02May

5 Cara Usaha Konter Pulsa HP Sukses Terbaru 2017 Bisa Dikerjakan di Rumah dengan Kudo!

Usaha konter pulsa hp sukses terbaru 2017 bisa dikerjakan di rumah dengan Kudo!. pulsa merupakan jenis usaha yang memberikan banyak keuntungan. Usaha ini juga cukup mudah untuk dijalankan. Untuk menjalankan usaha pulsa juga dapat dimulai dengan cara bisnis tanpa menggunakan banyak waktu. Untuk memiliki usaha pulsa Anda dapat melakukan usaha pulsa dengan dua cara yaitu dengan memiliki kios jual pulsa secara fisik maupun tidak. Kedua jenis usaha ini tentunya memiliki kekurangan serta kelebihannya masing-masing. Berikut penjabaran kekurangan serta kelebihan dari usaha pulsa dengan menggunakan kios fisik dan tidak:

Usaha pulsa dengan kios fisik

Kelebihan

Usaha pulsa yang dijalankan dengan menggunakan kios fisik memiliki beberapa keuntungan di antaranya yaitu memiliki tempat berjualan yang jelas. Pelanggan juga tidak bingung jika membutuhkan jasa Anda. Jenis produk yang Anda juga cukup bervariasi, tidak hanya berupa pulsa saja. Bahkan Anda juga dapat menjual HP dan perlengkapannya.

Kekurangan

Selain mempertimbangkan kelebihan melakukan usaha dengan memiliki kios fisik, Anda juga harus mempertimbangkan kekurangan dari melakukan usaha ini. Kekurangan dari usaha dengan memiliki kios fisik di antaranya modal yang dibutuhkan cukup besar. Modal ini digunakan untuk menyewa tempat untuk berjualan. Jika Anda sudah memiliki tempat usaha dan tidak perlu untuk menyewanya, maka jumlah modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha akan berkurang. Untuk lebih hemat, Anda dapat membuka usaha jualan pulsa di rumah. Kekurangan lainnya dari memiliki kios fisik yaitu pergerakan Anda terbatasi. Anda harus tetap tinggal di kios untuk berjualan pulsa dalam waktu yang cukup lama.

Usaha Konter Pulsa HP Sukses Terbaru 2017 Bisa Dikerjakan di Rumah dengan Kudo!

Usaha pulsa tanpa kios fisik

Kelebihan

Kelebihan dari jualan pulsa tanpa memiliki kios fisik di antaranya yaitu cara berjualan cukup fleksibel. Anda dapat menawarkan usaha Anda kepada siapa saja yang membutuhkan, tanpa orang tersebut harus repot untuk datang ke kios Anda. Anda juga tetap dapat berjualan dengan menjalankan kegiatan Anda sehari-hari. Seperti kuliah, sekolah, maupun bekerja.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini juga terbilang cukup kecil, karena Anda tidak membutuhkan modal untuk membeli peralatan seperti etalase HP dan lain sebagainya.

Kekurangan

Usaha pulsa tanpa menggunakan kios fisik juga memiliki kekurangan. Kekurangan dari jenis usaha ini di antaranya yaitu pelaku usaha tidak memiliki tempat yang pasti untuk berjualan. Jika pelanggan sedang membutuhkan, pelanggan harus memastikan keberadaan penjual terlebih dahulu. Selain itu, bentuk usaha ini juga sulit dikenali oleh orang yang baru dikenal.

Usaha konter pulsa menjadi jenis usaha yang cukup banyak diminati. Banyaknya orang yang menjalankan usaha jualan pulsa disebabkan karena pulsa sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Selain itu, usaha jualan pulsa juga memberikan keuntungan yang lumayan besar. Jika Anda ingin menjalankan usaha jualan pulsa, Anda dapat memutuskan untuk menjual pulsa dengan membuka konter pulsa atau hanya berjualan pulsa saja. Setelah mempertimbangkan kelebihan serta kekurangan dari kedua jenis usaha ini, Anda tentunya sudah memiliki pandangan sendiri mengenai jenis usaha pulsa yang akan Anda jalankan. Namun untuk memulai menjalankan usaha pulsa, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Mengetahui tingkat persaingan usaha
    Anda harus mengerti dan paham dengan betul jika jenis usaha yang Anda jalankan menjadi jenis usaha yang mudah dan diminati oleh banyak orang. Banyaknya peminat usaha ini juga menimbulkan tingkat persaingan yang cukup tinggi. Jenis usaha yang Anda jalankan juga menjadi penyebab tingkat persaingan usaha. Jika Anda memutuskan untuk menjalankan usaha dengan memiliki kios fisik atau konter, persaingan di tempat Anda membuka usaha harus diperhatikan. Jika Anda sudah memiliki tempat atau lokasi yang Anda inginkan membuka usaha counter pulsa dan perdana maka tidak ada salahnya jika Anda melakukan survey terlebih dahulu. Survey yang dimaksudkan di sini yaitu untuk mengetahui tingkat persaingan usaha yang nantinya akan Anda jalani.Survey tingkat persaingan usaha dapat berupa jumlah pelaku usaha yang ada, persaingan harga dan jenis pelayanan yang diberikan. Anda sebaiknya memilih lokasi yang lain untuk menjalankan usaha Anda, jika jumlah pelaku usaha dengan jenis usaha yang sama dengan Anda cukup banyak.Persaingan harga juga menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Jika di lokasi usaha Anda memiliki jenis usaha yang sama dengan Anda, Anda sebaiknya juga melakukan survey harga. Jangan menetapkan harga yang terlalu tinggi dan juga terlalu rendah. Karena jika Anda salah dalam menentukan harga, usaha pulsa Anda akan terancam gagal.Jika Anda menawarkan harga pulsa dengan harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan konter pulsa lainnya, kemungkinan usaha Anda tidak laku memiliki tingkat risiko yang cukup tinggi. Bagi pelaku usaha pulsa pemula, tentunya ingin cepat mendapatkan keuntungan yang besar. Apalagi jika jenis usaha yang dijalankan menggunakan modal dengan nilai yang cukup besar. Anda tentunya ingin segera menutup modal dari keuntungan yang Anda dapatkan. Namun hal ini sebaiknya tidak dilakukan. Begitu pula sebaliknya. Jika Anda menjual pulsa dengan harga yang lebih rendah maka keuntungan yang Anda dapatkan juga akan rendah. Maka sebaiknya Anda menyesuaikan harga jual pulsa Anda dengan harga yang ditawarkan oleh pesaing Anda.Selain harga pulsa, Anda juga harus mengamati pelayanan yang diberikan. Biasanya semakin baik tingkat pelayanan yang diberikan maka semakin banyak juga orang yang berminat untuk membeli pulsa di tempat tersebut. Anda juga dapat membuat usaha konter pulsa unik untuk membuat para konsumen tertarik membeli pulsa di tempat usaha Anda.
  2. Modal
    Modal menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan ketika memutuskan untuk membuka usaha pulsa. Jenis modal yang dibutuhkan untuk ini memiliki dua jenis di antaranya yaitu modal secara material dan nonmaterial. Modal secara material merupakan jenis modal yang dapat dilihat secara fisik. Modal tersebut di antaranya yaitu uang untuk menyewa tempat, jika usaha yang dilakukan memerlukan tempat usaha khusus. Jika Anda ingin melakukan usaha jual pulsa dengan modal yang kecil, maka Anda dapat membuka usaha konter di rumah. Modal material juga digunakan untuk melakukan pengisian deposito pulsa, serta jenis keperluan lainnya.Sementara modal nonmaterial merupakan jenis modal yang tidak dapat dilihat secara fisik modal tersebut. Modal nonmaterial juga merupakan jenis modal yang berupa sikap dari pelaku usaha. Modal nonmaterial diantarnya yaitu niat untuk melakukan usaha, kerja keras, serta sikap pantang menyerah. Ketiga jenis sikap tersebut merupakan modal yang harus dimiliki oleh seorang calon pengusaha.Dalam menjalankan usaha tidak selamanya usaha tersebut dapat berjalan sukses dari awal hingga selama-lamanya. Kadangkala suatu usaha juga pasti mengalami masalah serta kendala. Untuk mengatasi masalah serta kendala tersebut, sikap seperti kerja keras serta pantang menyerah sangat dibutuhkan.
  3. Mengetahui peluang usaha
    Usaha berjualan pulsa merupakan jenis usaha yang memiliki yang begitu besar. Hampir semua orang memiliki HP yang membutuhkan pulsa. Hal inilah yang menjadi dasar utama dalam membuka usaha berjualan pulsa. Peluang usaha juga dipengaruhi oleh beberapa hal termasuk keadaan ekonomi masyarakat sekitar.

Memiliki usaha konter pulsa sukses bukan hal yang sulit untuk dilakukan, namun untuk memiliki usaha yang sukses terutama konter pulsa, pasti ada tantangan yang harus dihadapi. Selain beberapa hal di atas, beberapa hal yang perlu disiapkan dalam membuka usaha pulsa baru di antaranya yaitu:

  • Menentukan tempat usaha
    Meski memutuskan untuk melakukan usaha dengan berjualan pulsa tanpa memiliki kios secara fisik, namun tempat usaha sebaiknya tetap ditentukan. Pemilihan tempat ini berkaitan dengan sasaran usaha. Namun jika Anda lebih memilih untuk melakukan usaha dengan memiliki konter secara fisik, maka sebaiknya Anda melakukannya di tempat yang cukup ramai. Faktor kondisi sosial masyarakat perlu untuk diperhatikan, hal ini memiliki pengaruh terhadap tingkat penggunaan pulsa.
  • Membeli perlengkapan usaha
    Jenis perlengkapan yang dibutuhkan untuk melakukan usaha cukup beragam. Tergantung dari jenis usaha yang ingin Anda jalankan. Jika Anda lebih memilih menjadi pengusaha pulsa tanpa konter maka perlengkapan usaha yang dibutuhkan akan semakin sedikit. Sementara perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuka usaha konter pulsa secara fisik di antaranya yaitu etalase konter, handphone serta perlengkapan lainnya.
  • Jenis usaha sampingan
    Jika Anda memiliki keahlian dalam memperbaiki HP atau perlengkapan HP maka Anda dapat menambahkan keahlian Anda untuk usaha. Usaha servis HP dapat Anda jalankan meski tidak memiliki tempat usaha yang sesungguhnya. Anda dapat menawarkan servis HP secara fleksibel untuk menambah pendapatan Anda. Selain menawarkan jasa servis HP, Anda juga dapat menawarkan aksesoris untuk HP. Berbagai jenis usaha ini tentunya dapat membuat Anda mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.Selain menjual HP, aksesoris HP dan menawarkan jasa servis HP untuk konter pulsa yaitu menjual kartu perdana serta voucher pulsa. Untuk modal usaha di awal, Anda dapat membeli kartu perdana dan voucher pulsa sedikit. Jika Anda sudah mengerti tingkat penjualan kartu perdana dan voucher pulsa, Anda baru dapat melakukan penambahan ataupun pengurangan jumlah. Kartu perdana serta voucher pulsa memiliki tanggal kedaluarsa yang harus sangat Anda perhatikan.
  • Memilih operator pulsa yang tepat
    Operator pulsa yang dimaksudkan di sini bukan operator kartu, melainkan tempat untuk membeli deposito. Deposito merupakan modal yang dibutuhkan untuk melakukan pengisian pulsa. Pengisian deposito sebaiknya dilakukan pada operator pulsa yang terpercaya dan memberi pelayanan yang baik. Baik atau tidaknya pelayanan yang diberikan oleh operator pulsa juga memberikan dampak yang cukup besar pada usaha. Jika misalnya Anda memilih operator pulsa yang menawarkan pelayanan yang buruk, seperti selalu terlambat melakukan transaksi dan sering terjadi trouble dalam pengiriman, meski menawarkan harga yang cukup murah kemungkinan pelanggan Anda kecewa akan sangat tinggi. Maka dari itu, sebaiknya memilih operator pulsa yang menawarkan pulsa dengan harga yang murah dengan pelayanan yang baik. Salah satu operator pulsa tersebut yaitu KUDO. Jika Anda memilih operator pulsa dengan pelayanan yang baik serta harga yang murah, maka Anda dapat memperoleh dengan keuntungan besar dalam waktu yang cepat. Pemilihan operator pulsa yang tepat menjadi alasan usaha konter biar sukses.
  • Menetapkan harga
    Setelah memilih operator pengisian pulsa, maka langkah selanjutnya yaitu dengan menetapkan harga jual. Harga jual sebaiknya ditetapkan sesuai dengan kondisi persaingan usaha. Selain itu, penting juga untuk memperhitungkan layanan serta keuntungan dari harga yang ditetapkan.
  • Melakukan promosi
    Melakukan promosi dalam menjalankan usaha merupakan hal yang cukup penting. Jenis promosi juga cukup memberikan pengaruh konter pulsa menarik atau tidaknya. Semakin menarik promosi yang dilakukan maka jumlah pelanggan juga akan ikut terpengaruh. Promosi usaha dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara yaitu sebagai berikut:

    • Promosi usaha secara offline
      Promosi atau pemasaran ini biasanya menggunakan media seperti brosur, pamflet, banner, poster serta jenis media pemasaran lainnya. Penggunaan media promosi tersebut tentunya membutuhkan biaya yang tidak kecil. Selain menggunakan media promosi seperti brosur, usaha konter pulsa juga dapat dipromosikan secara door to door. Cara ini merupakan cara promosi dengan memberitahukan kepada pelanggan secara langsung lewat lisan. Cara ini tidak membutuhkan modal yang cukup banyak tetapi cara ini tidak begitu efisien untuk dijalankan. Promosi ini juga disebut sebagai promosi dari mulut ke mulut.
    • Promosi usaha secara online
      Promosi secara online merupakan jenis promosi yang paling mudah untuk dilakukan. Promosi secara online merupakan promosi yang dilakukan dengan menggunakan media online. Media online memiliki jenis yang cukup beragam. Internet merupakan media online yang digunakan untuk sarana promosi. Sementara promosi biasanya dilakukan di media sosial. Media sosial merupakan sebuah wadah untuk setiap orang melakukan komunikasi dan berinteraksi. Sekarang ini, hampir setiap orang menggunakan media sosial. Hal inilah yang membuat media sosial menjadi media yang cocok digunakan untuk sarana promosi. Media sosial memiliki jenis yang cukup beragam. Sementara jenis media sosial yang cocok untuk dijadikan sebagai sarana promosi di antaranya yaitu Twitter, Facebook, Instagram serta media sosial lainnya. Sekarang ini, media sosial seperti blog juga banyak digunakan sebagai media berjualan secara online.Berjualan secara online dapat menjadi pilihan untuk melakukan usaha pulsa bagi Anda yang ingin menjalankan usaha pulsa tanpa memerlukan tempat berjualan secara tetap.Sementara itu, jika Anda sudah memutuskan menjalankan usaha pulsa, maka Anda harus bersiap dengan segala kemungkinan. Kemungkinan tersebut dapat berupa pembelian pulsa kapan saja. Anda harus siap memberikan pelayanan maksimal, jika seorang konsumen membutuhkan pulsa di malam hari karena hal yang mendadak. Hal ini merupakan jenis hal yang cukup wajar terjadi. Maka dari itu, Anda perlu bersiap untuk segala kemungkinan. Seperti pembelian pulsa yang terjadi tanpa memperhatikan waktu.
    • Melakukan perencanaan usaha
      Melakukan perencanaan usaha menjadi bagian yang cukup penting dalam menjalankan usaha jualan pulsa. Anda juga dapat mengetahui rincian anggaran serta peralatan yang dibutuhkan untuk membuka sebuah usaha pulsa. Rincian anggaran serta peralatan dapat diketahui dari contoh proposal usaha counter HP.Perencanaan usaha juga cukup penting untuk diperhatikan, karena hal ini berkaitan langsung dengan kelancaran usaha yang akan dijalankan. Jika Anda ingin memiliki jenis usaha jualan pulsa yang sukses, ada baiknya juga untuk melakukan perencanaan usaha secara matang.
    • Melakukan pembukuan usaha
      Untuk menjadikan usaha lebih jelas dan terarah, tidak hanya dapat dilakukan dengan melakukan perencanaan usaha. Mencatat semua pemasukan dan pengeluaran penting untuk dilakukan. Selain untuk membuat usaha menjadi lebih jelas, pencatatan atau pembukuan juga penting agar mendorong Anda lebih disiplin dalam melakukan usaha. Meski Anda memulai usaha dengan kapasitas serta modal yang cukup penting, melakukan pembukuan tetap penting untuk dilakukan. Banyak manfaat yang diperoleh dengan melakukan pembukuan usaha.

Manfaat yang dapat diperoleh dengan melakukan pembukuan usaha di antaranya yaitu:

Anda lebih mengetahui jumlah keuntungan serta pendapatan yang Anda peroleh.
Untuk strategi usaha di masa yang akan datang.

Pembukuan usaha juga memiliki kaitan yang cukup erat dengan perencanaan usaha di masa depan. Dengan melakukan pembukuan, Anda akan lebih mengetahui strategi dan langkah selanjutnya yang harus Anda ambil dalam melakukan usaha. Hal inilah yang membuat melakukan pembukuan usaha, terutama untuk usaha konter pulsa.

Dengan melakukan pembukuan, potensi usaha akan berkembang menjadi terbuka lebih lebar.

Usaha jualan pulsa merupakan jenis usaha yang memberikan keuntungan dengan jumlah yang cukup banyak. Banyak hal yang membuat usaha jualan pulsa menjadi jenis usaha yang cukup menguntungkan. Salah satu alasannya karena pulsa banyak dibutuhkan oleh hampir setiap orang.

Sementara itu, bisnis jualan pulsa memiliki dua jenis cara yang berbeda. Dua jenis berjualan pulsa di antaranya yaitu:

  • Penjualan pulsa single operatorPenjualan pulsa single operator merupakan jenis jualan pulsa yang menggunakan satu operator. Misalnya dengan menjadi penjual pulsa Telkomsel, Indosat serta jenis operator lainnya. Untuk melakukan usaha jualan ini, Anda perlu untuk menghubungi dealer masing-masing operator. Anda juga perlu untuk melakukan pendaftaran untuk menjadi agen pulsa operator tersebut. Keuntungan yang diperoleh dengan menjadi pengusaha pulsa single atau tunggal yaitu harga yang ditawarkan lebih rendah jika dibandingkan dengan pulsa multi operator. Meski menawarkan harga yang lebih murah, namun penjualan pulsa dengan menggunakan single operator jauh lebih merepotkan. Alasannya karena, setiap akan melakukan transaksi pengisian pulsa harus menggunakan HP yang berbeda. Hal ini karena setiap operator pulsa memiliki chip transaksi yang berbeda. Bahkan untuk beberapa jenis operator bahkan menggunakan lebih dari satu chip.
  • Penjualan pulsa multi operatorPenjualan dengan metode ini jauh lebih praktis daripada penjualan dengan menggunakan single operator. ┬áSeperti yang telah disebutkan sebelumnya, penjualan ini memiliki kekurangan berupa harganya yang lebih mahal dibanding dengan pulsa single operator. Penjualan pulsa multi operator tetap masih banyak diminati, karena cukup efektif dan juga efisien. Selain itu, untuk menjalankan usaha jualan pulsa multi operator hanya perlu menggunakan satu chip. Hal ini juga dapat menghemat penggunaan HP untuk berjualan pulsa. Penjualan pulsa multi operator juga sering disebut dengan penjualan pulsa all operator.

    Penjualan pulsa all operator cuku menguntungkan karena penggunaan operator sekarang ini cukup bervariasi. Modal yang digunakan untuk memulai usaha ini juga terbilang cukup kecil. Jenis usaha konter pulsa all operator juga menjadi jenis usaha yang cocok digunakan untuk para pengusaha pulsa pemula.

    Sementara itu, berhasil atau tidaknya seorang pengusaha pulsa dalam menjalankan usaha dipengaruhi oleh bagaimana seorang pengusaha dalam menjalankan usaha mereka. Untuk menjalankan usaha agar sukses perlu mengetahui beberapa hal yang perlu dilakukan. Dan juga hal yang sebaiknya tidak dilakukan. Kedua hal tersebut tentunya sangat mempengaruhi jenis usaha yang akan dijalankan.

    Beberapa hal yang harus dihindari dalam menjalankan usaha berjualan pulsa di antaranya yaitu tidak memberi kesempatan untuk pembeli berhutang. Kebiasaan berhutang menjadi penyebab utama seorang pengusaha dapat dengan mudah mengalami kegagalan usaha.

Jika Anda masih ragu serta takut dalam menjalankan usaha, mungkin dengan memulai usaha berjualan pulsa dengan menjadi agen pulsa online dapat menjadi solusi. Salah satu toko online yang menawarkan bekerja sama dalam hal usaha pulsa yaitu KUDO.

Apa itu KUDO?

KUDO merupakan situs dagang online terbesar dan terpercaya di Indonesia. Banyak keuntungan serta kemudahan yang ditawarkan dengan menjadi agen atau mitra usaha KUDO.

Bagaimana cara menjadi agen pulsa KUDO?

Untuk menjadi agen pulsa KUDO caranya cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu untuk melakukan pendaftaran agar dapat menjadi agen pulsa KUDO. Pendaftaran untuk menjadi agen pulsa KUDO cukup mudah untuk dilakukan. Caranya yaitu dengan melakukan pendaftaran secara online di situs ataupun aplikasi KUDO. Untuk melakukan pendaftaran, Anda hanya perlu mengisi form pendaftaran yang disediakan KUDO di situs maupun di aplikasi KUDO. Untuk biaya, Anda tidak perlu khawatir, karena menjadi agen pulsa KUDO, Anda tidak perlu membayarkan biaya pendaftaran. Jika pendaftaran Anda untuk menjadi agen KUDO berhasil, Anda akan mendapatkan sms pemberitahuan.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan setelah melakukan pendaftaran dengan menjadi agen pulsa KUDO yaitu melakukan pengisian saldo pulsa. KUDO menentukan jumlah atau nominal untuk pengisian pulsa. Nilai minimal pengisian pulsa yaitu sekitar Rp 10.000,-. Dengan minimal pengisian, Anda tetap dapat menjalankan usaha meski dengan modal yang kecil. Pengisian saldo dilakukan dengan cara transfer ke nomor rekening yang telah disediakan oleh KUDO. Cara ini menjadi jenis usaha yang cukup mudah untuk dilakukan. Setelah melakukan pengisian saldo, Anda sudah dapat melakukan transaksi. Proses transaksi dapat dilakukan melalui situs remis KUDO, atau dengan penggunaan aplikasi. Aplikasi KUDO dapat diunduh gratis dari playstore. Penggunaan aplikasi KUDO dapat menjadi jenis usaha yang menggunakan software konter pulsa.

Untuk keuntungan, Anda tidak perlu merasa khawatir karena KUDO menawarkan keuntungan untuk tiap jenis transaksi penjualan pulsa yang Anda lakukan. Keuntungan hasil transaksi tersebut dapat Anda gunakan untuk keperluan lainnya atau untuk menambah jumlah modal usaha Anda. Keuntungan hasil usaha sebaiknya digunakan untuk menambah modal usaha. Hal ini bertujuan, agar usaha pulsa Anda menjadi semakin besar.

Lalu apakah hanya dapat menjadi pengusaha pulsa saja?

Selain menawarkan untuk menjadi pengusaha pulsa, KUDO menawarkan jenis usaha lainnya yang juga cukup menguntungkan. Usaha tersebut di antaranya yaitu dengan menjadi pengusaha PPOB. Pengusaha PPOB merupakan usaha yang dilakukan untuk pembayaran tagihan seperti listrik, air, internet dan jenis tagihan lainnya. Cara kerja dari usaha ini juga tidak jauh dari usaha jualan pulsa. Maka dari itu, selain melakukan usaha berjualan pulsa, dengan menjadi agen KUDO, Anda juga dapat menawarkan jenis layanan lainnya yang juga cukup menguntungkan seperti pembayaran listrik. Selain jenis usaha PPOB, KUDO juga menawarkan berbagai jenis produk lainnya. Produk dari KUDO tentunya merupakan jenis produk dengan kualitas yang terbaik.

Keuntungan yang ditawarkan KUDO juga cukup menggiurkan. Untuk setiap transaksi yang dilakukan KUDO memberikan nominal keuntungan transaksi yang berbeda untuk jenis produk.

Menjadi agen KUDO untuk menjalankan usaha terutama usaha konter pulsa menjadi suatu hal yang cukup mudah dan menguntungkan bagi Anda untuk dilakukan.

Tag