24Mar

Usaha Dagang Modal Kecil Menguntungkan Saat Ini Laris di Tahun 2017

Kini mencari perkerjaan merupakan hal yang cukup sulit dilakukan, terutama mencari pekerjaan yang sesuai dengan yang kita idamkan. Bagi yang sudah bekerja pun terkadang mengandalkan gaji saja tidak dapat mencukupi kebutuhan perekonomian keluarga. Untuk itu kita memerlukan hal lain yang dapat dikerjakan untuk menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Hal ini juga bisa menjadi salah satu kesibukan yang bermanfaat bagi para untuk mengisi waktu luangnya agar tidak terbuang sia-sia. Kegiatan apa ya kira-kira? Anda pasti sudah bisa menebaknya dan sudah sering memikirkan untuk membukanya. Ya, adalah salah satu solusi untuk menambah penghasilan dengan cara yang cukup mudah dengan keuntungan yang baik jika kita pandai membaca pasar. Pada artikel ini akan kami bahas mengenai seluk beluk kecil-kecilan ini dari mulai pengertian sampai dengan tips dan cara melakukannya. Tidak perlu panjang lebar lagi, yuk kita cari bagaimana selengkapnya.

Apa Itu Wirausaha?
Wirausaha adalah salah satu cara menghasilkan uang dengan menjual kembali suatu produk atau barang jasa untuk tujuan mendapatkan keuntungan termasuk di dalamnya kegiatan perantara dalam proses jual beli tersebut. Wirausaha juga dapat diartikan sebagai suatu dengan tujuan untuk mencari keuntungan. Jadi wirausaha memiliki arti yang sangat luas. Yang dimaksud dengan wirausaha adalah kegiatan menjual barang secara langsung, kegiatan perantara dalam menjual sesuatu, dan kegiatan menjual jasa termasuk di dalamnya membuka kursus, dan sebagainya. Jika dilihat dari pengertiannya, jenis wirausaha sangatlah luas, sehingga kita dapat mendirikan banyak usaha sesuai dengan kemampuan kita serta sesuai dengan keahlian kita.

Bagi para ibu mereka dapat menjual suatu produk sesuai dengan ketrampilan yang mereka miliki seperti memasak, membuat kue, dan lain sebagainya. Ibu rumah tangga juga bisa membuka layanan jasa laundry, jasa jahit, atau apapun yang menjadi keterampilan mereka. Bagi Anda yang memiliki keterampilan seni atau pandai dalam mata pelajaran, Anda dapat membuka les atau kursus mata pelajaran atau kursus seni. Bagi pecinta fashion, kegiatan menjual barang-barang fashion juga termasuk wirausaha. Banyaknya bidang yang dapat digeluti dalam berwirausaha membuat kegiatan wirausaha ini sangat mungkin dilakukan oleh siapa saja asalkan mereka memiliki kemauan.

Mengapa Perlu Wirausaha?
Ada banyak latar belakang yang membuat wirausaha dapat digunakan sebagai salah satu solusi yang cukup baik baik mereka yang membutuhkan atau bagi mereka yang ingin memiliki penghasilan namun tidak mendapatkan pekerjaan. Wirausaha adalah kegiatan yang mandiri. Dengan berwirausaha kita dapat menghasilkan uang secara mandiri tanpa menunggu seseorang memberikan uang gaji kepada kita. Bagi kita yang kesulitan mendapatkan pekerjaan, melakukan kegiatan wirausaha dapat kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan. Bagi para ibu rumah tangga, kegiatan ini juga dapat menjadi salah satu sarana untuk mengembangkan keahlian menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dan menghasilkan uang. Dengan demikian, selain dapat melakukan kegiatan untuk mengisi , para ibu rumah tangga juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan.

Bagi para pekerja yang memiliki gaji yang tidak mencukupi atau ingin memiliki penghasilan tambahan yang dapat dikerjakan di rumah saat libur atau saat memiliki banyak waktu luang, kegiatan wirausaha juga merupakan solsi yang tepat. Waktunya yang dapat dikerjakan secara fleksibel dan dapat kita atur sendiri membuat kegiatan wirausaha merupakan kegiatan yang bisa dikerjakan oleh siapa saja baik mereka yang pengangguran dan belum mendapat pekerjaan, para ibu rumah tangga, dan mereka yang memiliki waktu luang. Oleh karena itu kegiatan wirausaha perlu dilakukan.

Berapa yang Dibutuhkan?
Untuk membuka sebuah usaha, sejatinya kita lah yang menentukan berapa modal yang akan kita gunakan sesuai dengan usaha apa yang akan kita buat. Di sini, kami akan membahas dengan fokus membuka usaha kecil kecilan. Untuk membuka kecilan, modal yang digunakan pun tidak terlampau banyak. Hanya saja kita perlu membuka usaha yang tepat sehingga banyak konsumen yang tertarik dengan dagangan kita. Untuk membuka usaha, modal bukanlan segalanya. Ada berbagai faktor lain yang dapat mempengaruhi usaha kita apakah akan dapat bertahan atau tidak. Banyak juga usaha dagang modal kecil untung besar yang dapat kita lakukan. Untuk mengetahui usaha apa saja yang dapat kita lakukan dengan modal kecil, mari kita beranjak ke segmen berikutnya.

Usaha Dagang Modal Kecil Menguntungkan Saat Ini Laris di Tahun 2017

Apa Saja Jenis Usaha Dagang yang Ada?
Ada banyak jenis usaha dagang dengan modal kecil yang dapat kita lakukan. Di sini akan kami bahas beberapa di antaranya. Usaha dapat dibuat dengan memikirkan berbagai aspek penting. Aspek penting tersebut membuat jenis usaha dapat dibagi menjadi beberapa kelompok bergantung dari faktor yang menentukannya. Berikut pembagian kelompok jenis usaha dari beberapa latar belakang.

Berdasarkan lokasi pemasarannya, usaha dagang yang menguntungkan saat ini dapat dibagi menjadi 3. Adapun pembagian tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Usaha dagang skala rumahan
    Usaha dagang rumahan adalah usaha yang dibuat dengan skala kecil yang dapat dihandle di rumah. Segala kegiatan mulai dari produksi hingga pemasaran dilakukan di rumah. Kegiatan usaha jenis ini sangat cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga yang perlu mengawasi anak dan keluarganya sembari mengisi waktu luang dengan membuka usaha. Usaha skala rumahan ini misalnya adalah usaha katering, usaha pembuatan kue kering musiman, usaha bakery, usaha warung makan, usaha laundry, usaha dagang pulsa, dan masih banyak jenis usaha lainnya.
  2. Usaha dagang skala keliling
    Usaha adalah usaha yang cara penjualannya dengan cara dijajakan dari pintu ke pintu. Pedagang keliling memiliki teknik penjualan mendekati konsumen dengan cara berkeliling dari rumah ke rumah. Ada berbagai jenis usaha yang dapat dilakukan dengan cara ini. Jenis usaha tersebut ada yang berskala kecil hingga skala menengah. Skala kecil dapat dilakukan dengan mendorong gerobak yang berisi dagangan kita atau menggunakan sepeda untuk menjajakan dagagan kita. Contoh dari jenis usaha ini adalah mereka yang menjual secara keliling seperti siomay, nasi goreng, aneka roti, es krim, dan sebagainya. Untuk usaha skala menengah biasanya menjajakan dagangannya dengan kendaraan bermotor roda empat dengan barang yang dijual lebih bervariasi. Contoh dari usaha jenis ini adalah usaha dagang kelontong keliling, usaha menjual buah musiman keliling, dan sebagainya. Cara ini khususnya ditujukan bagi mereka yang memang tidak memiliki pekerjaan lain sehingga dapat mengabiskan waktunya untuk menjajakan dagangannya secara keliling.
  3. Usaha dagang toko / pusat perbelanjaan
    Usaha dagang di toko atau pusat perbelanjaan seperti pasar atau mall merupakan usaha yang mendekat ke konsumen dengan cara menjual dagangannya di tempat yang strategis dan banyak dilewati oleh konsumen. Untuk membuka toko, akan sangat penting jika kita membukanya di tempat yang strategis dan mudah ditemukan dan dijangkau oleh konsumen. Selain tempat yang strategis, promosi yang berkelanjutan juga harus dilakukan agar konsumen yang membutuhkan barang yang kita jual selalu ingat dengan toko milik kita jika membutuhkan barang tersebut. Bagi yang membuka usaha di pusat perbelanjaan, Anda tidak perlu memberikan promosi yang berlebihan karena konsumen akan datang dengan sendirinya jika barang yang Anda jual bagus, berkualitas, dan tentu saja murah. Kelemahan dari membuka usaha di pusat perbelanjaan seperti pasar adalah banyaknya pesaing yang menjual barang sejenis. Hal ini membuat kita harus memiliki keunikan tersendiri agar dapat menarik konsumen untuk membeli di toko milik kita.

Berdasarkan teknik penjualannya, kita juga bisa membagi usaha dagang menjanjikan menjadi 3, yaitu sebagai berikut.

  1. Usaha dengan teknik penjualan konvensional
    Teknik penjualan konvensional adalah teknik penjualan yang sederhana. Cara penjualan konvensional adalah dengan bertemu langsung dengan pembeli dan melakukan transaksi jual beli secara langsung. Cara ini merupakan cara yang umum dilakukan. Contoh dari cara ini adalah penjualan yang berlangsung di pasar, di toko, dan berbagai tempat lainnya yang melibatkan kita, sebagai penjual, untuk bertemu langsung dengan konsumen dan melakukan transaksi jual beli.
  2. Usaha dengan teknik penjualan online
    Usaha adalah usaha yang menggunakan teknik secara online untuk memasarkan produk yang dijual. Penjualan produk secara online membuat kita dapat menjangkau konsumen dengan skala yang lebih luas mengingat dengan cara online barang yang kita jual dapat dilihat oleh semua pengguna internet di seluruh dunia. Apabila ada orang yang mencari produk yang kita jual di internet, produk yang kita jual akan segera muncul sebagai salah satu referensi barang. Hal ini yang menjadi keuntungan menjual secara online. Namun, tidak mudah untuk membuat produk yang kita jual langsung muncul di halaman pertama situs pencarian karena sangat banyak orang yang menjual produk yang sama dengan produk yang kita jual. Untuk memudahkan proses penjualan, kita bisa bergabung dengan dengan skala besar dan memiliki banya pengunjung sehingga produk kita akan lebih banyak dilihat dan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk dibeli oleh konsumen.
    Usaha secara online membuat kita dapat menjual barang tanpa harus bertemu langsung dengan konsumen. Cukup bernegosiasi tanpa tatap muka langsung. Setelah pembeli melakukan transaksi pembayaran, kita dapat segera mengirimkan produk yang kita jual. Ada banyak keuntungan dengan membuka usaha secara online, namun tidak memungkiri juga terdapat kekurangan di dalamnya.
  3. Usaha dengan teknik penjualan gabungan
    Usaha dengan teknik penjualan gabungan maksudnya adalah usaha yang selain dilakukan dengan cara konvensional, juga dilakukan dengan cara online. Hal ini dapat saling menutupi kekurangan masing-masing sehingga keuntungan yang didapatkan pun akan semakin meningkat. Dengan teknik penjualan ini, kita dapat menjual barang baik dengan cara tatap muka langsung maupun menjaring konsumen secara online. Cara ini juga dapat menambah kepercayaan konsumen yang membeli secara online karena kita memiliki tempat berjualan yang pasti sehingga resiko penipuan menjadi lebih rendah.
    Anda dapat menggunakan teknik penjualan campuran ini untuk menjual produk yang Anda inginkan. Hal ini akan membuat Anda semakin mudah memasarkan produk yang Anda jual. Cara ini juga merupakan cara yang cocok untuk usaha dagang kecil yang ingin cepat berkembang. Salah satu portal penjualan online yang menawarkan teknik gabungan ini adalah KUDO.
    Nah, itu tadi beberapa pengelompokan jenis usaha yang dapat kita lakukan. Anda bisa memilih salah satu kelompok yang dirasa cukup mudah untuk dilakukan dan disesuaikan dengan waktu yang Anda miliki untuk membuka usaha milik Anda.

Ide Usaha Apa yang Bisa Dijalankan dengan Mudah oleh Pemula?
Bagi Anda yang masih bingung menentukan pilihan usaha apa yang ingin Anda lakukan di tahun 2017 ini, di sini kami akan memberikan beberapa yang sedang populer dan mudah dijalankan oleh pemula. Apa saja ide usaha tersebut? Mari kita pelajari bersama.

  1. Franchise makanan dan minuman
    Usaha dagang untuk pemula yang dapat dilakukan dengan mudah adalah usaha yang berdasarkan franchise. Usaha model ini sangat cocok bagi pemula yang masih bingung menentukan model usaha dan bagaimana cara menjalannkan usaha. Dengan membuka usaha yang berbasis franchise Anda hanya perlu menyetorkan modal awal yang jumlahnya bervariasi tergantung dari makanan atau minuman yang Anda jual dan pemilik brand atau merk.
    Kini banyak pemilik brand yang menawarkan franchise usahanya dengan modal yang murah. Modal yang diserahkan tersebut kemudian akan ditukar dengan atribut untuk menjual makanan atau minuman franchise tersebut termasuk seragam penjualnya. Atribut dapat berupa gerobak dengan model tertentu, seragam penjual, banner, dan sebagainya. Selain atribut penjualan, bahan dan cara pembuatan produk pun ditentukan dari pemilik franchise agar produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang sama dengan produk aslinya. Selain itu, kita akan lebih mudah menjalankan usaha karena pemilik franchise akan melakukan promosi terhadap gerai yang kita buka melalui cabang franchisenya di seluruh Indonesia. Hal ini menjadi promosi berjalan dengan lebih efektif dan mengena sasaran.
  2. Usaha berdasarkan skill
    Usaha berdasarkan skill yang dimaksud adalah usaha yang dibuka berdasarkan kemampuan yang Anda miliki. Kemampuan tersebut misalnya kemampuan memainkan alat musik, kemampuan menjahit, kemampuan memasak, kemampuan berbahasa asing, dan sebagainya. Dengan skill atau kemampuan khusus yang Anda miliki tersebut, Anda dapat membuka usaha yang menguntungkan. Bagi Anda yang memiliki kemampuan berbahasa asing atau memainkan alat musik, Anda dapat membuat usaha kursus atau les baik secara kelompok maupun privat. Begitu juga dengan skill lainnya seperti skill menjahit Anda bisa membuka usaha menjahit serta kursus menjahit. Bagi Anda yang memiliki kemampuan memasak, Anda dapat membuka usaha warung makan dan membuka kelas memasak. Banyak hal yang dapat dilakukan jika Anda memiliki skill yang baik. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini juga nyaris tidak ada, yang penting Anda memiliki kemampuan yang mumpuni dan dapat mengajar dengan baik, maka Anda dapat langsung membuka usaha jenis ini. Hal ini lah yang membuat meningkatkan kemampuan atau skill yang Anda miliki merupakan hal yang cukup bermanfaat. Jadi jangan ragu untuk mengasahnya.
  3. Makanan khas dan makanan populer
    Semua orang pasti suka cemilan dan makanan populer. Makanan khas dan makanan atau cemilan yang populer kini menijadi salah satu hal yang sangat menguntungkan untuk dijual, terutama pada tahun 2017 ini. Lihat saja betapa boomingnya mi instan super pedas import asal Korea Selatan yang masih booming dan banyak dicari sampai sekarang. Makanan-makanan yang viral di selalu saja membuat banyak orang ingin mencicipinya. Ada juga gerai makanan viral lainnya yang membuat banyak orang penasaran seperti makanan khas Bandung yakni seblak dan masih banyak makanan yang menjadi viral di media sosial lainnya. Media sosial kini memiliki pengaruh yang cukup penting untuk mendongkrak popularitas suatu produk terutama produk makanan. Makanan yang menjadi viral di media sosial selalu mengundang rasa penasaran banyak orang tidak hanya orang Indonesia sendiri, tetapi juga turis mancanegara. Menjual makanan yang viral di media sosial dapat menjadi dagang 2017 yang menguntungkan.
  4. Pembayaran tagihan dan pulsa
    Usaha jenis ini dijamin tidak akan ada matinya walaupun memiliki banyak saingan. Pulsa adalah kebutuhan primer bagi sebegian besar orang saat ini. Berbagai aktivitas yang menyangkut jaringan komunikasi dan internet membutuhkan pulsa. Selain pulsa yang juga menjadi sebuah keharusan bagi setiap rumah tangga adalah membayar berbagai macam tagihan. Ada berbagai macam tagihan yang dapat dibayarkan secara online saat ini. Mulai dari pembayaran , pembayaran tagihan air PDAM, pembayaran tagihan jaringan telepon rumah, pembayaran tagihan TV kabel berbayar, pembayaran tagihan kredit berbagai perusahaan finance, sampai dengan pembayaran asuransi bulanan.

Berbagai macam kebutuhan pembayaran ini menjadikan usaha pembayaran tagihan dan pulsa menjadi salah satu usaha dagang yang mudah dan menguntungkan yang dapat Anda kerjakan di tahun 2017.

Itu tadi ide usaha yang dapat dilakukan pada tahun 2017 oleh pemula. Usaha-usaha tersebut memiliki modal yang kecil atau bisa dilakukan tanpa modal sekalipun. Untuk itu tidak ada alasan untuk menunda membuka usaha sebagai salah satu sumber penghasilan yang cukup menguntungkan.

Kapan Saat yang Tepat untuk Memulai Usaha?
Jika Anda bertanya kapan kita bisa memulai usaha, maka jawabannya adalah saat ini juga. Alasan klise seperti tidak tersedianya modal bukanlah hal dapat menghalangi Anda membuka usaha. Ada banyak usaha yang hanya membutuhkan modal sangat sedikit atau bahkan tanpa modal sama sekali. Usaha dagang unik dan menarik tidak hanya dapat dibuat dengan modal yang banyak, kreativitas dan kemampuan kita dapat kita gunakan untuk menjadikan usaha yang kita buat menjadi usaha dagang yang laris dengan mengandalkan modal yang sedikit. Jadi tunggu apa lagi? Ayo dari sekarang.

Bagaimana Cara Memulainya?
Ada berbagai cara yang dapat kita lakukan agar dapat membuka usaha dagang terlaris dan sukses. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Niat dan kemauan
    Yang kita butuhkan untuk memulai suatu usaha adalah niat. Jika kita memiliki niat maka kita akan memiliki kemauan untuk memulai usaha tersebut. Niat yang kuat dibutuhkan karena niat adalah sebuah pondasi yang akan membuat usaha kita dapat bertahan walaupun diterpa berbagai masalah. Terus bertahan dan pantang menyerah salah satunya dapat diperoleh dari niat yang kuat. Hal tersebut yang menyebabkan niat yang kuat merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam membuka suatu usaha.
  2. Tentukan produk
    Untuk menentukan produk yang Anda jual, Anda harus menyesuaikannya dengan modal yang Anda miliki. Jika Anda memiliki modal yang tidak banyak, Anda bisa mengawali usaha Anda dengan skala yang kecil sehingga tidak membutuhkan biaya operasional yang banyak. Produk juga harus Anda sesuaikan dengan waktu yang tersedia. Jika Anda membuka usaha sebagai sampingan dan hanya akan Anda kerjakan saat Anda memiliki waktu luang saja, maka Anda harus memilih produk yang dapat dijual dengan waktu yang fleksibel dan cara penjualan yang sederhana, misalnya dengan teknik penjualan online sehingga Anda dapat menjalankannya di rumah sambil beristirahat.
  3. Awali dengan modal kecil
    Untuk mencoba suatu usaha, Anda dapat memulainya dengan modal yang kecil terlebih dahulu agar dapat menghindari kerugian yang terlampau besar dan membuat Anda trauma untuk melakukan usaha. Melakukan usaha dengan modal yang kecil dapat membantu Anda untuk belajar dan menumbuhkan sikap percaya diri dalam membuka usaha dalam modal yang lebih besar. Banyak juga usaha yang besar yang diawali dari usaha kecil-kecilan dan terkesan remeh. Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir hanya karena memiliki modal yang sedikit.
  4. Pantang menyerah
    Dalam melakukan segala kegiatan, pantang menyerah merupakan kunci utama agar kegiatan yang Anda lakukan berhasil. Begitu juga dengan membuka usaha. Agar usaha Anda berhasil, Anda harus memiliki sifat pantang menyerah. Anda juga tidak boleh malas, karena malas dapat menghambat usaha Anda tidak berkembang. Terus pikirkan inovasi dan cara agar usaha Anda dapat berkembang dan menjadi besar.
  5. Promosi
    Melakukan promosi juga merupakan salah satu cara yang dapat meningkatkan penjualan produk Anda sehingga usaha Anda menjadi berkembang. Melakukan promosi dapat dilakukan dengan mudah dari mulut ke mulut. Jika Anda memiliki pelayanan yang baik dan konsisten, Anda pasti dapat mengembangkan usaha Anda karena pelanggan akan puas dan akan kembali membeli produk Anda. Anda juga dapat membuat usaha Anda menjadi viral melalui media sosial. Kekuatan media sosial sangat ampuh untuk menarik konsumen yang penasaran dengan produk yang kita jual. Ada banyak cara yang murah atau bahkan tidak mengeluarkan uang sama sekali untuk melakukan promosi.

Mari Berkenalan dengan KUDO
Ada banyak kendala terutama jika kita ingin membuka usaha dagang di desa. Salah satu di antaranya adalah masyarakat pedesaan biasanya belum banyak yang melek teknologi dan melek internet sehingga kita tidak dapat melakukan promosi melalui media sosial. Kita juga akan kesulitan jika ingin membuka usaha secara online karena pangsa pasar yang kurang. Ada satu cara yang dapat memecahkan asalah Anda tersebut. Adalah KUDO, sebuah portal yang membuka kesempatan bagi Anda untuk membuka usaha secara online dengan kemudahan seperti halnya berjualan offline. Kok bisa? Semua bisa jika dengan KUDO.
KUDO adalah sebuah portal untuk Anda yang ingin membuka usaha secara online dengan cara reseller atau menjual kembali. KUDO menawarkan berbagai macam produk yang cukup lengkap mulai dari fashion kekinian sampai dengan produk makanan, otomotif, hobi, serta jasa pembayaran tagihan. Semua yang ditawarkan KUDO dapat dijalankan dengan mudah bagi Anda yang tinggal di desa sekali pun. Hal ini karena proses pembayaran di KUDO dapat melalui cash tanpa transfer. Jika Anda menjadi agen KUDO, Anda dapat mengisi saldo KUDO Anda dan membeli produk yang dipesan konsumen kepada Anda. Konsumen kemudian dapat membayarnya dengan cara cash tanpa harus melakukan transfer ke bank. Bagi konsumen yang awan terhadap teknologi perbankan, cara ini tentunya akan sangat membantu mereka.
Bagi Anda yang masih bingung menentukan usaha apa yang akan Anda lakukan di tahun 2017 ini, tidak ada salahnya memilih KUDO sebagai partner bisnis Anda yang menguntungkan dan mudah dijalankan.