22Dec

11 Usaha Dagang Terbaru Modal Kecil Menguntungkan Saat Ini Laris

Usaha dagang dapat diartikan sebagai segala jenis kegiatan dengan konsep membeli produk jadi untuk dijual kembali. Keuntungan yang diperoleh sepenuhnya berasal dari selisih antara harga beli dengan harga jual barang. Jenis usaha ini terbagi dalam beberapa kategori yakni distribusi, keagenan, dan eceran. Aktivitas utama dalam usaha ini adalah pembelian dan penjualan. Aktivitas utama tersebut dapat terjadi dengan beberapa hal yang mendukung seperti berikut.

Aspek Penting dalam Usaha Dagang
Beberapa aspek penting berikut menjadi bagian yang tidak bisa terlepas dari kegiatan atau aktivitas jual beli.

  1. Supplier
    Jenis usaha ini tidak bisa berjalan tanpa adanya supplier atau pemasok. Pihak pemasok menjadi sumber mendapatkan barang yang akan dijual. Pemasok bisa dari pabrik langsung, dari perusahaan distributor, atau dari agen. Pemasok juga bisa disebut sebagai menjadi pihak penjual yang menyediakan barang kepada konsumen.
  2. Produk atau barang
    Tidak ada jual beli, jika tidak ada barangnya. Barang atau produk yang ditawarkan penjual kepada pembeli adalah bagian yang paling penting. Produk atau barang akan mengalami perubahan harga dari penjual ke pembeli untuk mendapatkan keuntungan.
  3. Pembeli
    Pembeli atau konsumen menjadi tempat untuk memasarkan produk dagangan. Tanpa adanya pembeli, tentu tidak ada aktivitas jual beli atau perdangangan. Ada pembeli yang menjadi konsumen sementara dan ada yang menjadi pemakai. Biasanya konsumen sementara adalah pembeli yang tidak menggunakan barang tersebut karena akan dijual kembali. Sedangkan pemakai merupakan pembeli paling terakhir yang menggunakan produk.

Hal-hal Penting dalam Kegiatan Usaha Dagang
Hal-hal penting atau kegiatan yang terjadi dalam dunia usaha khususnya perdangangan perlu Anda ketahui, dan beberapa kegiatan dalam usaha dagang selain jual beli adalah sebagai berikut.

  1. Pembelian barang dagangan
    Perusahaan atau pedagang akan berurusan dengan supplier yang menyediakan barang dagangan. Pedagang perlu menentukan barang yang tepat dan menentukan bagaimana langkah yang perlu dilakukan dalam kerjasama dengan supplier untuk menjaga stok dan kualitas produk. Tidak hanya itu, pedagang dan supplier juga harus memperhatikan sistem pembayaran yang dapat menguntungkan masing-masing pihak.
  2. Pengelolaan barang di gudang
    Menjadi seorang pedagang juga perlu paham mengenai cara bagaimana mengelola stok barang dagangan. Bagian gudang harus bisa menjaga produk dengan aman hingga dijual kepada pembeli atau konsumen. Hal-hal penting yang peru diketahui oleh bagian gudang adalah jumlah stok, masalah kedaluarsa produk, tingkat penjualan, dan lain sebagainya.
  3. Pemasaran produk
    Pemasaran produk juga menjadi aspek penting dalam kegiatan usaha dagang. Mempromosikan produk ke calon konsumen merupakan hal penting yang tidak boleh disepelekan. Selain kualitas, strategi pemasaran yang dilakukan akan mempengaruhi tingkat jual beli yang terjadi dalam sebuah usaha atau bisnis. Pemasaran produk yang bagus sebaiknya tepat sasaran yakni dengan langsung menawarkan kepada target pasar. Promosi atau pemasaran produk juga bisa dimaksimalkan dengan memanfaatkan teknologi seperti internet. Pemasaran untuk penjualan yang maksimal dapat dilakukan dengan promosi menarik, baik secara visual maupun verbal.
  4. Pelayanan
    Usaha dagang juga harus memperhatikan aspek pelayanan. Konsumen atau pembeli kebanyakan sudah pintar untuk memilih penjual dengan layanan yang terbaik. Walaupun produk yang ditawarkan bersaing tetapi layanannya kurang bagus, maka konsumen cenderung akan meninggalkan tempat tersebut. Menjadi seorang pedagang harus pintar dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Untuk tambahan, Anda bisa menerapkan layanan yang mempermudah konsumen membeli produk Anda. Contoh dari layanan tersebut adalah delivery order yang kini menjadi salah satu tren layanan untuk konsumen.
  5. Arus kas
    Umumnya untuk usaha dagang memiliki arus kas yang lebih sederhana dibandingkan dengan arus kas pada usaha industri atau pabrik. Hal tersebut karena penyusun utama dari arus kas adalah pembelian dan penjualan barang. Perputaran uang yang masuk dan keluar untuk berbagai keperluan seperti pembelian barang dagangan, pemasaran, pelayanan, dan lain-lain.

Peluang Usaha Dagang yang Paling Menguntungkan
Poin penting yang perlu diperhatikan pedagang adalah tingkat persaingan, pelayanan kepada konsumen, dan kualitas barang dagangan. Dari segala tantangan yang ada seperti persaingan yang semakin ketat, peluang usaha berikut tepat memiliki prospek yang menjanjikan.

  1. Bisnis fashion
    Salah satu jenis usaha dagang yang tidak pernah sepi adalah bisnis di bidang fashion. Barang yang satu ini merupakan kebutuhan pokok manusia sehingga konsumen usaha Anda akan selalu ada. Walaupun tingkat persaingannya yang semakin ketat, banyak orang yang memanfaatkan peluang usaha ini dan berhasil. Hal penting yang perlu dilakukan agar bisa bersaing adalah dengan jeli terhadap kesempatan atau peluang yang ada. Misalnya saja bisnis atau jualan baju yang bisa meningkat lebih banyak di hari-hari menjelang lebaran. Pedagang harus bisa memanfaatkan momen Ramadhan tersebut untuk salah satu strategi usaha.
  2. Jualan pulsa dan kuota internet
    Peluang usaha lainnya yang menjanjikan adalah jualan pulsa dan kuota internet. Produk tersebut kini memiliki pasar yang cukup besar mengingat pertumbuhan dunia digital yang begitu pesat. Hampir semua orang membutuhkan pulsa dan data internet untuk bisa melakukan komunikasi dan mengakses informasi di internet. Selain peluang yang menjanjikan, jenis usaha ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memulai bisnis dengan modal kecil. Menjalankan usaha pulsa tidak harus dengan modal besar karena bisa dilakukan bahkan dengan modal kurang dari satu juta.
  3. Bisnis Kuliner
    Ada banyak sekali ragam kuliner yang bisa dijadikan usaha. Berjualan makanan, baik makanan ringan, makanan tradisional, atau makanan unik-unik yang inovatif memiliki peluang yang menjanjikan untuk usaha Anda. Jika memiliki hobi atau passion di dunia kuliner, maka jualan makanan bisa menjadi pilihan usaha yang tepat.
  4. Bisnis waralaba minuman
    Berdagang minuman juga memiliki peluang yang cukup bagus untuk Anda coba. Jenis usaha dagang yang kini sedang ramai salah satunya adalah franchise minuman. Tidak hanya di kota-kota besar, usaha semacam ini sudah banyak dijumpai di daerah-daerah atau di desa-desa. Modal untuk bisnis ini bervariasi tergantung harga merek dagang yang akan Anda gunakan.
  5. Usaha warung sembako
    Menjadi pedagang sembako adalah salah satu pilihan untuk Anda yang ingin berbisnis dengan modal kecil. Selain itu, usaha ini juga cocok untuk ibu rumah tangga atau Anda yang ingin berbisnis dari rumah. Jenis usaha ini memang termasuk dalam usaha skala kecil, namun keuntungannya cukup menjanjikan karena setiap hari barang-barang sembako akan dicari oleh konsumen. Anda juga bisa mengembangkan usaha warung tradisional tersebut melalui program Majuin Warung dari KUDO. Perusahaan digital yang menjadi marketplace tersebut menawarkan banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh Anda yang bergabung menjadi agen KUDO dan mendaftarkan warung-warung tradisional. Caranya adalah mendaftarkan diri dan warung sembako melalui aplikasi atau website KUDO. Selain untuk pengembangan warung, Anda yang ikut berpartisipasi juga bisa mendapatkan keuntungan lain seperti saldo cash ovo 50 ribu.

Demikian informasi dan inspirasi peluang usaha dagang yang memiliki prospek menjanjikan untuk Anda memulai bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *