28Feb

Mengisi Waktu Luang yang Menghasilkan Uang Tahun 2017

Mengisi Waktu Luang yang Menghasilkan Uang

Sumber: www.ibs-b.hu

Mengisi yang Menghasilkan . Di dunia ini semua orang mempunyai waktu yang sama dalam sehari, 24 jam. Yang membedakan orang sukses dan orang gagal adalah bagaimana cara mereka dalam mengisi waktu sehari yang hanya 24 jam itu. ~ Anonim

Orang-orang sukses yang ada dunia ini bisa dipastikan mempunyai manajemen waktu yang baik. Mereka adalah para manajer waktu dalam kehidupannya yang piawai. Karena itulah, mereka diganjar dengan kesuksesan dan keberlimpahan dalam kehidupannya, baik dalam materi, jabatan, dan juga kehormatan.

Di lansir oleh Bintang.com (15 Oktober 2015), Richard Branson, pendiri the Virgin Group, kerap kali membawa notebook-nya ke mana pun dia pergi. “Saya tidak bisa membuat the Virgin menjadi kecil dan bisa saya bawa-bawa. Makanya, saya membawa notebook. Ketika kamu punya ide dan tidak menuliskannya di malam hari, besok pagi semua ide itu akan hilang,” katanya kepada majalah Inc. Notebook baginya adalah cara untuk mengatur waktu Bronson dalam memanej the Vingin Group.

Sumber: www.bintang.com

Berbeda dengan Bronson, Warren Buffett, investor dan pebisnis Amerika yang terkenal sangat jago ini punya tips lain. Dia percaya, bahawa ada perbedaan antara orang yang sukses dan tidak sukses. “Orang sukses mengatakan “tidak” pada hampir setiap hal,” katanya. Karena orang yang belum sukses terlalu banyak mengatakan “ya,” sehingga pekerjaannya akan menjadi menumpuk. Dan mereka tidak tahu apa yang seharusnya mereka lakukan. Bagi Buffett, cara memanaj waktu adalah dengan menentukan prioritas itu.

Menurut Andrew Mason, co-founder dan bekas CEO Groupon, kunci untuk mengatur waktu adalah kedisiplinan. Kalau kamu tidak disiplin selama bekerja, pasti tidak akan bisa menyelesaikan semua dalam satu hari. Kedisiplinan sangat berbarti bagi Mason. Sampai-sampai, kalau dia diharuskan membuat 10 karakter video game, dia akan membuat hanya tiga karakter cerdas dan sisanya karakter yang disiplin.

Sumber: www.bintang.com

Fenomena Waktu dan Usia

Pada umumnya, yang terjadi di masyarakat jika tidak cergas dalam mengatur waktu, maka akan mengalami:

Sumber: http://www.bayuwin.com/

  1. Saat masih muda: fisik kuat, waktu banyak, tapi tidak punya uang.
  2. Saat dewasa: punya banyak uang, fisik kuat, tapi tidak punya waktu.
  3. Saat sudah tua: punya banyak waktu, uang banyak, tapi fisik lemah.

Akibatnya, mereka saat tua menyesali semuanya. Menyesali masa mudanya yang tidak digunakan efektif waktu yang dimiliki, menyesali fisik kuat yang tidak dimanfaatkan dengan produktif, dan menyesali masa mudanya yang tidak memiliki uang. Selain itu, mereka juga menyesali waktu dewasanya yang tidak memiliki waktu untuk keluarga dan anak-anaknya, meski memiliki uang dan energi.

Orang-orang yang sukses pada umumnya mereka bisa mengatur waktu, uang, dan energinya. Selagi muda mereka saat mempunyai waktu banyak digunakan untuk hal yang positif, selagi energi mereka masih kuat mereka gunakan untuk berbagai efektifitas yang produktif, sehingga mereka mampu memiliki uang di usia muda.

Saat mereka menginjak dewasa, uangnya digunakan untuk investasi sehingga mereka banyak waktu untuk melakukan pengembangan usaha, selagi tenaganya juga masih kuat. Sehingga sebelum tua mereka sudah bisa pensiun dengan passive income yang dimiliki, mereka pun menikmati kehidupannya dengan tanpa dikejar-kejar materi lagi. Mereka bisa menikmati keberhasilannya dari kerja keras yang dilakukan sebelumnya. Di usia tuanya, karena mereka senantiasa aktif dengan kegiatan dan tidak banyak tekanan stress terkait dengan materi, mareka pun bisa menikmati usia tuanya dengan tenang, banyak mendekatkan diri kepada Tuhan, dan lebih banyak memanfaatkan waktu untuk keluarga.

Manajemen Waktu Orang Sukses

Pada umumnya manajemen waktu orang-orang sukses hanya ada 3 langkah yaitu:

  1. Menentukan target yang jelas dan terprogram
  2. Penyusunan rencana dengan baik step by step
  3. Memanfaatkan waktu seefisien mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan.

Ada beberapa teori manajemen waktu dari para ahli. Mereka mengungkapkan teorinya berdasarkan peneltian dan pengalamannya.

Dalam Teori Time Management Pareto, dijelaskan bahwa, majemen waktu akan terbentuk ketika ada beberapa orang yang paling efisien untuk melakukan pekerjaan mereka dalam jangka waktu tertentu sehingga berperan penting dalam produktivitas kerja. Dalam hal ini, penerapan Time Management Pareto secara umum untuk di sebuah perusahaan atau organisasi.

Teori Time Management Pickle Jar, menjelaskan dengan sangat sederhana untuk mudah dimengerti dan dilaksanakan, hal yang berhubungan dengan teori ini adalah hobi, tujuan dan waktu. Dedikasi lebih banyak waktu untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Teori ini juga mengajarkan cara yang tepat untuk memanfaatkan dan mengelola waktu baik dari hobi maupun tugas sehari-hari. Penerapannya cukup mengikuti jalur yang benar sehingga bisa mencapai hasil maksimal.

Sedangkan dalam Teori Time Management Abraham Maslow, tidak menentukan periode waktu yang diperlukan dalam pencapaian tujuan. Teori ini memahami betapa pentingnya elemen periode waktu dalam hidup dan menetapkan jangka waktu untuk pemenuhan berbagai kebutuhan. Motif untuk sehingga mampu mengurus keluarga dan kebutuhan lainnya adalah bagian dari perkembangan teori Abraham Maslow untuk meningkatkan standart hidup dengan memuaskan diri dengan berbagai cara.

Secara sederhana dari berbagai macam teori tersebut, dapat dirangkum bahwa pada umumnya orang-orang sukses mengatur atau mamanaj waktunya dengan beberapa cara, yaitu:

  1. Menentukan Skala Prioritas
    Mereka melakukan kegiatan sesuai dengan skala prioritas. Tingkat kepentingan dan kemendesakan setiap kegiatan tentu berbeda. Mereka senantiasa mendahulukan yang lebih prioritas terlebih dahulu.
  2. Membuat Jadwal Kegiatan
    Agar lebih efektif dan efisien, mereka juga membuat jadwal kegiatan. Baik itu jadwal kegiatan bulanan, mingguan maupun harian. Hal ini bertujuan agar mereka tahu apa yang harus dilakukan dan mana kegiatan yang harus didahulukan.
  3. Disiplin
    Mereka sangat disiplin dan tegas pada diri sendiri. Mereka tidak menunda-nunda kegiatan, karena akan membuat pekerjaan menumpuk.
  4. Realistis
    Ada sebuah kata bijak menarik dari Robert Kiyosaki, “Kita tidak bisa menjadi segalanya untuk semua orang. Seribu teori tidak akan berhasil jika nihil tindakan. Sebaliknya, satu teori saja akan berhasil jika disertai satu tindakan saja.” Orang yang sukses selalu realistis dalam melakukan kegiatannya. Mereka tidak tergoda dengan banyak kegiatan namun tidak realistis dengan tujuan dan visinya.
  5. Delegasi
    Kegiatan yang tidak sangat prioritas mereka delegasikan kepada sekertaris, staf atau teman. Hal itu dilakukan mereka jika tidak punya cukup waktu lagi untuk melakukannya.

Memanfaatkan Waktu Luang

Salah satu perbedaan antara orang sukses dan tidak sukses salah satunya juga terletak pada pemanfaatan waktu. Orang-orang sukses waktu nya sempit, namun mereka gunakan dengan efektif dan efisien, serta produktif. Seringkali orang-orang yang belum atau tidak sukses, waktunya banyak, dan mereka gunakan atau lewati begitu saja tanpa menghasilkan.

Ada banyak cara mengisi waktu yang menghasilkan uang. Mereka seringkali orang sukses justru yang melakukan ini. Berikut ini adalah beberapa contoh cara mengisi waktu  yang bisa dijadikan sebagai inspirasi.

  1. Cara mengisi waktu ibu rumah tangga
    memang seringkali pekerjaannya dianggap sepele, meski sebenarnya juga memiliki kesibukan yang sangat tinggi. Terlebih jika memang memiliki banyak anak dan masih kecil-kecil. Namun, meski demikian mereka tentu tetap memiliki space waktu. Dan itu bisa diisi dengan kegiatan yang menghasilkan.
    Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di ibu , misalnya: menjadi reseller produk, membuat aneka camilan yang bisa dijual, membuat aneka kerajinan tangan yang bisa dijual, dan juga bisa memanfaatkannya dengan hobi yang bisa menghasilkan uang, misalnya seperti menulis, membuat ilustrasi, melukis, fotografi, dan lain sebagainya.
  2. Cara memanfaatkan waktu luang bagi pelajar
    Meski hari-hari sebagai pelajar juga cukup menghabiskan waktu, terlebih jika ikut eskul dan juga banyak tugas dari guru, namun tentunya di sela itu ada banyak waktu. Misalnya ketika libur Sabtu-Minggu atau waktu jam istirahat, di malam hari menjelang tidur, dan lain sebagainya.
    Kegiatan di waktu selain hanya dipakai untuk santai-santai, bisa juga dimanfaatkan untuk kegiatan yang menghasilkan. Misalnya dari hobi mereka yang bisa dipakai untuk menghasilkan uang, seperti hobi bermain sepak bola, oleh karena itu aksesoris bola, jualan kaos bola, dan lain sebagainya. Atau jika hobi menulis bisa membuka menulis konten situs, dan lain sebagainya.
  3. Cara mengisi waktu luang saat liburan
    Liburan memang identik dengan kegiatan bersenang-senang dan menghabiskan uang. Tapi bagaimana jika maindsetnya diubah menjadi, liburan bersenang-senang dan mendapatkan uang? Tentu akan lebih menarik. Enaknya lagi, itu bukanlah sesuatu mustahil atau ibarat isapan jempol belaka. Serang ini, banyak liburan yang bisa menghasilkan uang. Jadi, hobi pun menghasilkan uang.
    Ada banyak artis atau para bloger, vlogger, dan juga buzzer yang mempraktekkan ini. Mereka jalan-jalan, wisata kuliner, dan bisa mencoba berbagai wahana secara gratis sepuasnya, dan bahkan setelah itu mereka dibayar. Para artis bisa menawarkan jasa endorser, para bloger bisa menawarkan jasa liputan wisata, vloger juga demikian, termasuk bazzer bisa menawarkan jasa promosi wisata via .
  4. Cara mengisi waktu luang saat puasa
    Puasa memang ibadah bagi para pemeluk agama Islam yang wajib dikerjakan pada . Para muslim mereka harus menahan tidak makan dan minum serta semua yang membatalkannya dari sebelum terbit matahari hingga terbenamnya matahari, atau dari subuh hingga magrib. Puasa bukan berarti menjadi alasan untuk tidak bisa memanfaatkan berbagai kegiatan untuk mendapatkan uang. Lapar dan haus tidak bisa menjadi alasan untuk tidak produktif.
    Di saat puasa bisa digunakan dengan berbagai macam kegiatan yang bisa menghasilkan. Misalnya saat menjelang buka, atau ngabuburit bisa sembari jualan , atau jualan berbagai macam kebutuhan takjil dan buka. Bisa dengan hanya buka lapak di tempat-tempat ramai.

Menjadi Cara Efektif Mengisi Waktu Luang Menghasilkan Uang

Ada banyak kegiatan memanfaatkan waktu luang untuk menghasilkan uang, salah satunya dengan memanfaatkan berbagai fasilitas kerjasama menjadi .

KUDO sebagai salah satu marketplace di Indonesia memang memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh marketplace lain. KUDO mencoba membalikkan logika yang pada umumnya lebih banyak dari offline to online, KUDO justru sebaliknya, dari online to offline. Karena itulah, KUDO namanya cepat langsung menduduki jajaran atas sebagai marketplace yang diminati di Indonesia. Hal itu tentunya, masyarakat juga menimbang karena masih banyak keuntungan lain yang ditawarkan oleh KUDO ke Agen KUDO.

Cara menjadi Agen KUDO pun sangat mudah. Bisa mendaftar melalui website www.kudo.co.id atau bisa juga dengan mendownload di Play Store untuk menggunakan smartphone berbasis Android.

Hal menarik lain dari KUDO bukan hanya marketplace untuk menjual barang saja. Selain ada ribuan produk yang dijual, dari jenis Kupon & Voucher, Aksesoris HP, Aksesoris Kamera, Baterai & Charger, Kamera & Video, Komputer, Makanan Ringan, Perlengkapan Bayi & Balita, Fesyen Wanita, Fesyen Pria, Fesyen Muslim, dan masih banyak yang lainnya. KUDO juga memberikan jasa untuk pembelian tiket, pembayaran online, membayar asuransi, membayar cicilan, bahkan hal kecil seperti pembelian maupun pembelian pulsa untuk handphone.

Modal untuk menjalankan bisnis menjadi Agen KUDO pun juga sangat mudah dan murah. Modalnya hanya sekadar telpon pintar atau PC. Jadi daripada waktu  habis begitu saja tanpa bermanfaat, dengan menjadi Agen KUDO bisa dimanfaatkan waktunya untuk produktif dan menghasilkan. Bahkan waktu  sedikit pun bisa digunakan untuk berjualan dengan share produk di media sosial, misalnya.

KUDO sudah terbukti memang bisnis yang prospek dan menguntungkan. Sebagaimana pengalaman para Agen KUDO yang merasakan manfaatnya setelah bergabung.

Itu adalah beberapa testimoni dari para Agen KUDO yang merasakan manfaat bergabung, dan masih banyak lagi yang merasakan dampak positifnya, baik secara ekonomi, sosial, pergaulan, maupun jaringan.

Setidaknya ada tiga pintu pengghasilan yang ditawarkan oleh KUDO untuk para agen. Yaitu dari komisi, bonus, dan juga cashback. Komisinya besar dan langsung tertera di setiap produk yang dijual. Ada juga komisi dari sistem referral dari setiap yang mendaftar dan menyertakan kode referalnya sebesar Rp.30.000,- Adapun untuk bonus dan juga cashback setiap ada informasi langsung diberitahukan oleh KUDO secara langsung, dan di-posting di website serta media sosial resminya. (*)

Oleh Media Reputasi Indonesia