22Dec

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Terbaru Tanpa Modal Untung Besar

Seorang wanita yang telah menikah otomatis mengemban tugas baru sebagai seorang ibu rumah tangga. Ada yang memutuskan untuk fokus menjadi ibu rumah tangga dan meninggalkan pekerjaan sebagai karyawan dan ada pula yang memutuskan untuk tetap berkarir. Keduanya punya nilai positif dan negatifnya masing-masing yang bisa disesuaikan dengan keinginan tiap wanita. Ibu rumah tangga yang memutuskan tinggal di rumah bukan berarti tidak punya pilihan selain mengurus urusan domestik. Ada usaha sampingan ibu rumah tangga yang tetap dapat membuat Anda produktif namun semua urusan rumah tetap tertangani.

8 Jenis Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menggiurkan

Ibu rumah tangga tentunya tak lepas dari rasa jenuh jika mengerjakan pekerjaan yang monoton setiap harinya. Rasa jenuh ini biasa diatasi salah satunya dengan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang bisa mengalihkan pikiran sehingga dapat lebih produktif. Berikut ini beberapa jenis usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa Anda coba di rumah:

  • Produksi dan jual kue kering

Kalau Anda punya bakat di bidang bakery  maka tak ada salahnya untuk memanfaatkan kemampuan Anda tersebut. Anda bisa coba untuk membuat aneka resep kue-kue kering yang menarik untuk kemudian dipasarkan. Cobalah untuk melihat-lihat tren kue yang sedang hits di pasaran untuk kemudian di duplikasi atau bahkan ditambahkan inovasi-inovasi unik yang berbeda. Anda bisa mengemas kue kering dalam kemasan yang menarik sehingga mampu meningkatkan nilai jual produk Anda.

Anda bisa mulai memperkenalkan produk kue Anda ke orang-orang di sekitar seperti keluarga atau tetangga untuk menarik konsumen baru. Cobalah untuk konsisten dalam menjalankan bisnis kue kering ini agar usaha dapat terus berkembang menjadi semakin besar.

  • Menerima pesanan katering

Selain membuat kue-kue, pasti sebagian dari Anda ada pula yang memiliki bakat dalam memasak aneka hidangan. Kemampuan ini pun bisa jadi nilai tambah tersendiri untuk diri Anda. Anda bisa memulai usaha makanan seperti menerima jasa katering. Tentu saja awalnya Anda perlu memperkenalkan masakan Anda ke khalayak umum. Cara memperkenalkan produk ini bisa melalui kegiatan seperti arisan dan semacamnya. Tawarkan diri Anda untuk menyediakan makanan untuk acara tertentu dan jika banyak orang yang merasa cocok dengan hidangan Anda bukan tidak mungkin pesanan akan mulai berdatangan.

Dalam menjalankan usaha katering ini penting untuk selalu mengutamakan kualitas dari makanan. Hanya gunakan bahan-bahan makanan yang berkualitas, bersih dan sehat agar kualitas makanan jadi pun tetap terjamin. Keanekaragaman menu serta teknik pengemasan juga perlu jadi perhatian penting ketika Anda terjun di bisnis makanan ini.

  • Menerima pesanan jahitan

Keterampilan lain yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah adalah keterampilan menjahit. Anda yang punya kemampuan menjahit dapat mulai menerima proyek pembuatan baju dari tetangga sekitar. Cobalah buat baju-baju untuk diri Anda terlebih dahulu supaya orang lain bisa melihat contoh kualitas dari jahitan Anda.

Jika Anda belum mahir dalam menjahit Anda bisa mengambil kursus menjahit lebih dulu agar keterampilan semakin terasah. Selain mampu membantu mengisi waktu dengan lebih produktif, mengerjakan jahitan juga dapat menghasilkan penghasilan tambahan yang cukup lumayan.Anda pun bisa tetap bekerja dari rumah untuk memastikan rumah dan anak-anak dalam kondisi yang baik.

  • Membuat aneka jajanan pasar dan menitipkan ke warung

Banyak orang gemar menyantap makanan-makanan kecil seperti jajanan pasar. Pasti hampir di tiap kota di Indonesia dapat ditemukan pedagang aneka jajanan pasar yang biasanya berjualan di pagi ataupun sore hari. Para pedagang jajanan pasar tersebut umumnya hanya bertindak sebagai penjual bukan produsen. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengambil peran sebagai produsen yang menitipkan produk Anda untuk dijual.

Buatlah makanan-makanan ringan yang banyak digemari masyarakat mulai dari gorengan, kue ataupun beragam jenis jajanan tradisional lain.Anda bisa menitipkan jajanan secara rutin ke penjual tertentu setiap harinya.

  • Membuat aneka kerajinan tangan¬†

Usaha di bidang karya seni memang tak membutuhkan banyak modal, modal utama yang mutlak diperlukan adalah keterampilan dan kreativitas. Anda yang berjiwa seni tinggi bisa mencoba untuk berbisnis di bidang kerajinan tangan. Anda bisa membuat aneka rajutan mulai dari dompet, tas hingga boneka yang lucu dan menarik. Tak hanya itu, Anda pun bisa menjual aneka jenis bross bagi konsumen-konsumen yang mengenakan jilbab.

Usaha kerajinan tangan ini akan sangat menyenangkan jika dijalani oleh Anda yang memang menyukai karya seni. Pekerjaan sampingan ini akan terasa menyenangkan tapi juga tetap menghasilkan.

  • Mengajar les anak-anak

Usaha sampingan ibu rumah tangga selanjutnya adalah sebagai guru les anak. Anda bisa menawarkan diri menjadi guru les untuk anak SD, SMP maupun SMA sesuai dengan kemampuan Anda. Anda tentu tidak ingin semua ilmu yang telah dipelajari di bangku sekolah hingga kuliah dulu terbuang begitu saja bukan? Mengajar les ini dapat terus membuat otak Anda bekerja sehingga intelegensi terasah terus menerus.

Ada baiknya jika Anda menawarkan diri menjadi guru les yang sesuai dengan latar belakang pendidikan Anda. Agar tak perlu repot kesana-kemari Anda bisa mengadakan les di kediaman Anda sendiri.

  • Menjadi reseller aneka kebutuhan

Usaha sampingan selanjutnya yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah menjadi agen ataupun reseller dari suatu produk tertentu. Ibu rumah tangga umumnya punya banyak kenalan baik ibu-ibu di sekitar wilayah rumah maupun sesama orang tua murid dari putra-putrinya. Jaringan perkanalan ini bisa dimanfaatkan untuk memasarkan aneka jenis produk mulai dari pakaian, jilbab, perlengkapan dapur, perlengkapan dekorasi rumah dan masih banyak lagi.

  • Membuka toko kelontong

Usaha terakhir yang cukup menjanjikan untuk ibu rumah tangga adalah membuka toko kelontong di rumah. Anda bisa menyediakan berbagai keperluan sehari-hari yang biasanya dibutuhkan oleh masyarakat di sekitar rumah. Anda bisa tetap berada di rumah dan melakukan berbagai pekerjaan rumah sambil tetap produktif berdagang.

Sebelum memulai jenis usaha apapun ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan seperti modal, niat serta konsistensi. Anda tentu butuh modal di awal untuk mempersiapkan usaha, pilihlah jenis usaha yang sesuai dengan ketersediaan modal Anda. Selanjutnya Anda pun perlu niat yang kuat untuk bisa terus menjalankan usaha dengan konsisten. Satu hal lagi yang tak kalah penting adalah strategi usaha yang tepat sesuai dengan kondisi pasar yang sedang Anda hadapi.

Anda bisa semakin memperlebar sayap usaha Anda dengan ikut dalam dunia usaha online.Ikuti program MajuinWarung dari KUDO untuk bisa memperkenalkan warung atau usaha Anda ke lingkup yang lebih luas. Pada program ini berbagai jenis usaha diperkenalkan melalui platform media sosial dengan tujuan untuk semakin memperkenalkan dan meningkatkan pemasukan usaha. Melalui program ini diharapkan banyak warung-warung atau usaha yang terangkat dan berkembang menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *