20Dec

7 Cara Mencari Uang Tambahan untuk Memenuhi Kebutuhan dengan Memanfaatkan Teknologi

Kebutuhan setiap manusia tentu banyak dan beragam. Berbagai usaha pun dilakukan untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut, terutama untuk kebutuhan primer. Seperti sandang, pangan, dan papan yang menjadi kebutuhan pokok untuk hidup. Bagi yang sudah berkeluarga tentu bebannya akan bertambah karena untuk mencukupi kebutuhan anak-anak juga. Kebutuhan yang dimiliki setiap rumah tangga memang mencakup kebutuhan suami, istri, dan anak-anak. Tambahan lagi jika di dalam rumah ada orang tua yang kebutuhannya juga harus ikut ditanggung. Tinggal serumah dengan anak, istri/suami, dan orang tua sering ditemui di keluarga Indonesia. Saat orang tua sudah tidak bisa lagi memenuhi kebutuhannya sendiri, maka peran sang anak akan menanggung beban tersebut.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup, setiap orang tentunya akan berusaha atau bekerja. Khusus untuk yang sudah berumah tangga harus bekerja lebih giat lagi karena kebutuhannya juga meningkat. Tidak jarang di dalam rumah tangga, baik suami maupun istri sama-sama bekerja. Umumnya hal tersebut dilakukan apabila kondisi keuangan memang harus dibantu oleh kedua pasangan. Namun, tidak sedikit pula yang memang suami dan istri sama-sama senang bekerja dan sudah memiliki profesi yang bagus. Kondisi tersebut tentu bisa membuat keuangan menjadi lebih baik. Semua kebutuhan akan mudah terpenuhi, bahkan untuk kebutuhan yang bukan termasuk kebutuhan pokok. Hal seperti ini akan berdampak baik untuk kebahagiaan setiap anggota keluarga karena apa yang mereka butuhkan bisa diperoleh.

Terkadang ada pula di dalam rumah tangga semuanya bekerja karena kebutuhan mereka tidak bisa dicukupi hanya dengan mengandalkan satu orang saja. Saling bahu-membahu supaya kebutuhan bisa terpenuhi dengan pemasukan yang cukup. Tidak sebatas pada kebutuhan fisik saja, akan tetapi kebutuhan rohani juga. Saat keuangan bagus dan stabil tentunya akan memberikan rasa nyaman. Terkadang rasa nyaman tersebut sulit didapat apabila kondisi keuangan sedang sulit. Kebutuhan pokok tidak tercukupi, apalagi kebutuhan-kebutuhan lainnya. Kehidupan rumah tangga pun bisa terganggu dan muncul masalah-masalah yang membebani keluarga.

Di zaman modern seperti sekarang ini bahkan kebutuhan manusia bertambah semakin banyak. Bukan lagi makanan, pakaian, dan tempat tinggal saja. Kebutuhan masyarakat sekarang lebih kompleks, mengingat tren sosial di masyarakat yang juga berubah. Makan tidak hanya nasi dan lauk, melainkan juga tempat makannya. Budaya makan di restoran atau tempat makan populer sudah banyak ditemui di masyarakat perkotaan. Hal yang sama juga berlaku pada kebutuhan sandang. Kini, tidak hanya kain yang menutupi tubuh, melainkan merek yang melekat pada pakaian tersebut. Kebutuhan masyarakat yang berubah juga ada pada masalah tempat tinggal. Mungkin dulu kebanyakan rumah dihuni oleh banyak anggota keluarga. Namun, sekarang beberapa orang lebih memilih untuk tinggal sendiri dengan penghuni yang lebih sedikit.

Kebutuhan masyarakat yang berubah bukan hanya kebutuhan pokok saja, melainkan juga kebutuhan sosialnya. Seperti kebutuhan untuk berkumpul bersama di kafe atau tempat kumpul lain, kebutuhan liburan, hingga kebutuhan gadget atau barang-barang kesukaan. Kebutuhan seperti itu sudah melekat pada masyarakat modern. Walaupun seperti itu, masyarakat modern lebih giat dalam berusaha. Mereka tidak lagi hanya mengandalkan satu pekerjaan saja. Untuk bisa memenuhi kebutuhan yang semakin banyak, masyarakat modern dituntut untuk mau bekerja lebih keras. Memiliki pekerjaan sampingan adalah yang dilakukan agar pemasukan yang diperoleh juga lebih banyak.

Memiliki pekerjaan lebih dari satu sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan masyarakat modern sekarang ini. Apalagi dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Masyarakat dapat memanfaatkan teknologi tersebut untuk menciptakan baru. Kamu juga bisa melakukannya, seperti pekerjaan-pekerjaan yang memanfaatkan teknologi berikut.

Usaha Digital untuk Pekerjaan dan Penghasilan Tambahan

Usaha digital atau usaha yang memanfaatkan teknologi merupakan pilihan bagi mereka yang ingin memperoleh .

  1. Menjadi Seorang Penulis Blog
    Blog merupakan platform yang menjadi tempat untuk menulis banyak hal secara gratis. Melalui sebuah blog, seseorang juga bisa menghasilkan tambahan uang. Menjadi blogger cocok untuk kamu yang menyukai dunia penulisan. Hanya bermodalkan laptop atau gadget dengan kemampuan menulis, kamu berkesempatan untuk bisa menjadi seorang penulis blogger dengan penghasilan yang menjanjikan. Beberapa blogger bahkan menjadikan blog-nya sebagai pekerjaan utama. Banyak dari mereka yang meninggakan profesi pertamanya dan sepenuhnya mengurus blog. Rangkai kata demi kata dengan baik dan dengan gaya bahasa sendiri untuk menarik pembaca. Saat sebuah blog memiliki pengunjung yang banyak, kesempatan untuk memperoleh banyak penghasilan terbuka lebar di sana. Mulai dari iklan Google yang banyak menjadi sumber pemasukan para blogger. Usaha afiliasi atau menjual produk digital sendiri juga memiliki peluang yang bagus saat blog kamu sudah berkembang.
  2. Menjadi Selebriti di Dunia Maya
    Pekerjaan seorang selebriti menjadi keinginan banyak orang. Pekerjaan yang terlihat ringan dengan penghasilan yang menggiurkan, membuat banyak orang ingin masuk ke dunia hiburan. Sayangnya persaingan di sana pun sangat ketat. Untung sekarang ada media sosial seperti Instagram misalnya, platform yang satu ini merupakan tempat dengan peluang yang tinggi untuk seseorang bisa terkenal dan menjadi selebriti dadakan. Banyak selebriti baru yang muncul dan terkenal melalui Instagram. Perkembangan teknologi dan media sosial bisa dimanfaatkan oleh semua orang. Melalui foto-foto yang menarik, akun Instagram akan diikuti banyak follower yang nantinya akan menjadi penggemar.
  3. Menjadi Seorang YouTuber
    Pekerjaan-pekerjaan baru yang muncul dan tidak ada sebelumnya ini memang memiliki peluang yang menjanjikan. Bagaimana tidak, hanya dengan membuat kanal dan mengunggah video, seseorang bisa terkenal dengan cepat. Profesi youtuber ini banyak dilirik oleh mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, terutama untuk mereka kaum milenial. YouTube menjadi salah satu platform yang banyak digunakan orang untuk mencari hiburan berupa video. Maka dari itu video-video yang lucu, unik, dan menghibur memiliki jumlah penonton yang tinggi. Namun video-video informatif seperti tutorial dan video bahasa, juga memiliki penggemar sendiri. Intinya adalah kamu harus aktif dan rutin dalam mengunggah video.
  4. Menjadi Penerjemah Bahasa Asing
    Apabila kamu memiliki kemampuan berbahasa asing yang bagus dan aktif, kamu bisa gunakan kemampuan tersebut untuk menghasilkan pendapatan sampingan. Menjadi seorang penerjemah dapat dilakukan di sela-sela waktu yang dimiliki. Pekerjaan utama kamu pun tetap bisa dijalankan tanpa terganggu. Untuk menjadi penerjemah bahasa, yang dibutuhkan antara lain adalah laptop atau gadget dan kemampuan bahasa. Pekerjaan ini tidak menyita terlalu banyak waktu seperti pekerjaan-pekerjaan pada umumnya. Memanfaatkan teknologi untuk menciptakan peluang usaha jasa seperti ini dapat dilakukan oleh karyawan, , bahkan mahasiswa. Penghasilan yang didapat pun cukup untuk menambah uang saku atau pemasukan rumah tangga kamu.
  5. Menjadi Seorang Fotografer
    Punya hobi fotografi, maka kamu bisa gunakan kegemaran tersebut untuk mencari tambahan penghasilan. Menjadi seorang fotografer memiliki penghasilan yang cukup menjanjikan. Kamu tidak perlu menjadi seorang profesional dengan perangkat yang mahal, melainkan kamera dengan lensa yang bagus. Jika kamu piawai dalam edit foto, hasil jepretan kamu akan lebih maksimal. Foto yang dihasilkan pun akan disukai banyak pelanggan. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi jasa foto kamu, bisa melalui Facebook, Instagram, YouTube, Blog, atau platform digital lainnya. Menjadi fotografer amatir bahkan bisa menjadi awal langkah bagi kamu untuk memperluas peluang menjadi fotografer yang lebih profesional.
  6. Driver Online
    Jasa transportasi online sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Transportasi berbasis aplikasi online ini banyak ditemui di perkotaan, baik kota besar atau di kota-kota kecil. Kesempatan yang dihadirkan oleh kemajuan teknologi tersebut banyak diambil masyarakat, khususnya yang membutuhkan penghasilan sampingan. Menjadi pengemudi ojek atau taksi online, memberikan peluang usaha yang bagus terlebih lagi di kawasan ramai seperti perkantoran, industri, dan kawasan sekolah atau kampus. Di Indonesia sendiri, moda transportasi online yang populer antara lain adalah Grab dan Gojek. Driver dengan seragam masing-masing perusahaan tersebut terlihat hilir mudik membawa penumpang, terutama di jam-jam sibuk. Banyak dari yang sebenarnya memiliki pekerjaan, seperti karyawan kantor dan sebagainya.
  7. Membuka bisnis online
    kini sudah sangat populer di masyarakat, mulai dari bisnis pakaian, kosmetik, gadget, hingga makanan. Bisnis online memiliki peluang usaha yang sangat luas dengan beragam pilihan. Modal untuk membuka bisnis online, umumnya tidak terlalu besar. Modal utama adalah laptop dan koneksi internet. Kamu bisa berjualan barang sendiri di toko online yang sudah dibuat. Jika belum memiliki terlalu banyak modal, bisnis semacam reseller dan dropship juga bisa menjadi alternatifnya. Keunggulan dari usaha ini adalah waktu yang lebih fleksibel. Kamu bisa bekerja di tempat biasa, atau melakukan tugas ibu rumah tangga seperti pada umumnya, atau sambil menuntut ilmu. Toko online lebih praktis karena hanya secara online atau di dunia Maya. Keuntungan menjalankan bisnis online pun tidak main-main. Apabila kamu pintar dalam promosi, maka sangat besar kemungkinannya untuk usaha kamu berkembang menjadi bisnis besar.

Bisnis Online dengan Kudo
Kudo merupakan platform transaksi online terpercaya di Indonesia. Perusahaan yang didirikan beberapa tahun lalu ini menggunakan aplikasi online untuk menjalankan bisnisnya. Kudo menyediakan tempat bagi orang-orang yang mau jualan produk online, seperti pulsa, token listrik, PPOB, hingga rekrut Mitra Pengemudi Grab
Masyarakat bisa bergabung dengan bisnis yang menjanjikan ini. Caranya adalah dengan mendaftar menjadi agen Kudo. Pendaftaran dilakukan secara online melalui aplikasi Kudo. Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store secara gratis. Ikuti petunjuk pendaftaran hingga kamu resmi menjadi agen Kudo. Isi saldo akun dan kamu sudah bisa memulai bisnis ini. Kudo menawarkan komisi yang menarik untuk agen yang bisa menjual produk-produk, baik produk fisik atau non-fisik. Kudo juga memberikan promo dan bonus menarik untuk agen. Kamu bisa segera bergabung menjadi agen Kudo dan dapatkan kesempatan menghasilkan uang jutaan rupiah setiap bulannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *