11Oct

Modal Usaha Bisnis Laundry Kiloan untuk Pemula

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan agar Anda dapat mandiri secara keuangan. Cara yang paling banyak dilakukan adalah mencari pekerjaan. Ya, bekerja adalah cara termudah untuk mendapatkan uang. Anda hanya harus bekerja dengan waktu tertentu dan mendapatkan uang dari hasil kerja Anda secara harian, mingguan, atau bulanan. Namun, cara ini adalah cari yang memiliki potensi berkembang yang sangat lambat. Hal ini karena tidak semua pekerjaan memiliki jenjang karier yang bagus. Kenaikan gaji setiap tahunnya biasanya tidak sebanding dengan peningkatan kebutuhan sehingga kita selalu merasa kurang. Selain itu, tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk dapat bekerja di suatu perusahaan karena peluang mendapatkan pekerjaan kini sangat kecil sementara persaingan semakin ketat. Standar untuk mendapatkan pekerjaan semakin tinggi sehingga bagi mereka yang tidak memiliki kualifikasi tinggi sangat sulit dilakukan. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan membuka usaha. Hal ini dapat dilakukan siapa saja. Ada banyak usaha yang dapat Anda lakukan mulai dari usaha kecil seperti usaha laundry sampai usaha dalam skala besar.

Jangan takut membuka usaha

Bagi Anda yang ingin mandiri secara finansial, Anda dapat membuka usaha. Siapa saja dapat membuka usaha mulai dari anak yang masih duduk di bangku sekolah sampai dengan pensiunan. Tidak ada kata terlambat untuk memulai membuka usaha. Ada banyak jenis usaha yang dapat Anda lakukan sesuai dengan kemampuan Anda. Anda tidak perlu takut untuk memulai usaha sesuai passion Anda karena peluang membuka usaha selalu terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin serius dan tekun dalam menjalaninya. Bagi Anda para pemula, and dapat mencoba membuka usaha sampingan sebagai uji coba. Pilih usaha yang dapat dengan mudah di mulai dengan modal yang tidak banyak. Rasakan bagaimana memulai usaha dan coba jalani dengan tekun. Jika Anda merasa usaha adalah jalan Anda untuk dapat mandiri secara finansial, maka Anda dapat mulai melakukan usaha yang Anda tekuni secara full time. Hal tersebut dapat menjadi salah satu cara yang sangat baik untuk membuka usaha bagi pemula.

Jangan takut untuk memulai usaha. Segera lakukan usaha yang ingin Anda lakukan. Jalankan usaha Anda dengan passion yang tinggi dan semangat. Usahakan untuk memecahkan masalah dan rintangan yang menghadang dan buat usaha Anda berkembang dengan terus belajar dari pengalaman. Bergabung lah dengan komunitas agar Anda dapat terus recharge semangat dari para pengusaha lainnya dan sharing pengalaman serta diskusi dengan sesama pengusaha lain mengenai berbagai masalah yang dihadapi. Cara ini dapat menjadi cara yang sangat baik untuk membuat Anda tidak berpaling dari usaha yang Anda buat. Percaya lah bahwa usaha yang Anda buat tidak hanya dapat membuat Anda mandiri secara finansial, tetapi juga dapat menolong warga sekitar untuk mendapatkan pekerjaan dari usaha yang Anda buat. Selain bermanfaat untuk diri sendiri, usaha yang Anda buat nantinya juga dapat membantu pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Modal Usaha Bisnis Laundry Kiloan untuk Pemula

Jenis usaha untuk pemula

Ada banyak jenis usaha yang dapat dilakukan oleh banyak orang. Anda dapat membuka usaha yang spesifik dan membutuhkan skill khusus seperti membuka usaha kursus atau membuka usaha yang tidak membutuhkan skill khusus seperti jual beri barang. Ya, secara garis besar, berdasarkan barang yang dijual, usaha dapat dibagi menjadi dua. Adapun 2 usaha tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Usaha penjualan barang
    Usaha yang pertama adalah usaha penjualan barang. Usaha penjualan barang yang dimaksud adalah usaha menjual barang dalam bentuk fisik. Ada banyak kelompok barang yang dapat Anda jual. Anda dapat menjual barang yang spesifik atau membuat sebuah toko serba ada yang menjual beragam jenis barang. Contoh toko spesifik misalnya saja adalah toko peralatan dan perlengkapan komputer, usaha barang hobi, usaha penjualan barang-barang otomotif, dan sebagainya. Yang termasuk dalam toko serba ada misalnya saja adalah usaha penjualan sembako, usaha toko modern, dan sebagainya. Dalam menjalankan toko yang menjual barang yang spesifik, sebaiknya Anda memilih barang yang paling Anda kuasai. Misalnya saja Anda senang memainkan gitar dan mengetahui banyak jenis gitar, kemudian Anda membuka toko gitar dan perlengkapannya. Jika ada pembeli yang datang ke toko Anda dan menanyakan mengenai seluk beluk gitar, maka Anda akan dengan mudah menjawab pertanyaan tersebut karena pengetahuan Anda yang cukup baik di dunia gitar dan perlengkapannya.
  2. Usaha penjualan jasa
    Selain usaha dalam bentuk barang fisik, ada juga usaha yang ada dalam bentuk jasa. Ada banyak jasa yang dapat dijual. Ada jasa yang membutuhkan skill khusus dengan tingkatan level tertentu, ada yang tidak membutuhkan keahlian khusus untuk menjalankannya. Jasa yang membutuhkan keahlian khusus misalnya saja untuk membuka usaha jasa penerjemahan bahasa asing maka kita harus memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik yang ditandai dengan adanya sertifikat dan sebagainya. Jika Anda tidak memiliki keahlian tersebut, Anda dapat mempekerjakan karyawan yang ahli di bidang tersebut. Namun, tentunya Anda harus membayar mahal kemampuan tersebut. Bagi Anda yang baru memulai usaha, sebaiknya Anda memilih jenis jas yang Anda kuasai atau dapat Anda pelajari. Salah satu jenis jasa yang tidak membutuhkan kemampuan khusus adalah bisnis laundry. Usaha laundry dapat Anda lakukan dengan mudah karena skill yang dibutuhkan hanyalah kemampuan menyetrika dan melipat baju yang baik.

Jasa laundry

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa jasa laundry merupakan salah satu jenis usaha jasa yang dapat dengan mudah dilakukan. Modal usaha laundry yang tidak mahal juga menjadikan jenis usaha ini menjadi salah satu usaha yang dapat dipilih bagi para pemula. Sebelum Anda membuka usaha laundry, mari kita cari tahu jenis jasa laundry yang dapat Anda jadikan sebagai usaha awal Anda. Tidak perlu panjang lebar lagi, berikut adalah ulasan mengenai jenis jasa laundry yang dapat Anda lakukan.

  1. Kiloan
    Jenis jasa laundry yang pertama adalah jasa laundry kiloan. Bisnis laundry kiloan ini menjadi salah satu bisnis yang menarik banyak peminat dan menjadi favorit bagi para pemula. Hal ini karena berdasarkan analisa usaha laundry kiloan, waktu balik modal usaha jasa laundry kiloan ini cukup cepat. Apalagi, kini banyak bisnis laundry kiloan franchise yang semakin memudahkan kita untuk mendapatkan pelanggan karena bisnis usaha laundry franchise biasanya sudah dikenal banyak orang dan sudah dijamin kualitas cucian dan kebersihannya sehingga banyak orang yang memilih mencuci pakaian mereka pada laundry franchise.Bisnis ini memang sangat cocok bagi para pemula mengingat peluang usaha laundry masih sangat besar. Siapa saja butuh mencuci baju mereka, namun, tidak semua orang sempat melakukan hal tersebut karena kesibukannya. Bisnis laundry kiloan untuk pemula dapat dilakukan di rumah dengan memanfaatkan space garasi atau teras depan rumah. Modal usaha laundry kiloan yang tidak besar juga memiliki daya tarik tersendiri. Tidak banyak peralatan yang dibutuhkan, beberapa mungkin sudah Anda miliki di rumah seperti setrika dan mesin cuci. Memulai usaha laundry kiloan modal kecil sangat mungkin dilakukan. Siapa saja dapat memulai usaha jenis ini. Ketertarikan pelanggan pada laundry kiloan semakin meningkat karena harga jasanya yang terjangkau dan kualitas cuciannya yang cukup baik. Hal ini membuat peluang usaha laundry kiloan untuk pemula masih terbuka lebar.
  2. Dry cleaning
    Jenis usaha laundry yang kedua adalah usaha laundry ry cleaning. Untuk sebagian jenis pakaian, pencucian dengan cara basah tidak dapat dilakukan. Hal ini dapat karena jenis bahan pakaian atau sepatu yang tidak boleh dicuci dengan air atau karena masalah lainnya seperti banyaknya aksesoris yang menempel dan sebagainya. Anda dapat membuka usaha laundry pakaian lengkap dengan fasilitas dry cleaning agar lebih banyak layanan yang dapat Anda lakukan untuk para pelanggan Anda. Dalam memulai bisnis laundry dry cleaning, Anda harus mempelajari teknik melakukan dry cleaning terlebih dahulu. Hal ini karena dry cleaning membutuhkan teknik khusus agar dapat menghilangkan noda tanpa merusak kain. Tujuan dari dry cleaning adalah membersihkan pakaian tanpa harus membasahi seluruh pakaian karena jenis kain yang sensitif terhadap air dan sebagainya. Jadi Anda harus ekstra hati-hati dalam menanganinya agar tidak mengecewakan pelanggan. Buka usaha laundry dry clean ini memerlukan pengetahuan yang cukup tentang beberapa hal tersebut.Perlengkapan usaha laundry yang dibutuhkan untuk dry cleaning tentunya sedikit berbeda dengan peralatan cuci biasa. Karena perlakuannya yang berbeda, biasanya harga atau tarif yang diberikan untuk metode pencucian ini lebih mahal dibandingkan cuci kiloan. Cara memulai usaha laundry jenis dry cleaning yang utama adalah dengan mempelajari bagaimana teknik melakukan dry cleaning yang efektif. Anda dapat memulai usaha laundry ini dengan belajar dari mereka yang sudah berpengalaman mengenai hal tersebut. Anda juga dapat belajar dari buku dan melakukan uji coba terlebih dahulu agar Anda tahu bagaimana cara kerja melakukan pencucian dengan metode dry cleaning.
  3. Eksklusif
    Selain dua jenis jasa laundry di atas, Anda juga dapat memulai usaha laundry dari nol dengan membuka laundry eksklusif. Konsep dari usaha laundry eksklusif adalah laundry yang menangani pakaian dengan lebih hati-hati dan tidak sembarangan. Tidak seperti konsep laundry kiloan yang mengutamakan harga yang ekonomis, laundry eksklusif mengutamakan perlakuan terhadap pakaian yang dicucinya. Perlakukan eksklusif yang dimaksud misalnya dengan memisahkan pakaian yang berwarna dengan pakaian putih agar tidak luntur, mencuci pakaian secara terpisah agar pakaian tidak rusak, memberi perhatian pada detail baju yang dicucinya seperti noda yang tidak dapat hilang dan berbagai metode lainnya. Selain itu, bisnis jasa laundry jenis ini biasanya memberikan garansi terhadap kerusakan pakaian. Salah satu jenis laundry yang dapat dijadikan sebagai jenis laundry eksklusif misalnya saja usaha laundry sepatu. Bisnis laundry sepatu membutuhkan perhatian khusus, apalagi jika sepatu tersebut merupakan sepatu branded. Perawatannya tentu membutuhkan perhatian khusus.

Keuntungan usaha laundry eksklusif tentunya akan jauh lebih besar. Namun, bisnis ini juga membutuhkan modal bisnis laundry dan perhatian yang lebih besar pula. Anda dapat memilih menjalankan bisnis jasa laundry jenis ini jika target pasar Anda adalah konsumen menengah ke atas.

Mengapa memilih usaha laundry?

Usaha laundry kiloan dan jenis jasa laundry lainnya menjadi salah satu usaha yang banyak dilakukan. Cara usaha laundry juga kerap dicari banyak orang. Usaha laundry rumahan banyak dilakukan dan dapat dengan mudah kita temukan sebagai salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga atau sebagai usaha full time yang digarap dengan serius. Sebenarnya, apa yang membuat bisnis jenis ini banyak diminati? Ada banyak hal yang membuat banyak usaha tertarik melakukan bisnis jenis ini. Adapun hal tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Dibutuhkan banyak orang
    Usaha laundry pemula banyak dilakukan karena usaha ini memiliki peluang yang sangat besar. Bagaimana tidak, semua orang perlu melakukan laundry sementara seperti yang telah kita singgung sebelumnya, tidak semua orang memiliki waktu untuk melakukannya sendiri. Jadilah usaha laundry menjadi usaha yang sangat dibutuhkan. Usaha jasa ini tidak akan kehabisan pelanggan karena setiap pelanggan harus melakukan laundry setidaknya satu minggu sekali jika tidak ingin kehabisan pakaian bukan?
  2. Tidak membutuhkan keahlian khusus
    Bisnis laundry rumahan banyak dibuka terutama karena bisnis jenis ini tidak membutuhkan keahlian khusus sehingga siapa saja dapat melakukannya dengan mudah. Anda tidak perlu pendidikan yang tinggi untuk dapat mengoperasikan mesin cuci dan menyetrika baju bukan? Yang perlu Anda lakukan hanyalah melakukannya dengan passion yang tinggi dan pelayanan yang maksimal agar pelanggan kembali menggunakan jasa Anda. Hal ini karena usaha jenis ini dilakukan oleh banyak orang sehingga Anda memiliki banyak pesaing yang juga membuka usaha yang sama. Pelayanan yang maksimal dibutuhkan untuk menarik pelanggan.
  3. Cocok sebagai usaha rumahan
    Usaha jasa laundry merupakan usaha dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Usaha ini dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga sebagai usaha sampingan yang cukup menjanjikan. Selai itu, Anda juga dapat membuka peluang kerja bagi mereka yang membutuhkan pekerjaan di sekitar Anda sebagai orang yang membantu Anda dalam mengerjakan laundry saat banyak pelanggan yang datang.
  4. Mudah berkembang
    Usaha jasa laundry yang dikerjakan dengan serius memiliki prospek yang besar untuk dapat bertahan bahkan berkembang menjadi besar. Hal ini karena bisnis yang bergerak di bidang ini tidak akan kehabisan pelanggan. Akan ada banyak orang yang membutuhkan jasa ini dan akan terus berkembang setiap tahunnya. Prospek berkembangnya yang cukup tinggi membuat usaha jenis ini layak menjadi usaha yang Anda coba bahkan oleh pemula sekalipun.

Apa saja yang perlu disiapkan untuk membuka usaha laundry?

Modal usaha laundry tidak bisa lepas dari peralatan apa saja yang diperlukan untuk membuka usaha tersebut. Ada beberapa peralatan usaha laundry kiloan dan laundry jenis lainnya yang dibutuhkan dan harus Anda miliki untuk membuka usaha laundry yang Anda inginkan. Adapun peralatan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mesin cuci
    Rincian modal usaha laundry tentunya harus memasukan mesin cuci untuk usaha laundry sebagai salah satu modal yang diperlukan. Ada berbagai mesin yang dapat Anda pilih sesuai dengan modal yang Anda miliki. Yang paling mudah tentunya memiliki jenis mesin cuci satu tabung. Hal ini karena mesin cuci jenis ini dapat mencuci dengan mudah dan tidak merepotkan. Bagi Anda yang memilih mesin cuci dua tabung Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencuci karena harus memindahkan pakaian yang ingin Anda peras pada tabung lainnya. Harga mesin cuci satu tabung mungkin lebih mahal dibandingkan dengan mesin dua tabung, namun, Anda akan lebih mudah dalam mencuci baju Anda. Anda juga dapat menyiasati harga mesin cuci yang mahal dengan membeli mesin cuci second hand.
  2. Mesin pengering
    Modal awal usaha laundry yang sebaiknya Anda miliki adalah mesin pengering pakaian. Walaupun mesin ini tidak baik dipakai terlalu sering karena dapat merusak pakaian, namun, mesin pengering akan sangat berguna jika cuaca sedang tidak mendukung. Misalnya saja pada saat musim hujan sehingga kita tidak dapat mengeringkan pakaian dengan sinar matahari sementara mesin pemeras pakaian tidak dapat membuat pakaian menjadi kering. Ada banyak pilihan tipe mesin pengering. Ada yang menggunakan tenaga listrik ada pula yang menggunakan gas.
  3. Setrika
    Setrika menjadi salah satu bagian yang penting. Hal ini karena setiap pakaian setelah dicuci harus disetrika agar rapi dan siap diambil pelanggan. Setidaknya ada 2 jenis setrika yang dapat Anda beli. Jenis yang pertama adalah setrika listrik biasa dan yang satu adalah setrika uap. Untuk pakaian yang tidak dapat disentuh langsung dengan setrika listrik karena kainnya yang tidak tahan panas dapat disetrika menggunakan setrika uap yang lebih aman.
  4. Listrik
    Walaupun listrik bukan merupakan alat, namun, jaringan listrik yang memadai sangat penting untuk menjalankan usaha ini. Jika Anda memiliki modal yang lebih, Anda dapat membeli genset untuk kondisi darurat saat jaringan listrik mati tiba-tiba sementara kita butuh menyelesaikan pelayanan laundry kita kepada pelanggan.
  5. Tempat jemur pakaian
    Tempat menjemur pakaian menjadi hal yang diperlukan dalam usaha laundry. Lebih baik menyediakan tempat menjemur pakaian khusus dan menghindari menjemur pakaian di depan gerai Anda karena akan mengganggu pelanggan yang ingin datang ke tempat jasa laundry Anda.
  6. Kemasan, brand, dan hal lainnya
    Alat terakhir yang perlu Anda siapkan adalah kemasan dan brand serta hal pendukung lainnya. Memilih kemasan yang tepat dapat membuat usaha laundry Anda semakin menarik perhatian pelanggan. Anda dapat memilih jenis kemasan plastik untuk mengemas pakaian yang sudah rapi dan melengkapinya dengan hanger untuk pakaian tertentu yang tidak rapi jika dilipat seperti jas dan sebagainya.

Bagaimana cara memulai usaha laundry agar sukses?

Setelah siap dengan peralatan untuk memulai bisnis laundry, kini saatnya mempelajari cara membuka usaha laundry agar dapat sukses bertahan dan bahkan dapat berkembang. Ada 3 tips usaha laundry yang dapat Anda ikuti. Adapun tips tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Persiapan alat
    Cara buka usaha laundry yang pertama adalah melakukan persiapan alat yang sesuai dengan budget atau modal yang kita miliki. Beli alat yang sesuai dengan budget. Jangan membeli peralatan yang membuat Anda memiliki hutang terlalu banyak dan kesulitan untuk membayarnya. Mulai dengan usaha kecil jika Anda tidak memiliki modal yang besar, Anda dapat mengembangkan usaha Anda seiring dengan berjalannya waktu.
  2. Promosi
    Cara bisnis laundry yang kedua adalah dengan melakukan promosi. Dengan melakukan promosi, usaha Anda dapat lebih mudah dikenal. Adapun promosi dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Anda dapat memanfaatkan jaringan pertemanan Anda sebagai salah satu bentuk promosi. Anda juga dapat menjadikan akun media sosial Anda sebagai ajang promosi. Dengan melakukan self promoting seperti itu saja sudah dapat membuat usaha laundry Anda dikenal banyak orang terutama teman dan orang di sekitar Anda.
  3. Pelayanan
    Cara yang terakhir adalah dengan melakukan pelayanan yang baik. Ada banyak usaha laundry yang ada diluar sana, namun, tidak banyak usaha laundry yang dikelola dengan baik dan memiliki pelayanan yang baik. Memberikan pelayanan yang baik pada pelanggan dapat membuat usaha Anda dapat dengan mudah berkembang karena banyak orang yang tertarik untuk kembali menggunakan jasa laundry Anda. Adapun pelayanan yang dapat Anda lakukan di antaranya adalah dengan memberikan pelayanan tepat waktu, jaminan kerapian dan kebersihan, perawatan yang menyeluruh dan hati-hati, ramah, dan sebagainya. Anda juga dapat memberikan pelayanan unik lainnya yang membuat pelanggan tertarik seperti mengadakan promo dan memberikan bonus pada pelanggan setia. Hal tersebut akan membuat pelanggan merasa dihormati dan puas dengan pelayanan yang kita berikan.

Usaha sampingan laundry bersama KUDO

Untuk membuat penghasilan Anda bertambah dan membuat usaha Anda dapat dengan cepat berkembang, Anda dapat membuat usaha sampingan sembari menjalankan usaha laundry Anda. Adapun usaha yang dapat Anda lakukan diantarnya adalah sebagai penyedia barang-barang untuk usaha laundry seperti detergent dan pewangi pakaian curah. Hal ini dapat menjadi salah satu usaha sampingan yang cukup menjanjikan mengingat banyak usaha laundry yang dibuka di banyak tempat.

Membuka usaha tambahan tentunya akan menambah modal kita bukan? Sebagian orang mungkin akan bertanya demikian. Anda tidak perlu khawatir, karena ada solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Anda tidak memerlukan modal tambahan untuk membuka usaha sampingan tersebut karena Anda dapat menjual barang tersebut dengan sistem reseller. KUDO merupakan salah satu portal online yang membuka peluang bagi siapa saja yang ingin menjual barang secara online dengan metode penjualan reseller. Ada banyak barang yang dapat dijual melalui KUDO, salah satunya adalah deterjen dan pewangi curah. Harga yang dibandrol KUDO cukup terjangkau untuk dijual kembali. Anda juga tidak perlu menaikan harga karena sistem penjualan barang KUDO adalah dengan memberikan komisi bagi mereka yang dapat menjualnya. Sistem pembagian komisi ini sesuai dengan harga barang yang Anda jual. Semakin banyak dan semakin mahal barang yang Anda jual, Anda akan mendapatkan komisi yang semakin besar.

Untuk dapat berjualan reseller bersama KUDO, yang perlu Anda lakukan hanyalah mendaftar sebagai agen KUDO. Pendaftaran sebagai agen tidak dipungut biaya. Adapun pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi KUDO yang dapat Anda unduh gratis di Playstore atau melalui situs resmi KUDO. Cara transaksi dan pembayaran KUDO dapat dilakukan dengan cara tunai oleh pembeli atau secara transfer. Hal ini tentunya dapat memudahkan kita sebagai penjual karena Anda dapat menjual barang Anda pada mereka yang tidak memiliki akses perbankan online dengan menerima pembayaran secara tunai.

Selain dapat membuka bisnis sampingan untuk usaha laundry, Anda juga akan mendapatkan berbagai kemudahan serta keuntungan dengan bergabung menjadi agen KUDO. Komisi tambahan dapat Anda peroleh dengan mengikuti berbagai event yang diselenggarakan oleh KUDO. Membuka usaha dengan berpartner bersama KUDO akan membuat usaha Anda lebih mudah berkembang walaupun dengan modal yang terbatas. Jadi tunggu apa lagi? Ayo segera bergabung menjadi agen KUDO, dan rasakan manfaat yang Anda dapatkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *