20Dec

8 Peluang Usaha Kecil-Kecilan Terbaru Modal Kecil Untung Besar Menjanjikan Rumahan

Banyak dari kita yang mungkin memiliki waktu luang, namun tidak memanfaatkannya menjadi uang. Sebenarnya, waktu luang yang banyak tersedia itu adalah kesempatan bagi kita dalam menjalankan usaha kecil sebagai sumber penghasilan tambahan. Bahkan, bisa jadi usaha ini akan jadi rencana keuangan dalam jangka panjang. Namun, nyatanya tidak sedikit orang yang menjadikan waktu kerjanya sebagai alasan tidak menjalankan usaha. Padahal, orang yang bekerja sekalipun masih dapat menyisihkan sebagian waktunya untuk mengurus usaha ini. Apalagi jika perusahaan memang tidak melarang kita dalam melakukan aktivias usaha sampingan. Berikut adalah alasan kita harus memulai usaha dan hal-hal yang menjadikan usaha sampingan berakhir gagal.

Ini Mengapa Kita Harus Jalankan Usaha Kecil Mulai Sekarang

1. Ide Harus Bagus
Usaha kecil yang dijalankan ini haruslah menarik. Secara umum, tidak ada istilah gagal karena memang hanya dijalankan sebagai sampingan saja. Ide awal usaha ini sendiri haruslah menarik dan unik. Bahkan, kebanyakan perusahaan besar yang terkenal ini berawal dari usaha sampingan dengan ide yang menarik. Tingkat kompetisi akan makin rendah dan peluang sukses makin besar jika idenya unik dan jarang ada orang lain yang memilihnya juga. Kita cukup merancang strategi dalam mengeksekusi ide tersebut.

2. Peluang Pasar Terbuka Lebar
Jangan bingung dalam membuka usaha kecil. Jika kita termasuk orang yang kreatif, maka nyaris semua hal akan dapat dijadikan bisnis sampingan. Pastikan usaha yang dipilih adalah usaha yang memang orang bersedia untuk membelinya, baik itu usaha jasa maupun barang. Agar usaha bisa sesuai perencanaan, pertimbangkan besarnya kompetisi nantinya. Lakukan survei secara kecil-kecilan mengenai opini masyarakat maupun orang-orang terdekat tentang ide produk atau jasa yang hendak dijalankan.

3. Perlu Tambahan Uang
Faktanya, banyak pegawai kantoran dengan gaji pas-pasan namun memiliki banyak waktu luang. Ini membuat usaha kecil menjadi tren baru yang makin berkembang. Memiliki usaha sampingan dapat menambah pundi-pundi rezeki guna mencukupi kebutuhan hidup. Selain itu, keuntungan yang dihasilkan juga dapat digunakan sebagai tabungan masa depan.

4. Persiapan Pensiun
Pekerja swasta perlu memiliki rencana pensiun. Usaha sampingan bisa jadi salah satu rencana ini karena dapat dipenuhi dengan mudah serta akan sangat menolong saat sudah menginjak usia lanjut. Usaha ini bisa menjadi penyambung hidup maupun sebatas pengisi aktivitas di masa tua. Pertimbangkan aktivitas harian setelah pensiun untuk menjaga kesehatan mental.

5. Aktualisasi Diri
Saat karir sudah mentok dan ada kebuntuan dalam pekerjaan di kantor, usaha sampingan akan mengajarkan banyak hal yang tidak diajarkan dari menjadi pegawai kantoran. Kita juga bisa menjalankan usaha ini apabila merasa pekerjaan di kantor tidak sesuai passion yang selama ini dimiliki. Proses ini dikenal sebagai aktualisasi diri. Akan tetapi, perlu untuk diingat bahwa kadang pelajaran ini akan datang dari adanya kegagalan, baik sekali maupun berkali-kali. Jangan takut akan gagal karena kegagalan ialah awal keberhasilan.

Penyebab Usaha Kecil Mengalami Kegagalan

Walau sebatas usaha kecil, namun usaha tetap saja usaha. Bisnis skala kecil juga memiliki resiko kegagalan yang sama besarnya seperti bisnis besar yang dijalankan dalam waktu lama. Agar bisa terhindar dari resiko kegagalan, sebelumnya harus kita pahami dulu faktor-faktor penyebab gagalnya usaha sampingan ini. Berikut adalah beberapa poin yang menjelaskan kesalahan-kesalahan dalam usaha sampingan yang membuatnya gagal di tengah jalan.

1. Salah Menentukan Prioritas
Usaha kecil artinya bukan pekerjaan utama. Kita mungkin masih akan lebih memprioritaskan pekerjaan di kantor dengan alasan gaji yang lebih besar dan stabil. Jika pelaku usaha mempertahankan pekerjaan penuh waktunya di samping mengembangkan bisnis kecil-kecilannya, maka perlu kehati-hatian. Banyak kegagalan yang terjadi karena ambisi ingin segera sukses, dan porsi dalam melakukan usahanya sama besar atau bahkan lebih besar dibanding pekerjaan utama. Mereka memaksakan diri dalam mengambil banyak pesanan dan lupa posisinya sebagai karyawan. Hal ini akan menghilangkan fokus serta menjadikan pekerjaan menjadi tidak maksimal, baik pada pekerjaan utama maupun bisnis sampingan.

2. Salah Menentukan Kebutuhan
Saat memulai sebuah usaha kecil, tanpa sadar pemiliki seringkali terbuai akan hal-hal yang tak terlampau penting. Mereka justru salah menentukan kebutuhan dan bertingkah seakan-akan sudah memiliki usaha yang besar. Sebagai contoh adalah membuat kartu nama, menciptakan logo bisnis, membeli perangkat lunak mahal hanya untuk pembukaan, dan hal-hal remeh lain yang seharusnya belum jadi perhatian sejak usaha masih dirintis. Usaha sampingan, apalagi yang baru buka, seharusnya berfokus pada promosi.

3. Pola Pikir Keliru
Kegagalan usaha kecil seringkali berawal dari pemahaman maupun pola pikir yang salah. Contoh mudahnya adalah anggapan bahwa apa saja yang dijual pasti akan ada orang yang membelinya. Pola pikir ini bisa dibilang menganggap enteng aspek pemasaran serta pengembangan produk sehingga sembrono dalam mengeluarkan uang bagi aspek bisnis yang kurang penting pada awal karir. Ini akan membuat usaha baru yang dibuka berpotensi gagal.

4. Perencanaan Bisnis Tidak Matang
Sekecil apa saja bisnisnya, perencanaan tetaplah dibutuhkan. Rencana bisnis bisa berupa rencana sederhana seperti visi misi bisnis, daftar kontak dari kenalan potensial dan lain-lain. Hal ini penting agar pemilik usaha bisa terbantu dalam mengembangkan bisnisnya. Perencanaan baik di awal akan membuat kita tidak harus melakukan penyusunan ulang rencana bisnis yang dapat memboroskan waktu, tenaga dan biaya.

5. Tidak Dapat Membangun Jaringan
Kekuatan bisnis salah satunya terdapat pada jaringan. Usaha sebesar apapun, wajib bagi kita dalam menambah serta membina jaringan yang ada. Jaringan di sini bisa berupa pelanggan, saudara, teman dan lain-lain. Cara membentuk serta membina jaringan di antaranya ialah dengan banyak-banyak melakukan silaturahmi bisnis. Sering-seringlah datang ke berbagai acara maupun pertemuan guna menambah kenalan baru yang kelak bisa menjadi jaringan baru bagi usaha. Mungkin, banyak pelaku usaha kecil yang malu, ragu atau bahkan malas dalam membuka jalur jaringan ini. Alasannya, bisnis akan tetap dapat berkembang tanpa adanya jaringan. Hal ini keliru karena pemilik bisnis yang malas membangun jaringan akan kalah usaha dengan pemilik bisnis lain yang rajin membangun jaringan.

Itulah beberapa alasan mengapa usaha kecil dibutuhkan serta faktor apa saja yang membuat usaha ini tidak berkembang. Kita wajib tahu sebelum menjalankan usaha sekecil apapun. Jangan ragu dalam memulai usaha dan menjalankannya dengan sepenuh hati. Usaha lain yang sama-sama mendatangkan keuntungan dengan modal kecil ialah menjadi partner bisnis KUDO. KUDO ialah singkatan Kios Untuk Dagang Online dan merupakan salah satu marketplace yang menjamin keamanan transaksi. Kita bisa bergabung dalam program Majuin Warung karena program ini akan membantu baik pemilik warung maupun kita yang mendaftarkan warung dalam programnya. Jalankan bisnis ini untuk mendapat keuntungan finansial dengan modal kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *