19Dec

Peluang Usaha Sampingan Terbaru Modal Kecil Untung Besar Menjanjikan

Ada fakta menarik dari karyawan kantoran yang jarang diketahui banyak orang, yaitu masalah pendapatan dan waktu luang. Pada dasanya, rata-rata orang kantoran memiliki gaji awal yang kecil dan punya banyak waktu luang. Sayangnya, sebagian besar dari mereka kurang atau bahkan tidak sama sekali memanfaatkan waktu luang tersebut secara optimal, misalnya dengan mengubah waktu luang menjadi uang.

Maksudnya adalah dari banyaknya waktu luang yang karyawan miliki – terutama karyawan baru – bisa dimanfaatkan untuk menjalankan usaha sampingan yang bisa dijadikan pendapatan tambahan. Usaha ini bahkan bisa dijadikan rencana keuangan jangka panjang jika diseriusi. Anda tidak selamanya menjadi karyawan kantoran, bukan? Salah satu cara menyambung hidup di hari tua adalah dengan berbisnis yang bisa dimulai dengan menjalankan usaha kecil-kecilan sebagai sampingan dengan modal yang minim, namun menguntungkan.

Usaha sampingan ini menarik untuk dijalani. Secara umum, sebenarnya tidak ada istilah gagal dalam menjalankan usaha ini, karena judulnya saja sudah ‘sampingan’. Jadi, usaha atau bisnis yang dijalankan memang hanya sebatas penghasilan tambahan. Bisa dikatakan, usaha sampingan ini secara garis besar termasuk dalam skala kecil. Namun, dari sekadar iseng dan kecil-kecilan, jika Anda bersungguh-sungguh dna serius menjalankannya, tentu bisa juga menjadikannya lebih besar. Nah, jika Anda ingin menjalankan bisnis sampingan, namun masih terkendala oleh kebingungan dalam memilih usaha yang akan dijalankan. Berikut ini kami berikan pada Anda beberapa rekomendasi bisnis sampingan yang bisa Anda jalani sembari bekerja, bahkan sekolah.

Rekomendasi Usaha Sampingan

Anda yang ingin memulai usaha sampingan bisa mencari beberapa referensi usaha yang akan dijalankan terlebih dahulu sebelum memulainya. Kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi untuk Anda tentang bisnis sampingan dengan modal kecil, namun tetap menguntungkan. Yuk, simak beberapa yang sudah kami rangkum.

  • Bisnis Pulsa

Bisnis pulsa adalah salah satu contoh bisnis yang bisa dilakukan secara leluasa. Sebab, bisnis ini bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, dan tidak membutuhkan modal yang banyak. Sehingga, mulai dari karyawan, pelajar, hingga Ibu rumah tangga bisa menjadikan bisnis ni sebagai usaha sampingan. Apalagi, bisnis pulsa termasuk bisnis yang mudah dijalankan dan tergolong menguntungkan prospeknya karena akan terus dibutuhkan banyak orang. Untuk langkah awal, Anda tidak perlu menyewa tempat atau membangun gerai/konter. Anda hanya promosi dari mulut ke mulut jika Anda menjual pulsa. Percayalah, bisnis ini pasti laku selama orang-orang masih membutuhkan kuota internet untuk browsing.

  • Jasa Desain Grafis

Memang tidak sembarang orang bisa menjalankan usaha sampingan yang satu ini. Sebab, dibutuhkan keahlian mengoperasikan beberapa software desain yang tidak semua orang mampu. Di sela-sela pekerjaan utama Anda, Anda yang memiliki kemampuan desain grafis bisa menawarkan jasa ke rekanan yang Anda kenal. Di dunia yang serba digital ini, jasa desain grafis sangat dicari banyak orang. Misalnya, untuk membuat logo, kartu nama, baju, poster, interior, dan semacamnya.

  • Buka Les Privat

Tak hanya mudah, bisnis ini memiliki jam kerja yang fleksibel dan bisa disesuaikan dengan waktu Anda. Jelas, bisnis ini sangat cocok untuk dijadikan sampingan. Apalagi, jenis usaha sampingan yang satu ini cukup banyak dicari, terutama apabila mendekati masa ujian sekolah. Anda bahkan bisa membuka les privat sesuai dengan kemampuan Anda, tidak hanya pelajaran-pelajaran formal saja. Misalnya, Anda yang jago music atau desain bisa membuka les privat musik atau desain yang semakin banyak dicari. Anda bisa membuka privat ini di rumah saja atau mendatani langsung murid Anda, tentu harganya berbeda. Waktu pengajarannya bisa disesuaikan dengan Anda, misalnya setelah pulang kerja atau pada hari libur.

  • Jasa Ketik

Bisnis ini umumnya paling laku disekitar kampus. Sebab, banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa pengetikan ini untuk penulisan tugas kuliah, artikel, skripsi, hingga tugas lainnya. Hanya dengan mengetik, Anda bisa mendapatkan uang yang lumayan. Jika Anda pekerja kantoran, Anda bisa menawarkan jasa ini pada junior Anda saat kuliah. Bisnis ini tidka membutuhkan modal besar, Anda hanya perlu memiliki perangkat, seperti komputer atau laptop, kertas HVS, dan lain sebagainya. Anda juga harus memiliki kemampuan pengetikan expert atau cepat dengan 10 jari, karena biasanya deadline yang ditetapkan klien, ketat.

  • Penerjemah

Anda menguasai bahasa asing? Manfaatkan secara maksimal keahlian langka tersebu dengan menawarkan jasa penerjemahan. Ada dua jenis penerjemah, yaitu penerjemah profesional dan pemula. Penerjemah profesional biasanya bekerja di bawah sumpah dan harganya jelas relatif lebih tinggi. Sedangkan, penerjemah pemula, biasanya mengambil order yang lebih ringan, seperti penulisan artikel bahasa, skripsi, makalah, menerjemahkan application letter untuk beasiswa, dan sebagainya. Jika Anda memiliki kehalian lebih dari satu bahasa atau dikenal dengan sebutan polyglot, tentu akan lebih memuaskan lagi hasilnya.

  • Jasa Titip Beli

Anda yang gemar dengan traveling bisa membuka bisnis jasa titip beli yang bisa Anda tawarkan ke follower media sosial Anda atau teman-teman terdekat. Terkadang ada beberapa barang yang memang sulit didapatkan di wilayah Anda tinggal. Nah, dengan kemajuan dunia online ini, bisnis jasa titip beli semakin diminati. Anda bisa menawarkan jasa melalui sosial media.

  • Menjadi Agen

Usaha sampingan lainnya yang cukup menguntungkan adalah dengan menjadi agen. Anda bisa menjadi agen asuransi yang tidak mengikat, tidak butuh modal, hanya perlu cekatan dan kedisiplinan menjalankan bisnis ini. Selain agen asuransi, Anda juga bisa mencoba menjadi agen Umroh dan Haji. Antrean haji yang sedemikian lamanya bisa dilihat sebagai peluang Anda. Anda bisa membantu para calon jamaah melancarkan impiannya untuk ibadah, juga bisa mendapatkan komisi dari pemilik biro umroh. Bahkan, tidak jarang Anda mendapatkan bonus ikut ibadah Umroh atau Haji.

Bicara soal menjadi agen, Anda juga bisa mengikuti program #MajuinWarung bersama Kudo. Jika Anda sebagai Pejuang Warung, Anda wajib mengkampanyekan tentang pentingnya peran warung tradisional dan UKM Indonesia dalam kelangsungan ekonomi Indonesia. Jangan salah, kegiatan ini termasuk usaha sampingan yang menguntungkan, lho. Sebab, dengan anda menjadi Pejuang Warung, Anda menjadi bagian nyata dalam memajukan perekonomian lewat warung tradisional dan Anda sebagai Pejuang Warung akan mendapatkan bonus berupa saldo OVO Cash 50 ribu, setiap kali mendaftarkan warung untuk bergabung menjadi agen Kudo.

Sementara, keutungan untuk toko kelontong atau warung yang bergabung menjadi agen Kudo bisa mendapatkan berbagai macam keuntungan. Warung jadi bisa membuka layanan tambahan, seperti jualan pulsa, token listrik, ppob, dan lainnya. Selain itu, warung jadi lebih mudah menyetok barang, bisa menawarkan berbagai macam produk selain yang ada di warungnya melalui aplikasi Kudo, hingga mendapatkan modal usaha tambahan. Menarik, bukan? Yuk, gabung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *