25Apr

Usaha Mandiri Modal Kecil Rumahan Menguntungkan

Usaha mandiri modal kecil rumahan menguntungkan. Jika Anda adalah seorang dan bingung mencari penghasilan tambahan, maka Anda harus melakukan yang namanya usaha. Sekarang ini banyak usaha yang dapat dilakukan sebagai sumber penghasilan tambahan untuk ibu . Untuk menjalankan sebuah usaha Anda dapat menjalankan usaha tersebut di rumah. Jenis usaha yang dapat dilakukan juga cukup mudah dan tentunya memberikan keuntungan. Sebagai seorang ibu rumah tangga ada baiknya Anda menjalankan modal kecil. Dalam melakukan usaha, modal sering menjadi masalah dan juga kendala utama. Namun Anda dapat Anda dengan modal yang kecil terlebih dahulu. Selain modal, dalam melakukan usaha Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Peluang usaha
    Dalam memulai sebuah usaha, Anda tidak boleh asal melakukan usaha. Anda harus memperhatikan jenis usaha yang tepat, serta jenis yang dapat Anda gunakan. Usaha sendiri tidak hanya dapat dilakukan bagi mereka yang belum mendapatkan pekerjaan. Usaha juga dapat dilakukan bagi mereka yang bekerja untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sebuah peluang usaha dapat dilihat dengan berbagai faktor kondisi sosial ekonomi masyarakat dan kondisi lainnya. Peluang usaha menjadi hal yang begitu mempengaruhi jenis usaha yang dapat dilakukan dan mendatangkan keuntungan.
  2. Niat
    Sebuah peluang usaha tidak akan dapat dimanfaatkan jika niat tidak dimiliki. Niat menjadi faktor yang cukup terhitung cukup penting dalam menjalankan usaha. Niat juga penting ketika nantinya Anda mengalami kendala atau tantangan dalam melakukan usaha. Jika Anda sudah berniat untuk melakukan usaha, maka Anda tidak akan yang namanya menyerah.
  3. Pengetahuan
    Faktor ini merupakan faktor penting lainnya namun seringkali diabaikan. Pengetahuan sebenarnya menjadi hal yang dapat dipelajari. Sebelum memutuskan untuk memulai sebuah usaha, ada baiknya untuk Anda belajar mengenai jenis usaha yang akan Anda jalankan. Anda dapat belajar jenis usaha yang ingin Anda jalankan dengan menggunakan berbagai sumber. Misalnya dari buku, internet hingga belajar langsung dari ahlinya.
  4. Modal
    Modal merupakan hal yang penting dalam memulai usaha. Besarnya jumlah modal yang digunakan untuk memulai usaha ditentukan dari jenis usaha yang akan Anda jalani. Sebagai seorang ibu rumah tangga, Anda tentunya ingin menjalankan usaha rumahan . Terdengar seperti tidak mungkin, namun dengan berkembangnya teknologi, usaha tanpa menggunakan modal dapat dilakukan. Namun jika Anda tidak merasa yakin, Anda dapat menjalankan dengan modal yang kecil. Meski begitu, semakin banyak modal yang Anda gunakan dalam melakukan usaha, maka semakin baik pula usaha yang akan Anda jalankan.
  5. Inovasi
    Dalam membuat sebuah usaha, Anda tentunya membutuhkan yang namanya inovasi untuk menjalankan usaha Anda. Inovasi mencakup banyak hal, mulai dari cara berjualan, pemilihan jenis berjualan, jenis produk yang akan ditawarkan hingga cara pelayanan yang akan Anda berikan pada konsumen. Semua hal tersebut membutuhkan yang namanya inovasi.
  6. Tingkat persaingan
    Jika Anda berencana membuka sebuah usaha, tingkat persaingan merupakan faktor yang tidak boleh Anda lupakan. Tingkat persaingan merupakan hal yang penting dalam kaitannya dengan berhasil atau tidaknya sebuah usaha. Tingkat persaingan usaha juga mempengaruhi faktor risiko dalam melakukan usaha. Sebelum menjalankan suatu usaha atau bisnis sebaiknya Anda harus memperhatikan tingkat persaingan usaha yang ada.

Sementara itu, jenis bisnis di Indonesia sendiri dapat dibedakan menjadi dua, yaitu dan juga offline.

Berikut ulasan dari kedua jenis bisnis tersebut:

  1. Bisnis offline
    Bisnis offline merupakan jenis bisnis yang dilakukan secara manual dan juga langsung. Jenis bisnis offline memiliki jenis yang cukup beragam. Namun untuk membuka bisnis offline Anda harus mengeluarkan modal meski sedikit. Pada prinsipnya, bisnis offline membutuhkan barang secara fisik yang sudah tersedia. Bisnis offline sendiri dapat Anda lakukan dengan membuka kios di rumah atau menyewa tempat berdagang. Namun untuk kedua jenis bisnis offline tentunya memiliki nilai modal yang berbeda. Meski begitu banyak jenis bisnis offline yang dikategorikan sebagai modal kecil.Untuk melakukan usaha secara offline, Anda sebaiknya memperhatikan peluang usaha dan juga tingkat persaingan usaha.Jenis-jenis bisnis offline di antaranya yaitu:

    • Berjualan makanan
      Berjualan makanan merupakan jenis usaha rumahan yang cukup umum dilakukan. Makanan sendiri merupakan jenis kebutuhan pokok yang banyak dicari oleh masyarakat. Selain berjualan makanan utama, Anda juga dapat berjualan makanan seperti roti, makanan ringan atau jenis makanan lainnya. Anda juga dapat melakukan usaha katering sebagai bentuk usaha berjualan makanan.
    • Toko fashion
      Kebutuhan akan fashion merupakan jenis kebutuhan kedua yang cukup banyak diminati oleh masyarakat, terutama kaum wanita. Sebagai seorang wanita sekaligus ibu rumah tangga, Anda dapat menjadikan peluang usaha ini sebagai sebuah usaha yang menguntungkan. Bisnis toko fashion juga dapat dijalankan di rumah sambil mengurus urusan rumah tangga.
    • Berjualan pulsa
      Pulsa merupakan kebutuhan yang paling umum lainnya. Hampir semua orang, sekarang ini memiliki HP yang memerlukan pulsa. Maka dari itu, bisnis berjualan pulsa merupakan jenis bisnis yang cukup menjanjikan. Pulsa sendiri merupakan jenis bisnis yang tidak memiliki tanggal kedaluarsa serta tren di masyarakat. Sementara itu, Anda juga dapat menggunakan pulsa tersebut untuk diri sendiri. Bisnis berjualan pulsa juga dapat dilakukan di rumah tanpa membutuhkan sebuah kios untuk berjualan.

    Selain berjualan pulsa, Anda juga dapat berjualan HP dan jenis usaha lainnya yang memberikan keuntungan dalam usaha.

  2. Bisnis online
    Bisnis online merupakan jenis bisnis yang cukup populer saat ini. Cara kerja yang cukup mudah dan masa kini menjadi salah satu alasannya. Bisnis ini juga dapat digunakan sebagai bagi Anda ibu rumah tangga. Ini karena bisnis online dapat dikerjakan di rumah. Meski demikian, bisnis online tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya.Modal paling utama yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis online yaitu adanya gadget seperti perangkat komputer, laptop, dan juga smartphone. Keberadaan jaringan internet juga merupakan modal utama dalam menjalankan usaha. Sementara itu, tingkat penggunaan internet di Indonesia juga cukup tinggi, yang berarti sasaran usaha juga cukup banyak.Jenis bisnis online yang cukup diminati sekarang ini yaitu bisnis jual beli. Peluang usaha dari bisnis jual beli cukuplah tinggi, karena kebanyakan pengguna internet lebih menyukai berbelanja secara online. Banyak kemudahan yang didapat dengan belanja secara online. Kemudahan tersebut di antaranya yaitu konsumen dapat membeli kebutuhan mereka di mana saja dan kapan saja. Sementara itu, tidak ada batasan dalam melakukan pembelian. Baik itu pembeli berada di kota besar ataupun di kota kecil bahkan di desa. Semua orang dapat berbelanja online di mana pun dan juga kapan pun.Berbagai faktor inilah yang membuat bisnis online menjadi jenis bisnis yang cocok bagi ibu rumah tangga. Seorang ibu rumah tangga, tidak perlu meninggalkan rumah dan tanggung jawab mereka sebagai ibu rumah tangga. Namun mereka tetap dapat memiliki penghasilan dengan nilai yang cukup besar. Tidak hanya konsumen, dengan menjalankan bisnis online seorang pelaku usaha dapat menjalankan bisnis mereka dari mana pun mereka berada dan kapan pun. Bisnis online juga menjadi jenis bisnis yang cukup aman untuk dijalankan dan juga ideal bagi rumah tangga. Tingkat kerugian dari bisnis online dapat diminimalkan.Bisnis online cocok dijadikan sebagai di rumah yang ingin memiliki penghasilan sekaligus memiliki waktu bagi keluarga. Bisnis online memiliki jenis yang cukup beragam, jika bisnis tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya maka penghasilan dari pebisnis online dapat lebih dari gaji karyawan sebuah perusahaan.

    Cukup menguntungkan bukan? Sebagai seorang ibu rumah tangga tentu bisnis online menjadi jenis bisnis yang cukup menguntungkan dan juga mudah.

    Jenis bisnis online yang dapat Anda jalankan sebagai ibu rumah tangga cukup beragam. Dari mulai menjual makanan secara online, jualan barang-barang fashion atau jenis kebutuhan lainnya. Sementara, sarana untuk melakukan promosi bisnis online juga cukup bervariasi. Media sosial merupakan jenis media yang paling banyak digunakan sebagai sarana promosi bisnis atau . Media sosial yang digunakan sebagai sarana promosi bisnis di antaranya yaitu twitter, facebook, path, instagram, serta media sosial lainnya. Promosi dengan menggunakan media sosial juga akan memberikan jangkauan promosi yang cukup luas. Cakupan bisnis online juga lebih besar jika dibandingkan dengan bisnis offline.

    Sementara itu, jenis dari bisnis online cukup beragam di antaranya yaitu:

    1. Dropshipper
      Dropshiper merupakan sebuah jenis bisnis online yang paling mudah untuk dilakukan. Prinsip dari bisnis online yang satu ini yaitu pemilik usaha tidak perlu repot-repot mengeluarkan modal untuk membeli sebuah produk untuk dijual kembali. Jenis bisnis ini cocok bagi Anda yang tidak memiliki produk yang dihasilkan. Anda juga tidak perlu memikirkan stok barang yang Anda jual. Jenis usaha ini merupakan jenis usaha yang bebas dari kerugian karena produk yang Anda stok tidak laku. Dropshipper biasanya mengambil keuntungan dari selisih nominal harga yang telah ditentukan. Selain itu, bisnis ini hanya dilakukan dengan cara promosi. Anda dapat melakukan sebuah bisnis sambil bermain dan juga berkomunikasi dengan kawan di media sosial. Keuntungan lainnya dengan menjadi seorang dropshipper yaitu jika terjadi transaksi pembelian Anda hanya perlu mengurus transaksi. Anda tidak perlu repot melakukan packing barang serta pengiriman karena packing dan pengiriman dilakukan oleh supplier. Menguntungkan bukan? Terutama untuk Anda yang seorang ibu rumah tangga. Jenis bisnis ini tidak merepotkan Anda, namun masih tetap memberikan penghasilan. Prinsipnya, Anda hanya melakukan pemasaran produk yang Anda jual. Meski packing dan pengiriman barang dilakukan oleh supplier tetapi packing dan pengiriman atas nama dropshipper. Jadi dropshipper tidak perlu merasa khawatir, karena konsumen tetap akan membeli kepada Anda tanpa perlu tahu supplier Anda.Bahkan banyak juga yang menyebutkan jika dropshiper menjadi jenis tanpa modal. Keuntungan yang didapatkan dengan menjalankan usaha ini cukup menguntungkan dan memberikan penghasilan yang juga besar. Untuk mendapatkan keuntungan yang besar, Anda dapat memilih supplier produk sesuai dengan selera Anda. Bisa berupa harga produk yang lebih murah, namun dengan kualitas produk yang terbaik.
    2. Reseller produk
      Reseller merupakan jenis bisnis online lainnya. Jenis bisnis ini hampir serupa dengan dropshipper, namun reseller membeli produk secara grosir sebelum kemudian dijual kembali. Jika dibandingkan dengan dropshipper, jenis usaha ini membutuhkan modal untuk menjalankan usahanya. Namun modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini tidaklah terlalu besar. Sementara reseller dapat dijalankan secara online maupun offline. Secara offline yaitu Anda dapat menawarkan produk Anda secara door to door atau dari rumah ke rumah. Konsumen juga dapat melihat kualitas dari produk yang Anda jual. Ini akan membuat konsumen juga semakin menarik untuk membeli barang yang Anda jual. Sekarang ini cukup banyak situs jual beli online yang menawarkan kerja sama untuk menjadi seorang reseller. Jadi Anda hanya perlu memilih situs online yang terpercaya untuk menjalankan bisnis Anda. KUDO merupakan contoh situs yang terpercaya.Bagi sebuah , keberadaan reseller cukup menguntungkan, karena produk yang dijual di toko online akan terjual dan dipromosikan dengan lebih banyak. Keuntungan yang didapat dengan menjadi reseller produk adalah Anda tidak perlu memikirkan untuk membuat produk Anda sendiri. Konsumen jauh lebih akan percaya jika Anda menjadi reseller produk dari toko online yang cukup terkenal seperti KUDO atau menjadi reseller dari produk yang terkenal. akan menjadi jenis usaha mandiri ibu rumah tangga. Anda juga dapat memilih supplier produk yang disesuaikan dengan selera Anda, bisa berupa kualitas barang yang ditawarkan atau harga jual yang ditawarkan, atau bisa jadi kedua jenis keuntungan tersebut.
    3. Bisnis Toko Online
      Jenis bisnis lainnya yang dapat Anda jalankan sebagai pebisnis online yaitu membuat toko online. Pembuatan toko online dapat Anda mulai dengan menggunakan media sosial atau layanan di internet lainnya. Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini, bisnis toko online menjadi jenis usaha yang cukup menjanjikan. Banyak keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan menjadi pebisnis toko online. Jenis produk yang dapat Anda jual juga cukup beragam, mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga produk-produk fashion.Prinsipnya toko online seperti toko pada umumnya. Hanya saja cara penyajiannya yang berbeda. Jika toko secara umum membutuhkan kios berdagang secara fisik, maka toko online tidak membutuhkannya dan diganti dengan toko secara online. Cara untuk menampilkan produk yang Anda jual yaitu dengan memasang foto secara online. Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan toko online juga relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan toko biasa.Dalam menjalankan toko online, Anda dapat menjalankan dengan dua cara yaitu dengan memiliki stok atau tidak. Namun Anda juga dapat menjalankan usaha toko online dengan kedua cara tersebut. Ketika stok Anda habis, namun ada konsumen yang memesan barang tersebut Anda dapat mendapatkan barang atau produk tersebut untuk konsumen Anda.Bisnis toko online menjadi salah satu jenis usaha yang dapat Anda kelola dengan mudah di rumah. Bisnis toko online juga menjadi jenis pasti untung.
    4. Agen Toko online
      Jika Anda mengalami kesulitan dalam menjalankan toko online, maka menjadi agen toko online salah satu solusinya. Cara untuk menjadi agen toko online juga terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu mendaftar di situs toko online untuk menjadi agen. Salah satu situs toko online yang menawarkan bisnis agen toko online yaitu KUDO. Keuntungan dari menjadi agen toko online yaitu Anda akan mendapat komisi yang lumayan besar dengan menjual produk dari toko online tersebut. Untuk menjadi agen toko online, Anda hanya perlu melakukan pemasaran agar dapat menjualkan produk dari toko online tersebut. Menjadi agen toko online prinsipnya tidak berbeda jauh dari bisnis online lainnya seperti menjadi reseller dan dropshipper. Namun jika dropshipper atau reseller dapat menjual barang dari satu supplier, agen toko online biasanya hanya menggunakan satu toko online saja.Jenis produk yang ditawarkan cukup beraneka ragam, dan biasanya disesuaikan dengan produk yang ditawarkan oleh toko online tersebut. Anda dapat memilih toko online yang menawarkan beragam produk agar jenis barang yang dapat Anda tawarkan menjadi lebih bervariasi.Jenis usaha PPOB juga dapat Anda lakukan jika Anda menjadi agen toko online KUDO. Dengan menjadi agen toko online maka Anda dapat mendirikan usaha PPOB sebagai usaha sampingan modal kecil. PPOB merupakan usaha pembayaran dalam satu tempat. Jenis-jenis produk barang atau jasa yang dapat dibayarkan dengan menggunakan jasa PPOB cukup beragam. Di antaranya yaitu pembayaran tagihan listrik, air PDAM, pulsa elektrik, tagihan penggunaan internet dan lainnya.Jenis usaha ini juga tidak memiliki tanggal kedaluwarsa dan dapat Anda gunakan sendiri. Sementara itu, menjadi agen pembayaran listrik merupakan usaha yang cukup menguntungkan, karena banyak orang yang perlu melakukan pembayaran. Jenis usaha ini juga masih jarang ada. Seperti jenis bisnis online pada umumnya, dengan menjadi agen toko online dan pemilik usaha PPOB dapat dilakukan sebagai usaha rumahan. Jadi Anda tetap dapat memiliki penghasilan tambahan tanpa perlu keluar rumah dan meninggalkan tanggung jawab sebagai seorang ibu rumah tangga dengan menjadi wanita karier.Untuk menjalankan kedua jenis bisnis, baik bisnis online maupun bisnis offline Anda memiliki niat, pemahaman, serta inovasi dalam menjalankannya. Sementara bisnis online menjadi jenis bisnis yang membutuhkan pemahaman yang lebih banyak. Karena bisnis online memiliki cara kerja yang berbeda dengan bisnis offline. Meski begitu, bisnis online masih tergolong sebagai jenis bisnis yang cukup mudah untuk dijalankan. Untuk menjalankan usaha, Anda juga harus mengerti pasar, atau target dari usaha atau bisnis yang akan Anda jalankan.

      Untuk menjalankan sebuah bisnis agar sukses, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal yaitu tidak terpaku pada satu hal. Seperti jenis produk yang ditawarkan. Anda juga harus memikirkan kualitas produk yang ditawarkan, harga produk serta memperhitungkan keuntungan yang Anda peroleh. Jangan hanya karena Anda ingin mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu yang cepat, lalu Anda dapat menjual produk dengan harga yang mahal. Hal ini dapat membuat produk yang Anda jual menjadi kurang laku. Selain itu, jika tingkat persaingan usaha juga cukup tinggi, sementara Anda menjual produk dengan harga yang mahal, kemungkinan bisnis Anda gagal juga semakin tinggi.

      Namun bukan berarti untuk mendapatkan tingkat penjualan yang cukup tinggi, Anda dapat menjual produk dengan harga yang murah. Hal ini juga cukup memiliki risiko terhadap keberlanjutan usaha Anda. Maka dari itu, sebaiknya Anda melakukan survey dan juga analisis untuk menentukan harga jual dari produk yang Anda tawarkan.

      Selain harga, Anda juga harus memperhatikan pelayanan yang Anda berikan. Meski Anda merupakan seorang ibu rumah tangga, namun dalam melakukan usaha Anda juga harus memberikan pelayanan yang terbaik. Konsumen akan tertarik membeli produk yang Anda tawarkan jika Anda memberikan pelayanan yang ramah. Anda juga harus bersabar dalam melakukan pelayanan terhadap konsumen, meski konsumen tersebut membuat Anda tidak nyaman.

      Sementara itu, jika Anda memutuskan untuk memiliki bisnis online, Anda harus memilih partner dalam usaha yang kooperatif, menawarkan kemudahan dan keuntungan seperti KUDO.

Cara Cari Uang Tambahan Tanpa Modal untuk Karyawan, Ibu Rumah Tangga & Mahasiswa

Pengertian KUDO

KUDO merupakan kios yang terbesar dan terpercaya di Indonesia. Jutaan produk dari berbagai jenis produsen ditawarkan oleh KUDO. Sementara untuk kualitas, kualitas produk KUDO sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan menjadi mitra usaha KUDO, Anda akan memiliki usaha sampingan modal kecil namun menguntungkan. Banyak keuntungan serta kemudahan yang ditawarkan oleh KUDO. Salah satu contoh kemudahan yang ditawarkan oleh KUDO yaitu cara dalam melakukan pendaftaran.

Cara melakukan pendaftaran di KUDO

Cara mendaftar di KUDO cukup mudah, Anda hanya perlu mendaftar dengan mengisi form pendaftaran di situs resmi KUDO. Untuk melakukan pendaftaran Anda juga perlu menyiapkan persyaratan yang diminta oleh KUDO. Selain di situs resmi KUDO, Anda juga dapat melakukan pendaftaran di . Aplikasi KUDO dapat diinstal di smartphone dengan download terlebih dahulu di play store. Setelah mendaftar menjadi agen KUDO, Anda akan mendapatkan sms pemberitahuan.

Untuk mendaftar di KUDO tidak dikenakan biaya pendaftaran sama sekali dengan kata lain gratis. Hal inilah yang membuat KUDO menjadi jenis usaha mudah tanpa modal.

Aplikasi KUDO selain dapat dimanfaatkan untuk mendaftar, juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan transaksi. Ini merupakan kemudahan lainnya yang ditawarkan KUDO, yaitu melakukan transaksi dalam satu aplikasi. Keuntungan serta komisi yang didapat juga dapat diketahui melalui aplikasi KUDO.

Menjalankan bisnis bersama KUDO

Setelah melakukan pendaftaran menjadi mitra usaha atau agen KUDO, maka tahap selanjutnya Anda hanya perlu untuk menjalankan bisnis Anda. Anda dapat menjual semua produk yang ditawarkan oleh KUDO dengan nominasi keuntungan yang cukup beragam.

Untuk menjual produk dari KUDO, Anda dapat memasarkannya dengan menggunakan media sosial atau secara langsung. Cara pembayarannya juga dibedakan menjadi dua, yaitu secara langsung dan via transfer.

Sementara itu, untuk menjadi agen biasanya menggunakan yang namanya deposit. Deposit adalah sejumlah uang dibayarkan kepada KUDO untuk melakukan transaksi jual beli. Deposit inilah yang dapat digunakan untuk membeli produk dari KUDO. Untuk besarnya nilai deposit dapat disesuaikan dengan modal yang ada. Nilai minimal pengisian deposit yaitu sekitar Rp 10.000,-. Dengan deposit tersebut, Anda dapat membeli semua produk KUDO yang diinginkan oleh konsumen Anda.

Untuk setiap transaksi, atau pembelian barang Anda akan menerima komisi yang cukup menguntungkan. Komisi ini dapat diuangkan, atau dapat juga dijadikan sebagai selanjutnya agar usaha yang dijalankan menjadi lebih besar.

KUDO merupakan situs dagang online yang cocok untuk cari uang tambahan untuk ibu rumah tangga. Cara bisnis dengan KUDO juga mudah. Anda dapat menjalankan usaha dari tempat Anda berada, sambil melakukan berbagai aktivitas harian Anda. KUDO juga menawarkan jasa pengepakan serta pengiriman produk yang Anda jual langsung ke konsumen Anda. Jadi Anda tidak perlu repot untuk mengurus semua itu. Tentunya pengiriman dilakukan atas nama Anda. KUDO cocok sebagai penghasilan tambahan modal kecil.

Tag