24Mar

Jadi Wiraswasta dengan Modal Kecil Untung Besar yang Menjanjikan

Perjalanan kita tidak berakhir begitu kita diwisuda. Justru perjalanan kita dimulai usai kita mendapatkan embel-embel gelar di belakang nama kita. Setidaknya ada tiga pilihan yang bisa kita pilih usai kita dinyatakan lulus dari universitas. Pilihan pertama adalah melanjutkan ke jenjang pendidikan strata dua untuk memperdalam ilmu kita. Pilihan kedua adalah menikah bagi orang-orang yang sudah memiliki calon pendamping hidup dan siap berkomitmen untuk menjalin hubungan yang lebih serius. Pilihan ketiga adalah pilihan yang paling umum untuk para lulusan baru yaitu bekerja untuk dan menyambung hidup. Bekerja bisa dilakukan dengan cara menjadi karyawan di perusahaan orang lain dan . Untuk bekerja di sebuah perusahaan tentu saja harus mengirimkan lamaran terlebih dahulu. Sedangkan untuk menjadi wiraswasta harus memiliki . Namun benarkah demikian? Mari kita simak lebih lanjut penjelasan di bawah ini.

Pengertian Wiraswasta

Wiraswasta berasal dari tiga kata di dalam bahasa Sansekerta yaitu wira, swa dan sta. Wira diartikan sebagai manusia yang unggul, berjiwa besar dan berbudi luhur. Swa diartikan sebagai sendiri. Sedangkan, sta diartikan sebagai sendiri. Dari tiga kata tersebut maka pengertian wiraswasta secara umum adalah seseorang yang memiliki keberanian untuk memecahkan permasalahan dalam hidupnya dan memenuhi kebutuhan hidupnya dengan dan kerja kerasnya sendiri.

Kemampuan Dasar Wiraswasta

Menurut Dr. Daud Joesoef, wiraswasta sukses merupakan orang yang mampu memanfaatkan berbagai macam sumber daya untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal. Wiraswasta harus bisa mengembangkan usaha dan membawanya ke arah kemajuan demi kenaikan prestise atau harga diri, kebebasan, kehormatan dan kontinuitas usaha. Seorang wiraswasta harus memiliki kemampuan untuk memimpin usaha baik secara teknis maupun fungsional. Secara fungsional seorang wiraswasta harus memiliki beberapa kemampuan, antara lain:

  • Kemampuan finansialSeorang wiraswasta harus mampu mengeluarkan uang untuk modal uang usaha. Modal itu bisa berasal sepenuhnya dari dana pribadi, investasi dari para investor atau pun utang dari lembaga keuangan lain.
  • Kemampuan manajerialSeorang wiraswasta tidak hanya berperan sebagai pemilik usaha maupun pemilik modal. Mereka yang memiliki usaha harus memiliki kemampuan untuk mengelola sumber daya yang ada, seperti keuangan dan para pekerjanya dengan baik. Pengelolaan yang baik akan memberikan dampak positif untuk usaha yang mereka jalankan.
  • Kemampuan berpikir out of the boxSalah satu kunci menjadi wiraswasta yang menjanjikan keuntungan besar adalah dengan mengubah pola pikir yang dimiliki oleh para wiraswasta. Para wiraswasta harus memiliki pemikiran yang berbeda dari orang lain. Mereka harus bisa berpikir kreatif sehingga bisa menciptakan ide wiraswasta sukses dengan modal kecil yang akan diminati oleh orang.
  • Kemampuan tahan bantingTidak ada usaha yang berjalan lancar tanpa lika-liku. Semua usaha pasti akan mengalami fluktuasi. Ada kalanya usaha tersebut berjalan lancar dan ada kalanya usaha tersebut terhalang oleh beberapa faktor. Saat usaha yang dijalankan tengah mengalami krisis, seorang wiraswasta harus bisa mengatasinya dengan baik. Mereka harus bisa menggunakan logika mereka untuk menyelesaikan masalah, terutama untuk para wiraswasta muda yang secara emosi masih sering labil. Masalah yang dihadapi dalam suatu usaha harus dipecahkan agar usaha terus berjalan, bukan diabaikan dan membuat usaha yang didirikan berhenti di tengah jalan.

Karakteristik Wiraswasta

Sebenarnya semua orang bisa menjadi seorang wiraswasta jika mereka mempunyai tekad untuk mandiri dan siap menanggung segala risiko. Seseorang bisa dikatakan sebagai seorang wiraswasta jika memiliki beberapa karakteristik yang akan disebutkan di bawah ini.

  • Menjadi seorang wiraswasta harus memiliki motivasi yang kuat untuk selalu bergerak dan memiliki inisiatif untuk mengemukakah inovasi-inovasi baru seputar usaha yang dijalankan.
  • Menjadi seorang wiraswasta harus mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai bagaimana cara menjalankan wiraswasta seperti merumuskan ide-ide, merencanakan tindakan dan membuat suatu keputusan.
  • Seorang wiraswasta harus memiliki daya imajinatif yang konstruktif yang mana imajinasi mereka bisa menghasilkan ide-ide baru yang kreatif demi perkembangan usaha yang dirintis.
  • Ketelitian merupakan aspek penting dalam dunia wiraswasta. Seorang wiraswasta harus bisa teliti sebelum membuat keputusan yang terkait dengan usaha yang mereka jalankan. Mereka harus jeli dalam memperhitungkan keuntungan dan kerugian dari keputusan yang mereka buat.
  • Seorang wiraswasta senantiasa harus selalu memiliki jiwa yang positif dan mentalitas yang baik agar tidak mengenal kata menyerah dalam mengembangkan usaha.
  • Seorang wiraswasta juga harus tahu bagaimana caranya bersyukur atas pencapaian dari usaha yang dijalankan. Dengan bersyukur seorang wiraswasta bisa terhindar dari sifat iri, dendam dan rakus yang berbahaya untuk kelancaran usaha.
  • Ketika usaha yang dijalankan tidak berjalan dengan lancar, seorang wiraswasta tahu bagaimana caranya memecahkan masalah dengan cari mencari sumber permasalahan, memperbaikinya dan belajar dari kesalahan tersebut. Seorang wiraswasta tidak boleh menyalahkan orang lain ketika terjadi masalah.
  • Jiwa sosial juga diperlukan untuk orang-orang yang ingin menjadi wiraswasta karena seorang wiraswasta akan bertemu dengan orang-orang baru. Selain itu, pemasaran produk wiraswasta pasti sangat membutuhkan jiwa sosial yang tinggi untuk menarik minat para konsumen.
  • Seorang wiraswasta harus bisa jujur, dapat dipercaya dan bertanggung jawab. Seorang wiraswasta harus bisa membedakan mana yang menjadi urusan dan mana yang menjadi urusan pribadi. Kejujuran yang dimiliki oleh seorang wiraswasta akan meningkatkan kepercayaan para konsumen dan tentu saja melancarkan usaha yang dirintis.
  • Para wiraswasta harus memiliki jiwa yang pantang menyerah karena usaha yang mereka rintis tidak serta-merta langsung menjadi usaha yang sukses. Wiraswasta dengan modal kecil dan keuntungan yang tidak seberapa menjadi langkah awal untuk kesuksesan mereka.
  • Para wiraswasta juga harus memiliki keberanian dalam menanggung segala risiko, termasuk risiko gagal dan bangkrut ketika usaha yang dijalankan tidak sesuai dengan ekspektasi kita.

Jadi Wiraswasta dengan Modal Kecil Untung Besar yang Menjanjikan
Macam-macam Wiraswasta

Perlu diketahui untuk orang-orang yang berminat untuk menjadi wiraswasta bahwa ada dua jenis wiraswasta yang bisa mereka rintis, yaitu bisnis dan . Untuk wiraswasta dengan jenis bisnis adalah jenis wiraswasta yang mengharuskan para pemilik usahanya menjual suatu produk dalam bentuk barang kepada para konsumen. Sedangkan, wiraswasta dengan jenis jasa adalah jenis wiraswasta yang mana pemilik usaha akan menjual jasa dan pelayanan kepada para konsumen.

Dua jenis usaha tersebut memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Misalnya, wiraswasta dalam bentuk bisnis seperti berjualan dan membutuhkan modal yang besar untuk tersebut. Hal ini dikarenakan mereka harus memiliki barang yang konkret dan riil yang akan dijual kepada para pembelinya. Sedangkan, untuk melakukan berwirausaha dalam bentuk jasa tidak diperlukan modal yang besar karena apa yang ditawarkan kepada para konsumen adalah jasa yang bentuknya tidak konkret dan riil.

Meski pun memiliki kekurangan dan kelebihan, bisnis dan jasa bisa menjadi wiraswasta menjanjikan keuntungan yang besar untuk orang-orang yang berani keluar dari zona nyaman dengan menjadi wiraswasta.

Contoh Wiraswasta dalam Bidang Bisnis

  • Menjual PakaianPakaian merupakan kebutuhan pokok untuk manusia. Pakaian berfungsi untuk menutupi anggota tubuh yang seharusnya tidak diumbar. Pakaian berguna untuk melindungi tubuh dari sengatan panasnya matahari, dinginnya hujan, terpaan angin dan juga kotoran. Pakaian juga menjadi tren mode yang menentukan tingkat kemodisan dan status sosial seseorang. Tidak heran jika bisnis pakaian tidak akan ada matinya karena permintaan pasar akan pakaian tidak pernah surut. Apalagi jika bisnis pakaian yang dirintis menjual jenis pakaian dengan model yang unik dan masih langka di pasaran. Sudah pasti permintaan pasar tidak terbendung lagi.

    Tidak perlu khawatir akan bisnis pakaian yang membutuhkan modal besar untuk membeli pakaian yang akan dijual, membeli atau menyewa tempat untuk menjual pakaian dan menggaji karyawan. Bisnis pakaian bisa dijalankan walau pun kita tidak memiliki modal sedikit pun dengan metode dropship.

    Metode dropship adalah salah satu di mana kita akan menjual barang atas nama kita namun kita tidak memegang barang tersebut secara langsung. Barang yang riil ada pada agen besar atau produsen. Nantinya, orang-orang yang berbisnis pakaian dengan metode dropship akan mempromosikan pakaian yang mereka jual melalui seperti Instagram dan menerima pesanan dari pembeli. Pesanan tersebut langsung dilaporkan kepada agen atau produsen yang memegang barang tersebut dan memproses pesanan tersebut. Pakaian yang dipesan akan dikirim langsung ke rumah pembeli dari tempat agen besar atau produsen dengan nama pengirim adalah kita selaku pemilik usaha.

    Selain tidak membutuhkan modal yang besar untuk menyetok pakaian yang akan dijual, bisnis pakaian dengan sistem dropship bisa menjadi referensi wiraswasta di rumah yang cocok untuk semua kalangan.

  • Menjual kosmetikKosmetik tidak akan bisa dipisahkan dari dunia perempuan. Hal ini dikarenakan perempuan dituntut untuk selalu tampil cantik demi menarik minat lawan jenis. Untuk menjadi cantik perempuan bisa saja melakukan operasi plastik dengan mengubah beberapa bagian wajah yang dirasa kurang cantik. Namun, ada cara yang paling mudah dan murah yang bisa ditempuh untuk menjadi cantik, yaitu dengan menggunakan kosmetik.

    Ada beragam kosmetik yang digunakan perempuan untuk membuat dirinya terlihat cantik. Kosmetik yang dipakai oleh para perempuan pun meliputi seluruh bagian wajah. Untuk membuat kulit mereka terlihat cantik tanpa ada cacat sedikit pun, para perempuan akan mengaplikasikan kosmetik berupa foundation atau alas bedak, pelembab, loose powder atau bedak tabur, compact powder atau bedak padat, BB cream, concealer atau penyamar noda wajah dan contouring untuk membuat wajah mereka terlihat tirus. Bagian wajah yang lain juga membutuhkan kosmetik agar terlihat sempurna seperti eyeliner untuk membuat mata terlihat besar, lipstik untuk membuat bibir lebih berwarna, blush on agar pipi terlihat lebih merona, eye shadow untuk mempercantik kelopak mata dan pensil alis agar alis terlihat sempurna.

    Permintaan pasar akan kosmetik tidak akan pernah menyurut karena kosmetik adalah kebutuhan pokok untuk kaum perempuan. Kita bisa menjual kosmetik dengan berbagai merek baik merek lokal atau pun merek impor asal kita tahu siapa target pasar kita. Jika kita membidik kalangan mahasiswa dan para penata rias maka kita bisa menjual kosmetik dari merek-merek lokal yang dijual dengan harga yang terjangkau oleh kantong mereka seperti Wardah, Viva, Sariayu, Claresta dan Purbasari. Ada juga kosmetik merek asing yang ramah di kantong pelajar yatu Tonymoly di mana liptint yang biasa dipakai oleh artis Korea dijual seharga Rp 50.000,-. Sedangkan, jika kita membidik kaum pekerja dan kalangan menengah ke atas, kosmetik dengan merek asing seperti Olay, Laneige, SK II, Missha, Etude House, The Body Shop dan merek asing lainnya bisa dijadikan referensi.

  • Menjual makananSiapa yang tidak membutuhkan makanan? Makanan merupakan kebutuhan pokok dari manusia yang bisa tidak dipenuhi bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, menjual makanan bisa menjadi wiraswasta 2017 yang tidak akan pernah sepi peminat. Dalam berbisnis makanan tidak perlu khawatir jika kita tidak bisa memasak karena berbisnis makanan tidak melulu tentang makanan berat yang membutuhkan kemampuan memasak yang mumpuni. Makanan ringan bisa menjadi ide untuk wiraswasta model kecil .

    Sekadar tips saja, untuk memulai wiraswasta dalam bidang makanan kecil bisa dimulai dengan melakukan inovasi pada makanan yang sudah ada, contohnya makaroni dan mi lidi. Makaroni dan mi lidi merupakan makanan ringan yang paling umum dimakan oleh pelajar SD. Biasanya makaroni dan mi lidi hanya diberi bumbu tabur rasa asin atau rasa pedas. Kita bisa melakukan inovasi dengan menciptakan berbagai macam varian rasa seperti keju, balado, jagung, rumput laut atau pedas dengan berbagai macam level.

    Dalam segi pemasaran kita tidak lagi membidik pelajar SD. Target pasar untuk makanan ringan tersebut adalah orang dewasa yang ingin mengenang masa kecil mereka melalui makanan ringan. Selain itu, dalam segi pemasaran kita bisa memanfaatkan sosial media seperti Instagram dan menggunakan paid promote (promosi berbayar) melalui selebgram (orang yang dianggap selebritis di jejaring sosial Instagram karena jumlah followers-nya yang banyak). Media promosi secara online, terutama melalui paid promote selebgram terbukti ampuh untuk meningkatkan pemasaran dari produk usaha.

  • Membuka bisnis kateringSeperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa makanan merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh semua orang dan bisa menjadi yang menjanjikan. Oleh karena itu, bisnis katering bisa menjadi ide wiraswasta rumahan yang bisa dilakoni oleh . Bisnis katering pasti sangat dibutuhkan untuk acara dalam skala besar yang membutuhkan makanan untuk orang banyak seperti acara resepsi pernikahan, pesta ulang tahun, seminar, makan siang perusahaan dan masih banyak lagi. Kita bisa bekerja sama dengan event organizer, wedding organizer dan perusahaan agar bisnis katering yang kita jalankan bisa menjadi penyuplai makanan untuk acara-acara yang mereka adakan.

    Tidak perlu khawatir jika bisnis katering sedang sepi permintaan untuk menyuplai kebutuhan makanan di acara- acara besar. Bisnis katering bisa tetap berjalan dengan membidik target pasar lain seperti mahasiswa dan pekerja. Kalangan mahasiswa dan pekerja bisa menjadi target pasar untuk bisnis katering karena mereka merupakan orang yang sibuk yang tidak sempat memasak. Kita bisa membuka layanan makanan harian selama dua atau tiga kali sehari. Selain itu, kita bisa membuka layanan menu katering khusus diet yang pasti akan banyak peminatnya.

  • Menjual masker kefirSiapa yang tidak ingin mempunyai kulit wajah yang putih, mulus, kencang dan bebas jerawat? Semua orang pasti ingin mempunyai kulit wajah yang seperti itu. Salah satu solusi untuk mendapatkan kulit putih, mulus dan bebas noda adalah dengan menggunakan masker kefir. Masker kefir merupakan masker yang terbuat dari olahan susu kambing yang tidak dicampur dengan bahan kimia yang berbahaya untuk tubuh. Masker kefir sudah terbukti khasiatnya untuk mencerahkan kulit wajah, menghilangnya flek dan bekas jerawat serta untuk melembabkan kulit wajah yang kering. Masker kefir aman digunakan untuk semua umur karena tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya seperti merkuri. ¬†Masker kefir juga bisa dibuat sendiri dengan tutorial yang bisa ditemukan dengan mudah di internet.
  • Menjual buket jajanBuket tidak lagi melulu soal bunga. Jajan bisa disulap menjadi buket yang cantik hadiah dalam berbagai kesempatan. Target pasar yang paling sesuai untuk buket jajan adalah kalangan mahasiswa yang membutuhkan hadiah cantik dengan harga yang terjangkau. Para mahasiswa biasanya membutuhkan buket jajan untuk keperluan memberi hadiah pada saat seminar proposal skripsi, sidang skripsi dan wisuda.

    Buket jajan bisa dibuat dengan mudah dengan tutorial yang bisa ditemukan di internet. Untuk membuka usaha buket jajan hanya membutuhkan modal yang sedikit seperti aneka makanan ringan, lem tembak, pita dan kain tisu untuk membungkus. Sistem pemasaran dari bisnis buket bunga bisa melalui sosial media maupun mulut ke mulut.

Contoh Wiraswasta dalam Bidang Jasa

  • Membuka jasa rental komputer dan printJika kita tinggal di dekat lingkungan kampus maka wiraswasta modal kecil yang paling direkomendasi adalah membuka rental komputer dan print. Dua usaha itu merupakan hal yang pasti dibutuhkan oleh mahasiswa untuk keperluan mengeprint tugas, makalah, laporan praktikum dan skripsi. Modal yang diperlukan untuk membuka usaha tersebut tidaklah banyak. Kita hanya perlu membutuhkan beberapa unit komputer dan printer. Usaha rental dan print akan lebih bagus jika buka selama 24 jam karena kebutuhan akan print bisa muncul kapan saja.
  • Membuka jasa laundryMencuci merupakan hal yang melelahkan, apalagi mencuci manual dengan tangan. Kita harus mengucek dengan kuat untuk menghilangkan noda yang membandel. Kita juga harus memeras cucian agar tidak ada busa sabun yang tertinggal. Tidak lupa cucian pun harus dijemur agar kering. Belum lagi saat cucian sudah kering kita harus menyetrikanya agar terlihat rapi dan tidak kusut. Tentu saja hal itu membuang banyak waktu dan tenaga. Oleh karena itu, solusi terbaik untuk mencuci dan menyetrika adalah dengan laundry.

    Jasa laundry pasti sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang malas mencuci dan menyetrika dan orang-orang yang terlalu sibuk sampai tidak sempat melakukan dua pekerjaan rumah itu. Membuka jasa laundry bisa dimulai dengan modal kecil seperti menggunakan mesin cuci yang kita punya dan setrika. Kita hanya perlu membeli parfum khusus laundry yang dibeli dalam ukuran liter dengan harga puluhan ribu Rupiah dan plastik untuk pengemasan. Jasa laundry juga bisa dilengkapi dengan layanan jemput dan antar cucian ke rumah pelanggan. Selain itu, kita bisa menyediakan beberapa layanan untuk laundry seperti cuci kilat sehari jadi, cuci saja, cuci kering dan cuci kering setrika. Laundry juga tidak melulu soal pakaian. Jasa laundry juga melayani pencucian karpet, boneka dan sepatu.

  • Membuka jasa bimbingan belajarPembelajaran di sekolah tidaklah maksimal karena hanya ada satu guru yang harus mengajar puluhan orang siswa. Oleh karena itu, jasa bimbingan belajar pasti dicari oleh orang tua untuk memaksimalkan proses pembelajaran anak-anaknya. Kalangan mahasiswa yang ingin mencari penghasilan tambahan dan memiliki minat dalam hal pengajaran bisa menjadikan bimbingan belajar sebagai sumber mata uang. Mereka bisa menjadi pengajar di lembaga bimbingan belajar atau menjadi guru les secara privat yang datang langsung ke rumah siswa.
  • Membuka jasa penerjemahKebutuhan akan penerjemahan tidak pernah surut. Permintaan pasar akan kemampuan menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa asing atau sebaliknya semakin tinggi. Oleh karena itu, untuk mahasiswa yang berkuliah di jurusan bahasa bisa memanfaatkan peluang pasar yang terbuka luas dengan membuka jasa penerjemah. Kita bisa memulai bisnis penerjemahan dalam ruang lingkup yang kecil seperti menerjemahkan jurnal untuk referensi kuliah, abstrak pada skripsi maupun isi skripsi. Jasa penerjemah juga bisa dibarengi dengan jasa interpreter atau penerjemah lisan yang dibutuhkan untuk menerjemahkan percakapan antara orang-orang dengan bahasa yang berbeda.
  • Membuka jasa PPOBPPOB adalah payment point online bank. PPOB merupakan lembaga yang bekerja sama dengan bank dan menerima layanan pembayaran berbagai macam tagihan seperti , internet, PDAM, cicilan motor, cicilan KPR, cicilan hutang pada bank dan masih banyak lainnya. PPOB cocok untuk menjadi referensi wiraswasta untuk orang-orang yang tinggal di daerah terpencil dan jauh dari bank.

    PPOB bisa dijalankan oleh ibu tanpa harus keluar dari rumah. Modal yang dibutuhkan untuk membuka jasa PPOB antara lain komputer, koneksi internet dan printer  untuk mencetak bukti pembayaran.

  • Menjadi agen KUDO
    Apa itu KUDO?KUDO adalah kepanjangan dari Kios Untuk yang bisa diakses melalui kudo.co.is. KUDO adalah situs penyedia lapak untuk berjualan secara online. Barang-barang yang dijual di KUDO merupakan barang-barang berkualitas yang langsung dijual oleh produsen besar secara langsung. Barang-barang tersebut siap dipasarkan secara online melalui jasa dropshipper maupun reseller. Karena barang-barang KUDO langsung didatangkan dari perusahaan maka harga jual barang tersebut pun lebih murah daripada harga yang ada di pasaran. Para bisa menjualnya dengan harga pasar dan tetap mendapatkan laba yang banyak.

    Berbeda dari lapak berjualan online yang lain, agen KUDO juga menerima layanan untuk pembayaran berbagai macam tagihan seperti tagihan listrik, tagihan telepon rumah, tagihan internet, tagihan air, cicilan kredit bank, cicilan kredit motor, isi ulang pulsa elektrik dan isi ulang pulsa listrik. Fitur lain dari KUDO yang tidak akan ditemukan di situs jual beli online yang lain adalah layanan pemesanan tiket kereta api, kapal laut dan pesawat terbang. Membeli tiket kendaraan umum melalui KUDO memiliki keuntungan yaitu promo potongan harga yang jumlahnya bisa mencapai ratusan ribu Rupiah.

    Menjadi agen KUDO pun mudah. Langkah-langkah yang diperlukan untuk menjadi agen KUDO dimulai dengan membuka melalui browser pada komputer atau mengunduh aplikasi KUDO pada ponsel melalui Google Play Store. Langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi untuk menjadi agen KUDO. Setelah pendaftaran selesai maka kita akan diminta untuk melakukan investasi saldo. Tidak perlu takut dengan investasi saldo KUDO juga kita tidak memiliki uang hingga ratusan ribu Rupiah. Agen KUDO bisa melakukan investasi saldo dengan nominal paling kecil Rp 10.000,-. Begitu investasi saldo sudah selesai maka kita sudah resmi menjadi agen di KUDO. Berbagai macam layanan KUDO yang sudah dijelaskan di atas bisa kita lakukan untuk meraup keuntungan hingga berkali-kali lipat.

Tag