11Nov

Peluang Usaha Rumahan 2017 Modal Kecil Menjanjikan Untung Besar

Peluang kecil bisa menjadi alternatif bagi ibu yang menginginkan lebih banyak waktu untuk dan keluarga, sekaligus turut membantu ekonomi keluarga. Sudah banyak terbukti jika ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar tidak kalah dari gaji menjadi seorang wanita karir. Sebutlah Indari Mastuti seorang ibu rumah tangga yang juga penulis dan pelopor Komunitas Ibu-Ibu Doyan , ia adalah salah satu contoh figur sukses dan banyak lagi contoh ibu-ibu yang tergabung komunitasnya sukses menjalankan ini.

 

Usaha Rumahan Modal Kecil Menjanjikan Untung BesarSumber: http://ibu2doyanbisnis.blogspot.co.id/

Saat ini berkat berkembangnya teknologi yang begitu pesat rumahan semakin menggurita. Hasilnya pun sudah tidak bisa dipandang sebelah mata. Perputaran keuangan bisnis ini sudah bisa menyaingi usaha kecil menengah. Seiring waktu pun terus tumbuh subur di berbagai lapisan masyarakat. Ada banyak faktor yang mendukung pertumbuhan pesatnya di , diantaranya yaitu:

  1. Keluarga
    Banyak di antara wanita muda membangun karir sebelum menikah di perusahaan atau instansi. Namun setelah menikah dan mempunyai anak, mereka akhirnya memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya karena ingin merawat anaknya dan fokus mengurus keluarga. Mereka lebih memilih anak daripada karirnya. Mereka ingin melihat pertumbuhan anaknya dan langsung terjun merawat dan mendidik anaknya. Kemudian, mereka pun untuk tetap menambah pendapatan keluarga menjalankan usaha.
  2. Waktu
    Bekerja kantoran umumnya sangat banyak menyita waktu dan membuat waktu untuk keluarga sangat terbatas. Selain itu bekerja kantoran juga tidak fleksibel dalam pengaturan waktu, bahkan termasuk untuk izin cuti dan sebagainya. Belum lagi jalanan di perkotaan yang sangat macet membuat harus berangkat lebih pagi dan pulang dengan terpaksa sampai malam karena lamanya di perjalanan akibat macet. Bagi kebanyakan orang ini sangat tidak efektif dan membuat mereka tertarik untuk memutuskannya.
  3. Perkembangan teknologi
    Teknologi tumbuh begitu sangat pesat. Saat ini hampir semua orang mempunyai telpon pintar dari berbagai lapisan masyarakat. Bahkan di pelosok daerah pun saat ini juga sudah memiliki berbagai akun , dari Facebook, Twitter, hingga Instagram, dan eksis menggunakan berbagai media sosial itu. Tentu saja itu akhirnya menjadi ceruk pasar yang sangat menjanjikan bagi para wirausahawan yang mempunyai insting bisnis.
  4. Pola kerja
    Bekerja di manapun pastinya akan terikat dengan berbagai aturan kantor. Pola kerja sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh bos. Mau tidak mau sebagai pekerja harus mengikuti keinginan bos. Sewaktu-waktu jika ada kesalahan pasti bisa kena marah bos. Bahkan terkadang kalau bos merasa stres meski tidak melakukan kesalahan pun juga bisa kena amarah bos, sebagai pelampiasan kemarahannya. Terkadang suasana dan pola kerja semacam itu membuat banyak yang tidak betah bekerja di kantor. Karena dengan begitu, yang mengatur kerja adalah diri sendiri. Bosnya adalah diri sendiri. Tidak akan ada pelampiasan amarah. Umumnya stress pun jadi bisa dikontrol lebih baik.
  5. Penghasilan
    Yang menentukan penghasilan bisa dikatakan diri sendiri. Memang penghasilan bisa lebih kecil dari gaji kantoran kalau masih awal dan kurang disiplin. Namun peluang untuk mendapatkan jauh lebih besar dari gaji kantoran juga terbuka lebar, jika sudah tahu polanya, sudah banyak pelanggan, dan brand yang dijual sudah dikenal.

Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Pernah suatu kali dalam sebuah seminar almarhum Bob Sadino ditanya oleh seorang peserta. “Om, usaha apa yang bagus?” sambil tersenyum pemilik Kem Chicks yang akrab disapa Om Bob itu menjawab, ”usaha yang bagus adalah yang dibuka. Bukan ditanyakan terus!”

Tidak jauh berbeda dengan pertanyaan yang diungkapkan oleh peserta seminar dan jawaban dari Om Bob. “Usaha rumah apa yang menjanjikan?” Jawabannya adalah “semua usaha rumahan yang dibuka dan dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Bukan hanya ditanyakan!”

Jadi penting ditanamkan dalam hati oleh siapa saja yang ingin membuka itu, bahwa harus berani melangkah untuk membuka usahanya, dan kemudian juga berani berkomitmen untuk menjalankan usaha itu hingga sukses. Pasalnya, keberanian membuka usaha tidak mudah dilakukan oleh kebanyakan orang. Dan tekad untuk sungguh-sungguh menjalankan usaha tidak semua pengusaha pemula memilikinya.

Menurut founder Rumah Perubahan, Rhenald Kasali dalam bukunya, “50 Usahawan Tahan Banting” menyebutkan setidaknya ada 5 kunci sukses menjadi wirausaha, yaitu:

  1. Kejar Reputasi
    Kalau ingin menjadi wirausaha sejati, Rhenald menyarankan agar: mulailah dengan reputasi. Jadi jangan kejar uangnya, tetapi bangunlah nama baik, keahlian, kepercayaan, kualitas, jaringan, dan harga diri. Selanjutnya jika sudah dikenal, tentu yang akan datang mengejar.
  2. Tumbuh dari bawah
    Umumnya bisnis yang tumbuh dari bawah, dari kecil dahulu, dan penuh kedisiplinan ditumbuhkan secara bertahap, akan membuat bisnis memiliki pondasi kuat. Kalau ada masalah yang tiba-tiba muncul, pemilik atau manajer bisa menghadapinya dengan tenang dan dapat mencari solusi yang tepat untuk bisnis agar tetap berdiri kokoh. Berbeda halnya dengan bisnis yang tumbuh dengan sangat cepat dan besar secara instan. Umumnya sangat rentan hancur karena tidak memiliki pondasi yang kuat. Saat diterpa masalah bisa langsung hancur seketika.
  3. Konsentrasi pada bisnis yang dikuasai
    Para wirausaha sejati pada umumnya mereka memulai bisnis berdasarkan dengan bidang yang dikuasai dan disukainya. Bisa dari hobi yang sudah lama digeluti dan dijalani dengan penuh penjiwaan. Atau berdasarkan pengalaman kerja sebelumnya. Lalu mereka fokus menjalankannya dengan penuh tanggung jawab dan sangat profesional. Sangat jarang atau bahkan tidak ada seorang wirausaha sukses menjalankan usaha yang tidak dikuasainya sama sekali.
  4. Anti Kerumunan
    Penyakit umum para pengusaha atau pebisnis pemula adalah latah. Seringkali mereka mudah untuk mengikuti atau ikut-ikutan bisnis tertentu karena latah melihat kesuksesan teman, saudara, atau tetangganya. Pada akhirnya bisa dipastikan, semua pengekor atau yang berawal dari hanya sekadar latah tidak akan berhasil dalam usia yang lama. Ikut masuk dalam kerumunan sebenarnya juga sangat beresiko. Karena berebut dengan banyak pemain, lalu susah keluar, dan kemungkinan bisa babak belur.
    Lebih baik membuka usaha baru di bidang baru yang belum banyak digarap orang. Atau kalau pun bidang itu sudah ada banyak pemainnya, bisa memakai inovasi baru yang belum atau jarang dilakukan oleh pengusaha lain. Bisnis baru memiliki peluang besar untuk menjadi besar dan jika Anda pionir akan tetap berada di atas jika ada yang mengikuti jejak bisnis Anda.
  5. Modal hanyalah pelengkap
    Modal seringkali dijadikan momok bagi para pengusaha pemula. Idealnya punya modal uang memang lebih baik. Tapi modal uang bukanlah segala-galanya. Orang-orang sukses tidak melulu memulai usahanya dengan modal dari bank. Modal lain yang sama pentingnya dengan modal uang adalah keahlian, jaringan, nama baik, penguasaan teknologi, pengetahuan mengenai pasar dan lain sebagainya. Pada prinsipnya, modal uang hanyalah pelengkap. Bank pun juga cerdik dalam membedakan mana nasabah potensial dan tidak. Nasabah potensial tidak akan membangun usahanya dari modal pinjam uang bank seratus persen.

Ide Bisnis Rumahan

Ada banyak yang bisa dijalankan oleh siapa saja. Termasuk Anda yang membaca artikel ini. Berikut ini beberapa ide yang dibagi dalam dua kategori bisnis rumahan; offline dan online—yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai inspirasi untuk memulainya.

  1. Usaha rumahan offline
    Diantara banyaknya jenis offline yang bisa dijalankan diantaranya yaitu;

    • Usaha warung makan
      Prospek usaha warung makan bisa menjadi alternatif pilihan sebagai usaha offline yang menguntungkan. Bagaimana tidak? Anda tidak perlu menyewa tempat untuk membuka usaha, karena bisa menggunakan rumah bagian depan atau samping tinggal didesain menjadi warung makan. Pasarnya sudah jelas, semua rumah tangga yang ada di area rumah tempat tinggal Anda. Dan beruntung sekali jika rumah Anda di daerah kos-kosan dekat kampus atau pabrik besar, karena pada umumnya mereka tidak memasak sendiri, dan makan di warung makan. Tentunya warung makan Anda akan berpeluang laris manis setelah dibuka.

      Sumber: hotel-management.binus.ac.id

      Usaha warung makan juga tergolong dengan modal uang yang dikeluarkan paling hanya sekadar untuk membeli bahan menu makanannya. Ada pun modal utama usaha ini adalah skill memasak Anda. Semakin Anda terampil membuat sajian menu makanan enak, maka peluang sukses akan semakin besar.

    • Makanan ringan atau kue

      Sumber: usahafleksibel.blogspot.com

      Usaha makanan ringan atau kue juga cukup menarik untuk digeluti. Pasalnya usaha ini termasuk usaha rumahan dengan modal sedikit tapi hasilnya cukup menarik dan perputaran keuangan cenderung stabil. Bagaimana tidak? Masyarakat di Indonesia dari sejak dulu sudah mempunyai kebiasaan ngemil di luar jam makan utama. Karena itulah, umumnya setiap keluarga di atas mejanya ada kue kering atau kue basah.

      Makanan ringan itu dimakan untuk menemani ngobrol atau nonton TV. Bahkan seringkali di meja kerja juga disediakan aneka cemilan untuk menemani kerja. Jadi tidaklah mengherankan jika kemudian aneka makanan ringan yang dijual di kios-kios atau di minimarket laris manis dan cepat habis. Tentunya ini menjadi peluang emas untuk digeluti.Modal utama usaha ini bisa dikatakan adalah skill Anda dalam membuat kue dengan cita rasa yang mampu menggoyang lidah konsumen. Semakin enak kuenya peluang suksesnya sangat besar. Dan menariknya lagi, untuk menjual kue atau makanan ringan Anda pun tidak sulit. Tinggal dititipkan di warung-warung kelontong, dan jika rumah Anda lokasinya strategis, bisa langsung diletakkan di etalase di depan rumah sebagai display. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk penjualan dan promosinnya.

    • Catering
      Masih juga bisnis rumahan bidang kuliner yang bisa juga dijalankan adalah usaha catering. Meski mungkin secara teknis menjalankan bisnis ini cenderung lebih agak sulit dibandingkan dengan rumahan lain. Namun catering bisa dikatakan termasuk usaha rumahan tanpa modal yang menjanjikan. Dikatakan tanpa modal karena umumnya saat ada yang pesan catering untuk keperluan sebuah acara, si pemesan harus bayar 50persen dari total harga menu yang dipesan. Padahal keuntungan dari bisnis makanan bisa hingga mencapai tiga bahkan empat kali lipat dari biaya produksi. Itu artinya, bahan mentah sudah langsung dibiayai oleh si pemesan. Jadi Anda tinggal membeli bahan mentah dan memproduksinya.

      Sumber: iklan.klaten.info

      Ada pun usaha ini dikatakan menjanjikan karena peluangnya cukup besar. Umumnya di berbagai acara seperti acara khitanan, pernikahan, ulang tahun, hingga hal-hal seputar bisnis saat ini sangat membutuhkan kehadiran catering. Jadi Anda tinggal bagaimana bisa mengambil peluang itu dengan baik melalui promosi. Dan untuk awal bisa Anda promosikan terlebih dahulu mulai dari skala terkecil ke kerabat, tetangga, dan juga kolega. Jika Anda mampu memberikan service yang baik kepada pemesan dengan menu yang special, enak, dan berkualitas, hingga pemesan puas, promosi dari mulut ke mulut umumnya sudah pasti akan berjalan sendiri. Tinggal Anda menjaganya kualitas servicenya dengan baik sampai menjadi catering besar.

    • Sewa kamar kos

      Sumber: www.olx.co.id

      Jika kebetulan rumah Anda di area lokasi strategis seperti dekat kampus, sekolahan, atau area tempat kerja, dan mempunyai kamar kosong, bisa membuka sewa kamar kos. Usaha ini juga cukup menarik, ibarat kamar kosong sudah ada tinggal tempel iklan atau pamflet di depan pagar rumah bahwa menerima anak kos pasti yang membutuhkan akan datang sendiri. Namun tentunya banyak sedikitnya uang yang didapatkan terbatas dari berapa banyak kamar kosong di rumah Anda yang bisa dijadikan kosan.

    • Jasa penitipan anak

      Sumber: penitipananaktulungagung.wordpress.com

      Saat ini usaha jasa penitipan anak juga banyak diminati di Indonesia. Terutama di perkotaan. Orang-orang kota yang sibuk bekerja mereka butuh mempercayakan anak mereka kepada orang yang tepat. Dan umumnya jasa penitipan anak menjadi salah satu pilihan mereka. Usaha ini menariknya memang tidak perlu mengeluarkan modal, namun Anda tentu harus banyak belajar bagaimana untuk menjaga anak dan pintar membuat anak agar gembira, tidak BT, dan nyaman. Mengetahui psikologi perkembangan anak dan juga tipologi kepribadian sangatlah penting, selain juga mempersiapkan berbagai macam mainan.

    • Bimbingan belajar
      Bimbingan belajar atau sering disingkat BIMBEL juga menjadi salah satu alternatif usaha rumahan yang menarik. Terlebih jika Anda menguasai ilmu eksak seperti matematika, fisika, kimia, dan sebagainya. Karena banyak sekali orang tua yang menyerahkan anak-anak mereka untuk mendapatkan Bimbel terutama mata pelajaran itu agar anak bisa lulus Ujian Nasional atau mendapatkan nilai yang bagus. Usaha Bimbel juga mudah menjalankannya. Ibarat tanpa modal, karena modal utama adalah penguasaan Anda terhadap materi pelajaran, tinggal membuat pamflet membuka bimbingan belajar orang tua akan datang ke tempat Anda untuk mendaftarkan anaknya.
    • Jasa laundry
      Usaha jasa laundry saat ini sudah begitu menjamur karena banyaknya. Namun usaha ini tetap bisa menjadi alternatif untuk bisa dilakukan. Terlebih jika tempat Anda di daerah kampus, perumahan, dan juga tempat perkantoran atau pabrik. Pasalnya kebanyakan di area itu mereka lebih suka menggunakan jasa laundry dibandingkan mencuci pakaian sendiri. Umumnya karena keterbatasan waktu menjadi alasan mereka untuk memilik laundry selain juga alasan lebih mudah.

    Selain yang disebutkan itu semua, sebenarnya masih ada banyak lagi alternatif usaha rumahan yang bisa dilajalankan, seperti; jasa menjahit pakaian, menjual pulsa atau voucher elektrik, menjual aksesoris, jual kosmetik, salon kecantikan, jasa pangkas rambut, jasa servis elektronik, jasa perawatan, kerajinan tangan, toko bunga, loket pembayaran, dan lain sebagainya.

  2. Usaha rumahan online
    Pada umumnya semua yang telah disebutkan sebelumnya sebenarnya juga bisa dilakukan dengan sistem penjualan atau promosinya. Namun, ada usaha rumahan yang memang hanya bisa dijalankan dengan online. Di antara keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri-sendiri. Kelebihan utama cenderung lebih mudah dijalankan. Jaringan pasar online pun juga lebih luas sehingga ceruk pasarnya lebih banyak. Namun usaha online hingga saat ini memang tingkat kepercayaannya masih bisa dikatakan belum semaksimal seperti offline, karena masih ada banyak oknum yang melakukan penipuan dengan kedok .Berikut ini adalah beberapa alternatif bisnis online yang bisa dijalankan:

    • Toko online
      Saat ini telah menjadi trend di dunia termasuk juga di Indonesia. eBay Indonesia mengumumkan nilai belanja e-commerce dari Indonesia pada 2008 telah mencapai US$ 3,4 miliar atau sekitar Rp.35 triliun (VivaNews, 15 Mei 2009). Rhenald Kasali dalam bukunya “Cracking Zone” menyebut nilai itu sangat besar, bahkan hampir tidak masuk akal. Pasalnya proyek insfrastruktur jalan kereta api dari Bandara Cengkareng ke tengah kota Jakarta saja hanya dibutuhkan Rp. 4 triliun. Itu artinya nilai transaksi ecommerce Indonesia pada tahun 2008 sudah mencapai 9 kali lipat pembangunan infastruktur penting seperti jalan kereta api. Bayangkan bagaimana jumlah transaksi ecommerce di Indonesia tahun ini yang pengguna internetnya berlipat lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Tentunya usaha hasilnya sangat menjanjikan. Menariknya, bisa dikatakan toko online adalah alternatif dari modal kecil . Pasalnya, untuk berbisbis toko online tidak mengharuskan Anda langsung mempunyai produk sendiri. Bagi Anda yang belum mempunyai produk, tetap bisa berbisnis toko online dengan sistem dropship. Selain itu Anda juga bisa menjadi agen toko online ternama, misalnya seperti KUDO.Kios Untuk Dagang Online

      Sumber: www.kudo.co.id

      Kios Untuk Dagang Online

      Sumber: www.kudo.co.id

      Cara mendaftar menjadi sangatlah mudah. Dan yang paling menarik adalah dengan menjadi agen KUDO Anda bisa dapatkan keuntungan komisi hingga 70%. Semua penjelasan lebih lengkap tentang menjadi agen dan komisi yang ditawarkan ada di website.

    • Publisher adsense
      Memang agak lebih rumit prosedur menjalankan usaha publisher adsense, namun hasilnya juga tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan bisnis online lainnya. Terbukti sudah banyak sekali yang menjalankannya dan sukses hingga mampu meraup keuntungan jutaan, puluhan, bahkan ratusan juga rupiah dari bisnis ini.Cara menjalankan bisnis publisher adsense Anda harus mempunyai website atau blog dan mempunyai visitor yang banyak. Lalu daftarlah menjadi publisher adsense. Ada pun setelah terdaftar tugas Anda adalah mendatangkan traffik sebanyak–banyaknya ke blog dan memberikan space iklan dari google di blog Anda. Pendapatan Anda akan dihitung setiap klik iklan yang tampil di blog. Seperti itulah alur kerjanya.
    • Usaha affiliasi
      Cara kerja usaha affiliasi adalah menjual produk orang lain melalui internet dan kemudian pemilik produk akan memberikan komisi sesuai dengan produk yang berhasil Anda jual. Produk yang dijual bisa bervariasi bentuknya, baik produk fisik maupun berupa produk digital. Modal utama yang diperlukan dalam bisnis ini adalah keahlian dan keterampilan internet marketing.
    • Reseller produk
      Saat ini banyak sekali toko online yang membuka kerjasama menjadi reseller. Anda bisa mencarinya via mensin pencari google. Syarat untuk menjadi reseller toko online pun antara satu dengan yang lain berbeda-beda. Tergantung dari kebijakan pemilik toko. Umumnya syaratnya tidak terlalu rumit, dan relatif kecil kalaupun harus mengeluarkan modal untuk membeli produk sebagai prasyarat menjadi reseller. Namun menariknya, menjadi reseller jika produknya memang sudah terkenal peluangnya sangat besar untuk mudah menjual dan mendapatkan keuntungan banyak.
    • Penulisan artikel
      Seiring dengan banyaknya orang yang berbisnis adsense peluang jasa membuat artikel berkualitas juga menjadi besar. Karena itulah saat ini usaha penulisan artikel juga menjadi usaha rumahan yang cukup potensial. Menariknya, untuk menjalankan bisnis ini bisa dikatakan tidak perlu modal. Modal utama Anda hanya skill membuat artikel. Semakin Anda mahir membuat artikel semakin berpeluang mendapatkan project banyak, tinggal pintar-pintar Anda bagaimana berpromosi di media online untuk menarik pelanggan.
    • Pembuatan website
      Website saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi usaha apa pun. Karena website sudah diibaratkan sebagai kantor bayangan di media online. Semakin professional sebuah perusahaan, pasti memiliki website bagus. Begitu pun juga semakin orang professional dalam bidang tertentu bisa dipastikan memiliki website pribadi. Karena itulah, jasa pembuatan website saat ini sangat dibutuhkan. Peluang usaha ini pun sangat menjanjikan.Kios Untuk Dagang Online

      Sumber: http://www.websitekeren.com/

      Tentu saja modal utama dari usaha ini adalah keterampilan dan keahlian Anda membuat wabsite. Selanjutnya, yang menunjang kesukesan bisnis ini adalah bagaimana keahlian Anda dalam menjual jasa atau promosi melalui internet.

    • Buzzer
      Buzzer sebenarnya merupakan istilah yang mengacu kepada sebuah komponen elektronika yang berfungsi untuk mengubah getaran listrik menjadi getaran suara. Namun, saat ini istilah buzzer juga sudah jamak dimaknai sebagai jasa memberi rekomendasi mengenai produk-produk yang diiklankan dengan cara meng-tweet informasi di akun Twitter.Kios Untuk Dagang Online

      Sumber: http://idbuzznetwork.com/

      Buzzer saat ini sudah dijadikan profesi yang diminati oleh para pengguna media sosial karena dianggap menjanjikan. Pasalnya imbalannya cukup menarik dan hanya bermodalkan keahlian jago berkicau di Twitter bisa mendapatkan uang.

      Bisnis ini bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan usaha online. Relatif mudah menjalankannya, aman, dan tanpa modal. Modal utamanya hanya akun di Twitter yang memiliki jumlah follower besar dan banyak.

    • Pengelola media sosial
      Media sosial saat ini tidak hanya sekadar menjadi media sosialiasi di media online. Namun sudah berfungsi kompleks, termasuk menjadi tools media untuk personal branding. Karena itulah, pengelolaan media sosial sudah tidak hanya sekadar buat mengupload foto atau status saja. Lebih dari itu dikelola dengan professional untuk membuat citra seseorang positif sehingga bisa meningkatkan reputasi di bidang profesionalnya.Menariknya, seringkali orang-orang profesional atau tokoh-tokoh ternama tidak ada waktu untuk mengelola media sosialnya karena keterbatasan waktu dan kesibukan. Dan hal itu menuntut mereka untuk meminta seseorang mengelola media sosial mereka dengan imbalan uang. Fenomena ini pun sekarang akhirnya menjadi ceruk pasar usaha tersendiri. Bahkan sudah banyak orang yang akhirnya berprofesi sebagai pengelola media sosial. Kelebihan bisnis ini bisa dikatakan tanpa modal, dan imbalan uang yang didapatkan pun berpeluang besar.
    • Jasa pengetikan dan penerjemah
      Sebenarnya jasa pengetikan dan penerjemah bisa juga dijalankan secara offline, namun tidak ada salahnya jika dijalankan secara online, karena tentu ceruk pasarnya akan semakin luas. Bisnis ini meski sudah umum namun masih cukup memiliki pasar yang menjanjikan. Karena banyak orang yang masih membutuhkan jasa pengetikan karena kesibukan atau karena gaptek. Terlebih jasa penerjemah. Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak yang membutuhkan jasa ini. Termasuk untuk kebutuhan pendidikan maupun bisnis.

Setelah membahas usaha rumahan dari sisi peluang dan ide-ide yang bisa dijalankan, baik online maupun offline, bahkan dari yang bermodal ‘dengkul’ alias tanpa modal, sampai yang modal besar, mungkin Anda sudah tergambar bagaimana akan menjalankannya. Selanjutnya, selamat mencoba. Semoga sukses! (*)

Sumber gambar: http://www.freepik.com/

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Wirausahawan
https://id.wikipedia.org/wiki/Usaha_Kecil_dan_Menengah

Oleh Tim Media Reputasi

13 thoughts on “Peluang Usaha Rumahan 2017 Modal Kecil Menjanjikan Untung Besar

  1. Plaza Bisnis Reply

    Dengan meningkatnya penetrasi internet di Indonesia, industri e-commerce otomatis juga kecipratan dampaknya ya. Karena dengan mudahnya akses internet, orang lebih suka belanja online.

    Nah, jika jeli, ini adalah zamannya kesempatan bagus buat orang-orang yang pintar cari peluang. Salah satunya ya bisnis online, terlebih sudah banyak ilmu gratis bisa dicari di internet. 🙂

    1. kudo Reply

      nah disitu lah peluang kita untuk mencari keuntungan dari orang-orang yang suka belanja online, dengan aplikasi kudo kamu bisa berjualan tanpa perlu pusing mikirin stok barang dan pengiriman

  2. tino Reply

    Yup,,, semoga aja sukses ama usaha kecil-kecilan hingga nanti menjadi usaha yang besar,,,
    Saya baru memulai menulis artikel heheh

    1. kudo Reply

      semua berawal dari kecil dulu, slow but sure!
      Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit

  3. Bai Ruindra Reply

    Dari dulu saya ingin punya rumah kos yang murah meriah untk anak kuliah 🙂

  4. Rodame Napitupulu Reply

    Saya selalu yakin, yg namanya wirausaha itu jauh lbh baik drpd kerja sama org, makasih buat tipsnya.

  5. Ficky Septian Ali Reply

    Saya juga sedang membangun bisnis rumahan. Meskipun hasilnya belum seberapa tapi ini menyenangkan.

  6. Juniawan Arif Reply

    Bener. Jasa pembuatan website prospeknya bagus. Saya juga ingin terjun 100% disitu. 🙂

  7. Ila Rizky Reply

    Bener itu, bang. Kalau bikin usaha yang unik biasa mudah dapat segmen pembeli. Tapi kesulitannya itu mengenalkan produk barunya. Jadi harus sering sounding ke konsumen dengan ngasih product knowledge.

    1. kudo Reply

      karena sesuatu yang baru itu harus diperkenalkan dan diedukasi sis 🙂

  8. Ery Udya Reply

    Aku juga lagi buka usaha kecil-kecilan, biar nanti pas keluar dari tempat kerja orang udah enggak kaget dan bingung mau ngapain.

  9. Munasyaroh Reply

    Saya dirumah mendirikan bimbel, tpi bukan untuk bisnis. Tujuannya buat membantu anak-anak sekitar dan orang tuanya.
    Klo menulis online itu baru bisnis saya

  10. Rio JS Reply

    Walaupun cuma jadi penulis di blog blog orang dan dapet 5rb pertulisan karena masih amatir tapi that is my job dan saya bangga punya kerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *