Usaha Sampingan Tanpa Modal Banyak dari Ikan
16Oct

Usaha Sampingan Tanpa Modal Banyak dari Ikan

Porsi makan yang adalah yang tersusun atas empat sehat lima sempurna yang terdiri dari nasi, sayur mayur, lauk pauk, ikan, dan susu. Sehingga, dalam setiap makan disarankan agar terdapat kandungan protein nabati dan hewani. Protein nabati sudah tentu didapat dari sayur mayur seperti bayam, kangkung, dan kacang-kacangan. Sedangkan, protein hewani didapat dari daging seperti ayam, kambing, sapi serta ikan. Ikan menjadi alternatif sumber protein hewani terbaik karena harganya tetapi memiliki berbagai kandungan nutrisi yang memiliki manfaat untuk meningkatkan kecerdasan. Selain itu, ikan memiliki kreasi olahan yang bisa menjadi referensi banyak, seperti abon ikan, keripik tulang ikan atau nugget ikan. Ikan yang harganya murah dan bisa didapat mana pun. Meskipun tinggal di pegunungan yang jauh dari laut, ikan masih bisa dikonsumsi jika diolah menjadi berbagai olahan yang lezat dan bernilai jual. Sehingga berbisnis olahan ikan bisa dikatakan sebagai hasil melimpah yang tidak hanya diperuntukkan untuk saja, pemuda dan pemudi pun bisa mencobanya.

Pertama, salah satu bentuk olahan ikan yang bisa menjadi contoh tanpa adalah abon ikan. Bahan yang dibutuhkan serta cara membuatnya mudah dilakukan oleh siapa saja, pemasak yang masih sekali pun bisa memulai besar ini. Untuk bahan yang dibutuhkan antara lain ikan (bisa berupa ikan lele, mujair, nila, gurame, tongkol atau bandeng), bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, gula, garam, merica, lengkuas, serai, jahe dan daun salam. Untuk proses pembuatannya dimulai dari ikan yang sudah matang disuwir-suwir kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu tersebut dalam penggorengan. Setelah makan barulah daging ikan yang sudah bercampur dengan bumbu disaring dengan alat penyaring untuk membuang minyak. Biasanya kendala dalam membuat abon adalah langkanya alat penyaring, tetapi sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada yang merupakan situs berjualan jutaan produk dari brand-brand ternama dari mulai peralatan , kosmetik, perabotan hingga alat-alat masak semuanya dijual di Kudo.

Setelah abon ikan disaring hingga minyaknya tidak tersisa, abon ikan siap dikemas dalam plastik dan disegel melalui alat pengepres khusus agar abon ikan tetap awet dan terjaga kualitasnya. Jika menemukan kesulitan untuk mencari alat pengepres kemasan atau bisa disebut sealer, bisa juga dicari di Kudo karena di sana ada jutaan produk perabotan rumah tangga yang bisa didapat dengan mudah, kualitasnya terjamin dan harganya yang terjangkau.

Kedua, contoh olahan ikan lain yang bisa menjadi tanpa modal besar adalah olahan ikan berupa nugget ikan. Bahan utama yang dibutuhkan yaitu ikan sedangkan bumbu-bumbu yang dibutuhkan berupa bawang putih, bawang merah, garam, merica, gula, telur, minyak goreng, dan tepung panir. Untuk membuatnya dimulai dengan menggiling daging ikan dengan alat penggiling yang bisa didapat di Kudo yang menyediakan beragam perabotan rumah tangga dengan merk ternama, berkualitas, dan dengan harga terjangkau. Meski pun dijual secara , di Kudo tidak perlu bingung untuk membayarnya, karena Kudo menyediakan agen-agen pembayaran terpercaya yang memberikan kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi. Kemudian, daging yang digiling itu dicampur dengan semua bumbu-bumbu dan ditaruh ke dalam loyang untuk dikukus hingga matang. Lalu, kukusan daging dipotong dan digulingkan ke tepung panir untuk digoreng. Untuk memasarkannya produk-produk itu tidak perlu pusing karena ada platform berjualan online seperti Kudo yang memudahkan usaha tanpa modal besar Anda.

Sumber gambar: http://www.freepik.com/