29Jul

Trik Hemat Belanja Untuk Kamu Yang Bergaji di Bawah 3 Jutaan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bagaimana trik hemat belanja kalau gaji bulanan masih di bawah 3 jutaan?

Impian bulanan besar yang sesuai dengan keinginan itu bisa ibaratkan seperti punguk merindukan bulan. Bukannya tidak mungkin, tapi untuk mencapai impian tersebut kayaknya butuh waktu yang lama deh, terutama kamu yang baru lulus kuliah. Dibutuhkan skill dan pengalaman yang mumpuni dulu baru bisa dapatkan yang diharapkan. Setuju engga sobat Kudo?

Permasalahannya, kehidupan yang serba kekinian seperti sekarang ini mau tidak mau membuat si pelakonnya harus hidup dalam lingkaran gengsi. Alih-alih jalani hidup modern bak warga metropolitan, yang ada kamu malah kebawa arus gaya hidup yang serba wah alias mewah.

Baca juga : Tips Belanja Pintar Jelang Akhir Bulan

It’s ok kalau gaji kamu mencukupi kebutuhan hidup ala orang perkotaan, tapi kalau gaji yang kamu dapat tiap bulannya kurang dari 3 juta, apa yang akan kamu lakukan? Hemat pastinya! Betul kan?

Nah punya trik hemat belanja buat kamu yang bergaji di bawah 3 jutaan nih, coba intip yuk!

Pengeluaran paling banyak itu untuk makan, jadi kurangi!

Percaya engga percaya sih, tapi umumnya pengeluaran untuk urusan makan itu paling besar daripada yang lain. Kalau dihitung-hitung, satu porsi makan dalam sehari bisa menyita 20-30 ribu uangmu. Lalu kalikan dengan jumlah kamu makan dalam sehari dan kalikan lagi dalam sebulan. Nah loh, berapa total pengeluaran makan kamu sobat Kudo?

Sumber foto : jurnalwarga.com

Sumber foto : jurnalwarga.com

Untuk mengakalinya, biar tetap hemat ada baiknya kalau kamu memasak nasi sendiri. Jadi kamu hanya tinggal beli lauk pelengkapnya dan itu bisa menghemat pengeluaran makan kamu loh! Walau engga besar, tapi lumayan banget kok.

Jalan-jalan ke mall, haram hukumnya belanja tanpa list

Sah-sah aja kamu hang out ke mall, asalkan kamu jangan mudah tergiur untuk shopping ya sobat Kudo! Semisalnya mau belanja, kamu harus mempersiapkan daftar barang yang mau dibeli dan pastinya daftar tersebut sudah kamu perhitungkan sebelumnya biar gaji kamu tetap aman.

Sumber foto : www.sikerok.com

Sumber foto : www.sikerok.com

Saran Kudo, jangan coba-coba deh ke mall kalau pengeluaran tak terduga kamu sudah membludak di bulan ini. Nanti yang ada kamu sama sekali engga punya simpanan untuk menjalani rutinitas selanjutnya. Engga mau kan itu terjadi?

Baca juga : Penting! Tips Belanja Online Hemat Tanpa Bikin Kantong Jebol

Usahakan sisipkan 10-20 ribu di dompet atau tas

Kenapa? Anggap aja itu uang kaget! Jadi kalau sewaktu-waktu kamu butuh kamu bisa pakai uang yang disisipkan tadi. Tapi jangan selalu di ingat-ingat ya kamu menyisipkannya di mana .

Buat anggaran belanja

Lebih bagus lagi kalau kamu bisa membuat anggaran maksimal 30% dari penghasilanmu khusus untuk belanja. Lalu bagi jadi dua kali pemakaian, di awal dan akhir bulan. Normalnya, pemakaian gaji untuk belanja kebutuhan sehari-hari itu hanya boleh berkisar 30% saja.  Yuk mulai hitung sobat Kudo!

Cari penghasilan tambahan

Ini jadi alternatif solusi kalau kamu mau mendapatkan . Cara yang mudah dan disarankan adalah menjadi agen Kudo. Kenapa? Karena hanya dengan modal Rp 10,000,- kamu sudah bisa punya toko virtual sendiri. Maksudnya?

Sumber foto : www.youtube.com

Sumber foto : www.youtube.com

Kamu bisa berjualan tanpa perlu punya toko. Gampangnya kamu akan mendapatkan komisi menarik setiap melakukan transaksi pembayaran seperti pulsa, , bpjs bahkan kamu bisa menjual dan mendapatkan keuntungan yang lumayan loh!

Ayo cepatan gabung jadi dan rasakan gimana jadi pengusaha sesungguhnya!

Dari lima cara di atas , mana yang menurut kamu bisa diterapkan sobat Kudo? Atau ada yang punya trik belanja hemat lainnya? Share dong!

 

Sumber foto : www.mandalaybay.com

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *