18Jun

Daftar Peluang Usaha dengan Modal Kecil yang Menjanjikan

Saat baru memulai berwirausaha, sebaiknya mulailah usaha dengan modal kecil. Dengan begitu, kemungkinan resiko yang Anda tanggung nantinya juga akan semakin kecil. Faktor resiko memang salah satu faktor yang cukup penting diperhatikan. Sebab, banyak orang yang justru terllit hutang saat baru memulai usaha dan pada akhirnya gulung tikar.

Selain memulai usaha dengan modal kecil, Anda juga harus mengambil kesempatan yang datang pada Anda jika ingin usaha berkembang. Tentu sudah banyak pepatah bisnis yang Anda dengar berulang kali mengenai kesempatan, seperti ‘Kesempatan itu tidak datang untuk yang kedua kalinya’. Hal ini benar adanya, jika Anda bisa memanfaatkan dengan baik kesempatan yang datang, maka akan menjadi untung yang besar bagi Anda.

Kedua hal tersebut menjadi begitu penting, karena Anda belum menguasai betul seluk-beluk usaha yang akan digeluti. Sehingga, kucuran modal besar tidak banyak membantu. Jika tidak bisa mengelolanya malah hanya akan memperlemah usaha Anda. Apalagi, jika perencanaan bisnis Anda buruk.

Untuk itu, pada artikel kali ini, kami akan memberikan Anda rekomendasi peluang usaha dengan modal kecil yang dapat membantu Anda yang ingin mendapatkan ide bisnis yang potensial. Beberapa usaha ini juga bisa dikerjakan di rumah atau di mana saja Anda inginkan. Yuk, simak selengkapnya.

Peluang Usaha dengan Modal Kecil yang Bisa Dicoba

Untuk melancarkan usaha Anda, kami akan merekomendasikan beberapa peluang usaha dengan modal kecil yang dapat Anda jadikan usaha utama ataupun paruh waktu. Apa saja peluang usaha modal kecil dengan prospek yang menjanjikan tersebut? Berikut rekomendasi kami.

  • Cucian Motor dan Mobil

Kendaraan pribadi merupakan hal yang sangat lumrah dimiliki di Indonesia, terutama kepemilikan sepeda motor sebagai kendaraan harian. Sementara, karena padatnya kesibukan, cukup banyak orang yang tak memiliki waktu dan tenaga untuk mencuci kendaraannya sendiri. Jika kita jeli, hal tersebut merupakan kesempatan yang besar untuk dijadikan peluang membuka usaha. Anda bisa memanfaatkan lahan depan rumah atau mencari tempat strategis yang murah utnuk dijadikan tempat usaha tersebut. Anda tidak perlu modal besar utnuk memulai usaha ini. Manfaatkanlah teman-teman atau tetangga menjadi pelanggan utama Anda, sekaligus untuk membantu memasarkan bisnis Anda.

  • Print Foto dan Stiker

Komputer dan Printer di rumah nganggur? Ada baiknya dimanfaatkan untuk usaha printing kecil-kecilan. Anda bisa memulai usaha kecil dengan membuka jasa print foto dan stiker rumahan. Jika Anda telaten, usaha ini bisa menjadi besar, apalagi jika Anda juga memiliki keterampilan mendesain dan fotografi. Ke depannya, Anda bisa mengembangkan usaha dengan modal kecil ini menjadi studio printing yang besar.

  • Usaha Laundry

Membuka bisnis laundry adalah salah satu usaha dengan modal kecil yang bisa Anda jalankan di rumah. Apalagi, untuk Anda yang tinggal di sekitar komplek atau perkotaan. Di mana, masyarakatnya memiliki mobilitas tinggi, sehingga tidak memiliki waktu dan tenaga untuk mencuci pakaian yang digunakan setiap hari. Usaha ini juga sangat laku pesat jika rumah Anda dekat dengan kampus dan kost-kostan mahasiswa. Untuk awalan, Anda hanya perlu memiliki satu mesin cuci dan alat setrika, yang bisa Anda gunakan juga untuk mencuci pakaian harian Anda.

  • Jasa Jahit

Menjahit adalah salah satu keterampilan dasar yang banyak orang bisa. Jika Anda mahir dalam jahit-menjahit, Anda bisa membuka usaha jahit yang lebih profesional dan membuka usaha jahit pakaian. Ini juga salah satu usaha “abadi” yang bisa dijalankan. Artinya, Anda tidak akan pernah kehilangan konsumen. Hanya saja, Anda harus selalu up to date dalam melihat perkembangan fashion dan terus meng-upgrade kemampuan menjahit Anda agar memiliki banyak pelanggan.

  • Usaha Katering Rumahan

Sama halnya dengan mencuci mobil yang membutuhkan waktu serta tenaga untuk mengerjakannya, memasak pun demikian. Karenanya, banyak keluarga yang kadang memilih memesan makanan karena satu dan lain hal. Anda yang memiliki keterampilan dalam memasak dan berinovasi dengan makanan ada baiknya membuka usaha katering. Anda juga bisa mengkhususkan katering Anda, misalnya dengan membuat katering khusus makanan sehat, khusus anak kost, dan sebagainya sesuai kemampuan Anda. Mulailah dengan usaha katering kecil-kecilan dengan promosi di media sosial secara besar-besaran. Sebab, usaha ini menjanjikan dan memiliki prospek yang besar. Sekadar informasi, margin keuntungan usaha makanan bisa mencapai 20% – 40%, lho!

  • Jual Sayur Organik

Kini sayur sudah bukan lagi musuh bagi banyak orang. Sebab, masyarakat sudah mulai sadar akan gaya hidup sehat. Bahkan, sudah banyak yang menjalankan pola makan clean eating dan mengutamakan sayur-sayuran organik dalam konsumsinya. Karenanya, Anda yang memiliki lahan rumah cukup besar dan memiliki keterampilan bercocok tanam, bisa mulai menanam sayur-sayuran organik yang tidak membutuhkan modal besar.

  • Jasa Bimbel

Jika Anda termasuk orang yang cerdas dan memiliki keterampilan mengajar, ada baiknya membuka jasa bimbingan belajar sebagai usaha rumahan. Membuka jasa bimbingan belajar merupakan salah satu usaha dengan modal kecil, karena persiapan modalnya adalah keilmuwan Anda, keterampilan mengajar, serta promosinya bisa Anda lakukan melalui media sosial dan grup WhatsApp.

  • Menjual Aksesoris Perempuan

Kebanyakan perempuan membutuhkan aksesoris untuk melengkapi gaya berbusananya sehar-hari atau pada saat acara-acara tertentu. Ini merupakan peluang usaha yang baik bagi Anda. Anda bisa menjual anting, gelang, cincin, hingga pin yang bisa Anda promosikan lewat akun mesia sosial yang banyak digandrungi, seperti instagram. Jika Anda memiliki keterampilan melakukan DIY (Do It Yourself), Anda bisa merangkai sendiri model-model aksesoris yang Anda inginkan menggunakan brand Anda sendiri.

  • Pembayaran Online

Salah satu bisnis yang cukup pesar dengan perkembangan teknologi digital ini adalah sistem pembayaran online. Anda bisa memanfaatkan hanya telepon pintar Anda untuk menjalankan usaha dengan modal kecil yang satu ini. Contohnya dengan bergabung menjadi agen KUDO.

  • Toko Kelontong

Jangan dulu memandang sebelah mata usaha yang satu ini. Meskipun sekilas untungnya terlihat kecil, namun ini merupakan usaha yang tak pernah sepi pembeli karena barang yang dijual selalu dibutuhkan banyak orang. Setiap keluarga, sudha pasti mengalokasikan sejumlah pengeluarannya untuk belanja di sembako. Jadi, sudah pasti membuka toko kelontong adalah usaha dengan modal kecil yang memiliki prospek cerah. Perputaran modal dan untungnya juga cepat.

Bicara soal toko kelontong, Anda juga bisa nih membantu memajukan usaha toko kelontong Anda sekaligus milik orang lain dengan menjadi Pejuang Warung pada gerakan #MajuinWarung. Gerakan ini merupakan kampanye sosial yang mengangkat tentang pentingnya keberadaan peran warung tradisional dan UKM untuk perekonomian Indonesia. KUDO ingin mengajak Anda dan seluruh masyrakat agar bisa memulai langkah nyata untuk membuat warung lebih maju dengan dukungan teknologi. Yuk, mulai #MajuinWarung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *