30Aug

17 Cara Memulai Usaha Sembako Terbaru 2017 dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

Cara terbaru 2017 dengan yang . Anda ingin jadi pengusaha? Sudah tahu macam apa yang ingin Anda buka? Bingung karena dihadapkan dengan berbagai macam pilihan usaha? Atau bingung karena tidak memiliki pengalaman dalam memulai usaha? Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Untuk melakukan usaha, yang harus Anda lakukan hanyalah segera membuka usaha. Dengan demikian Anda akan mendapatkan pengalaman dengan sendiri. Ada banyak bidang usaha yang dapat Anda pilih. Ada banyak usaha yang memiliki peluang berkembang cukup baik dan dapat dijalankan bahkan oleh sekalipun. Salah satu usaha yang dapat Anda lakukan adalah usaha sembako. sini akan kami bahas mengenai berbagai alasan mengapa usaha di bidang sembako menjadi usaha yang menjanjikan dan dapat dilakukan dengan mudah oleh pemula. Bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk mempelajari seluk beluk usaha di bidang ini, mari segera kita simak bersama ulasan berikut ini.

Apa itu sembako?

Sembako adalah salah satu komoditas usaha yang memiliki kesempatan sangat baik untuk berkembang. Istilah sembako ini dipopulerkan oleh pemerintah. Sembako adalah kependekan dari sembilan bahan pokok. Istilah sembako sendiri merujuk pada kebutuhan utama masyarakat di yang dihimpun dalam sembilan kebutuhan utama. Adapun sembilan kebutuhan tersebut di antaranya adalah beras sebagai pokok masyarakat Indonesia, bahan bakar untuk kompor, terigu, minyak goreng, telur, kacang-kacangan, dan beberapa kebutuhan lainnya.

Cara Memulai Usaha Sembako 2017 dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

Mengapa usaha sembako?

Ada banyak pilihan jenis usaha yang dapat dilakukan oleh para . Mengapa usaha di bidang sembako menjadi salah satu bidang usaha yang layak dipilih? Ada banyak alasan yang membuat sembako menjadi salah satu bidang usaha yang layak berkembang dan menjadi usaha yang menarik untuk dilakukan. Beberapa alasan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pasti dibutuhkan semua orang
    Sembako merupakan barang pokok. Sudah pasti, setiap orang membutuhkannya setiap saat. Walaupun barang sembako memiliki harga yang dan keuntungan yang sangat sedikit, namun Anda dapat tetap dapat memiliki keuntungan yang cukup besar karena barang akan terjual dengan lebih mudah dan cepat. Hal ini tentunya menjadi salah satu keunggulan dari usaha di bidang sembako.
  2. Banyak hal yang dapat dikembangkan
    Dari berjualan sembako, ada banyak hal yang dapat dikembangkan. Hal yang bisa dikembangkan di antaranya adalah dengan membuka usaha sembako modern. Usaha sembako modern maksudnya adalah usaha sembako yang dikemas dengan lebih modern menyerupai sehingga memudahkan pelanggan untuk memilih barang yang dibutuhkan. Anda juga dapat mendesain usaha Anda dengan lebih dengan mengaplikasikan ide-ide baru.
  3. Banyak yang dapat mendukung bisnis sembako
    sembako juga memiliki banyak bisnis sampingan yang dapat mendukung usaha sembako Anda. Berbagai jenis yang dapat dibuka di antaranya adalah usaha makanan kecil dan makanan instan siap saji, usaha penjualan , penyedia pembayaran bulanan, dan berbagai jenis usaha sampingan lainnya.

Itu tadi 3 alasan mengapa melakukan usaha di bidang sembako menjadi salah satu usaha yang menguntungkan. Walaupun usaha ini kelihatan remeh, namun, usaha ini termasuk jenis usaha yang cukup menguntungkan untuk dilakukan dan memiliki prospek berkembang yang cukup baik.

Bagaimana cara membuka usaha sembako?

Semua orang tentunya sudah tahu barang macam apa saja yang termasuk dalam anggota sembako. Bagi Anda yang ingin membuka usaha sembako, ada setidaknya dua cara yang dapat Anda pilih. Adapun dua cara tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Toko sembako konvensional
    Yang dimaksud dengan konvensional adalah toko sembako yang biasa kita lihat di sekitar kita. Toko sembako jenis ini banyak kita jumpai di berbagai wilayah di Indonesia yang kita kunjungi. Toko ini memiliki sistem penjualan langsung dengan sistem pelayanan di pegang sepenuhnya oleh pemilik atau orang yang bertugas menjaga toko. Sebagai pembeli, kita harus bertanya kepada penjual apakah barang yang kita butuhkan tersedia. Penjual akan mengambilkan barang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah itu Anda dapat melakukan pembayaran.Cara ini termasuk salah satu cara penjualan sembako yang cukup banyak dilakukan. Keuntungan dari sistem ini adalah kita tidak perlu khawatir barang kita dicuri oleh mereka yang berpura-pura menjadi pelanggan. Hal ini karena akses pelanggan terhadap barang yang dibutuhkan sangat terbatas. Kelemahan dari sistem ini adalah merepotkan. Karena tidak pelanggan tidak dapat mengambil sendiri barang yang dibutuhkan, penjaga toko harus siap melayani pelanggan. Jika penjaga toko hanya satu atau dua orang saja sementara pelanggan yang datang cukup banyak, bisa jadi penjual akan kerepotan. Pelanggan juga akan kesal karena tidak kunjung dilayani. Hal ini dapat membuat pelanggan berpindah ke toko lainnya, mengingat toko sembako sangat mudah kita temukan.
  2. Toko sembako model toko modern
    Desain toko sembako modern kini sudah bayak diaplikasikan pada banyak usaha. Salah satu usaha yang dapat mengaplikasikan sistem toko modern adalah usaha sembako. Yang dimaksud dengan toko modern adalah toko yang memiliki desain dan tatanan modern. Barang-barang yang dijual didisplay pada rak-rak yang dapat dengan mudah dijangkau oleh konsumen. Tatanan rak biasanya menyerupai toko modern besar seperti shopping mall atau super market. Rak-rak tersebut memiliki bentuk yang minimalis dan dapat dibuat sesuai dengan ukuran ruangan. Bentuk yang minimalis membuat kita dapat memanfaatkan ruangan dengan baik.Keuntungan dari display toko modern di antaranya adalah pelanggan akan semakin mudah dalam memilih barang yang ingin dibeli tanpa harus menunggu dilayani oleh penjaga toko. Hal tersebut juga dapat mempercepat pelayanan sehingga penjaga toko tidak kewalahan jika banyak pelanggan yang datang. Pelanggan akan lebih senang karena berbelanja di toko sembako dekat rumah dapat semakin mudah. Walaupun memiliki keuntungan yang cukup baik, namun model ini juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah mudahnya pelanggan yang mengambil barang tanpa membayar. Oleh karenanya, kita perlu memperketat sistem keamanan seperti memasang CCTV dan memasang kaca di pagar bagian atas agar dapat dengan mudah mengawasi pembeli yang memilih barang.

Dua cara membuka usaha toko sembako tersebut dapat Anda jadikan sebagai pilihan. Anda dapat memilih sesuai dengan yang Anda inginkan tergantung dari keinginan dan kemampuan Anda.

Di mana kita bisa membuka usaha sembako?

Usaha di bidang sembako dapat Anda buka di berbagai tempat. Tempat yang terbaik adalah tempat yang strategis sehingga dapat menarik pelanggan dengan lebih mudah. Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membuka usaha bidang sembako. Adapun cara memilih tempat usaha sembako yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Perhatikan lokasi
    Hal yang menjadi perhatian utama dalam memilih tempat untuk membuka usaha bidang sembako adalah lokasi. Memilih lokasi yang strategis tentunya menjadi salah satu hal yang sangat baik. Adapun lokasi yang termasuk dalam lokasi strategis yang pertama adalah dekat jalan besar. Memiliki toko sembako di tepi jalan besar atau jalan raya yang ramai dapat meningkatkan penjualan Anda karena yang akan membeli barang yang Anda jual tidak hanya warga sekitar saja, tetapi mereka yang melintas dan kebetulan membutuhkan barang secara mendesak. Jika Anda membuka toko di tepi jalan raya, akan sangat baik menyediakan tempat parkir yang layak sehingga pelanggan dapat dengan mudah memarkir kendaraan mereka di depan toko Anda jika membutuhkan sesuatu secara mendesak. Tempat strategis yang kedua adalah daerah perkampungan. Membuka toko sembako di daerah perkampungan dapat menjadi sebuah ide yang menarik karena banyak orang membutuhkan kebutuhan sehari-hari di area perkampungan dan malas untuk membelinya di supermarket atau pasar karena jaraknya yang cukup jauh dan cenderung memakan banyak waktu. Tempat strategis yang ketiga adalah area kampus. Di area kampus tentunya terdapat banyak tempat kos. Nah, kos dapat menjadi salah satu target penjualan yang cukup bagus.Walaupun tempat strategis merupakan tempat yang sangat baik untuk membuka toko sembako, namun tidak semua orang memiliki kesempatan untuk membuka usaha di tempat strategis. Ada berbagai alasan yang membuat banyak orang tidak dapat membuka usaha di tempat strategis. Alasan yang pertama adalah harga sewa atau harga jual tempat usaha di area strategis biasanya sangat mahal, sehingga tidak semua pengusaha mampu membayarnya. Alasan yang kedua adalah sudah banyak usaha sejenis di tempat tersebut sehingga tidak ada kesempatan lagi untuk menjual barang sejenis di lingkungan tersebut. Bagi Anda yang mengalami situasi tersebut, Anda dapat membuka usaha di tempat yang kurang strategis. Usaha Anda tetap dapat berkembang jika Anda memberikan suatu yang berbeda pada usaha Anda sehingga pelanggan mau berbelanja ke toko Anda walaupun jaraknya jauh. Adapun sesuatu yang berbeda tersebut dapat berupa pelayanan yang sangat baik, menyediakan barang yang sangat lengkap, harga yang murah, dan berbagai hal lainnya.
  2. Perhatikan pesaing
    Cara yang kedua adalah memperhatikan pesaing. Anda dapat memilih tempat yang belum banyak pesaing sehingga pelanggan yang membutuhkan sembako dapat otomatis membeli di toko Anda. Anda juga dapat melakukan survey mengenai berapa pengusaha yang melakukan usaha sejenis di lingkungan Anda dan menghitung jaraknya. Setelah itu, Anda dapat membuka usaha yang tidak terlalu dekat dengan pesaing-pesaing Anda.
  3. Perhatikan kebiasaan warga sekitar
    Anda dapat memilih tempat membuka usaha penjualan sembako dengan memperhatikan kebiasaan warga sekitar. Kebiasaan yang perlu diperhatikan misalnya adalah di mana mereka biasa berbelanja, bagaimana gaya hidupnya, dan beberapa hal lain yang berkaitan dengan usaha Anda. Anda dapat membuka usaha sembako Anda dengan menyesuaikan dengan yang kebiasaan warga sekitar toko Anda berdiri.

Dengan memperhatikan hal tersebut, Anda dapat memilih tempat untuk membuka toko sembako yang lebih menguntungkan. Anda juga dapat memilih tempat sesuai dengan yang Anda inginkan. yang Anda miliki dapat juga diaplikasikan sebagai salah satu hal yang membuat pelanggan tertarik untuk membeli di toko sembako milik Anda.

Berapa yang dibutuhkan untuk membuka usaha sembako?

Banyak masyarakat yang menunda membuka usaha atau bahkan tidak berani membuka usaha sama sekali karena terhambat oleh permodalan. Modal memanglah bukan segalanya, namun kita ketahui bahwa untuk memulai sebuah usaha, modal sangat diperlukan. Perlu Anda tahu, modal tidak semata-mata sesuatu yang berbentuk saja. Modal dapat berupa keahlian, bangunan, dan berbagai hal lainnya. Jadi, Anda tidak perlu takut membuka usaha karena modal sebenarnya dapat Anda miliki jika Anda mengetahui cara yang tepat.

Untuk membuka usaha sembako, modal yang dibutuhkan sangat tergantung dari konsep toko sembako seperti apa yang diinginkan. Jika Anda ingin membangun toko yang lengkap dan memiliki barang dalam jumlah banyak, maka Anda akan membutuhkan modal yang besar. Jika Anda tidak memiliki cukup modal, Anda dapat Anda dari toko sembako kecil yang menjual barang secara eceran. Hal ini akan membutuhkan modal yang lebih rendah. Beberapa barang yang Anda jual bisa didapat dari titipan berbagai . Banyak supplier yang menggunakan sistem titipan sehingga memudahkan penjual. Mereka akan menitipkan barang dengan jumlah tertentu. Selang beberapa waktu, supplier tersebut akan kembali untuk memeriksa berapa barang yang terjual dan meminta Anda membayar sejumlah barang yang terjual sesuai dengan perjanjian.

Ada dua jenis toko sembako yang dapat Anda buka. Keduanya membutuhkan modal yang berbeda dan akan memberikan keuntungan yang berbeda pula. Adapun jenis toko sembako tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Toko eceran
    Untuk membuat warung sembako kecil kecilan skala eceran, modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Namun, Anda perlu menunggu lebih lama untuk mendapatkan penghasilan yang besar. Hal ini karena barang yang Anda jual tidak akan habis dalam waktu yang cepat. Anda harus benar-benar mengatur pendapatan dan modal yang diperlukan dalam mengurus toko eceran ini. Karena ada banyak kasus usaha toko eceran sembako ini justru tutup karena masalah yang tidak diurus dengan baik sehingga kehabisan modal.
  2. Toko grosir
    Toko grosir menjual barang dalam jumlah yang banyak, namun dengan harga yang lebih murah. Karena kita harus memiliki stok barang banyak, maka modal yang dibutuhkan pun banyak. Manajemen yang baik juga diperlukan agar toko kita dapat berkembang. Pendapatan yang kita dapatkan mungkin dapat lebih besar dibandingkan dengan toko eceran, namun pengaturan keuangannya pun akan lebih rumit dilakukan.

Apapun jenis toko sembako yang akan Anda buka, modal memang perlu dimiliki. Nah, sendiri bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber. Anda dapat menggunakan modal yang sudah Anda sisihkan dari uang yang Anda miliki. Anda juga dapat mengajukan pinjaman pada lembaga keuangan seperti bank atau koperasi untuk menjalankan bisnis Anda. Pemerintah saat ini sangat mendukung para pengusaha mikro dan pengusaha kecil dengan memberikan program pinjaman usaha dengan modal yang sangat rendah. Hal ini tentunya menjadi salah satu hal yang sangat baik untuk dilakukan bukan? Modal yang Anda perlukan tidak harus Anda dapatkan dari uang Anda sendiri, Anda dapat menggunakan uang investor atau mengandalkan pinjaman untuk membuka usaha sembako Anda.

Siapa saja yang bisa membuka usaha sembako?

Siapa saja dapat membuka usaha sembako asalkan Anda memiliki kemauan untuk membuka usaha tersebut. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, modal bukanlah masalah karena ada banyak sumber permodalan yang dapat Anda gunakan untuk membuka usaha sembako Anda. Anda juga dapat memilih tempat dengan mudah sesuai dengan keinginan. Berbagai ide kreatif dapat Anda aplikasikan pada toko sembako Anda. Ada berbagai sumber ide kreatif yang dapat Anda gunakan. Salah satu sumber ide kreatif dapat dimiliki dengan mencontoh ide kreatif yang sudah ada dan mengembangkannya agar cocok dengan toko yang Anda miliki. Hal tersebut tidak ada salahnya untuk dilakukan selama Anda dapat menggunakannya dengan baik dan benar.

Usaha pendamping usaha sembako

Hal yang membuat usaha sembako menjadi salah satu usaha yang sangat menyenangkan dilakukan dan memiliki prospek yang baik untuk berkembang adalah karena ada banyak usaha pendamping yang dapat dijadikan usaha untuk menunjang toko sembako Anda agar dapat lebih banyak didatangi pelanggan. Nah, bagi Anda yang sudah penasaran usaha apa saja yang dapat dijadikan sebagai usaha pendamping bisnis sembako, berikut adalah ulasannya untuk Anda.

  1. Usaha penjualan pulsa
    Usaha penjualan pulsa dapat menjadi usaha pendamping toko sembako yang sangat baik. Hal ini karena pulsa kini menjadi salah satu kebutuhan pokok hampir semua orang. Semua orang yang memiliki gadget tentunya membutuhkan pulsa untuk menjalankan gadget mereka. Pulsa dibutuhkan untuk membeli paket data internet. Pulsa juga dibutuhkan untuk melakukan panggilan dan mengirim pesan singkat. Pulsa dapat juga digunakan untuk membeli nada dering, membeli , dan berbagai hal lainnya. Dengan menyediakan pulsa sebagai usaha pendukung toko sembako milik Anda, Anda akan mendapatkan nilai positif dari para pelanggan.
  2. Jasa pembayaran tagihan
    Kini, sebagian besar pembayaran tagihan bulanan dapat dilakukan dengan cara . Anda dapat menyediakan jasa pembayaran tersebut untuk melayani pelanggan yang tidak dapat membayar tagihan sendiri secara online. Jasa pembayaran ini akan memudahkan mereka dalam membayar tagihan bulanan. Adapun pembayaran tagihan bulanan yang dapat diakses secara online di antaranya adalah pembayaran tagihan rekening , pembayaran tagihan air minum , pembayaran tagihan bulanan seperti dan beberapa jenis asuransi swasta. Selain itu, beberapa pembayaran leasing juga dapat dilakukan secara online. Hal ini tentunya akan semakin memudahkan pelanggan dalam membayar tagihan. Usaha sampingan ini menjadi slah satu usaha sampingan yang sangat menjanjikan.
  3. Jasa pembelian dan token
    Tiket dan token juga dapat dibeli dengan cara online. Anda dapat menjadi yang menjual tiket dan token secara online. Adapun tiket yang dapat dibeli secara online di antaranya adalah tiket perjalanan kereta dan serta tiket konser dan tiket nonton bioskop. Selain tiket, kita juga dapat membuka usaha pendamping yang menjual secara online. Kini, menjadi salah satu game yang banyak dimainkan oleh banyak orang baik tua maupun . Untuk mencapai level tertentu, kita biasanya tidak dapat mencapainya dengan mudah. Nah, di sini peran voucher game sangat berpengaruh. Voucher game dapat digunakan untuk membeli item game dan berabagai hal lainnya. Oleh karenanya voucher game menjadi salah satu hal yang banyak dicari.
  4. Menyediakan air panas dan pemanas makanan
    Menyediakan air panas juga dapat menjadi salah satu hal yang menguntungkan. Hal ini karena akan banyak orang yang membutuhkannya. Misalnya saja jika ada orang yang lapar dan ingin membuat mi instan dalam cup yang dijual di toko kita. Menyediakan air panas akan sangat membantu mereka. Menyediakan jasa pemanas makanan juga akan sangat membantu. Selain itu, Anda dapat menyediakan kursi untuk duduk orang yang ingin memakan snack yang telah mereka beli di toko sembako Anda. Anda dapat meletakannya di depan toko atau di dalam toko jika ruangan toko Anda cukup memadai.
  5. Mesin kopi dan minuman lainnya
    Menyediakan mesin kopi dan minuman lainnya juga dapat menjadi salah sat hal yang baik untuk dilakukan. Hal ini akan memudahkan orang yang ingin minuman hangat atau minuman dingin yang diminum di tempat. Anda hanya perlu menyediakan mesin tersebut dan cup untuk menempatkan minuman. Mereka dapat memilih sendiri minuman apa yang mereka inginkan dan membayar di kasir. Model ini sudah dilaksanakan lama di luar negeri dan sudah mulai banyak diadaptasi di toko modern di Indonesia.

Dari beberapa usaha pendamping usaha sembako tersebut dapat membuat toko sembako Anda menjadi toko sembako yang lebih lengkap dan berbeda dibandingkan dengan toko sembako lainnya. Pelanggan akan senang mendatangi toko Anda karena Anda menyediakan pelayanan yang cukup lengkap. Beberapa orang akan senang mampir di toko Anda jika mereka ingin makan mi instan cup atau sekadar duduk-duduk di depan toko Anda. Hal ini membuat pelanggan merasa lebih nyaman berbelanja di toko Anda.

Membuka usaha sembako modern bersama KUDO

Jika Anda ingin membuka usaha sembako dengan sistem modern lengkap dengan usaha pendamping yang menjanjikan, Anda dapat menjadikan sebagai partner usaha Anda. Sebelum itu, mari kita berkenalan dengan KUDO. KUDO adalah sebuah perusahaan online yang memberikan peluang kepada mereka yang ingin membuka usaha secara online dengan cara yang mudah. Nama KUDO sendiri merupakan singkatan dari kios untuk . Seperti namanya, KUDO menyediakan ‘kios’ bagi Anda yang ingin berjualan secara online dengan sistem menyediakan aneka barang yang dapat Anda jual kembali. Adapun barang yang dapat Anda jual kembali tidak sebatas barang fisik saja, berbagai barang jasa juga tersedia. Adapun barang secara fisik di antaranya adalah barang supermarket, furnitur, , aneka barang , barang , , tas, , dan sebagainya. Barang jasa yang disediakan di antaranya jasa pembayaran tagihan bulanan, pulsa, tiket online, dan berbagai jasa sejenis lainnya.

Lalu, bagaimana caranya agar dapat bekerjasama dengan KUDO. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mendaftar menjadi . Adapun cara mendaftar menjadi agen KUDO terdiri dari tiga step mudah, yaitu sebagai berikut.

  1. Unduh dan pasang aplikasi
    Anda dapat dengan mudah menemukan di application store gadget Anda. Jangan khawatir Anda dapat mengunduh secara dan memasang aplikasi tersebut pada perangkat Anda.
  2. Buka aplikasi
    Setelah aplikasi terpasang, Anda dapat membuka aplikasi tersebut. Di dalam aplikasi tersebut, Anda akan menemukan cara mendaftar. Adapun cara mendaftarnya pun cukup mudah.
  3. Mendaftar dan tunggu konfirmasi
    Anda dapat mendaftar menjadi agen KUDO secara gratis, tidak dipungut biaya sama sekali. Setelah mendaftar sesuai dengan langkah yang ada, Anda tinggal menunggu pesan konfirmasi. Setelah mendapatkan pesan konfirmasi, Anda sudah resmi menjadi agen KUDO.

Itu tadi ulasan mengenai apa itu usaha sembako, bagaimana cara menjalankannya, apa yang membuat usaha tersebut menarik, dan berbagai ulasan lengkap lainnya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memutuskan usaha apa yang ingin Anda jalankan. Membuka usaha dengan KUDO juga dapat menjadi salah satu usaha yang menguntungkan dengan modal yang minimal. Selamat mencoba!