22Dec

11 Usaha Dagang Terbaru Modal Kecil Menguntungkan Saat Ini Laris

Selama beberapa dekade sempitnya lapangan pekerjaan memang telah menjadi masalah yang cukup serius di negeri ini. Jangankan bagi mereka yang tidak mengenyam pendidikan, kini mereka yang memiliki titel sarjana pun merasa kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Banyak orang terpaksa mengubur cita-citanya untuk mendapatkan pekerjaan sesuai passion karena terdesak oleh keadaan.

Sementara lapangan pekerjaan kian sulit ditemukan, kebutuhan hidup justru sebaliknya. Dari hari ke hari kebutuhan hidup rasanya kian bertambah. Harganya juga terus meningkat sehingga terasa mencekik mereka mereka yang ada pada taraf ekonomi menengah ke bawah.

Ternyata keluhan tentang sulitnya menemukan kebutuhan hidup bukan hanya milik mereka yang hingga kini masih belum mendapatkan pekerjaan yang layak. Mereka yang telah memiliki pekerjaan juga kerap mengeluhkan hal yang sama. Seringkali gaji pokok yang didapatkan dari kantor tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup selama sebulan. Para pekerja yang gajinya kurang bisa mencukupi kebutuhan terpaksa harus berhutang ke sana kemari demi mencukupi kebutuhan, tak peduli sekeras apapun mereka berusaha menghemat.

Upaya memenuhi kebutuhan hidup dengan berhutang tentunya merupakan pola yang tidak sehat. Keuangan akan sulit menjadi stabil karena nantinya pola yang sama akan berlangsung setiap bulan. Pola hidup dimana keuangan tidak stabil karena adanya utang piutang akan semakin berbahaya jika sudah berkeluarga. Sebab kebutuhan hidup orang yang sudah berumah tangga tentunya beda dengan yang masih hidup sendiri.

Agar carut marut keuangan keluarga tidak berlangsung carut marut maka solusinya harus ditemukan dengan segera. Salah satu solusi terbaik adalah dengan memastikan kedua belah pihak, yakni suami dan istri, sama sama memiliki penghasilan. Adanya pemasukan dari sisi suami dan sisi istri tentunya dapat membuat kondisi keuangan menjadi lebih stabil.

Sayangnya dalam prakteknya membuat kedua belah pihak bekerja seringkali tak semudah yang dibayangkan. Ada hal hal lain yang perlu dipertimbangkan baik baik. Urusan anak misalnya, tentu bukan keputusan yang bijak jika dalam rangka memperbaiki keuangan keluarga masalah perawatan anak jadi kurang diperhatikan.

Solusi lain yang dapat menyelesaikan persoalan keuangan dan urusan rumah tangga adalah dengan mengupayakan usaha sampingan. Usaha sampingan adalah usaha di luar pekerjaan utama yang bisa dilakukan dengan cara dan waktu yang lebih fleksibel. Jika suami sudah bekerja di kantor, maka usaha sampingan dapat dijalankan istri di rumah. Menjalankan usaha dari rumah akan membuat penghasilan keluarga bertambah namun urusan rumah tangga tidak terbengkalai.

Meskipun namanya usaha sampingan, namun usaha ini sebaiknya tidak dianggap sepele dan tetap dijalankan dengan sebaik mungkin. Jika dikelola dengan serius bukan tidak mungkin usaha sampingan akan mendatangkan penghasilan yang lebih besar dari pekerjaan utama. Hal tersebut sangat mungkin terjadi, terlebih jika pengelolaannya dilakukan dengan cermat dan sungguh sungguh.

Memulai usaha sampingan perlu diawali dengan memikirkan baik baik jenis usaha apa yang paling pas untuk dijalankan. Pertimbangan yang perlu diambil ketika memikirkan hal ini adalah bagaimana agar usaha yang ada tidak membuat urusan rumah tangga terbengkalai. Pikirkan juga usaha yang memiliki prospek baik dan penghasilannya bisa terus bertambah dari waktu ke waktu.

Salah satu jenis usaha yang paling sesuai untuk dijalankan ibu rumah tangga adalah usaha dagang. Sebagai ibu rumah tangga, kamu dapat memulai usaha dagang kecil kecilan. Sebagai permulaan kamu cukup menentukan barang apa yang hendak dijual dan metode apa yang akan digunakan dalam proses jual belinya. Selain menjalankan usaha dagang kecil-kecilan secara offline, kini kamu juga bisa memanfaatkan berbagai media online.

Semua pelaku usaha tentu sepakat bahwa tujuan utama dari menjalankan usaha dagang adalah menghasilkan keuntungan sebanyak banyaknya. Secara teori keuntungan didapatkan dari selisih antara modal dan harga jual barang yang kamu tetapkan. Kendati demikian bukan berarti kamu bisa memberikan selisih sebesar besarnya. Perhitungkan selisih dengan cermat agar para calon konsumen tidak keberatan membeli barang di tempat kamu karena harganya yang terlalu mahal.

Tips Membuka Usaha Dagang yang Mudah dan Menguntungkan
Ada banyak sekali tips memulai bisnis dari para pebisnis kelas dunia yang bisa kamu temukan. Tips tips tersebut bertebaran dalam bentuk buku maupun artikel-artikel di internet. Namun tips berikut ini adalah tips yang paling cocok bagi kamu yang hendak memulai usaha dagang kecil kecilan. Tips untuk memulai dan menjalankan usaha dagang tersebut adalah:

  • Tentukan Jenis Barang yang Akan Dijual
    Menentukan barang apa yang hendak dijual di dalam usaha dagang kamu bukanlah perkara yang mudah. Bahkan orang orang yang sudah mengantongi modal dan memiliki tempat usaha juga tetap kebingungan menentukan produk yang hendak dijual. Kebingungan ini adalah hal yang wajar karena jenis barang yang dijual sangat besar pengaruhnya terhadap kelangsungan usaha kamu ke depan.
    Memutuskan menjual suatu produk hanya karena produk tersebut tengah naik daun dan menjadi tren bukanlah hal yang bijak. Sebaiknya kamu memilih produk yang senantiasa dibutuhkan masyarakat. Tak masalah jika keuntungan yang didapat dari setiap transaksi kecil, yang penting angka penjualan stabil dan selalu bisa dioptimalkan. Tak perlu terlalu khawatir dengan adanya pesaing karena hal tersebut adalah hal yang sangat wajar dalam melakoni usaha.
  • Pertimbangkan Risiko
    Persaingan dalam dunia usaha memang sesuatu yang wajar dan tak mungkin dihindari. Meski begitu kamu tetap harus tetap cermat memperhitungkan bagaimana usaha kamu bisa memenangkan persaingan, terutama jika barang yang kamu jual adalah barang kebutuhan yang banyak dijual dan dicari orang. Jalankan bisnis kamu dengan perhitungan yang realistis.
  • Optimalkan Pelayanan Kepada Konsumen
    Selain kualitas dan harga produk, cara kamu melayani konsumen adalah faktor lain yang akan turut menentukan keberhasilan usaha. Kamu perlu memastikan bahwa setiap konsumen mendapatkan pelayanan terbaik yang membuat mereka merasa nyaman saat berbelanja. Sisi pelayanan kepada konsumen ini dapat dioptimalkan untuk memenangkan persaingan. Meskipun produk yang kamu jual sama dengan pelaku usaha lainnya, bukan tidak mungkin para konsumen akan beralih ke tempat kamu karena merasa mendapatkan pelayanan yang lebih memuaskan.
  • Pertahankan Kualitas Barang
    Setelah berhasil menggaet konsumen karena pelayanan yang prima, jangan sampai kamu lengah untuk senantiasa menjaga kualitas barang yang kamu jual. Ingatlah bahwa kualitas produk adalah nyawa paling utama dari usaha kamu. Pastikan tak ada pelanggan yang kecewa karena kualitas produk kamu buruk atau menurun dari penjualan sebelumnya. Hal tersebut dapat menjadi boomerang yang menghancurkan usaha dagang kamu dalam sekejap.

Jenis Usaha Dagang yang Menguntungkan Saat Ini
Ada banyak sekali barang yang dapat dibidik dan dijadikan peluang usaha. Berikut adalah beberapa contoh barang dagangan yang tengah naik daun dan menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan:

  1. Makanan
    Sebagai kebutuhan pokok manusia makanan adalah salah satu barang dagangan yang tidak akan kehilangan konsumen. Usaha makanan adalah usaha yang tidak akan pernah ada matinya. Oleh karena itu, bisnis di bidang kuliner adalah salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan. Ada 2 hal penting yang harus kamu perhatikan ketika hendak memutuskan untuk memulai usaha kuliner. Pertama adalah rasa dari makanan yang harus enak serta lokasi yang harus strategis. Dua hal tersebut adalah kunci untuk usaha kuliner yang laris dan panjang umur.
  2. Produk Fashion
    Sebagaimana makanan, produk fashion juga menjadi salah satu peluang usaha yang tak ada matinya. Hal ini karena produk fashion, terutama yang lumrah dipakai sehari hari adalah juga kebutuhan pokok manusia. Persaingan usaha di bidang produk fashion memang cukup ketat. Upaya yang bisa kamu lakukan adalah melakukan penjualan secara online dan offline, serta menyediakan promo di momen-momen tertentu.
  3. Gadget dan Produk Elektronik
    Perkembangan di bidang gadget dan produk elektronik lainnya terbilang cukup pesat. Produk produk semacam ini kini sangat sulit dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Tak heran jika gadget dan produk elektronik lain juga berpeluang menghasilkan keuntungan yang besar jika digeluti sebagai bidang usaha. Kamu bisa berfokus menjual satu jenis barang elektronik saja atau menjual beberapa jenis sekaligus. Misalnya, membuka toko yang menjual ponsel dan laptop serta berbagai perlengkapan pendukungnya.
  4. Pulsa dan Paket Internet
    Berjualan pulsa dan paket internet adalah salah satu usaha paling fleksibel dan senantiasa dicari pelanggan. Modal untuk berjualan pulsa dan paket internet juga terbilang kecil, kamu hanya perlu menyiapkan ponsel, aplikasi pendukung dan saldo awal yang nominalnya dapat disesuaikan dengan modal yang kamu miliki.
  5. Usaha Waralaba
    Waralaba adalah usaha membuka cabang dari usaha yang telah kamu sebelumnya. Keuntungan dari membuka usaha semacam ini adalah kamu akan mendapat panduan langsung dari pelaku bisnis utama. Selain itu merk dagangnya yang sudah terkenal membuat upaya promosi dan pemasaran kamu akan sedikit lebih mudah.

Bisnis Usaha Dagang Online Bersama Kudo
Kudo (Kios Untuk Dagang Online) adalah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk melakukan jualan online. Berbagai jenis barang bisa dijual melalui Kudo. Hal pertama yang perlu kamu lakukan hanyalah mendaftar menjadi agen. Setelah menjadi member kamu bisa mulai memasarkan berbagai produk yang tentunya akan dicari oleh banyak pelanggan.

Berjualan melalui Kudo adalah usaha dagang yang tak memerlukan modal besar. Kamu bahkan tidak dipungut biaya sepeserpun ketika mendaftar menjadi member Kudo melalui aplikasi. Aplikasinya sendiri dapat kamu unduh secara gratis di Play Store atau situs resmi Kudo. Bisnis semacam ini sangat fleksibel karena dapat kamu jalankan dari mana saja dan kapan saja.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu raih jika bergabung menjadi agen Kudo. Usaha dagang di dalam Kudo juga tergolong sebagai usaha yang minim risiko. Sedikitnya modal yang kamu keluarkan akan membuat kamu terhindar dari kerugian. Selain itu transaksi online berbasis aplikasi ini akan meminimalisir kemungkinan kamu menjadi korban dari berbagai penipuan dan kejahatan transaksi online. Oleh karena itu segeralah download aplikasi Kudo dan jadilah agen sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *