01Jul

Macam-Macam Usaha Sampingan Wanita Karir

Di zaman emansipasi saat ini ada banyak wanita yang memutuskan untuk terjun ke dunia kerja. Kini tak sulit menemukan sektor-sektor usaha yang diisi oleh sosok-sosok kartini masa kini. Ada banyak alasan yang menjadi latar belakang terjunnya wanita ke dunia kerja seperti sebagai media aktualisasi diri, tidak ingin menyia-nyiakan ilmu yang sudah didapat semasa sekolah hingga yang paling umum adalah alasan ekonomi. 

Kebutuhan sehari-hari yang kian banyak dengan harga melambung menjadi salah satu latar belakang utama banyak bermunculan wanita-wanita karir. Keinginan untuk hidup lebih sejahtera juga menjadi alasan kuat para wanita bekerja ini. Tapi sayangnya, tak jarang posisi wanita di dunia kerja masih belum setinggi lelaki baik dari posisi jabatan pekerjaan hingga gaji yang didapatkan. Bagi wanita yang sudah berkeluarga misalnya, tak jarang pendapatan suami dan istri yang digabung masih dirasa belum cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun biaya lain seperti pendidikan. 

Pilihan Usaha Sampingan Wanita Karir

Sebagai solusi dari masalah finansial tadi, para wanita karir masih bisa memaksimalkan pendapatan yang diperoleh dengan cara mengerjakan berbagai jenis usaha sampingan. Usaha sampingan bisa dijalankan beriringan dengan pekerjaan utama tanpa saling mengganggu satu sama lain. Berikut ini beberapa contoh usaha sampingan wanita karir yang cocok dilakukan dan tidak menyita waktu serta tenaga:

  • Berjualan pakaian

Tidak jarang ditemui para wanita kantoran yang punya sambilan berjualan aneka pakaian. Anda bisa bekerja sama dengan merek pakaian tertentu sebagai agen dan memasarkan aneka produk fashion ini ke rekan-rekan kerja Anda. Jaringan yang luas di kantor dengan rekan kerja yang banyak bisa jadi ladang usaha tersendiri. Anda bisa membawa katalog produk Anda ke kantor sambil menawarkan produk-produk jualan Anda ke teman-teman kerja. Jika ada pesanan Anda dapat membawakannya di hari lain sekalian Anda berangkat kerja. Usaha ini cukup menjanjikan, terlebih industri fashion memang hampir tidak ada matinya dan akan selalu berkembang. 

  • Bisnis MLM

Anda pasti sudah tidak asing dengan jenis usaha MLM. MLM atau multi level marketing adalah bisnis berjenjang. Pada usaha ini para agen atau sales akan memperoleh keuntungan tidak hanya dari hasil penjualan produk melainkan juga dari keberhasilan dalam merekrut agen baru. Pada usaha ini terbentuknya suatu rantai yang terus menerus memanjang. Semakin banyak peserta baru yang berhasil direkrut maka akan semakin besar pendapatan yang akan diperoleh ke depannya. Usaha ini juga mudah dilakukan dan tidak memerlukan modal yang besar. Pelaksanaannya pun tergolong mudah. Modal utama yang diperlukan dalam menjalankan usaha MLM ini adalah kemampuan dalam melakukan promosi dan mengajak orang lain untuk bergabung di dalam rantai usaha Anda. Selebihnya Anda tinggal mempromosikan produk unggulan Anda untuk menambah pemasukan. 

  • Berjualan make up atau skin care

Kaum wanita memang sangat erat dengan keindahan baik tampilan pakaian atau wajah. Inilah mengapa usaha perawatan wajah selalu punya tempat khusus di hati para konsumen wanita. Anda bisa menekuni usaha sambilan menjual aneka jenis make up ataupun produk perawatan wajah seperti masker, krim pemutih wajah dan sebagainya. Produk perawatan kulit memang tergolong cukup mudah untuk diperkenalkan dan dipasarkan pada kaum hawa. Anda bisa mencoba produk yang dirasa baik dan berkualitas. Coba dulu gunakan produk tersebut selama beberapa saat sampai produk menunjukkan hasilnya. Hasil dari penggunaan produk ini bisa dijadikan alat promosi yang cukup efektif untuk menarik konsumen-konsumen baru. 

  • Berjualan aneka jenis makanan

Bisnis makanan juga banyak dijadikan sebagai usaha sambilan para wanita karir. Jenis makanan yang dijual pun bervariasi seperti jajanan pasar, camilan kering hingga makanan catering. Anda bisa menjadi agen yang menawarkan aneka makanan, menjadi produsen makanan sendiri ataupun bertindak sebagai reseller dari makanan tertentu. Biasanya rekan-rekan sekantor akan tertarik ketika Anda membawa makanan yang menarik dan enak. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menerima pesanan makanan dari rekan dan menjualnya kembali, tentu saja dengan mengambil sedikit keuntungan .

Anda pun bisa bertindak sebagai penyedia makan siang bagi teman-teman kantor yang ingin lebih praktis mendapatkan santap siang tanpa perlu pergi keluar dari kantor. Rekan-rekan di kantor memang sangat bisa dijadikan calon-calon konsumen yang potensial. 

  • Berjualan pulsa

Handphone kini sudah jadi kebutuhan dasar banyak orang. Sehari tanpa handphone bagi banyak orang terasa menyulitkan karena kini segala bentuk komunikasi bisa dilakukan hanya dari satu gadget saja. Handphone tentu membutuhkan pulsa untuk dapat digunakan untuk telpon, SMS bahkan mengakses paket data. Manfaatkan peluang ini untuk berbisnis jual beli pulsa atau paket internet.  Usaha ini cukup menjanjikan dan bisa memberikan tambahan penghasilan tanpa perlu mengganggu waktu kerja utama Anda. 

Anda bisa bertindak sebagai penjual pulsa bagi rekan-rekan kantor maupun tetangga. Usaha ini dapat menjanjikan perputaran uang yang cepat asalkan para konsumen membeli pulsa dan membayarkan secara tunai. Pendapatan dari penjualan pulsa ini bisa langsung digunakan untuk deposit kembali dan keuntungannya bisa Anda simpan. Memang,keuntungan berjualan pulsa tidaklah besar, namun jika ditekuni dengan serius bisa digunakan untuk membeli beberapa keperluan tambahan sehari-hari. 

  • Bisnis jasa titip

Kini usaha jastip atau jasa titip juga sedang cukup populer. Usaha jasa titip ini merupakan usaha jasa pembelian barang tertentu. Jasa ini memberikan kemudahan bagi orang lain yang ingin membeli barang tertentu namun kesulitan untuk membelinya sendiri, baik terkendala faktor jarak pembelian yang jauh atau kesulitan untuk membeli lewat internet.Melalui usaha ini Anda bisa mengambil sedikit keuntungan yang jika diakumulasikan ternyata lumayan juga untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Bisnis jasa titip ini juga bisa Anda lakukan pada jenis-jenis barang yang hanya bisa dibeli dalam jumlah banyak. Anda bisa menjualnya kembali dengan sistem ecer dengan harga yang disesuaikan. 

Siapa bilang wanita tidak bisa mendapatkan penghasilan yang besar seperti kaum pria. Sedikit kreativitas serta keuletan akan menghasilkan tambahan penghasilan yang dapat digunakan membeli keperluan sehari-hari. Pemilihan jenis usaha sampingan wanita karir ini perlu dilakukan dengan cermat dan tepat, jangan sampai usaha sampingan justru mengurangi produktivitas di tempat kerja utama. Meskipun statusnya sebagai usaha sampingan, Anda tetap perlu melakukan usaha agar bisnis Anda bisa berkembang lebih besar. Siapa sangka jika suatu saat usaha sampingan ini justru bisa jadi usaha utama. 

KUDO memiliki program Majuin Warung yang merupakan program untuk memajukan dan mempromosikan beragam usaha kecil menengah masyarakat. Siapa bilang usaha kecil tidak bisa berkembang lebih besar, lewat program ini semua yang terlihat tidak mungkin bisa Anda wujudkan dengan mudah. Segeralah bergabung sebagai agen untuk bisa mendapatkan banyak keuntungan dan kemudahan dalam menjalankan usaha Anda. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *