dilakukan dari mana saja serta kapan saja. Namun, bisnis berjualan pulsa bukan satu-satunya bisnis yang bisa kita jalani secara fleksibel. Contoh bisnis lain yang tak kalah fleksibel ialah bisnis KUDO.

KUDO adalah singkatan dari Kios Untuk Dagang Online serta menjadi salah satu marketplace yang sudah cukup populer di Indonesia. Melalui KUDO, kita bisa turut menjual hingga ratusan produk serta mendapat komisi dari tiap barang yang terjual. Skema komisi cukup menarik. Dan yang terpenting, bisnis ini bisa kita jalani dari dalam rumah saja. Cukup menggunakan smartphone, kita sudah bisa bergabung serta menjalankan bisnis KUDO.

KUDO memang tidak ada bedanya dari marketplace lain yang sudah biasa kita kenal. Namun kelebihan KUDO adalah dari segi keamanan bertransaksi. KUDO menjamin transaksi yang aman baik bagi pembeli maupun penjual. Bahkan, dikatakan bahwa transaksi melalui KUDO ialah transaksi online rasa offline karena keamanan yang ditawarkannya. Salah satu keunikan KUDO ialah pembeli bisa membayar secara COD dengan penjual, ataupun memilih metode pembayaran melalui transfer bank.

Ada banyak kelebihan dari bergabung menjadi agen KUDO. Kelebihan ini tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi kita dalam bergabung menjadi agen KUDO.

  1. Pertama, KUDO telah menjalin kerjasama dengan banyak perusahaan dalam penjualan produk-produknya. Hanya perusahaan dengan reputasi bagus serta produk berkualitas dan harga terjangkau yang akan dipilih untuk dijual di KUDO.
  2. Jumlah produk sangat banyak mencapai ribuan produk, sehingga akan meningkatkan kemungkinan terjual.
  3. Skema komisi menarik, yaitu hingga 70 persen. Pemberian komisi juga dilakukan secara transparan. Besaran komisi diletakkan di bagian bawah produk.
  4. Aplikasi KUDO dijamin aman, semua transaksi terekam sehingga tidak perlu khawatir komisi tidak akan dibayarkan.
  5. Pendaftaran untuk menjadi agen KUDO gratis tanpa biaya.

Berikut adalah langkah-langkah dalam mendaftar menjadi agen KUDO. Sangat mudah, sederhana serta bisa dilakukan dalam waktu cepat.

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi KUDO di PlayStore atau shop.KUDO.co.id
  2. Daftarlah menjadi agen dengan cara mengisikan data-data diri
  3. Isi saldo minimal Rp10.000
  4. Kita sudah bisa mulai berjualan

Untuk bisa sukses menjalankan bisnis ini, tentunya kita harus memiliki niat yang bulat serta tekad yang kuat. Selain itu, kuasai juga semua hal teknis mengenai KUDO. Termasuk di antaranya adalah cara pendaftaran, melakukan deposit, mendapatkan bonus dan lain-lain. Update terus ilmu seputar KUDO dengan mengikuti komunitas atau pelatihan yang diadakan KUDO. Dengan begitu maka kita tidak akan ketinggalan berita terbaru KUDO dan senantiasa menambah ilmu dalam berjualan. Demikian cara-cara berjualan online melalui KUDO yang mudah, sederhana serta fleksibel.