01Jul

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa yang Laku dan Sukses

Tanggung jawab menjadi ibu rumah tangga tentu menjadi hal utama yang harus dilakukan. Mulai dari mengurus anak, suami, rumah, dan masih banyak lagi. Beberapa ibu rumah tangga mungkin merasa bosan dengan rutinitas tersebut, apalagi jika pemasukannya dirasa hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Usaha sampingan ibu rumah tangga di desa biasanya dilakukan bagi yang memiliki keinginan untuk lebih produktif dan membantu keuangan keluarga. Beberapa ide usaha berikut cocok untuk tambahan pemasukan bagi ibu-ibu rumah tangga yang tinggal di pedesaan. 

Usaha yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga di Pedesaan

Pilihan usaha di desa tentu tidak seluas di daerah perkotaan, tetapi ada beberapa peluang usaha yang menguntungkan bagi ibu rumah tangga di desa seperti berikut.

  • Berjualan pulsa

Bagi ibu rumah tangga di desa, masalah utama yang menjadi perhatian dalam membuka usaha adalah terkait dengan modal. Ketersediaan modal yang tidak banyak tetap bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha. Salah satunya adalah dengan usaha jualan pulsa elektrik. Masyarakat kini membutuhkan pulsa dan kuota data untuk keperluan komunikasi dan internet. Hal tersebut tentunya bisa dijadikan peluang usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang mudah dan menguntungkan. Berjualan pulsa tidak memerlukan modal besar dan tidak sulit untuk dijalankan. Cukup menyediakan handphone dan saldo untuk transaksi isi ulang pulsa. Walaupun keuntungan dari setiap transaksi tidak terlalu besar, tetapi jika setiap harinya ada banyak transaksi tentu keuntungannya akan lebih banyak dan lumayan untuk tambahan pemasukan.

  • Pertamini 

Pertamini merupakan tempat isi ulang bahan bakar kendaraan bermotor versi kecil dari SPBU. Bagi ibu rumah tangga di pedesaan dapat membuka pertamina untuk usaha sampingan. Bisnis ini cocok dijalankan untuk Anda yang memiliki modal dan juga halaman rumah yang cukup. Pertamini membutuhkan tempat untuk mesin pengisian dan tangki untuk stok bahan bakar. Usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang satu ini sangat menjanjikan, terlebih lagi sekarang di desa sudah banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil. Pemasangan peralatan pom mini ini memang membutuhkan modal yang lumayan besar sekitar 40 juta, tetapi cukup menjanjikan. 

  • Berjualan sayuran

Sayuran adalah salah satu kebutuhan makanan pokok yang diperlukan setiap hari oleh masyarakat. Sayur dapat dijadikan peluang usaha yang menguntungkan untuk ibu rumah tangga di desa. Jika memiliki lahan, Anda bisa bertanam sayuran sendiri sehingga harganya dapat dijual dengan lebih murah. Jualan sayuran merupakan salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang tetap diminati banyak masyarakat. 

  • Beternak ayam kampung

Daging ayam kampung memiliki harga jual yang lebih tinggi dari ayam sayur atau ayam broiler. Banyak orang yang menyukai jenis daging ayam kampung ketimbang ayam sayur sehingga bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan bagi masyarakat di pedesaan. Lahan yang lebih luas membuat ayam kampung bisa berkembang lebih baik dan lebih sehat. Selain bisa menggunakan lingkungan desa secara gratis, ternak ayam kampung juga menguntungkan karena pakan ayam yang relatif murah. Tidak perlu membeli pakan mahal, ayam kampung bisa diberi makan dari nasi kering atau pakan ternak lain yang dibuat sendiri. Usaha sampingan ibu rumah tangga di desa memang masih kuat di sektor pangan seperti menyediakan daging ayam kampung.

  • Membuka usaha gorengan

Memilih usaha di desa dapat dilakukan dengan mengamati apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di sekitar tempat Anda tinggal. Usaha gorengan bisa menjadi salah satu peluang yang menguntungkan karena hampir semua masyarakat di desa suka dan sering mengonsumsi gorengan. Jenis usaha ini akan selalu ada konsumen tiap harinya. Jadi bisa dijadikan usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang memiliki potensi tinggi untuk dikembangkan. Walaupun termasuk usaha kecil, berjualan gorengan dapat menjadi tambahan pemasukan untuk keluarga Anda. 

  • Beternak kambing

Menjalankan bisnis ternak di desa masing tergolong bagus dan mudah untuk dilakukan. Lahan yang luas dan ketersediaan pakan alami untuk ternak menjadikan usaha ini cukup bagus. Bagi ibu rumah tangga juga bisa menjalankan usaha ternak. Selain ayam kampung, usaha menjanjikan lainnya adalah dengan beternak kambing. Masyarakat Indonesia banyak yang menyukai dan sering mengolah daging kambing untuk aneka jenis makanan. Usaha sampingan ibu rumah tangga di desa ini juga tergolong menjanjikan. Apalagi kambing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dicari saat momen-momen idul adha. Anda perlu menghitung dengan cermat kapan harus membeli dan menjual ternak agar keuntungan yang didapatkan bisa lebih banyak.

  • Usaha bulu mata

Bulu mata palsu dibuat dari banyak helai rambut yang kebanyakan dipasang secara manual. Pabrik bulu mata palsu biasanya membutuhkan tenaga tambahan untuk membantu proses produksinya. Ibu rumah tangga khususnya di pedesaan yang dekat dengan pabrik bulu mata memiliki peluang usaha sampingan yaitu dengan usaha memasang bulu mata. Usaha sampingan ibu rumah tangga di desa relatif fleksibel karena biasanya pemasangannya diperbolehkan dilakukan di rumah masing-masing. Setelah bulu mata selesai, maka bisa disetorkan ke pabrik untuk dihitung dan Anda akan memperoleh bayarannya.

  • Membuka toko bangunan

Banyak masyarakat di desa yang membutuhkan bahan-bahan bangunan untuk rumah atau pembuatan gedung lainnya. Jika Anda memiliki modal dan tempat yang cukup, maka membuka toko bangunan bisa menjadi usaha sampingan yang menjanjikan. Harga material bangunan relatif stabil dan cenderung naik sehingga memberikan peluang keuntungan yang lebih baik. Ditambah lagi dengan sifat bahan bangunan yang kebanyakan memiliki umur yang lama, stok di toko dapat disimpan dan bertahan hingga jangka waktu tahunan. Jadi tidak perlu khawatir rugi karena stok rusak saat penjualan sepi.

  • Membuka toko kelontong

Toko kelontong atau warung kecil-kecilan adalah usaha yang paling banyak ditemukan di pedesaan. Biasanya stok untuk toko kelontong meliputi sembako, aneka bumbu dapur, mie instan, rokok, minuman dan makanan ringan, serta produk-produk kebutuhan sehari-hari lainnya. Toko kelontong dapat menjadi pilihan usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang mudah dan menguntungkan. Hampir setiap hari masyarakat akan pergi ke toko kelontong untuk membeli kebutuhan-kebutuhan mereka. Walaupun usaha ini sudah memiliki saingan yang cukup banyak, tetapi Anda masih memiliki peluang yang luas untuk membuka toko kelontong. Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau usaha warung kecil bisa mendaftarkan warung Anda ke program Majuin Warung bersama KUDO. Perusahaan digital ini menyediakan banyak produk yang bisa Anda beli untuk melengkapi stok toko kelontong. Selain itu, mendaftarkan warung ke program ini juga bisa memberikan keuntungan langsung berupa saldo OVO cash 50 ribu. 

Beberapa pilihan usaha sampingan ibu rumah tangga di desa di atas tentu dapat dijalankan bagi Anda yang jeli melihat peluang dan benar-benar ingin lebih produktif sehingga bisa menambah pemasukan. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *