29Jul

Usir Lelah Setelah Mudik Lebaran

Lebaran sudah usai, pastinya Sobat Kudo yang mudik ke kampung halaman pun mulai berbondong-bondong kembali ke tempat perantauan. Menerobos keramaian arus balik mudik memang bukan hal yang mudah. Kamu harus rela berlama-lama di jalan karena hampir semua jalur mudik diwarnai dengan kemacetan.

Karena itu, selain rasa senang usai bertemu dengan keluarga besar di kampung halaman, rasa capek pun sering menghinggapi kita seusai kembali dari perjalanan mudik, terutama bagi yang mudik dengan kendaraan pribadi. Nah kali ini Kudo akan bagi-bagi cara ampuh untuk mengusir rasa capek setelah pulang mudik. Langsung cari tahu caranya di bawah ini yuk!

1. Lakukan peregangan saat mudik

 

Setelah berjam-jam duduk di mobil, pastinya semua anggota tubuh kamu pun mulai merasa pegal. Nah daripada kamu cuma duduk di dalam mobil yang nggak jalan sama sekali karena macet, mending Sobat berhenti sebentar dan keluar dari mobil untuk melakukan peregangan.

Kamu bisa menggerak-gerakkan semua anggota tubuhmu, mulai dari kepala, tangan hingga kaki. Selain untuk merilekskan otot-otot yang berkontraksi selama duduk di mobil, peregangan ini juga bertujuan untuk melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Karena saat duduk lama, banyak sendi-sendi tubuh yang terlipat sehingga menghambat sirkulasi darah.

 

2. Tidur lebih cepat

 

Setelah sampai di rumah, kamu masih harus merapikan rumah yang sudah ditinggal berhari-hari? Mending besok-besok aja deh. Setelah berjam-jam melakukan perjalanan yang jauh, ada baiknya kamu langsung membersihkan diri dan tidur. Jangan paksa tubuhmu untuk bekerja di luar batas kemampuannya. Sebelum tidur, minumlah suplemen vitamin untuk mengembalikan kebugaran tubuhmu

 

3. Berendam dengan air hangat

Mandi dengan air hangat menjadi salah satu cara yang ampuh untuk mengusir rasa capek setelah melakukan perjalanan jauh seperti mudik. Air hangat ini akan merilekskan otot-otot tubuhmu dan juga melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Nah sebelum tidur, kamu bisa memanjakan diri terlebih dulu dengan berendam di air hangat selama 15-30 menit.

 

4. Pijat estafet

Mau tahu cara seru untuk menghilangkan rasa capek seusai mudik? Pijat estafet! Sesampai di rumah, kamu bisa mengajak semua anggota keluarga untuk duduk berbaris ke belakang dan saling memijat satu sama lain. Selain ampuh untuk menghilangkan kepenatan dan rasa lelah setelah berjam-jam di jalan, cara yang satu ini pastinya juga akan semakin menambah keakraban dalam keluarga kecilmu.

 

5. Refleksi

Jika berendam dengan air hangat dan tidur belum mampu untuk menghilangkan rasa pegal di sekujur tubuhmu, tidak ada salahnya kamu pergi ke tempat refleksi untuk memanjakan tubuhmu. Teknik pemijatan refleksi dilakukan dengan menekan bagian-bagian tertentu pada tubuh yang kemudian akan memberi efek pada anggota tubuh lain. Cara ini akan mampu menghentikan rasa sakit, mempercepat proses regenerasi saraf yang cidera dan juga melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.

 

6. Gunakan aromaterapi

Selain air hangat, aromaterapi juga dianggap ampuh untuk merilekskan tubuh dan juga pikiran. Nah aromaterapi ini cocok banget untuk kamu yang stres setelah berhadapan dengan kemacetan selama perjalanan kembali dari mudik. Kamu bisa meletakkan aromaterapi di kamar tidur ataupun menambahkannya ke dalam air hangat untuk berendam. Dengan aromaterapi ditambah alunan musik yang menenangkan, pasti kamu akan bangun dengan lebih bersemangat di pagi hari.

 

7. Menaikkan kaki

Cara terakhir yang paling mudah untuk mengurangi rasa capek setelah pulang mudik adalah dengan menaikkan kaki ke dinding. Cara ini akan membantu memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh dan bisa meredakan rasa pegal yang menghinggapi tubuh kamu, terutama pada bagian kaki. Naikkanlah kakimu ke dinding kamar selama 15 menit sebelum tidur, dijamin keesokkan paginya rasa pegal di kakimu akan berkurang dan kamu pun merasa lebih rileks.

 

Semoga ketujuh cara di atas bisa ampuh untuk membantu mengusir rasa capek dan pegal yang menghinggapi tubuh kamu setelah pulang mudik yah, Sobat Kudo. Selamat mencoba! 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *