05Jul

7 Usaha di Rumah Terbaru 2017 Untuk Memenuhi Tuntutan Ekonomi

Usaha di rumah terbaru 2017 untuk memenuhi tuntutan ekonomi. Zaman terus berganti dan waktu terus berjalan. Hal ini lah yang membuat tuntutan hidup kian terasa keras dan meningkat. Perubahan zaman membuat kita mau tidak mau ikut berubah dalam hal apapun. Kalau membicarakan tuntutan hidup, tidak akan jauh dengan berbagai kebutuhan yang bertambah dan harus dipenuhi. Sehingga berkaitan juga dengan penghasilan dan pendapatan. Sayangnya, zaman yang terus berganti bukan berarti membuat kita lebih mudah dalam mencari penghasilan. Tidak sedikit yang merasa dan menganggap sebaliknya, bahwa mencari penghasilan di zaman sekarang semakin sulit. Maka salah satu solusi terbaik adalah dengan membuka atau membuat sendiri bisa jadi salah satu cara terbaik. Nah, mari kita sama-sama telusuri tentang membuka usaha sendiri di rumah yang terasa lebih menantang, namun juga lebih mudah.

Tantangan yang Harus Dihadapi

Berbagai tantangan untuk mendapat penghasilan semakin berat. Di zaman sekarang, tantangan yang harus dihadapi tidak mudah. Bahkan tidak sedikit dari kita yang merasa ‘stress’ ketika harus berhadapan dengan tantangan khususnya tantangan yang berhubungan dengan mencari kerja. Tantangan-tantangan yang harus dihadapi untuk tersebut di antaranya:

  • Lapangan Pekerjaan Sedikit
    Walau lapangan kerja terlihat meluas karena tidak sedikit perusahaan asing yang mendirikan perusahaannya di Indonesia, tetap saja tempat kosong bagi para masyarakat yang membutuhkannya semakin mengecil atau sedikit. Belum lagi tidak sedikit perusahaan yang menerima pekerja asing.
  • Persaingan Kerja Semakin Meningkat
    Tidak heran kalau angka pengangguran di Indonesia semakin bertambah karena dari segi persaingan kerja semakin meningkat. Setiap tahunnya jumlah mereka yang membutuhkan pekerjaan seperti lulusan contohnya, terus bertambah, sementara lapangan pekerjaan terbatas. Secara otomatis perusahaan tidak bisa menerima terlalu banyak pekerja baru, atau malah tidak sama sekali.
  • Seleksi Karyawan dan Pegawai Perusahaan Semakin Ketat
    Lowongan pekerjaan bermunculan, namun standar yang ditentukan para perusahaan ditingkatkan. Banyak perusahaan yang mematok tingkat pendidikan karyawan yang disesuaikan dengan standar internasional. Padahal tingkat pendidikan belum tentu menjadi patokan kualitas seseorang, sedangkan seleksi semakin ketat.

Bukan hanya ketiga hal di atas yang menjadi tantangan, terdapat juga sejumlah resiko yang harus dihadapi ketika kita berhasil mendapat pekerjaan di tengah persaingan kerja yang tinggi dan lapangan kerja yang sedikit. Contohnya, kita mendapat kerja yang tidak sesuai dengan skill dan passion kita, yang terpenting mendapat penghasilan bulanan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kemungkinan besar kita akan mengalami naik turun yang cukup sering karena merasa tidak cocok dengan pekerjaan dan memiliki perasaan ‘terpaksa’.

Contoh yang kedua, kita mendapat pekerjaan dengan penghasilan yang pas-pasan atau tidak sesuai dengan pengorbanan yang telah kita keluarkan. Tidak sedikit yang mengalami masalah ini dan malah membuat tekanan dalam diri kian besar. Ujungnya harus memutar otak semaksimal mungkin agar penghasilan yang didapat cukup untuk memenuhi kebutuhan walau pengorbanan yang telah dikeluarkan mati-matian. Serta hanya mendapat rasa ‘lelah’ saja.

Tantangan-tantangan dan resiko seperti itu yang membuat kita wajib memiliki ide usaha kreatif untuk melawannya. Dari pada berhadapan dengan tantangan dan resiko dari pihak lain seperti perusahaan, atau bergantung pada pihak lainya, lebih baik kita berusaha membuka usaha atau lahan bisnis sendiri. Yang segalanya bisa kita sesuaikan, dari mulai modal, sistem kerja, sampai penghasilan. Sebab di zaman sekarang kita memang wajib berpikir maju dan menciptakan ide-ide yang bisa memberikan keuntungan bagi diri kita sendiri dan orang lain.

Usaha di Rumah Untuk Memenuhi Tuntutan Ekonomi

Keberadaan Perusahaan Berpengaruh Terhadap Lapangan Pekerjaan

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai ide kreatif dalam membuka usaha sendiri di rumah, ada beberapa hal yang perlu kita pahami tentang alasan mengapa lapangan pekerjaan semakin sempit dan mencari penghasilan dengan bergantung pada perusahaan-perusahaan lebih baik dijauhi. Agar kita lebih yakin mengapa membuka usaha sendiri atau mendirikan bisnis sendiri jauh lebih disarankan di zaman sekarang. Ada banyak alasan dan di antaranya ialah:

  • Perusahaan Banyak yang Mengalami Gulung Tikar
    Coba ingat, berapa banyak perusahaan besar yang dalam beberapa tahun terakhir mengalami gulung tikar atau bangkrut. Banyak sekali dan hal tersebut berpengaruh besar dengan tingkat pengangguran masyarakat juga semakin membuat lapangan pekerjaan semakin sempit. Bukan hanya kita yang berperan sebagai pekerja dan konsumen, pihak perusahaan yang menjadi produsen juga memiliki banyak resiko besar di tengan perubahan zaman seperti sekarang. Dari mulai dari segi persaingan, biaya produksi yang semakin tinggi, hingga berkurangnya investor. Maka tidak sedikit perusahaan yang mengeluarkan keputusan untuk tutup karena merasa pengeluaran perusahaan tersebut lebih besar dibanding pendapatan yang mereka dapat.
  • Perusahaan Menekan Biaya Produksi
    Selain banyak perusahaan yang mengalami kebangkrutan, alasan lain yang memperkecil dan membuat lapangan kerja menjadi sempit ialah karena perusahaan banyak yang menekan biaya produksi. Biaya produksi di sini maksudnya berupa berusaha mempekerjakan karyawan dan pegawai sedikit mungkin, namun berusaha memproduksi produk sebanyak mungkin. Atau bisa dikatakan banyak perusahaan yang mencoba memperkecil pengeluaran, tapi ingin mendapat pendapatan yang besar. Nah ini juga yang membuat banyak karyawan dan pegawai yang merasa stress, karena merasa gaji yang diberikan perusahaan tidak sesuai dengan pengorbanan dan job desk.Masih banyak alasan lain yang berhubungan dengan keberadaan perusahaan yang membuat lapangan kerja semakin sempit dan kecil, juga membuat kita menjadi lebih sulit dalam mencari penghasilan. Dengan begitu kita bisa lebih yakin kalau membuat usaha atau bisnis sendiri jauh lebih menguntungkan walau tantangan yang harus dihadapi cukup besar.

Langkah-Langkah Awal dalam Membuka Usaha Kecil Sukses

Tentu segala sesuatu apa lagi yang berhubungan dengan usaha dan bisnis ada awalnya. Seperti ingin membuka usaha sendiri atau menjalankan bisnis dari nol. Langkah-langkah awal yang bisa dilakukan meliputi:

  1. Tentukan Skill dan Passion
    Pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memahami skill dan passion yang diri kita miliki. Mengapa? Karena skill atau bakat, dan passion atau keahlian alami yang berhubungan dengan bakat akan jauh lebih membuat kita merasa senang dalam menjalankan usaha atau bisnis yang dipilih. Kita bisa menyesuaikan jenis dan bidang kerja dengan kedua poin tersebut. Misalnya Anda punya bakat dan keahlian alami dalam bidang bisnis jual beli, Anda bisa memilih bidang tersebut dan mendalaminya.
  2. Memanfaatkan Skill dan Passion
    Walau sudah mengetahui bakat dan keahlian alami, tidak sedikit dari kita yang tidak memanfaatkannya dengan maksimal. Padahal kedua poin ini harusnya dimanfaatkan secara maksimal karena bisa mendatangkan penghasilan bagi diri kita. Melanjutkan contoh yang tadi, bila memang bakat dan keahlian alami Anda adalah jual beli, coba benar-benar manfaatkan dengan terjun ke dunia usaha dan bisnis. Sebagai pemula pilih usaha dan bisnis kecil dan sederhana terlebih dahulu untuk belajar, serta lebih memahami lagi bidang tersebut dalam dunia nyata.
  3. Penanaman Jiwa Bisnis
    Sebenarnya segala bidang pekerjaan berhubungan dengan aktivitas bisnis, apa pun. Karena semuanya memiliki tujuan berupa mencari penghasilan dan pendapatan sebanyak mungkin dari aktivitas bisnis dalam bidang tersebut. Tingkat jiwa bisnis setiap orang berbeda, ada yang tinggi dan selalu bisa melihat peluang, ada yang rendah dan tidak mudah menyadari peluang-peluang yang ada di sekitar. Tanamkan jiwa bisnis lebih dalam pada diri Anda agar bisa melihat dan menyadari peluang-peluang yang ada di sekitar Anda.
  4. Berani Memulai dari Nol
    Satu hal yang sering menjadi kendala seseorang menjalani usaha atau bisnis sendiri ialah tidak berani memulai dari nol dan tidak berani menghadapi resiko-resiko di dalamnya. Perlu dipahami, tidak ada yang bisa langsung jadi besar. Sama seperti pohon, berawal dari menanam benih pohon yang kecil, tumbuh menjadi tanaman, hingga menjadi sebatang pohon besar yang berakar panjang dan berdaun rindang. Segalanya harus dimulai dari nol dan kita harus berani menjalaninya.
  5. Melakukan Riset dan Praktik
    Langkah berikutnya ialah dengan melakukan riset dan praktik. Percuma kalau hanya teori saja yang kita miliki seperti tahu caranya berwirausaha dan berbisnis yang benar, tetapi kita tidak melakukan riset ke lapangan secara langsung dan praktik. Kita harus mau bergerak agar usaha serta bisnis yang kita jalani berjalan baik dan membuahkan hasil.
  6. Belajar, Belajar, dan Belajar
    Perusahaan yang telah berdiri lama dan termasuk dalam perusahaan besra yang sukses saja masih harus terus belajar, apa lagi dengan usaha dan bisnis kecil yang kita buka dan jalani. Wajib sekali untuk terus sadar bahwa segalanya harus dibenahi untuk menjadi yang lebih baik lagi dan lagi.
  7. Menyiapkan Modal
    Langkah terakhir ialah menyiapkan modal.Langkah-langkah di atas bisa Anda lakukan setelah benar-benar yakin dan paham bahwa membuka atau membuat usaha sendiri lebih mendatangkan hasil yang maksimal, baik dari penghasilan atau juga bakat dan keahlian alami kita. Dalam membuka usaha, kita memang wajib menyediakan modal awal dan ada banyak cara yang bisa dicoba untuk mengumpulkan modal dan sebagai macam macam yang bisa dikerjakan di rumah saja.

Usaha Rumahan yang Efisien

Ingin mengumpulkan modal atau ingin menambah modal untuk menjalani usaha sendiri? Berikut pekerjaan paruh waktu yang lebih efisien dan bisa Anda kerjakan di rumah:

  1. Penulis
    Berkembangnya media membuat lowongan penulis semakin banyak. Selain penulis berupa karya buku, Anda bisa mencoba menjadi penulis artikel freelance yang banyak dibutuhkan oleh media-media untuk menyajikan content menarik untuk dipajang di situs mereka. Ada banyak situs khusus yang rutin menawarkan lowongan penulis dengan berbagai tema.
  2. Penyunting
    Penyunting atau Editor memiliki tugas untuk menyunting teks dan bisa dikerjakan secara freelance atau di rumah saja. Tidak sedikit juga perusahaan yang membutuhkan Editor rumahan untuk membantu proses penyuntingan berbagai teks. Dari mulai menyunting buku, berita di media, content, sampai dokumen yang tidak dipublikasi.
  3. Designer
    Berikutnya ada Designer. Ada banyak ragam pekerjaan desain seorang Designer seperti desain kaver buku, ilustrasi, pakaian, dan lain-lain. Pekerjaan ini banyak ditawarkan secara freelance sehingga bisa dikerjakan di mana pun dengan waktu deadline yang telah ditentukan.
  4. Membuka Kursus
    Anda punya keahlian yang bisa dibagi ke orang lain? Misalnya keahlian dalam berbahasa asing atau keahlian dalam bidang tertentu seperti menjahit. Anda bisa membuka kursus khusus di rumah dan mengajarkan atau berbagi ilmu keahlian yang dimiliki pada orang lain. Selain bisa lebih mengasah keahlian, bisa juga menambah penghasilan untuk dijadikan modal membuka usaha sendiri di rumah.
  5. Warung Makan
    Nah, kalau punya bakat masak atau bisa masak makanan yang dinilai lezat, buka saja warung makan kecil di rumah. Usaha rumahan ini juga paling cocok buat Anda yang memiliki rumah berlokasi di kawasan strategis yang dekat dengan sekolah, kampus, atau juga perkantoran.
  6. Membuka Toko Online
    Ada juga usaha rumahan berupa toko online yang bisa Anda coba jalani untuk mengumpulkan modal lebih besar. Untuk membuka toko online juga tidak membutuhkan banyak modal bila cara yang Anda pilih sesuai. Misalnya menjadi reseller dan dropship.

Itu dia beberapa usaha sederhana yang bisa dikerjakan di rumah untuk mengumpulkan modal yang lebih besar lagi demi membuka usaha yang lebih besar pula. Usaha-usaha tersebut juga bisa Anda kembangkan sendiri menjadi lebih besar dan lebih profesional. Ada lebih baiknya usaha yang Anda pilih mengikuti perkembangan zaman sehingga Anda sendiri bisa manfaatkan kemajuan yang telah ada salah satunya yaitu teknologi.

Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi sekarang sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita. Sebagian besar aktivitas kita sehari-hari berhubungan dengan bentuk dari kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi di zaman sekarang cukup pesat dan membuat kita hidup lebih modern serta praktis. Ada satu contoh usaha rumahan di era digital. Contoh tersebut ialah KUDO merupakan wadah bisnis yang mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Kita memang tinggal di zaman serba modern dan di tengah gaya hidup yang serba canggih, maka kita harus bisa memanfaatkan itu semua untuk bisa memenuhi tuntutan dan kebutuhan hidup. KUDO menyadari akan hal tersebut dan mencoba membantu masyarakat Indonesia untuk bisa memenuhi tuntutan dan kebutuhan hidup dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Apa Itu KUDO dan Bagaimana Sistemnya?

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan sebelumnya, KUDO atau Kios Untuk Dagang Online ialah wadah bisnis yang mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi di era digital. Wadah bisnis yang juga tergolong marketplace ini didirikan oleh Albert Lucius dan Agung Nugroho. Walau berbasis online, wadah bisnis ini bisa dioperasikan secara offline. Maksudnya, Anda bisa memasarkan segala jenis produk secara offline atau secara langsung dengan konsumen. Walau usaha atau bisnis utamanya berbasis online, Anda tetap bisa memasarkan secara offline ke pada para konsumen. Sistem yang digunakan oleh KUDO sangat praktik dan efisien. Selain itu juga sistemnya terbuka, jadi lebih aman bagi pihak usahawan. Lebih jelasnya, sistem keterlibatan pihak utama, penjual, dan konsumen sebagai berikut ini:

  • Pihak Utama
    Pihak utama di sini ialah KUDO yang menjadi wadah dan sumber. Anda memang wajib menjadi agen terlebih dahulu untuk bisa berwirausaha atau berbisnis melalui wadah tersebut. Pihak utama menyediakan beragam jenis dan kategori produk sebagai subjek bisnis yang nantinya akan dipasarkan oleh para penjual atau agen ke pada pihak konsumen.
  • Penjual atau Agen
    Penjual atau Agen dari KUDO pertama-tama harus menanamkan modal yang jumlahnya bisa ditentukan oleh penjual atau agen itu sendiri. Nantinya saldo dipakai untuk membeli berbagai produk yang telah dibeli oleh pihak konsumen. Setiap produk yang terjual memiliki komisi yang terbuka dang akan langsung masuk ke dalam saldo milik Anda.
  • Konsumen
    Konsumen di sini ialah para pembeli yang membeli produk dari pihak penjual atau agen. Anda sebagai penjual (agen) bisa memasarkan produk melalui banyak cara, entah itu online atau offline.

Bagaimana? Sudah mulai terbayang apa itu wadah bisnis bernama KUDO dan bagaimana sistemnya? Pada dasarnya sistem pada wadah ini sangat praktis dan efisien. Serta dalam cara kerja khususnya pada penjualan, bisa ditentukan sendiri oleh pihak penjual atau agen.

Cara Menjadi Agen untuk Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Pasti ada dari Anda yang penasaran, bagaimana caranya menjadi agen dari KUDO berupa wadah bisnis praktis dan efisien. Untuk menjadi agen, langkah-langkah terdiri dari:

  1. Download Aplikasi ResmiLangkah pertama untuk menjadi agen adalah dengan download aplikasi resmi KUDO  melalui smartphone, tablet, atau PC. Aplikasi resmi ini tersedia untuk semua tipe smartphone dan tablet berbasis Android melalui Google PlayStore.
  2. Buat AkunSetelah itu Anda bisa membuat akun Anda dengan registrasi pada menu ‘Daftar Jadi Agen’. Lalu isi semua formulir yang disediakan seperti data diri.
  3. Menanamkan ModalLangkah ketiga, ya sebagai awal menjadi agen resmi, Anda harus menanamkan modal minimal Rp 10.000,- untuk mememulai bisnis Anda.

Caranya mudah, bukan? Setelah registrasi dan menanamkan modal, Anda sudah bisa langsung mulai menjalankan bisnis Anda. Ada ribuan ragam produk yang bisa Anda tawarkan pada konsumen.

Kelebihan-Kelebihan Dari Marketplace KUDO

Setelah yakin ingin mebuka usaha sendiri di rumah dan menjalankan usaha bersama KUDO, mungkin ada sebagian dari Anda yang beripikir mengenai kelebihan yang dimiliki oleh wadah bisnis yang satu ini. Karena tergolong marketplace yang mana kini memang sedang menjamur di Indonesia, wadah ini memiliki kelebihan tersendiri. Kelebihan-kelebihan tersebut di antaranya yang pertama, wadah bisnis ini merupakan wadah bisnis yang aman dan nyaman. Tidak sedikit wadah bisnis serupa yang memiliki resiko dan sering mendatangkan kerugian terhadap konsumen. Berbeda dengan yang lain, KUDO dinilai lebih aman dan nyaman. Soalnya, transaksi di wadah ini tidak harus melalui transfer yang kebanyakan dipakai dalam sistem pembayaran marketplace lainnya, tetapi bisa juga bayar secara langsung.

Kelebihan kedua ialah jenis dan kategori produk yang ditawarkan lebih beragam dan berkualitas. Pihak mereka selalu menyortir produk yang berkualitas untuk dipasarkan pada para konsumen. Kategori produknya juga bermacam-macam, bahkan bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Mulai dari perlengkapan rumah tangga, perlengkapan fashion, pulsa, asuransi, voucher game, food and beverage, sampai tiket transportasi dan loket pembayaran listrik. Jadi Anda sebagai agen tidak akan bingung ingin memasarkan produk apa dan memasarkannya pada siapa karena produk-produknya bisa ditawarkan ke pada banyak kalangan.

Selanjutnya yang merupakan kelebihan lainnya dari wadah bisnis ini adalah tentu lebih praktis dan efisien. KUDO terkoneksi dengan perusahaan marketplace lain dan perusahaan-perusahaan produk resmi. Sehingga agen dan konsumen lebih mudah mendapatkan produk dengan cara dan langkah yang lebih praktis serta efisien. Para agen hanya tinggal memesan produk yang dipesan konsumen dan melakukan pembayaran. Sedangkan konsumen hanya tinggal menunggu produk yang mereka pesan sampai. Takut produk yang dipesan kurang memuaskan? Tenang, wadah bisnis yang satu ini selalu berupaya untuk menawarkan produk berkualitas dan sesuai.

Kelebihan yang terakhir ialah secara tidak langsung wadah bisnis ini memajukan kehidupan masyarakat Indonesia melalui kemajuan teknologi di tengah perubahan zaman dalam era digital. Ya, mereka secara tidak langsung melatih masyarakat Indonesia untuk lebih ‘melek’ dan ‘sadar’ terhadap teknologi untuk mendukung negara yang lebih maju. Caranya yang mudah dan praktis akan lebih bisa diterima oleh para pemula pemakai teknologi agar bisa lebih memanfaatkan serta memaksimalkan. Dengan begitu masyarakat Indonesia bisa menemukan salah satu solusi terbaik untuk mendapat penghasilan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, namun tidak perlu bergantung pada patokan kerja di perusahaan besar, atau di bawah tekanan perusahaan-perusahaan.

Saran dan Tips Menjadi Agen KUDO Untuk Mendapat Penghasilan Jutaan Setiap Bulan

Setelah yakin untuk menjalankan usaha sendiri dengan menjadi agen dari KUDO, ini dia saran dan tips agar usaha yang sedang Anda jalani tersebut bisa berjalan dengan lancar dan menghasilkan penghasilan jutaan setiap bulannya. Saran dan tips ini juga bisa Anda pakai untuk menjalani berbagai jenis usaha rumahan milik Anda.

  1. Memahami KUDO Secara Dalam
    Wajib bagi para agen untuk memahami lebih dalam apa itu KUDO dan bagaimana mekanisme serta sistemnya. Karena semua aktivitas bisnis akan lebih memberi hasil yang maksimal bila Anda benar-benar sudah memahaminya. Anda bisa mendapatkan banyak informasi dari situs resmi dan aplikasi.
  2. Merancang Strategi
    Dalam menjalani bisnis atau juga usaha, Anda wajib memiliki rancangan strategi dan menjalaninya. Strategi di sini dari mulai merancang produk apa yang kira-kira akan laku terjual dan banyak dibutuhkan, sampai strategi bagaimana memasarkannya pada konsumen.
  3. Memikirkan Masalah Marketing
    Pemasaran atau Marketing adalah proses yang wajib dilakukan untuk menjual suatu produk. Sesudah merancang strategi bisnis, pikirkan dan buat proses marketing yang akan Anda lakukan untuk memasarkan produk-produk tersebut seperti tujuan pemasaran dan bagaimana agar produk terlihat menarik di mata calon konsumen.
  4. Kelola Komisi dan Bonus
    Setiap penjualan akan mendatangkan komisi dan bonus. Anda lebih baik baik mengelolanya semaksimal mungkin dan kalau bisa dijadikan modal lebih besar dalam usaha Anda agar mendatangkan keuntungan yang lebih besar pula.
  5. Interaksi dengan Para Agen Lainnya
    Tips terakhir adalah coba bergabung dengan komunitas agen dari KUDO untuk mendapatkan informasi dan masukan dari sesama agen lainnya. Bisnis Anda bisa menjadi lebih berkembang luas dan dikenal oleh banyak pihak lain.

Perubahan zaman memang menuntut kita untuk bisa lebih kreatif. Karena kalau tidak, kita akan tertinggal jauh dan menemui banyak berbagai masalah yang lebih berat. Intinya, bagaimana diri kita sendiri yang memutuskan, apakah ingin tetap maju ketikan zaman telah berubah seiring waktu, atau apakah ingin tetap berdiri di tempat dan hanya menyaksikan perubahan zaman tersebut tanpa kemajuan. Indonesia merupakan negara yang mudah terombang-ambing dalam hal ekonomi. Maka lebih baik untuk secepatnya kita bisa mendirikan ekonomi yang lebih baik lagi, mulai dari gerakan kecil yaitu membuka dan membuat . KUDO bisa menjadi solusi untuk menjalani atau modal kecil yang mandiri. Informasi lebih lengkap bisa dilihat di KUDO.CO.ID sebagai situs resminya. Membuka usaha dan menjalankan bisnis mandiri jadi lebih mudah.