10Oct

Modal Usaha Bisnis Warnet Murah Komplit Game Online

Warung Internet atau biasa disebut warnet sekitar 10 tahun yang lalu memang menjadi bisnis primadona. Masyarakat belum bisa mendapatkan akses internet mudah sehingga mereka harus datang ke warnet untuk mengerjakan tugas, mencari informasi, dan hal-hal lain yang membutuhkan akses internet. Jadi wajar apabila dahulu bisnis warnet sangat menjanjikan karena hampir setiap hari orang pergi ke warnet. Nah, bagaimana dengan sekarang? Akses internet yang sangat mudah membuat setiap orang bisa menggunakan internet kapan pun dan di mana pun, apalagi sekarang ada wifi yang tersedia di mana-mana seperti Wifi Corner dari Telkom dan hampir di setiap rumah makan sudah menyediakan fasilitas wifi. Kemudahan akses internet tentunya membuat banyak pengusaha warnet yang gulung tikar.

Kebanyakan para pengusaha warnet yang telah beroperasi dari 10 tahunan yang lalu mengalami kerugian karena mereka tidak memiliki kemampuan teknis dan kemampuan manajemen yang baik dalam mengelola warnet. Padahal kemampuan teknis sangat penting untuk mendukung kelancaran operasi sistem komputer. Penggunaan komputer dalam jangka waktu yang lama tentu saja membuat daya gunanya menurun, apalagi digunakan oleh ribuan orang dari yang jago main komputer hingga anak-anak yang belum ahli menggunakan komputer, padahal penggunaan komputer yang salah akan membuat performanya cepat menurun.

Nah, jika komputer sudah digunakan lama tentu saja sering mengalami gangguan pada sistemnya., dalam hal ini sebaiknya pelaku usaha warnet harus memiliki kemampuan teknis komputer sehingga saat komputer bermasalah bisa diperbaiki sendiri tanpa harus memanggil teknisi khusus. Jika si pemilik tidak memiliki keterampilan teknis, maka bayangkan berapa banyak budget yang harus dikeluarkan untuk membayar ahli teknis komputer. Kebanyakan para pengusaha warnet gulung tikar karena mereka tidak mampu membeli komputer yang rusak atau tidak balik modal karena biaya perawatan komputer berbanding terbalik dengan pendapatan yang didapat mengingat saat ini pelanggan warnet sedikit, akibatnya bisnis mereka gulung tikar.

Modal Usaha Bisnis Warnet Murah Komplit Game Online

Kemampuan manajemen juga harus dimiliki para pengusaha warnet. Sebaiknya pemilik warnet mampu memanajemen usahanya mulai dari manajemen keungannya, teknisnya, hingga memanajemen tempat usaha warnet. Kebanyakan mereka yang gulung tikar adalah mereka yang terlalu berlebihan mendekorasi warnetnya sehingga harus mengeluarkan budget yang banyak hal ini tidak sebanding dengan pemasukan mereka. Selain itu pengusaha warnet juga harus berfikir kreatif dan mampu berinovasi. Misalnya, jika dirasa pengunjung mulai sepi karena sekarang akses internet mudah, maka beralihlah kepada usaha yang masih tetap menggunakan akses internet dan komputer tetapi hanya di tempat usaha Anda saja orang bisa mendapatkannya. Yaitu dengan membuka , tidak semua orang bisa mendownload secara gratis game-game online di komputer mereka karena keterbatasan memori pada komputer mereka. Nah, hal ini bisa menjadi kesempatan emas bagi Anda untuk membuka game online karena tentu saja orang yang ingin bermain game harus ke tempat usaha Anda.

Anda juga bisa berinovasi dengan menambah jasa edit foto, desain grafis, hingga tempat print pada bisnis warnet. Tidak semua orang bisa desain grafis, sehingga orang yang butuh jasa desain grafis akan mengunjungi warnet Anda. Selain itu tidak semua orang memiliki printer, padahal kebutuhan printer semakin bertambah di era sekarang. Manfaatkan hal tersebut untuk menambah fasilitas jasa print di warnet Anda. Nah, hal ini bisa mengurangi risiko gulung tikar pada bisnis warnet Anda. Walaupun penggunaan warnet untuk akses internet jarang, tetapi dengan adanya fasilitas baru seperti game online, jasa desain grafis, dan jasa print usaha warung internet Anda tidak akan sepi.

Bagaimana untuk Warnet

Bagi Anda yang baru akan membuka usaha warnet jangan khawatir dulu bahwa nantinya bisnis Anda akan gulung tikar, karena ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk memulai bisnis warnet agar sukses saat menjalankan usaha, di antaranya adalah:

  1. Pastikan memiliki skill teknis komputer yang baikSeperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa penting sebelum membuka bisnis warnet untuk mempelajari tentang teknis komputer. Hal ini sangat penting karena untuk memperkecil pengeluaran saat komputer rusak. Jika sudah ahli, maka Anda tidak perlu memanggil teknisi komputer khusus yang untuk membayarkan memerlukan biaya yang tidak sedikit.
  2. Memiliki Kemampuan Manajemen
    Poin yang satu ini juga sudah dijelaskan di atas. Seorang pengusaha warnet harus memiliki kemampuan manajemen. Karena manajemen dibutuhkan untuk mengatur keuangan, mengatur tenaga kerja, dan mengatur perawatan perlengkapan warnet dan game online.
  3. Pastikan Anda adalah seseorang yang mumpuni di bidang teknologi
    Membuka di bidang warnet dan game online tentunya harus memiliki skill teknologi yang tinggi. Hal ini dibutuhkan untuk meng-upgrade sistem komputer ataupun kecepatan internet sehingga warnet dan game online Anda menjadi primadona dan selalu dikunjungi penikmat game online.
  4. Jangan Boros
    Pintar-pintarlah dalam mengatur keuangan. Maksudnya adalah usahakan yang perlu dan jangan usahakan yang tidak perlu. Misalnya, Anda memerlukan karpet sehingga pengunjung bisa nyaman berada di depan komputer menikmati game online atau internet. Kemudian yang perlu Anda lakukan adalah membeli karpet. Nah, kalau sudah ada karpet dan dirasa tidak memerlukan kursi, sebaiknya Anda tidak perlu membeli kursi karena selain akan menambah pengeluaran, kursi juga bisa membuat pelanggan tidak nyaman. Kebanyakan pelanggan warnet atau game online lebih suka duduk lesehan di atas karpet saja tanpa perlu kursi.Kemudian Anda juga bisa menghemat pengeluaran dengan tidak membuat bilik-bilik pada bisnis warnet atau game online. Biasanya desain warnet dan game online adalah adanya bilik atau chamber, tetapi sekarang justru Anda bisa membuat desain ruangan warnet yang lebih terbuka sehingga akan mendapat kesan aman. Nah, desain ruangan tanpa bilik juga bisa menghemat pengeluaran karena tidak memerlukan biaya untuk membuat bilik-bilik.
  5. Jangan Malas Menjaga Warnet
    Terkadang pengusaha warnet malas untuk menjaga tempat usahanya sendiri, hal ini membuat mereka harus menggunakan jasa orang lain untuk menunggu atau menjaga warnet. Padahal jika dihitung-hitung, maka Anda harus mengeluarkan biaya banyak karena keuntungan yang didapat akan dipotong untuk membayar orang yang menunggu warnet Anda. Nah, apabila Anda memiliki waktu luang yang cukup, sebaiknya Anda mengalah untuk menjaga warnet sendiri bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu membayar orang.
  6. Berfikir Kreatif
    Berfikir kreatif menyesuaikan kebutuhan zaman. Maksudnya adalah mampu beradaptasi pada perubahan zaman. Contohnya, seperti sekarang ini penggunaan internet untuk sekadar facebook, googling, atau download mp3 di warnet sudah jarang. Karena adanya smartphone membuat orang bisa mengakses internet di mana saja. Nah, agar usaha Anda tetap berjalan, cobalah menambah fasilitas lain seperti menyediakan printer. Terkadang orang membutuhkan printer untuk mencetak file yang telah di download di suatu website dan tidak semua orang memiliki printer. Peluang seperti ini bisa dimanfaatkan, dengan membuka jasa print atau jasa-jasa lain yang masih berhubungan dengan jaringan internet.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjadi seorang pengusaha di bidang warung internet ataupun game online. Selain tips-tips di atas, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk membangun sebuah usaha warung internet dan game online.  Simak ulasan berikut mengenai kebutuhan yang diperlukan untuk membangun warnet.

Apa Saja Kebutuhan untuk Membangun Bisnis Warnet

Saat mulai membangun sebuah usaha, biasanya orang yang tanpa perencanaan khusus akan merasa boros karena banyak membeli perlengkapan yang ternyata tidak cukup penting dalam keberlangsungan usaha. Nah, untuk menghindari hal itu terjadi, sebaiknya Anda perlu memperhatikan kebutuhan-kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk membangun warnet.

  1. Modal Usaha yang Cukup
    Yang pertama kali harus Anda siapkan untuk membangun warnet adalah kebutuhan akan . Kebutuhan ini cukup penting karena yang namanya usaha sudah pasti membutuhkan modal terlebih dahulu. Nah, penjelasan lengkap mengenai berapa modal yang diperlukan untuk membangun warnet ada pada sub berikutnya.
  2. Tempat Usaha yang Strategis
    Tempat usaha adalah kebutuhan selanjutnya yang harus dipenuhi untuk membangun usaha warung internet dan game online. Untuk lebih menghemat biaya Anda bisa membuka warnet di rumah Anda sendiri sehingga tidak memerlukan biaya sewa tempat. Usahakan lokasi warung internet strategis, misalnya di pinggir jalan, dekat sekolahan, dekat kampus, dekat kos-kosan, atau di pemukiman yang padat. Nah, apabila rumah Anda berada jauh di pusat keramaian, Anda bisa menyewa tempat yang lokasinya berada di sekitar pusat kota atau keramaian. Jangan memaksakan membuka warnet di rumah Anda yang lingkungannya sepi dan jauh dari akses jalan raya atau keramaian, karena kemungkinan sepi pengunjung akan terjadi.
  3. Internet Provider dengan Kecepatan yang Cukup
    Internet Provider adalah kebutuhan yang mutlak harus ada ketika akan membangun usaha warung internet. Hal ini karena yang namanya warung internet dan game online tentu saja membutuhkan jaringan internet yang cukup bagus dengan kecepatan yang stabil. Berikan fasilitas usaha warung internet dan game online Anda dengan internet provider dengan kecepatan yang stabil sehingga akan membuat pengunjung nyaman tanpa menunggu koneksi internet yang lambat. Apabila fasilitas usaha Anda memadai, akan membuat pengunjung nyaman dan kemungkinan pengunjung kembali ke tempat usaha Anda akan terjadi.
  4. Jaringan Listrik yang Memadai
    Listrik juga menjadi kebutuhan mutlak yang harus ada pada sebuah bisnis warnet. Listrik jelas dibutuhkan untuk mendukung komputer dan internet agar tetap menyala atau berjalan. Untuk 1 set komputer biasanya membutuhkan daya sebesar 150 watt.
  5. Komputer atau Monitor yang berkualitas dan stabil
    Nah, yang tidak kalah penting selanjutnya adalah ketersediaan komputer atau monitor yang berkualitas dan stabil. Untuk menunjang game online sebaiknya pilih komputer yang memiliki spesifikasi terbaru karena biasanya game-game tertentu hanya bisa dimainkan di komputer dengan spesifikasi terbaru. Sehingga Anda perlu mengupgrade komputer Anda juga sudah lama dan spesifikasi tahun pembuatannya sudah terlalu tua.
  6. Aksesoris Komputer seperti Keyboard, Mouse
    Lengkapi dengan kebutuhan aksesoris komputer seperti keyboard dan mouse. Dalam memainkan game, keyboard dan mouse sangat menentukan kenyamanan penikmat game online. Sehingga Anda perlu menyediakan keyboard dan mouse yang high kualitas dan nyaman untuk digunakan saat pelanggan bermain game online.
  7. Meja Komputer untuk Warnet dan untuk Game online
    Kebutuhan selanjutnya yang harus ada dalam warung internet dan game online adalah meja komputer. Anda tidak perlu menyediakan kursi, apabila Anda sudah menyediakan karpet. Tetapi, kebutuhan akan meja komputer tetap harus dipenuhi karena meja akan membuat mata pelanggan sejajar dengan dekstop komputer. Hal ini akan membuat pelanggan nyaman dalam bermain game online, atau berselancar dalam internet.
  8. Fasilitas penunjang, seperti Ac dan Freezer
    Nah, kebutuhan yang terakhir adalah fasilitas penunjang seperti pendingin ruangan yang dapat membuat pelanggan betah berlama-lama di warnet atau game online Anda. Atau sediakan freezer yang berfungsi untuk menjual minuman segar dan dingin, hal ini bisa menjadi peluang Anda untuk mendapat penghasilan tambahan dengan berjualan minuman dingin. Adanya minuman juga bisa membuat pengunjung betah berlama-lama di warnet atau game online Anda.

Setelah mengetahui apa saja kebutuhan yang diperlukan untuk membangun bisnis warnet, seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan di atas pada poin pertama, Anda juga perlu mengetahui seberapa besar modal yang dibutuhkan untuk membangun warnet dan game online.

Berapa Modal Usaha yang Dibutuhkan?

Modal yang dibutuhkan untuk membangun warnet cukup bervariasi. Maksudnya adalah Anda bisa menyediakan modal di bawah 10 juta Rupiah bahkan lebih dari 10 juta Rupiah. Perbedaan modal tersebut adalah karena tergantung bagaimana Anda akan menjalankan bisnis warnet. Apabila Anda akan membuka warnet yang high class dengan adanya pendingin udara, fasilitas printer, fasilitas pendingin minuman, sewa tempat di pusat keramaian, serta menyediakan komputer kualitas nomor satu maka Anda memerlukan modal usaha sekitar lebih dari 20 Jutaan. Namun, apabila Anda akan membuka warnet yang sederhana dan tetap memperhatikan kenyamanan pengunjung maka dengan modal sekitar 7 Juta Rupiah saja Anda sudah bisa membangun warnet dan game online.

Nah, sekarang bahas dahulu modal usaha warnet lebih dari 20 juta Rupiah.  Untuk membuka warnet dan game online yang high class Anda berikut rincian harga kebutuhan dan total modal yang diperlukan :

  1. PC Komputer dengan jumlah 10 unitharga per unit Rp 4.500.000 : Rp 45.000.000
  2. Meja Komputer dan Kursi 10 buah : Rp 10.000.000
  3. Meja Operator dan kursi : Rp  1.000.000
  4. Sewa Lokasi, Beli Karpet, dan Sekat : Rp 10.000.000
  5. Satu Unit Printer : Rp   1.000.000
  6. Software : Rp      600.000
  7. Modem Jaringan internet disertai pemancar : Rp  1.000.000
  8. Keyboard dan Mouse : Rp  1.000.000
  9. Listrik : Rp     100.000
  10. Pemasangan Kabel dan Internet : Rp     500.000
  11. Beli AC : Rp  2.500.000

Total Rp 71.700.000

Untuk membangun sebuah warnet yang high class Anda memerlukan modal dengan nominal yang fantastis yaitu sekitar 70 Juta Rupiah. Anda jangan khawatir dahulu karena Anda bisa warung internet dan game online hanya dengan modal sekitar 10 juta-an. Berikut rincian kebutuhan yang diperlukan untuk membuka usaha warung internet dan game online dengan total modal usaha sekitar 10 Juta Rupiah.

  1. PC Komputer 5 Unit dengan layar Flat Second
    per unit Rp 1.100.000 : Rp 5.500.000
  2. Biaya pemasangan dan pembelian Modem : Rp  1.000.000
  3. Meja Komputer Pendek 5 buah
    per buah Rp. 50.000 : Rp     200.000
  4. Karpet : Rp     200.000
  5. Biaya listrik dan Pasang Kabel : Rp     100.000
  6. AC : Rp  2.500.000
  7. Printer : Rp     800.000

TotalRp 10. 300.000

Warnet dengan modal murah meriah ini bisa Anda buat dengan konsep warnet tanpa bilik. Namun, jangan salah dulu, memang bilik membuat kesan privasi pengunjung lebih terjaga. Tetapi, belakangan ini penggunaan internet yang tidak ada batasan membuat orang tua resah dengan adanya keberadaan warnet. Nah, Anda bisa memilih model warnet tanpa bilik. Selain biaya yang dikeluarkan lebih murah, warnet Anda juga bisa mendapat kesan aman dan nyaman. Konsep model warnet dengan modal usaha 10 jutaan juga membuat Anda bisa menjaga dan memantau kondisi warnet tiap hari tanpa memerlukan adanya penjaga warnet. Apabila ada penjaga warnet, maka Anda juga harus menyediakan uang bayaran untuk penjaga warnet. Jika Anda menjaga sendiri warnet Anda, maka bisa lebih hemat pengeluaran sehingga keuntungan yang didapat lebih banyak.

Estimasi Keuntungan

Setelah tau berapa besar modal yang dibutuhkan, Anda juga bisa menghitung perkiraan keuntungan yang bisa didapatkan dengan membuka warung internet dan game online.

  • Untuk warnet dengan modal lebih dari 20 Juta Rupiah, berikut estimasi keuntungannya:
    Pendapatan : 10 PC Komputer x 12 Jam x Rp 2.500 / jam = Rp 300.000 / hariTotal pendapatan per bulan Rp 300.000 x 30 = Rp 9.000.000Pengeluaran tiap bulan: Biaya karyawan + Internet + Listrik + Perawatan Peralatan(Rp 1.000.000 + Rp 600.000 + Rp 500.000 + Rp 300.000) =  Rp 2.400.000Jadi Keuntungan dalam tiap bulan adalah Rp 9.000.000 – Rp 2.400.000 = RP 6.600.000
  • Untuk Warnet dengan modal 10 Juta Rupiah, berikut estimasi keuntungannya :
    Pendapatan: 5 Pc Komputer x 12 Jam x Rp 2.500 / jam = Rp 150.000,- / hariTotal pendapatan per bulan Rp 150.000 x 30 = Rp 4.500.000Pengeluaran  tiap bulan: Biaya Internet + Listrik + Perawatan Peralatan(Rp 600.000 + Rp400.000 +Rp 300.000) = Rp 1.300.000Jadi keuntungan yang didapat tiap bulan adalah Rp 4.500.000 – Rp 1.300.000  = Rp 3.200.000

Bagaimana cukup menggiurkan bukan membuka usaha warung internet dan game online? Walaupun saat ini warnet bukan menjadi primadona karena jaringan internet yang mudah diakses, tetapi apabila Anda mampu mengatur dengan baik bisnis warnet Anda bisa jadi bisnis Anda akan sukses. Biasanya untuk memulai suatu bisnis orang takut karena tidak memiliki modal dan takut usahanya akan gagal. Nah, simak tips berikut ini bagi para pemula dalam dunia bisnis.

Tips Memulai Usaha Bagi Pemula

Selain tips membangun usaha warung internet dan game online, jika Anda termasuk masih pemula dalam dunia usaha atau bisnis, maka Anda juga perlu mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan untuk memulai sebuah usaha. Berikut tips untuk memulai usaha bagi pemula :

  1. Niat
    Niat adalah poin paling awal saat akan memulai sebuah bisnis. Dengan adanya niat, Anda bisa lebih bersungguh-sungguh dalam menjalankan usaha.
  2. Jangan Takut Gagal
    Kegagalan adalah faktor yang membuat seseorang takut untuk memulai usaha. Padahal yang namanya usaha pasti akan mengalami kegagalan dan kesuksesan. Pada intinya yang harus dilakukan adalah terus mencoba dan berusaha apabila gagal, dan jangan mudah puas saat telah mencapai kesuksesan. Jadikan kegagalan sebagai pelajaran agar Anda lebih kuat menjalani bisnis di masa yang akan datang.
  3. Rencanakan Bisnis dengan Matang
    Perencanaan bisnis saat akan memulai usaha ada beberapa macam seperti perencanaan usaha apa yang akan dipilih, perencanaan siapa target pasaran, perencanaan bagaimana strategi pemasarannya, hingga perencanaan modal yang dibutuhkan dan berapa penghasilan yang harus didapatkan agar balik modal.Nah untuk perencanaan usaha apa yang akan dipilih, sebaiknya Anda harus memperhatikan kondisi dan keadaan masyarakat. Jika sedang musim game online dengan didukung hobi bermain game, Anda bisa memulai usaha game online yang kira-kira bertahan dalam jangka waktu panjang. Jika Anda lebih tertarik pada bisnis kuliner, maka pilihlah usaha makanan yang sedang banyak diminati masyarakat. Pengusaha haruslah open minded sehingga apabila terjadi perubahan zaman, Anda bisa upgrade bisnis Anda mengikuti trend atau perkembangan zaman.Nah, perencanaan selanjutnya adalah perencanaan target pasaran. Hal ini berkaitan erat dengan pemilihan lokasi usaha. Apabila target sasaran usaha adalah anak muda, sebaiknya pilih lokasi strategis di pusat keramaian, dekat sekolah, dekat kampus, atau dekat kos-kosan mahasiswa. Perencanaan target sasaran juga berkaitan dengan strategi pemasarannya, misalnya apabila target Anda anak muda maka lakukan promosi di acara-acara musik, bazar, ataupun di sosial media. Apabila targetnya orang dewasa Anda bisa melakukan strategi pemasaran lewat broadcast di sosial media. Nah, penjelasan mengenai perencanaan selanjutnya bisa disimak pada poin di bawah ini.
  4. Melakukan Pinjaman Modal di tempat yang tepat
    Perencanaan modal usaha harus dilakukan, agar tidak terjadi pembengkakan anggaran untuk memulai usaha. Jika menggunakan perencanaan modal usaha, maka Anda akan lebih bisa mengontrol seberapa besar nominal yang harus dikeluarkan untuk persiapan usaha. Kebanyakan orang takut memulai usaha karena tidak memiliki modal usaha yang cukup. Nah, bagi Anda yang tidak memiliki modal usaha yang cukup, pilihan yang tepat adalah dengan melakukan pinjaman modal usaha di lembaga keuangan ataupun Anda bisa melakukan pinjaman melalui online. Saat ini banyak platform atau marketplace yang memberikan fasilitas peminjaman modal usaha bagi para pengusaha. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha yang masih pemula.

Itulah beberapa tips untuk memulai usaha. Bagi Anda yang masih pemula, Ada kesempatan menarik untuk mendukung bisnis awal Anda yaitu dengan bergabung menjadi agen KUDO. Kios Usaha Dagang Online atau bisa disingkat KUDO adalah platform jual beli online yang cukup besar di Indonesia yang memudahkan pelaku usaha untuk menjual barang dagangannya ataupun menjual jasa. Nah, sedangkan agen KUDO adalah mereka yang mendaftarkan diri sebagai agen KUDO dan melakukan pengisian saldo untuk bisa memulai transaksi bisnis di KUDO. Ada beberapa keuntungan bergabung menjadi agen KUDO di antaranya adalah, Anda bisa menjual produk atau menjadi reseller produk ternama, bisa membuka jasa pembayaran berbagai tagihan, hingga bisa melakukan pinjaman modal usaha sehingga dapat dikatakan KUDO sangat tepat dipilih sebagai pendukung bagi para pelaku usaha pemula.

Nah, untuk bisa mendapatkan pinjaman, Anda hanya perlu mendaftarkan diri sebagai agen KUDO. Setelah 6 hingga 8 bulan bergabung menjadi agen dan telah melakukan berbagai transaksi, Anda baru bisa berkesempatan melakukan pinjaman modal usaha dengan nominal maksimal 25 Juta Rupiah. Sekarang tidak perlu bingung lagi untuk menjadi pengusaha, serahkan semuanya kepada KUDO.