Kuliner Malam di Surabaya Murah dan Kenyang
19Jan

2 Wisata Kuliner Surabaya Malam Hari yang Paling Direkomendasi

Kota yang merupakan kota terbesar yang ada Provinsi Jawa Timur. Kota yang memiliki julukan Kota Pahlawan juga terkenal karena legenda hiu dan buayanya. Selain itu, Kota Surabaya menjadi “rumah” untuk universitas-universitas bergengsi yang ada di seperti Ubaya (Universitas Surabaya), Universitas Kristen Petra, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Universitas 17 Agustus 1945, Universitas Negeri Surabaya dan masih lagi. Tidak heran jika Kota Surabaya diburu oleh pelajar dari penjuru negeri sebagai tempat untuk menimba ilmu. Adanya kalangan di Kota Surabaya dimanfaatkan oleh pemilik untuk membuka seperti kafe, rumah makan sampai tempat malam hari.

Tempat-tempat makan itu diharapkan bisa mengakomodasi kalangan mahasiswa yang dilanda kelaparan terutama ketika malam datang dan tugas kuliah tidak kunjung terselesaikan. Ada banyak pilihan kuliner khas Surabaya yang bisa ditemukan di malam hari mulai dari warung makan sekelas burjo, angkringan, lesehan sampai kafe. Dari sekian banyak pilihan tempat makan ada di Surabaya di malam hari, ada dua menu andalan yaitu Nasi Cumi Waspada dan Pecel Rawon Pucang. Dua itu wajib dicoba ketika berkeliling di Kota Surabaya pada malam hari. Selain mengusir rasa lapar yang melanda perut, Nasi Cumi Waspada dan Pecel Rawon Pucang juga ramah di kantong.

Untuk makanan yang pertama yaitu Nasi Cumi Waspada adalah warung nasi dengan cumi-cumi yang buka selama 24 jam di Kota Surabaya. Meski pun dari segi konsep dan desain interior warung makan ini tidak “Instagrammable”, cita rasa dari menu yang disuguhkan di sini tidak perlu diragukan. Ada banyak pilihan menu di Nasi Cumi Waspada yang selalu diburu oleh warga Kota Surabaya. Salah satu menu andalan yang ada di warung Nasi Cumi Waspada adalah Nasi Cumi Komplit. Nasi Cumi Komplit adalah nasi dengan cumi yang dicampur dengan aneka lauk yang jumlahnya banyak. Nasi Cumi Komplit biasanya terdiri dari cumi hitam yang digoreng kering, mie goreng, rempeyek udang, usus, babat, paru dan telur. Dengan jumlah lauknya yang banyak sudah pasti Nasi Cumi Komplit sangat mengenyangkan. Harga yang ditawarkan pun sangat ramah di kantong kaum mahasiswa. Untuk satu porsi Nasi Cumi Biasa dibanderol dengan harga Rp. 13.000,- dan satu porsi Nasi Cumi Komplit dibanderol dengan harga Rp. 20.000,-. Nasi Cumi Waspada berlokasi di kawasan Jalan Waspada, tepatnya di Pintu Samping Pasar Atom.

Tempat makan enak dan di Surabaya yang bisa ditemukan saat berkeliling di Kota Surabaya di malam hari adalah Pecel Rawon Pucang adalah sebuah menu perpaduan dari rawon yang menjadi makanan khas Kota Surabaya dan pecel. Awalnya terdengar aneh ketika mendengar nasi pecel dicampur dengan kuah rawon. Tidak bisa dibayangkan bagaimana rasanya sayuran rebus dengan sambal kacang disiram kuah rawon yang pedas manis. Namun, ternyata rasa yang dihasilkan dari percampuran ini sungguh luar biasa enak. Pecel Rawon Pucang terdiri dari nasi pecel dengan aneka sayuran rebus dan sambal kacang yang kemudian disiram dengan kuah rawon yang warnanya hitam. Selain itu, Pecel Rawon Pucang juga bisa ditambah dengan aneka lauk pauk seperti empal daging, telur dadar, ayam goreng, sate usus, gorengan, rempeyek udang dan masih banyak lagi pilihan lauknya. Pecel Rawon Pucang berlokasi di Jalan Pucang Adi, Kota Surabaya yang buka setiap malam.

Sumber gambar: https://marimangan.files.wordpress.com