16Aug

Modal Usaha Bisnis Laundry Kiloan untuk Pemula

Jaman sekarang, menjadi karyawan tetap suatu perusahaan bukanlah lagi dambaan setiap orang. Justru yang dianggap keren dan beken saat ini adalah dengan menjadi seorang pengusaha alias pebisnis. Jam kerja yang fleksibel, serta keuntungan besar yang diraih menjadi iming-iming yang menggiurkan bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Memang, apabila sudah meraup keuntungan, bisa melebihi gaji karyawan tetap selama beberapa bulan, bahkan beberapa tahun. Namun, menjadi pengusaha juga termasuk dalam ‘perjudian’, bertaruh hidup atau mati. Anda bisa meraih keuntungan yang melejit, namun Anda juga bisa gagal dan mengalami kerugian yang tidak sedikit.

Apabila Anda ingin memulai sebuah usaha, namun tidak ingin mengalami kerugian, Anda bisa mencoba bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu. Setidaknya, Anda bisa belajar dahulu bagaimana ‘cara main’ dari berbisnis itu.

Kali ini, kami akan memberikan saran untuk Anda salah satu bisnis yang mungkin Anda bisa coba di rumah, yaitu bisnis usaha laundry kiloan. Seperti apa bisnis laundry kiloan ini? Apa resiko yang diemban dalam bisnis ini? Apa yang perlu dipersiapkan? Dan apa saja tips agar bisnis laundry kiloan ini bisa berjalan dengan lancar?

Seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat modern sekarang yang ingin serba praktis dan mudah membuat mereka lebih memilih mencuci pakaian kotor menggunakan jasa laundry. Hal ini tak terlepas dari kesibukan mereka sehari-hari dalam bekerja, kuliah dll sehingga tak ada waktu mencuci pakaian kotor.

Atas hal itu membuat usaha jasa laundry menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin praktis dan tak mau ribet berjibaku mencuci pakaian. Jika diteliti secara cermat, kini sangat mudah kita temui usaha jasa laundry di sudut kota dan tempat di tanah air. Gerai usaha laundry satuan maupun kiloan tumbuh subur di berbagai wilayah Indonesia.

Prospek Usaha Laundry

Prospek usaha laundry termasuk bisnis yang sangat menjanjikan karena usaha ini termasuk anti krisis dan perputaran uang sangat cepat. Bagus dijadikan sebagai peluang usaha sampingan karena selalu dibutuhkan orang setiap hari.

Selama manusia masih hidup di muka bumi dan membutuhkan pakaian yang bersih. Hal ini didukung oleh usaha laundry sedang menjadi tren gaya hidup masa kini. Kebutuhan masyarakat terhadap jasa laundry terbilang sangat tinggi. Mereka berasal dari beragam kalangan, dari anak muda, karyawan, orangtua, orang lanjut usia, dan lain sebagainya.

Peluang bisnis laundry yang sedang booming dan primadona di tanah air harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan membuka usaha laundry kiloan maupun satuan. Peluang emas tidak datang dua kali. Biasanya pada saat ini usaha laundry akan mengalami keuntungan yang lumayan besar disebabkan persaingan yang masih sedikit.

Usaha laundry memiliki pangsa pasar besar sekali yakni semua kalangan. Sehingga potensi keuntungan pun lumayan besar. Ditambah usaha jasa laundry sangat mudah dalam mengoperasikan dan memasarkannya. Inilah yang membuat sebagian pelaku usaha membuka usaha laundry.

Modal Usaha Membuka Usaha Bisnis Laundry Kiloan

Salah satu hal yang paling ditanyakan oleh banyak orang yang hendak membuka usaha laundry adalah berapa banyak modal yang diperlukan untuk memulai usaha jasa laundry secara kiloan maupun satuan sampai beroperasi. Hal ini tak terlepas dari sistem studi kelayakan, perencanaan dan penyesuaian terhadap anggaran yang dimiliki.

Mengenai masalah modal dalam membuka usaha laundry bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial. Anda bisa memulai usaha laundry dengan modal kurang dari 10 juta rupiah dan bisa juga lebih. Semua itu tergantung keinginan Anda mengenai berapa besar usaha jasa laundry yang hendak dibuka kelak.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Usaha Bisnis Laundry Kiloan

  • Tempat atau Lokasi

Hal yang pertama adalah tempat. Untuk tempat, Anda harus tepat dalam memilihnya. Usahakan memilih tempat yang strategis dan ramai penduduk dengan kesibukan sehari-hari atau cukup di rumah Anda sendiri. Biasanya tempat yang ramai adalah di komplek mahasiswa ataupun apartemen karena pasti banyak yang malas untuk mencuci pakaiannya.

  • Deterjen

Deterjen Laundry yaitu seperti: deterjen, softener, penghilang noda, pelicin pakaian,parfum laundry, dan lainnya. Anda harus memilih deterjen laundry dengan kualitas yang baik agar kualitas usaha laundry Anda terjamin, tetapi dengan harga yang masuk akal.

Jika Anda menggunakan deterjen yang tersedia di supermarket, hitung terlebih dahulu apakah harganya sesuai dengan pemasukan harga per kilo laundry Anda? Berapa rupiah biaya untuk per kilogramnya pakaian? Perlu diingat jangan pernah memakai deterjen biasa untuk mesin cuci bukaan depan, karena akan merusak mesin Anda.

  • Mesin Laundry dan Pengering

Hal selanjutnya adalah mesin laundry. Pastinya dalam memulai usaha Anda perlu membeli alat untuk mendukung usaha itu sendiri tetapi pada saat membuka usaha Laundry Kiloan, Anda jangan terburu nafsu untuk membeli banyak mesin. Sebaiknya satu mesin cuci dan satu mesin pengering agar tidak boros dan uangnya dapat untuk membeli hal yang lain.

Seiring berjalannya waktu, jumlah pelanggan pasti akan bertambah barulah Anda membeli mesin tambahan untuk mempermudah usaha. Untuk pembelian mesin sebaiknya membeli sesuai dengan budget yang ditentukan. Tetapi Anda harus cermat setiap memilih mesin dan banyak bertanya tentang spesifik di setiap mesin.

  • Karyawan

Dalam usaha laundry pastilah membutuhkan karyawan untuk mempermudah dan mempercepat usaha Anda. Pilih karyawan yang berdomisili dekat dengan usaha Laundry Anda, atau sediakan tempat/ruangan untuk menginap jika Laundry Anda ramai.

Untuk jumlah karyawan sesuaikan dengan jam buka usaha Anda, jika buka dari pagi sampai malam. Sebaiknya gunakan 2 shift, pagi dan siang. Dan batas jam kerja harus normal yakni 8 jam. Jika lebih dari itu akan dimasukkan hitungan lembur.

Untuk sebagai gambaran usaha Laundry Kiloan yang buka dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam membutuhkan 4 karyawan dengan gaji yang Anda sesuaikan, belum termasuk uang lembur dan uang makan. Karyawan merupakan pengeluaran terbesar, namun merupakan aset utama Anda.

Tahapan Sukses Usaha Laundry Laris Manis

Dalam menjalankan usaha laundry tidak boleh sembarangan. Tentunya memerlukan kiat, strategi khusus dan cara agar usaha laundry yang Anda jalani bisa menguntungkan dan laris manis.

Inilah yang membedakan antara usaha laundry yang sepi pelanggan dan laris manis. Usaha laundry yang laris manis menerapkan jurus dan strategi kreatif dan efektif pada sebuah usaha jasa laundry.

Tahapan dalam menjalankan usaha laundry yang berhasil, yaitu:

  • Menerima pakaian yang akan dicuci dari tangan konsumen. Timbang berat pakaian secara akurat lalu catat. Terangkan jenis layanan, harga, lama layanan dan atas nama siapa layanan itu.
  • Mencuci pakaian dengan baik dan benar.
  • Pengeringan pakaian dengan baik dan merata.
  • Penyetrikaan agar pakaian rapi dan wangi.
  • Pengepakan ke dalam plastik secara rapi dan tak kusut.
  • Menyimpan di susunan rak untuk memudahkan diambil oleh konsumen.

Bisnis Lancar Bersama KUDO

Demikianlah tadi artikel mengenai modal usaha bisnis laundry kiloan untuk pemula. Dengan adanya artikel ini, kami harap Anda dapat memahami secara garis besar bagaimana bisnis laundry kiloan tersebut beserta resiko dan prospek ke depannya.

Apabila Anda sudah memutuskan untuk memilih menjalankan bisnis ini, sudah menjadi kewajiban Anda untuk memenuhi atau membeli peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk memulai usaha bisnis laundry kiloan ini. Seperti misalnya mesin cuci, setrika satu set, keranjang baju, plastik, deterjen yang berkualitas dan lain sebagainya.

Kami menyarankan kepada Anda untuk memilih supplier yang terpercaya dan berkualitas, yaitu KUDO. KUDO, singkatan dari Kios Untuk Dagang Online adalah sebuah tempat virtual alias market place di mana terdapat banyak penjual maupun pembeli yang melakukan transaksi perdagangan.

Di KUDO, Anda bisa menemukan peralatan-peralatan mengenai bisnis laundry Anda dalam satu tempat. Jadi Anda tidak perlu pergi ke beberapa toko, cukup mengakses KUDO saja. Dan terlebih lagi, Anda tidak perlu panas-panas atau kehujanan mengunjungi toko fisik, karena KUDO adalah kios online, jadi Anda hanya perlu rebahan saja di rumah saat membeli.

KUDO sudah dipercaya banyak orang karena memiliki barang-barang yang berkualitas, dengan harga yang ramah di kantong. Jadi Anda tidak perlu khawatir soal kualitas dan harga barang ya. Tunggu apa lagi, segera daftarkan diri di KUDO dan nikmati beragam fasilitas serta promonya! Mumpung biaya pendaftaran di KUDO gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *