Wisata Jogja Dekat Malioboro yang Harus Dikunjungi
19Oct

6 Wisata Jogja Dekat Malioboro yang Harus Dikunjungi

Jika Anda belum pernah ke Malioboro, berarti Anda belum benar-benar mengunjungi Jogjakarta. Mendatangi tanpa singgah Malioboro pasti dianggap kurang pas bagi kebanyakan orang. Bagaimana tidak? Banyaknya ikon di Malioboro membuat orang merasa harus singgah ke tempat ini untuk menyaksikan seni jalanan, belanja, ataupun sekadar mencicipi aneka jajanan khas Jogjakarta. Banyaknya wisata Jogja dekat Malioboro juga menambah terkenalnya nama wilayah ini sebagai ikon wisata Kota Gudeg yang wajib dikunjungi.

Wisata khas jogja yang dapat ditempuh dalam jarak dekat dari Malioboro antara lain :

  1. Benteng Vredeburg, ketika Anda menyusuri Jalan Malioboro dari utara ke selatan, arahkanlah pandangan ke timur sesekali. Anda akan menemukan Benteng Vrederburg yang bersejarah. Letak yang strategis dan mudah dijangkau membuat benteng ini ramai dikunjungi wisatawan.
  2. Keraton Yogyakarta, gedung ini merupakan simbolnya Kota Jogja. Hanya dengan naik becak, Anda dapat sampai ke Keraton Yogyakarta dengan menyusuri Jalan Malioboro dan menyeberang hingga melewati kawasan Titik Nol. Keraton Yogyakarta sangat identik dengan Bangunan Joglo khas Jawa. Anda juga bisa menyaksikan Pagelaran Seni yang digelar setiap hari sesuai jadwal. Anda juga dapat melihat-lihat koleksi bersejarah Raja Yogyakarta pada zaman dahulu.
  3. Taman Sari, tempat ini sebenarnya merupakan bagian dari Keraton Yogyakarta. Taman Sari sendiri adalah istana air berarsitektur kuno yang unik. Dengan gaya khas zaman dahulu, Taman Sari punya daya tarik tersendiri yang membuatnya menarik di mata pengunjung. Dari Malioboro, Anda hanya perlu berkendara menuju selatan ke arah Alun-Alun Utara Jogja. Lalu ambillah jalan sebelah barat alun-alun hingga menemukan perempatan. Beloklah ke kiri dan terus ikuti jalan tersebut.
  4. Titik Nol, susurilah Jalan Malioboro hingga bertemu perempatan. Kawasan perempatan ini terkenal tidak pernah sepi. Inilah yang dinamakan dengan Titik Nol. Titik Nol adalah tempat wisata malam di Jogja yang biasanya menjadi tempat duduk-duduk anak muda, khususnya di Sabtu Malam. Di sekitar Titik Nol juga banyak seniman yang menyajikan atraksi dan hiburan yang bisa dinikmati wisatawan.
  5. Pasar Beringharjo, pintu masuk utama pasar ini terletak di sebelah timur Jalan Malioboro. Di sinilah Anda dapat berbelanja batik sekaligus pernak-pernik khas Kota Jogja. Lakukan proses tawar-menawar agar sesuai dengan harga yang Anda inginkan.
  6. Pasar Buku dan Taman Pintar, tempat ini tepat berada di depan Pasar Beringharjo sebelah Taman Budaya. Taman Pintar sangat cocok sebagai sarana rekreasi anak-anak untuk memperluas pengetahuan mereka melalu wahana-wahana yang menarik. Pasar Buku Murah yang terletak tepat di sebelah Taman Pintar juga dapat menjadi sumber pembelian buku kebutuhan Anda.

Selain banyaknya objek wisata dekat Malioboro, Anda juga dapat menemui tempat makan sekitar Malioboro yang cukup murah. Berbagai makanan khas Jogja tersaji oleh pedagang kaki lima maupun warung-warung yang tersebar di mana-mana. Ada beberapa makanan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Malioboro, antara lain : Gudeg, Lumpia, Es Dawet Campur, Soto, dan Wedang Ronde yang pastinya tersedia dengan harga murah meriah. Untuk oleh-oleh jajanan khas Jogja bisa Anda temui dengan berkendara ataupun naik becak ke arah barat Jalan Malioboro. Di sana banyak tersedia jajanan khas seperti Bakpia Batok, Geplak, Yangko, dan lain-lain. Anda juga dapat menemukan pernak-pernik khas Jogja seperti batik, gerabah kasongan, dan baju kaos.

Sumber gambar: http://anekatempatwisata.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *