21Aug

Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar 2017 yang Menjanjikan

Penduduk yang dari tahun ke tahun semakin bertambah tidak diimbangi dengan bertambahnya lapangan . Lapangan pekerjaan menjadi semakin sempit. Persaingan dunia semakin ketat. Jika tidak dibekali kemampuan yang mumpuni maka calon tidak akan lolos seleksi dan berakhir menjadi pengangguran. Namun janganlah putus asa karena tidak kunjung mendapatkan pekerjaan. Daripada mengirim surat lamaran pekerjaan ke berbagai perusahaan, lebih baik ciptakan saja lapangan pekerjaan sendiri. Singkatnya, jadilah daripada menjadi pekerja. Menjadi pengusaha bukanlah pekerjaan yang dipandang sebelah mata. Hanya orang yang memiliki potensi dalam menemukan produk baru, menyusun strategi pemasaran, dan mengelola yang bisa menjadi pengusaha yang . Selain itu, menjadi pengusaha memiliki beberapa keuntungan yang akan dijabarkan di bawah ini.

  • Mengurangi Pengangguran
    Menjadi pengusaha adalah salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia yang semakin tinggi. Tidak masalah jika yang dirintis masih dalam skala kecil. tetap membutuhkan pekerja walau satu atau dua orang. Usaha yang dirintis telah menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Sehingga, memiliki usaha sendiri sama saja membantu orang lain untuk mendapatkan pekerjaan dan mengurangi angga pengangguran di masyarakat.Selain itu, angka pengangguran yang berkurang memiliki dampak positif pada tingkat kriminalitas yang semakin berkurang. Para pengangguran sudah dan . Mereka tidak lagi frustrasi sehingga mencari jalan pintas dengan menghalalkan segala cara untuk mencari seperti mencopet, membegal, dan tindakan kriminalitas lainnya.
  • Berkesempatan Menjadi Bos
    Pengusaha tentu saja berbeda dengan pekerja kantoran. Pekerja kantoran harus menuruti perintah dari atasan. Sedangkan, pengusaha adalah pemilik usaha yang otomatis bertindak sebagai bos alias orang nomor satu di perusahaan. Tidak ada lagi yang memerintah. Semua tindakan yang dilakukan di perusahaan bergantung pada kemauan diri sendiri. Namun, bukan berarti menjadi bos bisa bertindak semena-mena. Bertindak semena-mena dalam menjalankan usaha akan mengakibatkan masalah di perusahaan. Misalnya, yang mengundurkan diri karena tidak tahan dengan tingkah laku sang bos atau modal yang habis karena dihambur-hamburkan. Alhasil, usaha yang dirintis akan mengalami kebangkrutan. Sehingga, jadilah bos atau pemimpin perusahaan yang bijaksana, kompeten, dan menyenangkan bagi para pekerjanya.
  • Penghasilan yang Tidak Terbatas
    Keuntungan dari pemilik yang menjanjikan adalah jumlah penghasilan yang tidak terbatas atau dalam dunia dikenal dengan istilah unlimited income. Tidak ada parameter tertentu untuk menentukan penghasilan seorang pengusaha. Penghasilan pengusaha juga tidak bergantung pada UMR (Upah Minimum Regional). Selain itu, penghasilan pengusaha bersifat dinamis. Pendapatan mereka bisa bertambah berkali-kali lipat jika usaha yang dijalankan berjalan lancar. Sebaliknya, jika usaha yang dirintis mengalami kemunduran maka penghasilannya akan berkurang. Oleh karena itu, kemampuan pengusaha dalam perusahaan sangatlah penting. Usaha yang berjalan lancar tidak hanya menyejahterakan pemilik usaha, tetapi juga para pekerja yang terlibat.
  • Tidak Ada Jam Kerja
    Kelebihan yang hanya dimiliki oleh pengusaha adalah tidak adanya jam kerja. Hal ini bertolak belakang dengan pekerja kantoran yang mempunyai jam kerja setidaknya 8 jam dalam sehari. Seorang pengusaha bisa bekerja sesuai dengan keinginannya. Tidak ada aturan yang menyuruh pengusaha untuk bekerja mulai dari jam sekian sampai jam sekian. Pengusaha memiliki hak mutlak untuk mengatur jam kerjanya. Bahkan tidak akan ada hukuman jika pengusaha memutuskan untuk meliburkan usaha yang dijalankan. Namun, jangan meliburkan usaha terlalu lama karena bisa merugikan perusahaan.
  • Kebebasan Finansial
    Kebebasan finansial adalah hal yang diinginkan semua orang. Dalam hal ini, kebebasan finansial diartikan bahwa uanglah yang bekerja untuk manusia, bukan manusia yang bekerja untuk uang. Dengan memutuskan menjadi pengusaha maka peluang untuk meraih kebebasan finansial terbuka lebar. Pundi-pundi uang akan semakin gemuk jika usaha yang dijalankan memiliki progres dari hari ke hari. Bahkan uang akan tetap mengalir walau pemilik usaha tidak terlibat secara langsung dalam proses produksi.
  • Ada Tantangan
    Hidup tidaklah seru tanpa adanya tantangan. Oleh karena itu, menjadi pengusaha adalah salah satu profesi yang memiliki banyak tantangan. Mereka harus menghadapi tantangan bagaimana merintis usaha dari titik nol dan mencari cara untuk mengembangkannya. Bahkan ketika usaha yang dirintis sudah berkembang, tantangan tersebut tidak akan berhenti. Ada banyak tantangan ketika usaha yang dirintis sudah berkembang seperti bagaimana bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat. Pengusaha dituntut untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang datang silih berganti. Sehingga, menjadi pengusaha yang sukses bukan perkara keberuntungan belaka. Kemampuan memecahkan masalah dan pantang menyerah padahal dua hal penting yang harus dimiliki oleh semua pengusaha.
  • Meningkatkan Kreativitas
    Kunci dari usaha modal kecil yang sukses terletak pada ide usahanya. Jika tersebut unik maka tidak sulit untuk menarik minat pasar. Sedangkan, ide usaha yang biasa-biasa saja cenderung mengalami kesulitan dalam menarik minat pasar. Oleh karena itu, kreativitas adalah hal yang harus dimiliki oleh para pengusaha. Mereka harus bisa berpikir menentukan ide usaha yang unik dan masih jarang di pasaran. Kreativitas mereka juga digunakan dalam menentukan merek yang unik. Tidak lupa kreativitas digunakan untuk menentukan strategi pemasaran agar menarik pasar tertarik. Sehingga, para pengusaha dituntut untuk memiliki pola pikir yang out of the box. Pola pikir mereka harus berbeda dengan pola pikir kebanyakan orang. Mereka harus bisa melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda untuk menemukan ide yang cemerlang. Selain itu, kreativitas yang dimiliki oleh pengusaha tidak memiliki batasan. Ketika menemukan yang cemerlang, mereka tidak perlu meminta pertimbangan atau persetujuan dari pihak lain. Pemilik usahalah yang akan bertindak secara langsung dalam mengeksekusi tersebut.Kelebihan dari pengusaha yang sudah dijelaskan di atas pasti menginspirasi orang-orang yang masih bingung mendapatkan pekerjaan. Namun, menjadi pengusaha yang sukses tidak serta-merta berhasil dalam satu malam saja. Pengusaha yang sukses harus memiliki beberapa karakteristik yang dijelaskan di bawah ini.
  • Percaya Diri
    Pengusaha haruslah memiliki tingkat kepercayaan diri yang kuat. Mereka tidak boleh malu atau ragu dalam mengambil keputusan di dalam perusahaan. Mereka juga tidak bergantung kepada orang lain dalam membuat keputusan perusahaan.
  • Bisa Mengendalikan Emosi
    Semua orang pasti memiliki emosi, tidak terkecuali para pengusaha. Dalam hal ini, para pengusaha harus memiliki kemampuan emosi yang baik, terutama dalam menghadapi masalah yang menimpa perusahaan. Tidak apa-apa jika merasa marah atau kecewa saat usaha yang dijalankan mengalami masalah. Namun, tetap prioritaskan logika dibandingkan emosi saat membuat keputusan perusahaan. Jangan pernah membuat keputusan perusahaan saat masih dikuasai amarah. Pengusaha yang membuat keputusan ketika masih emosi termasuk golongan pemimpin yang tidak bijaksana dan tidak profesional.
  • Berdedikasi
    Kunci utama dari kesuksesan usaha modal kecil terletak pada dedikasi pemilik usaha sendiri. Sehingga, pengusaha harus mendedikasikan diri sepenuhnya kepada perusahaan. Mereka dituntut untuk mengerahkan semua kemampuannya dalam menjalankan usaha. Tak jarang banyak pengusaha yang mengorbankan waktu dan harta demi menyukseskan usaha yang tengah dirintis. Selain itu, pekerjaan yang dilakukan dengan penuh dedikasi akan memberikan hasil yang positif dan tidak ada penyesalan saat hasil tidak sesuai ekspektasi.
  • Tegas
    Ketegasan adalah karakter yang penting untuk para pengusaha. Pengusaha harus memiliki jiwa yang tegas. Di dalam diri mereka harus ada kemauan untuk terus berkembang. Mereka harus tegas dalam mengambil keputusan perusahaan. Tidak lupa perhitungan yang cermat turut mempengaruhi keputusan perusahaan. Sehingga, ketepatan dan kecepatan memegang peran yang penting dalam kesuksesan sebuah usaha.
  • Bertekad Kuat
    Karakter lain yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha adalah tekad yang kuat. Pengusaha harus memiliki rasa tanggung jawab yang kuat dalam menjalankan usahanya. Sehingga, jika ada masalah yang menimpa perusahaan mereka akan menghadapinya, bukan menghindari masalah tersebut.
  • Disiplin
    Kesuksesan dari sebuah usaha terletak pada kedisiplinan dari pemilik usaha. Pengusaha harus memiliki tingkat disiplin yang tinggi. Mereka harus mematuhi komitmen pekerjaannya sebagai pengusaha. Mereka juga harus tepat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, kedisiplinan juga diterapkan dalam ketepatan kualitas produk, kualitas pekerjaan, dan sistem kerja.
  • Bermotivasi Tinggi
    Pengusaha yang sukses adalah pengusaha yang memiliki motivasi yang tinggi. Mereka tidak akan pernah berusaha untuk mencapai hasil terbaik. Mereka selalu memiliki target yang harus dicapai dari waktu ke waktu. Sehingga, produktivitas mereka selalu terjaga, bahkan berkembang.
  • Realistis
    Pengusaha haruslah memiliki jiwa yang realistis. Realistis dalam hal ini adalah mereka mampu mengedepankan realitas sebagai patokan untuk berpikir. Mereka harus bisa berpikir rasional dalam mengambil keputusan atau melakukan tindakan yang terkait dengan usaha yang dijalankan.
  • Mandiri
    Dalam menjalankan usahanya, pengusaha harus memiliki kemampuan mengelola sumber daya yang ada. Mereka harus bisa sekaligus mencari solusi dari masalah yang terjadi di perusahaan. Semua itu dilakukan tanpa harus bergantung kepada orang lain karena pengusaha adalah pemegang kendali di perusahaan. Mereka harus mengandalkan kemampuannya dalam menjalankan dan mengembangkan usaha.
  • Jujur
    Kejujuran memang sifat yang penting dalam seluruh aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam dunia usaha. Para pengusaha dituntut untuk memiliki sifat jujur demi keberlangsungan usaha. Kejujuran yang dimiliki oleh pengusaha meliputi berbagai aspek, mulai dari jujur kepada diri sendiri, pekerja, dan masyarakat.
  • Kreatif
    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kreativitas adalah kunci penting dalam usaha. Sehingga, pengusaha dituntut untuk memiliki daya kreativitas yang tinggi. Kreativitas tersebut berguna untuk meningkat nilai usaha. Kreativitas yang tinggi digunakan dalam memecahkan masalah dan menentukan inovasi dari produk.
  • Kemampuan Manajerial
    Pengusaha harus memiliki kemampuan manajerial karena itu sangat penting dalam menentukan kesuksesan usaha. Kemampuan manajerial meliputi kemampuan merancang usaha, mengelola sumber daya, mengendalikan usaha, dan mengatasi masalah. Tanpa adanya kemampuan manajerial yang baik perusahaan tidak akan berjalan lancar. Akan ada banyak hambatan karena banyak pekerjaan yang tidak terselesaikan.Setelah mengetahui karakteristik apa saja yang harus dimiliki oleh pengusaha. Pembahasannya selanjutnya tidak kalah penting yaitu baru apa saja yang cocok untuk dirintis oleh pengusaha . Di bawah ini ada beberapa ide usaha modal kecil yang menguntungkan untuk pengusaha pemula.
  • Kuliner
    Kuliner adalah bidang bisnis yang tidak ada surutnya. Permintaan konsumen terhadap produk kuliner selalu tinggi karena termasuk kebutuhan pokok manusia. Target pasar tidak memiliki batasan. Semua kelompok usia dan kalangan adalah target pasar yang potensial untuk bisnis kuliner. Peluang usaha baru di bidang kuliner terbuka lebar jika pemilik usaha bisa menggunakan kreativitasnya semaksimal mungkin untuk menemukan ide usaha yang unik dan digemari target pasar. Selain itu, pengelolaan usaha di bidang kuliner tidaklah sulit. Sehingga, adalah usaha yang direkomendasikan untuk pengusaha pemula.

Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar 2017 yang Menjanjikan
Di bawah ini ada beberapa ide usaha modal kecil yang unik di bidang kuliner.

  1. Kerupuk
    Kerupuk adalah makanan ringan yang bisa dinikmati sebagai camilan dan pendamping saat menyantap berbagai makanan. Kerupuk bisa menjadi usaha modal kecil yang menguntungkan karena mudah untuk dibuat, modal yang dibutuhkan kecil, dan target pasar yang luas. Dengan target pasar yang luas kerupuk menjadi mudah untuk dipasarkan. Pemasaran kerupuk yang berjalan lancar akan membawa pengaruh pada jumlah keuntungan yang berlipat ganda. Ada beragam jenis kerupuk yang bisa dipasarkan seperti kerupuk udang, kerupuk ikan, kerupuk mi, dan kerupuk lainnya. Selain itu, keripik yang berpotensi meraih keuntungan yang besar adalah kerupuk khas daerah seperti kerupuk kemplang dari .
  2. Gorengan
    Sama seperti kerupuk, gorengan adalah produk kuliner yang memiliki prospek cerah jika dijadikan usaha. Gorengan bisa dinikmati oleh semua kalangan. Gorengan bisa dimakan sebagai camilan dan makanan pendamping. Selain itu, gorengan tidak terbatas pada tahu atau tempe goreng saja. Gorengan memiliki beragam varian seperti singkong goreng, ubi goreng, risoles, dan cireng. Untuk merintis usaha gorengan dibutuhkan modal yang sedikit. Namun, keuntungan yang didapatkan dari bisnis gorengan bisa berkali-kali lipat karena gorengan mudah dipasarkan. Usaha gorengan untuk pemula bisa dimulai dari rumah. Pengusaha gorengan membuat berbagai macam gorengan dan menjualnya dengan cara menitipkan di kantin sekolah, kampus, atau perusahaan.
  3. Katering
    Katering adalah bisnis di bidang kuliner yang tidak akan lekang oleh zaman. Bisnis katering memiliki target pasar yang luas karena makanan adalah kebutuhan pokok bagi manusia. Dewasa ini, katering tidak hanya dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan makanan di acara-acara besar seperti pernikahan, , atau pesta. Katering sudah berkembang untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari atau keluarga. Hal ini dikarenakan banyaknya yang bekerja di luar rumah dan terlalu sibuk untuk memasak makanan untuk keluarga. Hal itu juga berlaku bagi karyawan dan yang tidak sempat memasak atau tidak memiliki kemampuan memasak. Sehingga, katering sangatlah dibutuhkan. Bisnis katering bisa dimulai dari dapur rumah dengan mengandalkan peralatan memasak yang dimiliki. Sedangkan, pemasaran katering bisa dilakukan dengan menawarkannya di lingkungan sekitar rumah, menjadi bagian konsumsi dalam suatu , dan bekerja sama dengan beberapa perusahaan.
  4. Isi Ulang Air Minum
    Peluang usaha baru yang menjanjikan yang bisa dirintis oleh pengusaha mudah adalah usaha isi ulang air minum. Permintaan pasar terhadap isi ulang air minum selalu meningkat, terutama di kota besar. Hal ini dikarenakan sulitnya mendapatkan air bersih untuk minum sehingga mereka memilih air minum isi ulang yang harganya lebih . Usaha isi ulang air minum bisa dimulai di rumah. Manfaatkan saja teras atau halaman rumah yang kosong untuk membuka depot isi ulang minum. Jangan lupa untuk meminta izin pada Dinas setempat dan pastikan sumber air minum isi ulang bersih dan higienis. Jangan lupa sediakan antar dan jemput galon air minum untuk meningkatkan nilai tambah usaha isi ulang air minum yang didirikan.
  5. Rental Play Station
    Membuka usaha rental Play Station merupakan usaha yang menjanjikan untuk pengusaha pemula. Apalagi sekarang video sudah menjadi permainan yang digemari oleh kalangan anak-anak dan remaja. Rental PS adalah usaha dengan prospek yang cerah, apalagi jika didirikan di lingkungan perumahan yang banyak penduduknya. Sudah pasti anak-anak dan remaja yang tinggal di sekitar akan memburu rental PS. Usaha rental PS bisa dirintis dengan membeli beberapa unit PS dan televisi serta memanfaatkan ruangan kosong di rumah sebagai tempat bermain. Tidak sulit untuk mengelola usaha rental PS karena pemilik usaha bisa duduk di meja kasih sembari mengawasi para pelanggan bermain. Jangan lupa untuk update permainan PS agar pelanggan tidak bosan.
  6. Usaha Tambal Ban
    Usaha tambah ban sering dipandang sebelah mata. Padahal usaha tambah ban adalah usaha yang cocok untuk didirikan oleh pengusaha pemula yang tidak mempunyai modal banyak. Apalagi jumlah kendaraan bermotor dari hari ke hari semakin bertambah dan menjadi target pasar yang potensial untuk bisnis tambal ban. Lokasi yang potensial untuk usaha tambal ban biasanya di tepi jalan raya atau jalan yang banyak dilalui kendaraan bermotor. Selain itu, bekali diri dengan kemampuan di bidang sehingga usaha tambal ban bisa melayani ganti oli atau servis motor.
  7. Warnet Game Online
    Sejak adanya internet, warnet sudah menjadi tempat yang umum didatangi. Biasanya yang datang ke warnet adalah kalangan pelajar yang membutuhkan internet untuk mengerjakan tugas. Namun, sejak menjamurnya , warnet beralih fungsi sebagai tempat untuk bermain game seperti Point Blank, DOTA, Starcraft, dan lain sebagainya. Warnet yang menyediakan layanan game online pasti banyak diburu oleh anak-anak dan remaja. Bahkan tak jarang orang dewasa turut bermain game online di warnet. Sama seperti usaha rental PS, usaha warnet game online sangat potensial untuk didirikan di lingkungan perumahan yang banyak penduduknya. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha warnet meliputi beberapa unit komputer yang dilengkapi jaringan internet seperti Indihome atau Speedy.
  8. Laundry
    Usaha laundry adalah usaha yang memiliki permintaan pasar yang tinggi. Usaha laundry biasanya didirikan di kota besar yang mana orang-orangnya sibuk sehingga tidak mempunyai waktu untuk mengurus kotor. Selain wilayah perkotaan, wilayah sekitar kampus yang banyak dihuni kos adalah wilayah yang potensial untuk mendirikan usaha laundry. Hal ini dikarenakan para mahasiswa terlalu sibuk dan malas untuk mencuci pakaian. Sehingga, mereka membutuhkan jasa laundry untuk membuat pakaian mereka selalu bersih, wangi, dan rapi tanpa harus membuang banyak tenaga. Usaha laundry memberikan keuntungan yang menggiurkan walau ini hanya mesin cuci dan setrika. Untuk menarik banyak konsumen, usaha laundry bisa menyediakan layanan antar dan jemput cucian.
  9. Usaha Potong Rambut
    Usaha potong rambut adalah usaha yang cocok untuk didirikan oleh pengusaha pemula karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Usaha ini memiliki prospek yang cerah karena permintaan pasar yang selalu tinggi. Ya, manusia selalu membutuhkan jasa potong rambut karena rambut mereka selalu tumbuh. Usaha potong rambut bisa dibuka di rumah dengan memanfaatkan ruang tamu, teras, atau lahan yang masih kosong di sekitar rumah. Peralatan yang dibutuhkan untuk usaha potong rambut meliputi gunting, kursi, dan clipper atau alat pemotong rambut. Jangan lupa untuk bekali diri dengan kemampuan mencukur rambut yang bisa dipelajari melalui video di Youtube. Usaha potong rambut adalah usaha yang menguntungkan karena tarif potong rambut semakin hari semakin mahal. Di beberapa tempat potong rambut, satu kepala akan dikenakan tarif mulai dari Rp 20.000,-.
  10. Kursus Bahasa Asing
    Bahasa asing sangatlah penting dalam mencari pekerjaan, terutama yang ingin bekerja di luar negeri. Oleh karena itu, jangan sia-siakan kemampuan berbahasa asing. Manfaatkan kemampuan bahasa asing sebagai tambang uang dengan menjadi instruktur bahasa asing. Beberapa bahasa asing yang sangat dibutuhkan pasar antara lain bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Jepang, bahasa Korea, dan bahasa Arab. Mendirikan kursus bahasa asing bisa memanfaatkan kamar kosong di rumah sebagai kelas. Jangan lupa sediakan kursi, meja, dan papan tulis. Selain itu, agar pembelajaran bahasa asing menjadi lebih mengasyikkan, sediakan pula LCD proyektor untuk menonton film.

Agen KUDO
adalah pilihan usaha modal kecil terbaik yang bisa dilakoni oleh . atau Kios Untuk awalnya adalah situs jual beli online yang menyediakan lapak berjualan kepada seluruh pengusaha digital yang ada di Indonesia. KUDO bisa diakses melalui alamat KUDO.co.id.KUDO memberikan peluang yang besar kepada seluruh pengusaha di Indonesia untuk meluaskan jangkauan pemasarannya. KUDO mengalami perkembangan dengan membuka peluang kepada seluruh warga Indonesia yang ingin memiliki sebagai KUDO. Tugas utama agen KUDO adalah melayani pembayaran secara offline para pembeli barang yang diperjualbelikan di KUDO. Selain itu, agen KUDO memiliki beberapa pekerjaan yang akan menambah pundi-pundi uang agen KUDO tersebut.

Agen KUDO melayani pembelian dan kuota internet untuk seluruh operator seluler di Indonesia. Bagi orang-orang yang menggunakan prabayar, tidak perlu khawatir jika habis karena ada agen KUDO yang melayani penjualan listrik. Berbagai macam yang harus dibayarkan ke instansi yang berbeda bisa dibayarkan di satu tempat, yaitu agen KUDO. Agen KUDO menerima pembayaran rekening listrik pascabayar, air, internet, , KPR, cicilan motor, dan kredit bank. Selain itu, bagi yang ingin membeli kereta api tetapi enggan pergi ke stasiun bisa membeli tiket kereta api di agen KUDO.

Tidak sulit untuk menjadi agen KUDO. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh melalui Google Play Store. Kemudian, ikuti langkah-langkah pendaftaran agen KUDO sesuai instruksi di aplikasi KUDO. Begitu akun agen KUDO berhasil dibuat lakukan investasi modal awal. Jangan dulu berpikiran bahwa investasi modal awal membutuhkan uang hingga jutaan Rupiah. Hal itu tidak berlaku di KUDO. Agen KUDO bisa melakukan pekerjaannya dan mendapatkan keuntungan berlipat ganda dengan melakukan investasi modal awal sebesar Rp 10.000,- saja. Tunggu apalagi, segera instal aplikasi KUDO di Anda dan daftar sebagai agen. Kesuksesan Anda dimulai dari sekarang.