22Sep

Bingung, Bisnis Usaha Apa Ya? Daftar Kudo Dapatkan Untung Jutaan Rupiah Per Bulan

Bingung, usaha apa ya? daftar kudo dapatkan untung jutaan rupiah per bulan. Seiring bertambahnya tahun, jumlah penduduk Indonesia semakin bertambah. Sayangnya, pertambahan penduduk Indonesia tidak dibarengi dengan perkembangan Indonesia ke arah yang lebih baik. Salah satunya, lapangan pekerjaan. Lapangan pekerjaan di Indonesia yang semakin sempit membuat persaingan tenaga kerja semakin ketat. Banyak tenaga kerja produktif yang tersingkir dari persaingan tersebut dan berakhir menjadi pengangguran.

Merintis bisnis sendiri merupakan solusi yang tepat untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi pengangguran di Indonesia. Namun, merintis bisnis tidak bisa dilakukan secara asal. Dibutuhkan modal yang cukup untuk membuka bisnis. Modal dalam hal ini tidak hanya tentang uang, tetapi kemampuan dalam mengelola dan . Segala rintangan yang menghadang dalam bisnis jangan dijadikan hambatan. Rintangan tersebut harus dilalui demi menciptakan bisnis yang sukses dan membawa manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Keuntungan Merintis Bisnis Sendiri

Merintis bisnis sendiri merupakan cara untuk meningkatkan kemandirian. Pemilik bisnis tidak bisa bergantung kepada orang lain dalam mengelola dan mengembangkan bisnis. Pemilik bisnis harus mengandalkan kemampuannya untuk memecahkan segala masalah dalam bisnis. Pemilik bisnis juga dilatih kepekaannya untuk melihat apa ya yang ada di lingkungan sekitar. Kepekaan tersebut membantu pemilik bisnis berpikir kreatif untuk memanfaatkan apa ya yang bisa membawa keuntungan besar. Secara lebih rinci, keuntungan yang diraih dengan merintis bisnis sendiri antara lain:

Bingung, Bisnis Usaha Apa Ya? Daftar Kudo Dapatkan Untung Jutaan Rupiah Per Bulan

  • Mendapatkan Keuntungan Secara Utuh
    Tujuan utama dari buka usaha apa ya adalah mendapatkan keuntungan yang besar dan tidak dibagi dengan orang lain. Keinginan tersebut bisa terwujud dengan membuka bisnis sendiri. Tantangan yang didapatkan dengan merintis bisnis tanpa bantuan partner memang berat. Semua risiko bisnis harus ditanggung sendiri. Sama halnya dengan keuntungan bisnis yang akan didapatkan secara utuh tanpa dibagi dengan orang lain. Alhasil, bisnis akan terhindar dari masalah seperti pembagian keuntungan yang tidak seimbang, beban kerja yang tidak merata, dan perselisihan yang lain.
  • Menciptakan Lapangan Pekerjaan
    Merintis bisnis tanpa partner memang menguntungkan. Tetapi, bukan berarti bisnis bisa berjalan dengan lancar tanpa bantuan orang lain. Ada banyak pekerjaan yang harus dikerjakan demi keberlangsungan usaha. Pekerjaan tersebut tidak bisa diselesaikan oleh pemilik usaha saja. Oleh karena itu, karyawan dibutuhkan untuk membantu pekerjaan yang tidak sempat dikerjakan oleh pemilik usaha, seperti proses produksi, pengemasan, pemasaran, pengadaan produk, dan lain sebagainya. Tidak masalah jika karyawan yang dibutuhkan jumlahnya bisa dihitung dengan jari. Ketika bisnis sudah berkembang pesat, maka dibutuhkan jumlah karyawan yang lebih banyak lagi. Sehingga, bisnis yang dirintis memberikan kontribusi nyata di masyarakat.
  • Meningkatkan Jiwa Entrepreneurship
    Selain mendapatkan keuntungan, merintis bisnis sendiri merupakan cara untuk meningkatkan jiwa entrepreneurship. Jiwa entrepreneurship meliputi kemampuan menciptakan peluang bisnis, melakukan inovasi pada peluang bisnis yang ada, memecahkan masalah, dan mengelola keuangan. Seiring dengan berkembangnya usaha, kemampuan tersebut akan meningkat. Tidak menutup kemungkinan pemilik usaha akan diminta untuk membagikan ilmunya kepada orang lain. Sehingga, sumber pendapatan tidak hanya bergantung pada keuntungan bisnis, tetapi juga kegiatan lain seperti menjadi pembicara di seminar kewirausahaan.
  • Menjadi Pemimpin
    Merintis bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja, tanpa ada batasan usia dan latar belakang. Pelajar dan mahasiswa memiliki kesempatan untuk menjadi pemilik bisnis yang sukses jika mereka bisa menemukan peluang mau buka usaha apa ya. Tentu saja menjadi pemilik bisnis sama saja dengan menjadi pemimpin. Tidak ada yang seorang pun yang berani menyuruh karena pemilik bisnis adalah orang nomor satu di perusahaan. Pemilik bisnis memiliki otoritas penuh untuk mengatur jalannya bisnis serta memutuskan segala sesuatu terkait bisnis.
  • Memiliki Jam Kerja yang Bebas
    Pemilik bisnis berbeda dengan karyawan. Mereka tidak terikat jam kerja dan aturan yang ketat. Mereka bisa bekerja sesuai keinginan hati mereka. Jika semangat kerja sedang tinggi, mereka akan bekerja dengan rajin. Sebaliknya, jika mereka merasa malas, mereka bisa mengambil hari libur tanpa ada yang melarang. Keuntungan lain yang didapat dengan memiliki jam kerja yang bebas adalah waktu bersama keluarga yang semakin banyak. Keluarga merupakan faktor penting dalam kesuksesan bisnis. Keluarga selalu memberikan dukungan penuh saat bisnis berjalan dengan lancar atau bisnis terkena masalah. Oleh karena itu, pemilik bisnis yang sukses adalah pemilik bisnis yang mampu menjalankan pekerjaannya dengan baik tanpa melupakan keluarga sebagai bagian penting dari hidupnya.

Cara Merintis Bisnis Sendiri

Menjadi orang yang sukses adalah impian semua orang. Cara yang bisa ditempuh untuk meraih kesuksesan itu adalah dengan mencari ide mau bisnis apa ya yang bisa menghasilkan keuntungan besar. Namun, bisnis yang sukses tidak terjadi dalam sekejap mata. Ada proses panjang dan berliku yang harus dilalui untuk mengelola bisnis yang awalnya berskala kecil menjadi bisnis yang berskala besar. Proses tersebut bisa dilalui oleh siapa saja yang mau bekerja keras untuk merintis usaha. Di bawah ini ada beberapa cara yang perlu dilakukan jika mau usaha apa ya.

  • Tentukan Peluang Bisnis
    Menentukan peluang bisnis apa ya adalah langkah pertama yang harus dilakukan untuk mendirikan bisnis yang sukses. Mencari peluang bisnis tidaklah sulit. Ada banyak peluang bisnis di dunia ini. Semua itu bergantung pada kepekaan pemilik bisnis dalam melihat serta memanfaatkan peluang bisnis tersebut. Apalagi dunia maya yang semakin pesat menjadikan segala sesuatu menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.Keuntungan yang besar memang menjadi pertimbangan yang penting dalam memilih peluang bisnis. Padahal, besarnya keuntungan yang dihasilkan dari suatu peluang bisnis bergantung pada kemampuan berwirausaha pemilik bisnis tersebut. Pilihlah peluang bisnis yang bisa dikembangkan sesuai dengan kemampuan pemilik bisnis. Selain itu, jangan memilih banyak peluang bisnis. Lebih baik pilih satu peluang bisnis dan kerahkan semua kemampuan untuk mengembangkan peluang bisnis tersebut secara optimal.Setelah memutuskan untuk memilih satu peluang bisnis saja, maka tentukan peluang bisnis yang didasari atas hal yang disukai oleh pemilik bisnis. Hal ini dikarenakan pekerjaan yang dilakukan atas dasar minat atau niat akan dilaksanakan dengan sepenuh hati. Tidak ada paksaan dalam menjalani pekerjaan tersebut sehingga hasil menjadi lebih maksimal. Selain itu, semua masalah yang dihadapi tidak dianggap sebagai hambatan, melainkan sebagai tantangan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola bisnis.
  • Tentukan Konsep Bisnis yang Menarik
    Dibutuhkan modal yang tidak sedikit untuk memiliki bisnis dalam skala besar yang sukses. Jika pemilik usaha tidak memiliki modal yang cukup, maka dibutuhkan investor untuk menutup kekurangan modal tersebut. Pemilik bisnis harus menyajikan konsep bisnis yang menarik untuk menarik minat para investor. Pastikan bahwa konsep bisnis tersebut memiliki keunggulan dibandingkan bisnis yang sudah ada serta menawarkan keuntungan bagi para investor.
  • Bangkit dari Kegagalan
    Menjalankan bisnis sama saja dengan menjalankan kehidupan. Tidak selamanya bisnis berjalan lancar. Percayalah jika bisnis yang sukses pasti pernah terjatuh ke dalam kegagalan. Kegagalan adalah fase yang harus dilalui oleh setiap pemilik bisnis sebelum bisnisnya menjadi sukses. Kegagalan bukanlah akhir. Kegagalan memberikan pelajaran yang berharga untuk mempersiapkan pemilik bisnis menjadi orang yang sukses. Dari kegagalan pemilik usaha belajar untuk menganalisa masalah yang ada di dalam bisnisnya. Mereka juga dituntut untuk mencari solusi untuk masalah tersebut serta melakukan antisipasi agar masalah yang sama tidak datang untuk kedua kalinya. Kegagalan bisa dikatakan guru terbaik untuk mengembangkan bisnis.
  • Ambil Keputusan dengan Bijaksana
    Kerja keras memang dibutuhkan untuk membuat bisnis berkembang ke arah yang lebih besar. Namun, jangan lupa bahwa kerja keras harus diimbangi dengan kerja cerdas agar pengembangan bisnis bisa berjalan secara maksimal. Kerja cerdas meliputi kemampuan pemilik usaha dalam mengatur ritme kerja. Pemilik usaha yang bijak harus tahu kapan dia harus bekerja keras dan kapan dia harus menghentikan semua usahanya. Tidak masalah jika memutuskan untuk menyerah jika bisnis ternyata tidak sukses. Menyerah merupakan pilihan yang tepat daripada terus menjalankan usaha yang berakhir pada keterpurukan dan menanggung risiko yang lebih besar. Oleh karena itu, pemilik bisnis harus memiliki kemampuan analisis yang tajam. Mereka dituntut bisa menganalisa kondisi bisnis dan membuat keputusan yang bijaksana untuk meneruskan atau menghentikan bisnis.
  • Talk Less, Do More
    Kunci dari kesuksesan bisnis terletak pada tindakan, bukan pada kata-kata. Pemilik bisnis harus memperhatikan apa yang mereka katakan. Pastikan bahwa mereka mengatakan sesuatu yang bisa mereka realisasikan dalam bentuk tindakan. Bukan sesuatu yang hanya menjadi bualan belaka. Hal ini dikarenakan orang-orang lebih membutuhkan tindakan yang nyata, daripada kata-kata yang manis. Tindakan tersebut menjadi pembuktian bahwa pemilik bisnis merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap apa yang dikatakan.
  • Jangan Abaikan Kesehatan
    Kesuksesan bisnis memang memerlukan kerja keras. Namun, perlu diingat bahwa kesehatan tidak boleh diabaikan karena kerja keras. Pemilik bisnis harus memerhatikan kesehatan karena kesehatan memiliki kaitan yang erat dengan produktivitas. Kesehatan menjadi bekal untuk melakukan semua pekerjaan secara maksimal. Oleh karena itu, jaga kesehatan dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Gaya hidup yang sehat meliputi olahraga secara rutin, menjaga pola makan, dan menghindari kebiasaan hidup yang buruk seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, dan begadang.
  • Hindari Berfoya-foya
    Uang akan bertambah banyak jika bisnis berjalan dengan lancar. Hasrat untuk membelanjakan uang juga semakin tinggi, terutama ingin membeli barang-barang mewah yang menandakan kesuksesan seperti mobil atau rumah. Namun, perlu diingat bahwa kesuksesan tidak akan bertahan selamanya. Uang yang didapatkan dari bisnis harus dikelola dengan baik sebagai antisipasi jika bisnis tidak berjalan dengan lancar. Terapkan pola pikir bahwa bisnis yang dirintis masih pemula dan membutuhkan jalan yang panjang menuju kesuksesan.
  • Belajar dari Orang Lain
    Tidak ada manusia yang sempurna. Sama halnya dengan pemilik bisnis yang memiliki kekurangan dan kelebihan. Oleh karena itu, pemilik bisnis dituntut untuk memiliki pikiran yang terbuka. Mereka bersedia menerima saran atau kritik dari orang lain terkait dengan kemampuan mereka dalam berbisnis. Pemilik bisnis juga harus mau belajar dari orang lain yang lebih sukses. Pilih seseorang yang sudah ahli dalam dunia bisnis untuk menjadi mentor atau penasihat sepanjang menjalankan bisnis.
  • Pahami Bisnis yang Dijalankan
    Langkah merintis bisnis yang satu ini harus diterapkan oleh pemilik bisnis yang ingin menarik investor. Pemilik bisnis harus menguasai bisnis yang dijalankan dengan baik, termasuk kekurangan dan keunggulan dari bisnis tersebut. Jika pemilik bisnis mengenal dengan baik bisnis yang sedang dijelaskan maka investor tidak ragu lagi untuk menanam modal pada bisnis tersebut.

Cara Mengembangkan Bisnis yang Sudah Berjalan

Merintis bisnis sejak nol memang membutuhkan proses yang panjang dan berliku. Namun, proses tersebut tidak berakhir begitu bisnis berhasil didirikan. Ada proses yang lebih panjang dan berat yang menanti yaitu proses mengembangkan bisnis dari titik nol menuju puncak kesuksesan. Mengembangkan bisnis memang lebih berat daripada merintis bisnis karena seiring berjalannya bisnis pasti ditemukan pesaing yang lebih unggul. Oleh karena itu, pemilik bisnis dituntut untuk memutar otaknya agar bisnis tetap bertahan tanpa ada penurunan kualitas. Untuk mengembangkan bisnis yang sudah berjalan bisa ditempuh melalui cara-cara di bawah ini.

  • Jangan Pernah Puas
    Hal penting yang perlu diingat dalam mengembangkan bisnis adalah jangan pernah puas terhadap pencapaian bisnis. Teruslah merancang mimpi yang besar dan target yang baru. Ketika memiliki mimpi atau target yang baru maka pemilik bisnis akan terus bekerja keras agar mimpi tersebut terwujud. Jika pemilik bisnis memutuskan untuk berhenti merancang mimpi atau target yang baru, maka bisnis yang sedang berjalan tidak akan berkembang. Namun, perlu diingat bahwa dalam janganlah serakah dalam merancang mimpi yang baru. Jangan mengambil jalan pintas karena menginginkan keuntungan yang besar. Tetaplah menjalankan bisnis dengan jujur.
  • Kelola Keuangan dengan Baik
    Manajemen keuangan yang baik merupakan kunci dari kesuksesan dan keberlangsungan bisnis di masa depan. Pemilik bisnis harus memiliki kemampuan mengendalikan keuangan dengan teliti dan cermat. Tetapkan skala prioritas untuk mengatur pengeluaran. Tetapkan kebutuhan yang benar-benar penting pada daftar teratas dan singkirkan kebutuhan yang tidak penting. Pastikan bahwa setiap Rupiah uang yang dikeluarkan benar-benar dialokasikan untuk kebutuhan yang penting dan berkaitan dengan bisnis, bukan sekadar foya-foya atau memenuhi tuntutan gaya hidup.Hal yang perlu diingat dalam mengelola keuangan perusahaan adalah menyiapkan dana cadangan. Dana cadangan tersebut dialokasikan untuk kebutuhan yang tidak terduga seperti bisnis tidak berjalan dengan lancar. Dana tersebut akan menyelamatkan perusahaan dari ambang kebangkrutan.
  • Lakukan Inovasi
    Bisnis yang baik bukanlah bisnis yang menghasilkan keuntungan besar, melainkan bisnis yang mampu berkembang ke arah yang lebih besar. Oleh karena itu, pemilik bisnis dituntut memiliki kemampuan berpikir kreatif untuk menciptakan inovasi bisnis. Selain membawa perusahaan ke arah yang lebih besar, inovasi bisnis berfungsi sebagai sumber dana cadangan jika bisnis yang lainnya tidak berjalan dengan lancar. Inovasi bisnis bisa dilakukan dengan mengembangkan bisnis yang sebelumnya sesuai dengan tren yang berlaku di masyarakat.
  • Rancang Rencana yang Matang
    Ada pepatah yang mengatakan bahwa perencanaan memegang sebagian dari keberhasilan. Pepatah tersebut bisa dibuktikan kebenarannya. Kesuksesan dari suatu bisnis bersumber dari perencanaan matang yang dibuat oleh pemilik bisnis tersebut. Setiap tindakan atau keputusan yang akan diambil harus didasari dengan perencanaan yang matang. Perencanaan tersebut meliputi apa saja yang harus dipersiapkan, langkah-langkah tindakan, risiko dari tindakan tersebut, dan solusi jika ada kendala. Perencanaan yang matang membantu mengantisipasi hambatan yang mengancam kesuksesan bisnis.
  • Komitmen pada Konsumen
    Bisnis merupakan kesatuan yang saling berhubungan antara pelaku produksi dan konsumen. Bisnis tidak akan menghasilkan keuntungan dan berkembang jika tidak ada konsumen. Sehingga, dalam menjalankan bisnis selalu terapkan prinsip bahwa konsumen adalah segalanya. Bisnis yang memiliki banyak konsumen yang setia memiliki keuntungan yang mana permintaan konsumen selalu tinggi sehingga bisnis akan berlangsung dalam jangka waktu yang lama.Pemilik bisnis dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas untuk memuaskan hati konsumen. Alhasil, konsumen akan terus menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan. Untuk menjaga kesetiaan konsumen bulankah hal yang mudah. Pemilik bisnis harus memutar otak untuk menemukan cara yang efektif dan kreatif untuk menarik minat konsumen. Misalnya, memberikan potongan harga, memberikan bonus kepada konsumen yang setia, atau melakukan inovasi.
  • Ikuti Kemajuan Zaman
    Pemilik bisnis yang baik adalah orang yang tidak menolak dan tidak takut terhadap perubahan zaman. Pemilik bisnis harus mengikuti perkembangan zaman untuk menjaga keberlangsungan zaman. Bisnis yang mampu berkembang sesuai dengan kemajuan zaman akan bertahan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat.Misalnya, satu dekade terakhir internet mengalami perkembangan yang pesat. Pemilik bisnis bisa memanfaatkan internet untuk memperluas jangkauan bisnis. Manfaatkan internet untuk mempromosikan barang atau jasa yang ditawarkan. Internet bisa diakses oleh siapa saja dan dari mana saja. Sehingga, tidak menutup kemungkinan bahwa ada konsumen yang berasal dari luar daerah atau luar negeri.
  • Tingkatkan Kemampuan Karyawan
    Bisnis tidak mungkin dilakukan oleh satu orang. Setidaknya ada karyawan yang membantu mengerjakan produksi atau pemasaran. Mengembangkan kemampuan karyawan merupakan hal yang penting karena menyangkut keberlangsungan bisnis. Selain itu, karyawan merupakan tiang penyokong keberlangsungan keluarga. Tingkatkan kemampuan karyawan dengan cara memberikan pelatihan oleh ahli yang sudah profesional. Selain itu, jalin hubungan yang dekat dengan karyawan. Pastikan pemilik bisnis berperan sebagai pemimpin bukan bos. Pemimpin bertugas untuk mengarahkan karyawan akan bisa mengembangkan karyawan, bukan bos yang hanya sekadar memerintah.

Ide Bisnis yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

Setelah mengetahui bagaimana cara merintis dan mengembangkan bisnis, maka tahap selanjutnya adalah melakukan eksekusi dengan mencari peluang bisnis. Tidak perlu bingung jika mempunyai modal kecil usaha apa ya. Ada banyak peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan untuk meraup keuntungan yang berlipat ganda, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

  • Bisnis Makanan
    merupakan peluang bisnis yang tepat jika ingin mencari bisnis dengan modal kecil dan menguntungkan. Tidak terhitung berapa banyak orang yang menjadi kaya raya karena merintis bisnis makanan. Bisnis makanan sudah memiliki pangsa pasar yang luas karena semua orang membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Yang perlu dilakukan adalah bagaimana memilih jenis makanan yang bisa dikembangkan dan menghasilkan keuntungan yang besar.Sebenarnya, kunci kesuksesan dari bisnis makanan terletak pada keunikan ide, rasa, dan tampilan. Konsumen cenderung tertarik pada jenis makanan yang sebelumnya belum pernah ada. Untuk menyajikan produk makanan yang unik tidak perlu berpikir menciptakan produk makanan yang baru. Lakukan saja inovasi dan modifikasi pada produk makanan yang sebelumnya sudah ada.Sebagai contoh adalah klepon. Klepon merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung ketan yang diberi warna hijau dengan isi berupa gula merah yang dicairkan. Untuk menarik minat konsumen, klepon bisa diinovasi dengan cara menambah varian warna klepon yang semula hanya berwarna hijau menjadi beragam warna seperti merah, putih, biru, kuning, ungu, dan sebagainya. Untuk menciptakan warna klepon yang baru bisa digunakan pewarna makanan alami yang terbuat dari sayur atau buah. Sedangkan, isi klepon yang semula gula merah bisa diganti dengan cokelat leleh, keju, potongan buah, atau rasa yang lain.
  • Bisnis Laundry
    Seiring dengan berkembangnya jaman, permintaan konsumen terhadap usaha laundry semakin bertambah. Hal ini dikarenakan aktivitas sehari-hari yang padat sehingga tidak sempat mencuci atau rasa malas yang menggunung. Oleh karena itu, jasa cuci dan setrika yang bersih, rapi, dan wangi sangatlah dibutuhkan.Usaha laundry merupakan usaha yang bisa dijalankan dengan modal yang sedikit. Modal utama dari usaha ini adalah mesin cuci, setrika, deterjen, dan pewangi yang notabene sudah tersedia di setiap rumah. Dan keuntungan yang dihasilkan dari usaha ini termasuk menggiurkan.Usaha laundry memang sudah menjamur, tetapi jangan khawatir. Lakukan inovasi agar usaha laundry yang dijalankan tidak ditinggalkan oleh konsumen. Berikan fasilitas yang berbeda dibandingkan jasa laundry yang lain seperti layanan antar dan jemput yang gratis, layanan laundry kilat dalam satu hari, dan bonus kepada konsumen setia.
  • Agen KUDO
    Banyak orang yang berpikiran bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar dan pekerjaan yang berat. Padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Ada ide bisnis yang bisa ditekuni dengan modal yang sedikit, beban pekerjaan yang ringan, dan tentu saja keuntungan yang menggiurkan.

Bisnis Usaha Apa Ya? Daftar KUDO Dapatkan Untung Jutaan Rupiah Per Bulan

Ide bisnis apakah itu?

Ide bisnis tersebut tidak lain adalah bisnis agen KUDO. KUDO adalah kependekan dari Kios Untuk Dagang Online. KUDO awalnya sebuah website yang menyediakan lapak gratis untuk melakukan jual beli secara online para pengusaha digital di Indonesia. Kemudian, KUDO berkembang dengan membuka peluang bisnis yang menjanjikan keuntungan besar yaitu dengan menjadi agen KUDO.

Adanya agen KUDO menjadikan KUDO berbeda dengan website jual beli yang lain. Agen KUDO membantu para pembeli produk di KUDO untuk melakukan pembayaran secara offline alias tidak melalui transfer bank. Sehingga, risiko penipuan belanja di KUDO bisa diminimalisir karena agen KUDO sudah tepercaya.

Selain itu, agen KUDO memiliki pekerjaan lain yang memberikan keuntungan hingga jutaan Rupiah setiap bulan. Pekerjaan yang bisa dilakukan oleh agen KUDO meliputi pembayaran tagihan rutin bulanan seperti tagihan listrik, air, internet, telepon rumah, cicilan sepeda motor, cicilan rumah, dan beragam tagihan lainnya. Tentu saja fasilitas tersebut membantu orang-orang yang tinggal jauh dari kantor atau instansi yang menerima pembayaran tagihan tersebut. Selain itu, kehadiran agen KUDO membantu orang-orang yang ingin mendapatkan tiket kereta api, bus, pesawat terbang, dan kapal laut dengan mudah, harga yang terjangkau, dan tidak perlu antre. Fasilitas lain yang ditawarkan oleh agen KUDO adalah menerima pembelian pulsa untuk listrik atau pulsa untuk telepon genggam.

Menjadi agen KUDO sangatlah mudah. Calon agen KUDO hanya perlu men-download aplikasi KUDO melalui Google Play Store secara gratis. Selanjutnya, calon agen KUDO melakukan pendaftaran agen KUDO sesuai dengan panduan di aplikasi tersebut. Ketika pendaftaran akun agen KUDO berhasil, maka lakukan investasi saldo agar agen KUDO bisa melakukan pekerjaannya. Tidak ada aturan mengena besarnya saldo yang harus diinvestasikan. Agen KUDO bisa bekerja setelah melakukan investasi saldo sebesar Rp 10.000,- saja.