SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNA

Selamat datang di Kudo (Kios Untuk Dagang Online). Terima kasih telah mengunjungi Platform kami.

Penting – Syarat & Ketentuan Pengguna ini wajib dibaca dengan cermat sebelum menggunakan Platform ini. Dengan mengunjungi, mendaftar dan/atau menggunakan Platform ini, maka Pengguna menyatakan telah membaca, mengerti, memahami, dan menyetujui semua ketentuan dalam Syarat & Ketentuan Pengguna ini, termasuk segala perubahan dan/atau penambahan ketentuan dari waktu ke waktu yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Syarat & Ketentuan Pengguna ini. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat & Ketentuan Pengguna ini dan perubahannya, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan pada Platform ini.

PT KUDO TEKNOLOGI INDONESIA ("Kudo") sebagai penyelenggara Platform ini dapat memodifikasi, menambah, dan/atau mengubah Syarat & Ketentuan Pengguna atau kebijakan Kudo lainnya setiap saat tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna Platform Kudo. Pengguna setuju bahwa akan menjadi tanggung jawab Pengguna untuk terus meninjau Syarat & Ketentuan Pengguna secara teratur.

Kudo (sebagaimana didefinisikan di bawah) adalah perusahaan yang didirikan secara sah berdasarkan hukum negara Republik Indonesia yang bergerak di bidang portal web dimana Kudo menyediakan sebuah Platform teknologi online to offline dalam bentuk Aplikasi ("Aplikasi") dan website yang bertujuan untuk menghubungkan merchant online dengan pelanggan offline dengan menggunakan perantara Pengguna, untuk melakukan transaksi PPOB (Payment Point Online Banking) dan produk lainnya (secara kolektif disebut sebagai "Layanan") melalui website dan/atau Aplikasi Kudo.

Pengguna adalah perorangan yang cakap untuk melakukan perbuatan hukum sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, yang menggunakan, mengunduh, dan melakukan instalasi atau menggunakan software dalam bentuk apapun yang disediakan oleh Kudo.

Pengguna yang menggunakan, mendaftarkan diri pada Aplikasi Kudo, dan melakukan transaksi produk dan/atau jasa dengan memanfaatkan Platform Kudo, atau secara umum menggunakan Layanan Kudo, dengan ini mengakui secara tegas bahwa Syarat & Ketentuan Pengguna ini dan segala perubahannya dari waktu ke waktu (secara kolektif disebut sebagai "Syarat & Ketentuan Pengguna") merupakan ketentuan yang mengikat antara Pengguna dengan Kudo.

Untuk menggunakan Platform ini, Pengguna harus menyetujui Syarat & Ketentuan Pengguna yang ditetapkan ini. Halaman ini menampilkan Syarat & Ketentuan Pengguna yang mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh Kudo terkait penggunaan Platform ini. Pengguna diwajibkan untuk membaca dengan seksama karena berisikan hak dan kewajiban Pengguna berdasarkan hukum Indonesia. Pengguna dengan ini secara tegas mengakui dan menyetujui untuk terikat oleh Syarat & Ketentuan Pengguna, dan perubahan serta penambahan Syarat & Ketentuan Pengguna di masa depan seperti dimuat dari waktu ke waktu pada tautan https://kudo.co.id/ yang dapat diakses juga melalui Aplikasi.

I. DEFINISI

  1. PT Kudo Teknologi Indonesia (untuk selanjutnya disebut "Kudo") adalah perusahaan yang bergerak di bidang portal web dimana Kudo menyediakan sebuah Platform untuk toko online yang mana produk dari toko online ditampilkan di Platform Kudo sehingga memudahkan konsumen offline untuk berbelanja melalui Pengguna pada website dan/atau Aplikasi Kudo.
  2. Pengguna adalah perorangan yang mendaftarkan diri pada Aplikasi Kudo sebagai Agen dan melakukan transaksi produk dan/atau jasa dengan memanfaatkan Platform Kudo.
  3. Pengguna Terverifikasi adalah Pengguna yang telah menyediakan data tambahan yang diperlukan dan telah lolos verifikasi yang dilakukan oleh Kudo. Pengguna Terverifikasi dapat mendapatkan imbalan berupa komisi, insentif, dan/atau bentuk produk/layanan lainnya yang hanya dapat dinikmati oleh Pengguna Terverifikasi.
  4. OVO adalah perangkat lunak resmi milik PT Visionet Internasional yang telah bekerjasama dengan Kudo sebagai penyedia layanan pembayaran untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh Pengguna dalam Platform Kudo.
  5. Customer Support Kudo adalah layanan yang disediakan oleh Kudo untuk melayani keluhan, laporan dan/atau permintaan informasi dari Pengguna atau konsumen Kudo sehubungan dengan Layanan Kudo.
  6. Kecurangan adalah segala bentuk tindakan curang yang dilakukan oleh Pengguna yang merugikan Kudo dan/atau pihak lainnya.
  7. Komisi adalah bagian keuntungan penjualan berupa persentase dan komisi tetap dari harga produk untuk setiap transaksi sukses.
  8. Pedagang adalah partner/ mitra Kudo yang menjual produk di Platform Kudo.
  9. Pelanggaran adalah perilaku dan tindakan yang menyimpang dari dan/atau melanggar Syarat & Ketentuan Pengguna ini.
  10. Konsumen adalah orang yang melakukan transaksi melalui Pengguna Kudo.
  11. Platform adalah perangkat lunak berupa website dan/ atau aplikasi resmi milik PT. Kudo Teknologi Indonesia yang merupakan media bisnis portable yang digunakan sebagai media untuk berjualan serta bertransaksi, yang tidak terbatas pada produk online, pulsa, tiket transportasi, voucher, dan pembayaran tagihan.
  12. Produk adalah benda-benda dan layanan-layanan yang ditampilkan dalam Platform Kudo antara lain pulsa, tiket transportasi, voucher, dan/atau pembayaran tagihan.
  13. Refund adalah pengembalian saldo sesuai dengan metode pembayaran yang dilakukan. Apabila karena satu dan lain hal tidak dapat dilakukan, maka refund akan dimasukan ke dalam bagian "Penerimaan Kudo" dalam Aplikasi Pengguna.
  14. Rekening OVO adalah rekening yang diterbitkan dan dikelola oleh PT Visionet Internasional untuk Pengguna guna melakukan transaksi dalam Platform Kudo.
  15. OVO Cash adalah saldo uang elektronik dalam Rekening OVO.
  16. PIN OVO adalah PIN yang digunakan untuk melakukan setiap transaksi menggunakan metode pembayaran OVO Cash.
  17. Syarat & Ketentuan Pengguna adalah syarat dan ketentuan yang mengatur tentang hak, kewajiban, tanggung jawab Kudo dan Pengguna, serta tata cara penggunaan Platform Kudo, baik dalam bentuk website atau Aplikasi Kudo.

II. Pernyataan dan Jaminan

Dengan menggunakan Platform Kudo, Pengguna secara tegas menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna telah mampu secara mandiri untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dengan menggunakan Platform Kudo, Pengguna juga menyatakan dan menjamin lebih lanjut bahwa Pengguna memiliki hak, wewenang dan kapasitas untuk menggunakan Platform Kudo dan mematuhi Syarat & Ketentuan Pengguna yang berlaku. Lebih lanjut, Pengguna juga menjamin bahwa semua data dan informasi yang diberikannya kepada Kudo adalah benar. Layanan yang Pengguna gunakan adalah hanya untuk penggunaan pribadi. Pengguna berjanji untuk tidak memberikan kuasa pada pihak lain untuk menggunakan identitas atau data Pengguna yang diberikan kepada Kudo, dan Pengguna tidak diperkenankan untuk mengalihkan akun Pengguna kepada pihak lain. Ketika menggunakan Platform Kudo, Pengguna setuju untuk mematuhi semua hukum yang berlaku di negara Republik Indonesia, dan karenanya Pengguna menjamin bahwa dalam menggunakan Platform Kudo, Pengguna tidak akan melakukan perbuatan yang melanggar hukum, etika, dan norma-norma yang berlaku di masyarakat.

Pengguna bertanggung jawab untuk memeriksa dan memastikan bahwa Pengguna telah mengunduh Platform yang benar untuk perangkat Pengguna. Kudo tidak bertanggung jawab jika Pengguna tidak memiliki perangkat yang kompatibel atau jika Pengguna telah mengunduh Platform dengan versi yang salah untuk perangkat Pengguna. Kudo berhak untuk tidak mengizinkan Pengguna menggunakan Platform Kudo bilamana Pengguna menggunakan Platform yang tidak kompatibel atau tidak sah, atau untuk tujuan selain tujuan yang dimaksudkan pada Syarat & Ketentuan ini.

Dengan menggunakan Platform ini, Pengguna setuju bahwa:

  1. Pengguna hanya akan menggunakan Platform ini untuk tujuan yang sah, sesuai dengan peraturan perundang-perundangan negara Republik Indonesia;
  2. Pengguna hanya akan menggunakan Platform ini untuk tujuan yang sesuai dengan maksud dibuatnya Platform ini oleh Kudo;
  3. Pengguna tidak akan menggunakan Platform ini untuk membeli dan/atau menjual produk dan/atau materi yang melanggar hukum dan/atau untuk tujuan yang melanggar hukum;
  4. Pengguna tidak akan menggunakan Platform yang memiliki potensi untuk menyebabkan gangguan dan ketidaknyamanan pada pihak lain dalam bentuk apapun dan/atau atau membuat pemesanan palsu;
  5. Pengguna tidak akan menggunakan Platform untuk tujuan lain selain memperoleh Layanan yang disediakan oleh Kudo;
  6. Pengguna tidak akan melakukan segala perbuatan yang dapat mengganggu jaringan telekomunikasi;
  7. Pengguna tidak akan melakukan suatu perbuatan yang dapat menganggu Layanan, Platform dengan cara apapun;
  8. Pengguna akan tetap menjaga kerahasiaan dari password/PIN akun Pengguna (termasuk PIN OVO) dan/atau data lainnya yang Kudo sediakan kepada Pengguna yang dapat digunakan Pengguna untuk mengakses Platform Kudo ("Data Rahasia"). Pengguna tidak akan memberitahukan / membagikan kepada pihak lain Data Rahasia Pengguna tersebut kepada pihak lain termasuk Kudo atau pihak yang mengatasnamakan Kudo;
  9. Pengguna akan memberikan bukti identitas yang diminta atau diperlukan oleh Kudo secara benar;
  10. Pengguna mengakui dan setuju bahwa Pengguna hanya dapat mendaftarkan 1 (satu) akun Kudo pada 1 (satu) perangkat;
  11. Pengguna setuju untuk memberikan informasi yang tepat, terkini dan lengkap yang diperlukan untuk dapatnya Pengguna menggunakan Platform dan bertanggung jawab untuk memelihara dan memperbarui informasi tersebut di waktu yang tepat agar informasi yang diberikan menjadi tetap akurat, terkini dan lengkap pada setiap saat selama Pengguna menggunakan Platform ini. Pengguna setuju bahwa Kudo dapat mengandalkan informasi yang Pengguna berikan, dan Pengguna mengakui, jika informasi yang Pengguna berikan tidak benar, tidak akurat, dan tidak lengkap, Kudo memiliki hak untuk mengakhiri hak Pengguna untuk menggunakan Platform sewaktu-waktu dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna;
  12. Pengguna hanya akan menggunakan akses atau data akun yang berada dalam kewenangan atau menjadi hak Pengguna;
  13. Pengguna tidak akan menggunakan Platform Kudo atau menjadikan Platform Kudo tersebut sebagai sarana untuk melakukan penipuan dan perbuatan lainnya yang bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia;
  14. Pengguna setuju bahwa Layanan disediakan secara wajar, yaitu dalam rangka melakukan transaksi jual-beli secara online; dan
  15. Pengguna setuju bahwa penggunaan penggunaan Platform akan dikenakan Kebijakan Privasi Kudo yang dapat berubah dari waktu ke waktu.

III. AKUN KE-PENGGUNAAN, PASSWORD, PIN, DAN KEAMANAN

  1. Pengguna adalah orang yang cakap menurut hukum dan dapat melakukan tindakan hukum secara mandiri berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia.
  2. Cara untuk dapat menjadi Pengguna adalah dengan memberikan data diri pribadi berupa nama yang sesuai menurut data nomor telepon seluler serta alamat e-mail yang valid.
  3. Cara untuk dapat menjadi Pengguna Terverifikasi adalah dengan melengkapi data diri pribadi Pengguna yang sesuai menurut Kartu Tanda Penduduk (KTP) berupa nama, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat, serta mengunggah foto KTP dan foto diri Pengguna sendiri (bukan KTP dan/atau foto diri orang lain).
  4. Data yang digunakan pada saat pendaftaran oleh calon Pengguna dan/atau calon Pengguna terverifikasi harus valid (berlaku) dan benar. Apabila data yang digunakan tidak valid dan/atau tidak benar, Kudo berhak menolak pendaftaran calon Pengguna.
  5. Apabila Pengguna berhasil mendaftar di Kudo, tetapi di kemudian hari ditemukan bahwa Pengguna menggunakan identitas yang tidak valid dan/atau tidak benar, Kudo berhak mengenakan sanksi terhadap Pengguna.
  6. Kudo tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna.
  7. Pengguna Terverifikasi yang telah melakukan verifikasi data sesuai poin nomor 3 akan mendapatkan kode referral yang digunakan untuk memberikan referensi atau rekomendasi kepada calon Pengguna lainnya. Apabila Pengguna Terverifikasi berhasil mengajak orang lain untuk mendaftar sebagai Pengguna Kudo, maka Pengguna yang memberikan rekomendasi akan mendapat keuntungan sesuai ketentuan yang berlaku pada saat itu.
  8. Pengguna yang belum melakukan verifikasi data sesuai poin nomor 3 tidak akan mendapatkan kode referral.
  9. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun, password, dan PIN (termasuk PIN OVO) untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
  10. Kudo tidak akan meminta password dan PIN akun Pengguna (termasuk PIN OVO) dengan alasan apapun, oleh karena itu Kudo menghimbau Pengguna agar tidak memberikan password akun Pengguna kepada pihak manapun, baik kepada pihak ketiga lain maupun kepada pihak yang mengatasnamakan Kudo.
  11. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna akan melakukan log out dari akun Pengguna di setiap akhir sesi, dan memberitahukan kepada Kudo jika ada penggunaan tanpa izin atas password atau akun Pengguna.
  12. Pengguna dengan ini mengakui dan menyatakan bahwa Kudo tidak bertanggung jawab atas kerugian dan/atau kerusakan yang timbul dari penyalahgunaan akun Pengguna dan/atau kelalaian Pengguna sendiri, termasuk kelalaian dalam menjaga kerahasiaan password dan/atau PIN yang terkait dengan akun Pengguna.
  13. Kudo berhak menggunakan data pribadi yang diberikan untuk mengirimkan informasi atau notifikasi dalam bentuk email, SMS dan/atau notifikasi melalui Aplikasi dalam upaya promosi dengan tunduk kepada peraturan yang berlaku mengenai perlindungan data pribadi.
  14. Pengguna berhak meminta pemberhentian pengiriman informasi atau notifikasi yang dimaksud pada poin sebelumnya dengan menghubungi Customer Support Kudo.
  15. Kudo memiliki kewenangan untuk menutup akun Pengguna baik sementara maupun permanen apabila Kudo menemukan indikasi bahwa akun Pengguna tersebut digunakan untuk hal-hal yang bertentangan dengan hukum dan/atau Syarat & Ketentuan Pengguna ini
  16. Pengguna dapat meminta Customer Support Kudo untuk mengaktifkan kembali akunnya apabila akun Pengguna telah di non-aktifkan oleh Kudo sesuai dan berdasarkan ketentuan dalam Bagian XV Syarat & Ketentuan ini. Dalam hal akun Pengguna, berdasarkan penilaian Kudo semata, terindikasi digunakan untuk hal-hal yang bertentangan dengan hukum dan/atau Syarat & Ketentuan ini, maka permohonan pengaktifan kembali tersebut akan ditolak.

IV. PEMBAYARAN

  1. Pengguna dapat memilih untuk membayar transaksi di Platform Kudo dengan menggunakan OVO Cash atau memilih melakukan pembayaran secara langsung melalui rekening Kudo.
  2. Jika Pengguna memilih untuk melakukan pembayaran secara langsung, Pengguna perlu mengikuti tata cara proses pembayaran yang telah disediakan di dalam Aplikasi Kudo.
  3. Jika Pengguna memilih untuk membayar dengan menggunakan OVO Cash, Pengguna setuju untuk tunduk pada syarat dan ketentuan penyelenggaraan layanan uang elektronik oleh OVO (silakan buka tautan berikut untuk mengakses syarat dan ketentuan OVO https://www.ovo.id/tnc).
  4. Pengguna setuju bahwa Kudo dan PT Visionet Internasional dapat mengeluarkan otorisasi untuk membekukan Rekening OVO milik Pengguna, menahan transaksi, serta memberikan sanksi lainnya apabila Kudo dan/atau OVO menemukan adanya indikasi penipuan, kecurangan dan/atau tindakan kriminal lainnya.
  5. Pengguna setuju bahwa Pengguna akan melakukan upaya terbaiknya untuk bekerja sama dengan Kudo dalam setiap pemeriksaan tindak pidana finansial, dan membantu Kudo dalam memenuhi ketentuan hukum yang berlaku.

V. SALDO OVO CASH

  1. Pengguna dapat melakukan penambahan saldo OVO Cash yang dapat digunakan untuk membayar setiap transaksi yang Pengguna lakukan. Nominal maksimum saldo OVO Cash yang dapat disimpan dalam Rekening OVO Pengguna adalah sebesar Rp2.000.000 (dua juta Rupiah). Dalam hal Pengguna telah melakukan peningkatan klasifikasi keanggotaan OVO sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, nominal maksimum saldo OVO Cash Pengguna akan bertambah menjadi sebesar Rp10.000.000 (sepuluh juta Rupiah).
  2. Layanan OVO dioperasikan oleh PT Visionet Internasional, yang telah memperoleh izin dari Bank Indonesia sebagai penerbit uang elektronik, dan oleh karenanya dengan menggunakan layanan OVO, Pengguna setuju untuk tunduk pada syarat dan ketentuan penyelenggaraan layanan uang elektronik oleh OVO (https://www.ovo.id/tnc).
  3. Pengguna berhak memilih untuk mengisi saldo OVO Cash melalui metode apapun yang petunjuk informasinya tersedia dalam Aplikasi Kudo dari waktu ke waktu.
  4. Pengguna wajib untuk memastikan bahwa Pengguna memiliki saldo OVO Cash yang cukup untuk melakukan pembayaran atas transaksi yang Pengguna lakukan. Jika Pengguna tidak memiliki saldo OVO Cash yang cukup untuk melakukan pembayaran, Pengguna dapat membayar dengan cara melakukan transfer secara langsung sebagaimana telah diatur dalam Bagian IV Syarat & Ketentuan Pengguna ini.
  5. Pengguna dapat memeriksa saldo OVO Cash Pengguna pada Aplikasi. Saldo OVO Cash yang ditampilkan dalam Aplikasi Kudo adalah merupakan bukti yang konklusif atas sisa saldo OVO Cash Pengguna.
  6. Kudo dan/atau OVO memiliki hak untuk membekukan atau membatalkan saldo OVO Cash Pengguna apabila Kudo dan/atau OVO menemukan indikasi bahwa pembelian atau penambahan saldo OVO Cash Pengguna berasal dari tindak pidana, termasuk tetapi tidak terbatas kepada tindak pidana penipuan, penggelapan, pencurian, dan pencucian uang, atau apabila Kudo dan/atau OVO menemukan adanya indikasi bahwa Pengguna melakukan pelanggaran Syarat & Ketentuan Pengguna dan/atau syarat dan ketentuan OVO.

VI. TRANSAKSI PEMBELIAN

  1. Pengguna dan/atau Konsumen wajib melakukan transaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Kudo.
  2. Saat melakukan pembelian produk, Pengguna dan/atau Konsumen menyetujui bahwa:
    • Pengguna dan/atau Konsumen wajib untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan produk (termasuk di dalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum memutuskan untuk membeli.
    • Pengguna dan/atau Konsumen mengetahui dan menyetujui bahwa kondisi tampilan produk yang terlihat pada Platform Kudo dapat berbeda dengan kondisi produk yang diterima. Kudo telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan akurasi kondisi produk dalam foto-foto yang ditampilkan pada Platform Kudo, tetapi tidak dapat menjamin kesamaan penampilan kondisi produk dengan aslinya.
  3. Pengguna dan/atau Konsumen memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok produk merupakan tanggung jawab Pedagang yang menjual produk tersebut. Ketersediaan stok produk dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok produk kosong, Pedagang akan melakukan penolakan pesanan.
  4. Pembayaran atas produk yang dimaksud dalam poin 3 (tiga) akan dikembalikan kepada Pengguna dalam bentuk saldo OVO Cash oleh Kudo (apabila dalam keadaan stok produk kosong atau pembayaran tagihan mengalami gangguan), dan Konsumen berhak menerima pengembalian uang dari Pengguna.
  5. Kudo tidak bertanggung jawab atas segala transaksi yang dilakukan oleh Pengguna dan Konsumen di luar dari Syarat & Ketentuan Pengguna ini.
  6. Pengguna dan/atau Konsumen tidak diperbolehkan untuk mengganti detail pemesanan termasuk diantaranya adalah detail produk (jenis, warna, ukuran), jumlah produk, catatan pembeli, dan alamat penerima untuk alasan apapun setelah pesanan diproses.
  7. Kudo berhak melakukan pembatalan pesanan untuk alasan apapun termasuk jika produk yang diminta tidak tersedia dan/atau terdapat kesalahan dalam harga atau deskripsi produk yang dipasang.
  8. Kudo berhak melakukan pembatalan tanpa konfirmasi terlebih dahulu kepada Pengguna atas pesanan yang memiliki indikasi Kecurangan.
  9. Apabila terjadi kondisi dimana status transaksi pada Platform Kudo terkonfirmasi sukses sehingga memotong saldo OVO Cash Pengguna, tetapi terjadi kegagalan pada Pedagang, maka Pengguna disarankan menghubungi Customer Support Kudo.

VII. KOMISI DAN VOUCHER UNTUK PENGGUNA TERVERIFIKASI

  1. Setiap Pengguna Terverifikasi yang melakukan transaksi berkesempatan untuk mendapatkan komisi yang akan dikirimkan kepada Pengguna Terverifikasi.
  2. Jumlah komisi yang diterima oleh Pengguna Terverifikasi berbeda-beda berdasarkan transaksi yang dilakukan oleh Pengguna Terverifikasi.
  3. Mekanisme pemberian komisi akan diatur oleh Kudo.
  4. Kudo mengeluarkan voucher atau promo berupa potongan harga dengan syarat dan ketentuan yang serta merta berlaku dan mengikat secara spesifik pada setiap voucher atau promo.
  5. Setiap Pengguna yang telah melakukan verifikasi data berhak menggunakan voucher atau promo. Pengguna yang tidak melakukan verifikasi data tidak berhak menggunakan voucher atau promo.
  6. Komisi dan voucher dapat dibatalkan apabila:
    • Adanya Kecurangan yang dilakukan oleh Pengguna Terverifikasi dalam melakukan transaksi di Platform Kudo;
    • Melanggar syarat dan ketentuan promo atau voucher; dan/atau
    • Adanya suatu transaksi yang dibatalkan.

VIII. HARGA

  1. Harga produk yang terdapat pada Platform Kudo adalah harga yang ditetapkan oleh Kudo dan Pedagang.
  2. Perubahan (update) harga dapat terjadi berdasarkan kebijakan Pedagang. Pengguna disarankan untuk mencermati harga final yang ditampilkan pada tahap akhir transaksi melalui Platform Kudo.
  3. Harga final adalah jumlah yang harus dibayar oleh Pengguna sesuai "Total Biaya" yang tertera secara jelas pada halaman "Detail Transaksi".
  4. Dengan memasukkan PIN pada akhir transaksi, Pengguna setuju untuk membayar harga final sebagaimana dijelaskan pada poin 3.
  5. Apabila Pengguna tidak memperhatikan perubahan (update) harga sebagaimana dijelaskan pada poin 2, maka Pengguna tidak dapat menuntut ganti rugi kepada Kudo dan akan bertanggung jawab penuh terhadap pembayaran.
  6. Dalam hal terjadi kesalahan keterangan harga produk atau informasi lain di Platform Kudo, maka Kudo dan Pedagang berhak membatalkan pesanan produk yang dilakukan oleh Pengguna.
  7. Kudo hanya melayani transaksi dalam mata uang Rupiah.

IX. TARIF PENGIRIMAN

  1. Pengguna dan Konsumen memahami dan mengerti bahwa Kudo akan memberikan informasi tarif pengiriman berdasarkan jasa ekspedisi yang dipakai sesuai dengan alamat yang telah dicantumkan.
  2. Kudo tidak bertanggung jawab atas kesalahan pengiriman yang dilakukan oleh jasa ekspedisi terhadap alamat yang dicantumkan oleh Pengguna.

X. PENGIRIMAN PRODUK

  1. Setiap ketentuan yang berkenaan dengan proses pengiriman produk adalah sepenuhnya merupakan wewenang dari jasa ekspedisi.
  2. Pengguna dan/atau Konsumen memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman produk oleh jasa ekspedisi merupakan tanggung jawab jasa ekspedisi.
  3. Pengguna dan/atau Konsumen menyetujui bahwa produk yang akan dikirim ke alamat pengiriman tidak dapat diubah ketika pesanan sudah dikonfirmasi. Kudo tidak bertanggung jawab atas kesalahan dalam memasukkan alamat pengiriman yang mengakibatkan produk tidak diterima secara tepat waktu, atau tidak diterima sama sekali.
  4. Pengguna dan/atau Konsumen menyetujui bahwa Kudo tidak bertanggung jawab atas keterlambatan pengiriman yang disebabkan oleh bencana alam (misalnya banjir, gempa bumi, tanah longsor, serta kebakaran) dan faktor eksternal lain (misalnya huru hara, kerusuhan, pemberontakan, dan perang) yang mengganggu proses pengiriman produk.
  5. Pengguna dan/atau Konsumen memahami dan menyetujui bahwa Kudo tidak akan mengganti uang pemesanan ketika Pengguna dan/atau Konsumen menyatakan pesanannya tidak diterima, jika jasa ekspedisi memiliki bukti yang disertai dengan tandatangan dan nama jelas bahwa pesanan tersebut telah diterima pada alamat tujuan yang tercantum pada sistem Kudo.
  6. Waktu pengiriman mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh Pedagang dan/atau jasa ekspedisi.

XI. KETENTUAN LAIN

  1. Apabila Pengguna menggunakan fitur-fitur yang tersedia pada Platform Kudo, maka Pengguna dengan ini menyatakan, memahami, dan menyetujui segala syarat dan ketentuan yang diatur secara khusus sehubungan dengan fitur-fitur tersebut.
  2. Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam syarat dan ketentuan khusus dalam fitur tersebut maka akan sepenuhnya merujuk pada Syarat & Ketentuan Kudo secara umum.
  3. Segala selisih biaya yang ditimbulkan dari biaya pengiriman produk bukan merupakan tanggung jawab Kudo.
  4. Segala bentuk masalah dan/atau perselisihan yang timbul karena ketidaksepahaman antara Pengguna dan Konsumen bukan merupakan tanggung jawab Kudo.

XII. PENGEMBALIAN PRODUK

  1. Pengguna dan/atau Konsumen akan melepaskan Kudo dari segala tuntutan dan ganti rugi, serta menjamin nama baik Kudo dari setiap klaim atau tuntutan yang dilakukan pihak ketiga yang timbul dalam hal Pengguna dan/atau Konsumen melanggar Syarat & Ketentuan Pengguna ini.
  2. Produk yang dapat dikembalikan adalah produk yang berbeda sama sekali dengan yang dipesan dan/atau rusak pada saat diterima.
  3. Konsumen wajib langsung memeriksa produk yang diterima. Apabila terdapat kerusakan atau bukan merupakan produk yang dipesan, Konsumen wajib menghubungi Customer Support Kudo dalam waktu 1x24 jam setelah produk diterima.
  4. Kudo tidak bertanggung jawab atas pengembalian produk yang melewati ketentuan batas waktu pengajuan retur/pengembalian dari Pedagang.
  5. Kudo tidak bertanggung jawab apabila terdapat kerusakan pada pengemasan produk saat diterima, yang merupakan tanggung jawab jasa ekpedisi sepenuhnya.

XIII. LARANGAN

  1. Pengguna tidak diperbolehkan untuk menggunakan identitas palsu, memalsukan identitas diri sebagai Pengguna, dan menggunakan nomor handphone dan/atau alamat e-mail yang palsu dan/atau tidak valid.
  2. Pengguna dilarang untuk menampung dan/atau menggunakan dana yang diperoleh atau patut diduga diperoleh dari suatu tindak kejahatan dalam bentuk apapun.
  3. Pengguna tidak diperbolehkan menggunakan Platform dan/atau sistem elektronik milik Kudo untuk:
    • Mengirim informasi, teks, gambar, dokumen (file), tautan (link), atau perangkat lunak kecuali yang berhubungan dengan penggunaan web secara resmi atau untuk menanggapi permintaan informasi spesifik oleh Kudo.
    • Menciptakan dan/atau menggunakan alat dan/atau fitur otomatis yang bertujuan untuk memanipulasi data pada sistem Kudo, termasuk, tetapi tidak terbatas pada (i) manipulasi data akun; (ii) melakukan perambanan (crawling); dan (iii) transaksi jual beli otomatis.
    • Melakukan suatu tindak pidana dalam bentuk apapun,termasuk namun tidak terbatas kepada tindak pidana pencucian uang, penipuan, dan/atau pencurian.
    • Memberikan virus, worm, trojan horse, dan/atau kode berbahaya lainnya.
    • Mendapatkan akses tidak resmi ke setiap sistem komputer milik Kudo.
    • Menyerang, melanggar kerahasiaan data pribadi atau hak milik (termasuk hak atas kekayaan intelektual) dari Kudo, setiap orang dan/atau kelompok tertentu.
    • Memodifikasi dan/atau memperoleh akses secara ilegal pada setiap komponen.
    • Melakukan hal-hal yang melawan hukum dan/atau dapat merusak atau mencemarkan nama baik Kudo dan/atau pihak-pihak yang bekerja sama dengan Kudo.
    • Mengumpulkan informasi tentang Pengguna lain untuk alasan apapun, termasuk, akan tetapi tidak terbatas pada komunikasi komersial apapun yang tidak diinginkan Pengguna lainnya.
  4. Kudo berhak untuk menon-aktifkan akun Pengguna, membekukan atau membatalkan saldo OVO Cash Pengguna, menahan dan/atau mengurangi komisi Pengguna sebesar kerugian yang ditimbulkan, apabila Pengguna terindikasi melakukan pelanggaran terhadap Syarat & Ketentuan Pengguna dan/atau merugikan Kudo.

XIV. HAK KEPEMILIKAN

  1. Pengguna dan/atau Konsumen mengakui dan menyetujui bahwa seluruh isi, materi, dan komponen lainnya (termasuk, tetapi tidak terbatas pada logo, grafis, ikon dan header) yang tersedia pada web dan/atau Aplikasi adalah merupakan hak kekayaan intelektual milik Kudo yang dilindungi oleh hukum.
  2. Tanpa adanya izin tertulis dari Kudo, Pengguna dan/atau Konsumen tidak berhak untuk menjual, melisensikan, menyewakan, memodifikasi, mendistribusikan, menyalin, memperbanyak, mengirimkan, mempublikasikan tampilan, memperlihatkan kepada publik, menerbitkan, mengadaptasi, mengedit, atau membuat karya turunan dari isi atau materi yang terdapat pada Platform Kudo.

XV. SANKSI

  1. Apabila Pengguna terbukti melakukan pemalsuan identitas, melakukan Kecurangan dan/atau melakukan Pelanggaran lainnya, Kudo memiliki kewenangan untuk memberikan sanksi berupa, termasuk, namun tidak terbatas pada:
    • Pembatalan komisi Pengguna;
    • Pembatalan insentif Pengguna;
    • Non-aktivasi dan/atau pembatalan akun Pengguna;
    • Pembekuan dan/atau pembatalan Rekening OVO Pengguna; dan
    • Pelaporan kepada pihak berwenang.
  2. Atas sanksi yang dikenakan, Pengguna dapat mengajukan pertanyaan melalui Customer Support Kudo.

XVI. PEMBERIAN LISENSI DAN PEMBATASAN

  1. Kudo dengan ini memberikan Pengguna sebuah akses non-ekslusif untuk menggunakan Platform yang sewaktu-waktu dapat dicabut kembali oleh Kudo. Pemberian akses ini tidak dapat dipindah tangankan, tidak dapat dialihkan, dan bersifat personal kepada Pengguna, dan semata-mata untuk tujuan pribadi Pengguna yang tidak komersil, yang tunduk pada Syarat & Ketentuan Pengguna. Semua hak yang tidak diberikan kepada Pengguna menjadi hak Kudo.
  2. Pengguna tidak diperbolehkan untuk (i) memodifikasi dan membuat karya serupa berdasarkan Platform; (ii) membuat tautan internet ke Aplikasi atau melakukan "frame" atau "mirror" pada setiap software ke server lain atau perangkat nirkabel ataupun alat- alat yang berbasis internet; (iii) merekayasa kembali atau mengakses software untuk (a) membangun produk atau jasa kompetitor, (b) membuat suatu produk dengan menggunakan ide, fitur, fungsi atau grafis yang sejenis dengan Platform ini, atau (c) meniru ide, fitur, fungsi atau grafis dari Platform ini; (iv) meluncurkan sebuah program otomatis atau naskah, termasuk namun tidak terbatas pada, web spiders, web crawlers, web robots, web ants, web indexers, bots, virus atau worm, serta program apapun yang memungkinkan membuat beberapa permintaan kepada server setiap detik, atau memberikan beban atau menghalangi operasi atau kinerja Platform; (v) menggunakan robot, spider, Aplikasi situs pencarian, atau perangkat manual maupun otomatis lainnya atau proses untuk mengambil indeks, penggalian data, atau dengan cara apa pun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau penyajian dari Layanan ataupun isinya; (vi) mem-posting, mendistribusikan atau memperbanyak material yang dilindungi oleh hak cipta dengan cara apapun, merek dagang, dan informasi pemilik lainnya tanpa memperoleh persetujuan dari pemilik hak tersebut; (vii) menghapus setiap hak cipta, merek dagang atau pemberitahuan hak kepemilikan lainnya yang terkandung dalam Layanan.
  3. Pengguna dapat menggunakan Platform hanya untuk tujuan non-komersil pribadi dan Pengguna tidak dapat menggunakan Platform ini untuk: (i) mengirim spam atau pesan duplikasi atau pesan yang tidak diminta; (ii) mengirim atau menyimpan pesan cabul, mengancam, memfitnah, atau melanggar hukum atau materi yang melawan hukum, termasuk namun tidak terbatas untuk untuk materi yang berbahaya untuk anak-anak atau melanggar hak privasi pihak ketiga; (iii) mengirim materi yang mengandung virus software, worm, trojan horses atau kode, file, script, Pengguna atau program komputer berbahaya lainnya; (iv) mengganggu integritas atau kinerja Platform atau data di dalamnya; (v) mencoba untuk mendapatkan akses tidak sah ke Platform atau sistem maupun jaringan terkait; (vi) mengaku sebagai seseorang atau badan atau menggambarkan diri Pengguna dengan seseorang maupun entitas; atau (vii) untuk menjauhkan diri dari setiap tindakan yang mungkin bisa merusak reputasi Kudo atau sejumlah tindakan yang menjadikan reputasi Kudo tidak baik.
  4. Pengertian penggunaan Platform untuk tujuan non-komersil adalah yang berkaitan dengan namun tidak terbatas kepada merk, brand, hak cipta maupun logo Kudo selain dari fungsionalitas Platform Kudo yang dapat dimanfaatkan oleh Pengguna.

XVII. KEPEMILIKAN HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL

  1. Kudo memiliki semua hak, kepemilikan dan kepentingan, termasuk semua hak kekayaan intelektual terkait, dan untuk Platform dan dengan perpanjangan, Layanan dan saran, ide, permintaan tambahan, umpan balik, rekomendasi atau informasi lain yang disediakan oleh Pengguna atau pihak lain yang berkaitan dengan Platform Kudo.
  2. Syarat & Ketentuan Pengguna ini tidak memberikan hak kepemilikan kepada Pengguna terkait dengan layanan, Platform, atau hak kekayaan intelektual yang dimiliki oleh Kudo. Nama Kudo, logo Kudo, Platform dan logo pihak ketiga penyedia produk dan nama produk yang terkait dengan software dan/atau Aplikasi adalah merek dagang dari Kudo atau pihak ketiga lain, dan tidak ada hak dan izin yang diberikan kepada Pengguna untuk menggunakannya. Untuk menghindari keraguan, istilah Platform dalam Syarat & Ketentuan Pengguna ini meliputi komponen, proses dan desain secara keseluruhan dan masing-masing.

XVIII. KERAHASIAAN

  1. Pengguna harus merahasiakan seluruh informasi rahasia yang berkaitan dengan Kudo, layanan, produk, urusan bisnis, rencana pemasaran dan promosi atau operasi lainnya dan perusahaan terkait yang diungkapkan kepada Pengguna oleh atau atas nama Kudo (baik secara lisan atau tertulis, yang diungkapkan sebelum, pada atau setelah tanggal Syarat & Ketentuan Pengguna ini) atau yang dinyatakan langsung maupun tidak langsung diperoleh oleh Pengguna dari Kudo, atau perusahaan afiliasinya. Pengguna harus menjamin bahwa Pengguna hanya menggunakan informasi rahasia tersebut untuk melakukan Layanan, dan tidak akan mengungkapkan informasi tersebut kepada pihak ketiga atau menggunakannya untuk tujuan lain tanpa persetujuan tertulis Kudo. Kudo hanya akan mengungkapkan informasi tersebut kepada pihak ketiga berdasarkan need-to-know basis dan setelah mendapat izin dari pemilik data dan informasi untuk memenuhi kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini.
  2. Kewajiban atas kerahasiaan tidak berlaku sejauh Pengguna dapat menunjukkan informasi tersebut:
    • pada saat penerimaan sudah dalam kepemilikan Pengguna;
    • adalah, atau menjadi di masa depan, diketahui masyarakat bukan karena kesalahan atau kelalaian dari Pengguna;
    • diterima dari pihak ketiga yang memiliki hak untuk mengungkapkan hal tersebut; atau
    • diperlukan untuk diungkapkan oleh hukum.

XIX. PERLINDUNGAN DATA PRIBADI

  1. Pengguna setuju dan mengijinkan Kudo untuk menggunakan dan memproses data pribadi Pengguna untuk Tujuan dan dengan cara yang seperti yang diidentifikasi di bawah ini.
  2. Untuk kepentingan Syarat & Ketentuan Pengguna ini, "Data Pribadi" berarti informasi tentang Pengguna, dari mana Pengguna dapat diidentifikasi, termasuk tetapi tidak terbatas pada nama, nomor KTP, alamat, nomor telepon, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat e-mail, informasi Pengguna yang telah Pengguna berikan kepada Kudo di formulir pendaftaran, formulir Aplikasi atau bentuk lain yang sejenis dan/atau informasi tentang Pengguna yang telah atau mungkin dikumpulkan, disimpan, digunakan dan diproses oleh Kudo dari waktu ke waktu dan termasuk data pribadi sensitif seperti data yang berkaitan dengan kesehatan, agama atau kepercayaan lain yang sejenis.
  3. Penyediaan Data Pribadi Pengguna bersifat sukarela. Namun, jika Pengguna tidak memberikan data pribadi ke Kudo secara lengkap dan menjadikan Kudo tidak dapat memproses data pribadi Pengguna untuk keperluan yang diuraikan di bawah ini, hal tersebut dapat menyebabkan Kudo tidak dapat menerima Pengguna untuk menggunakan Platform Kudo.
  4. Kudo dapat menggunakan dan memproses Data Pribadi untuk bisnis dan kegiatan Kudo yang meliputi, namun tidak terbatas pada berikut ("Tujuan"):
    • Untuk menyediakan Pengguna dengan layanan apapun yang sesuai dengan Syarat & Ketentuan Pengguna ini;
    • Untuk memproses partisipasi Pengguna dalam acara promosi, kegiatan, kelompok fokus, studi penelitian, kontes, promosi, jajak pendapat, survei atau produksi dan untuk berkomunikasi dengan Pengguna mengenai kehadiran Pengguna di dalamnya;
    • Proses, mengelola atau memverifikasi permohonan pendaftaran Pengguna untuk Layanan sesuai dengan Syarat & Ketentuan Pengguna ini;
    • Untuk memvalidasi dan/atau memproses pembayaran sesuai dengan Syarat & Ketentuan Pengguna ini;
    • Untuk mengembangkan, meningkatkan dan memberikan apa yang diperlukan sesuai dengan Syarat & Ketentuan Pengguna ini untuk memenuhi kebutuhan Pengguna;
    • Untuk memproses pengembalian uang, potongan harga dan atau biaya sesuai dengan Syarat & Ketentuan Pengguna ini;
    • Untuk menanggapi pertanyaan, komentar dan umpan balik dari Pengguna;
    • Untuk berkomunikasi dengan Pengguna untuk salah satu tujuan yang tercantum di sini;
    • Untuk tujuan administratif internal, seperti audit, analisis data, catatan database;
    • Untuk tujuan deteksi, pencegahan dan penuntutan tindak pidana;
    • untuk memenuhi permintaan resmi dari setiap pejabat negara yang berwenang;
    • Untuk mengirimkan alert, newsletter, update, mailer, materi promosi, hak-hak istimewa, salam hari raya dari Kudo, mitranya, pengiklan dan atau sponsor;
    • Untuk memberitahukan dan mengundang Pengguna ke acara atau kegiatan yang diselenggarakan oleh Kudo, mitranya, pengiklan, dan atau sponsor;
    • Untuk berbagi data pribadi Pengguna di antara grup perusahaan Kudo yang terdiri dari afiliasi, perusahaan asosiasi dan/atau entitas yang dikendalikan bersama-sama dari perusahaan induk dari kelompok ("Grup") dan dengan, penyedia pihak ketiga Kudo dan Pengguna Grup, pengembang, pengiklan, mitra, perusahaan event atau sponsor yang dapat berkomunikasi dengan Pengguna dalam hal apapun.
  5. Terkecuali untuk tujuan memenuhi permintaan resmi dari pejabat negara yang berwenang, jika Pengguna tidak menyetujui Kudo mengolah data pribadi Pengguna untuk salah satu tujuan tertentu, harap memberitahu Kudo menggunakan dukungan rincian kontak sebagaimana yang telah tersedia dalam Aplikasi.
  6. Jika ada Data Pribadi yang Pengguna berikan kepada Kudo berubah, misalnya, jika Pengguna mengubah alamat e-mail, nomor telepon, rincian pembayaran Pengguna atau jika Pengguna ingin membatalkan akun Pengguna, Pengguna dapat mengubah profil dengan mengirimkan permintaan Pengguna melalui detail kontak yang telah tersedia dalam Aplikasi.
  7. Kudo akan melakukan upaya terbaik untuk mengubah sesuai dengan permintaan Pengguna dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari kerja sejak diterimanya pemberitahuan tersebut.

Dengan mengirimkan informasi pribadi Pengguna kepada Kudo, Pengguna menyetujui penggunaan informasi yang sebagaimana telah diatur dalam bentuk pengajuan dan Syarat & Ketentuan Pengguna.

XX. INTERAKSI PIHAK KETIGA

Selama penggunaan Platform, Pengguna dapat melakukan korespondensi dan/atau melakukan transaksi pembelian barang dan/atau jasa dari, pihak ketiga penyedia jasa, pengiklan atau sponsor melalui Layanan dan/atau Platform. Setiap kegiatan tersebut, dan syarat-syarat, kondisi, garansi atau representasi terkait dengan aktivitas tersebut, semata- mata adalah antara Pengguna dan pihak ketiga yang terkait. Kudo tidak bertanggung jawab dan tidak memiliki kewajiban untuk setiap korespondensi dan/atau transaksi antara Pengguna dan pihak ketiga tersebut. Kudo dan Grup tidak mendukung Aplikasi atau situs di internet yang terhubung melalui Layanan dan/atau Platform, dan dalam hal apapun Kudo atau Grup tidak bertanggung jawab atas konten, produk, layanan atau materi lainnya yang tersedia dari situs atau penyedia pihak ketiga. Kudo menyediakan layanan untuk Pengguna sesuai dengan Syarat & Ketentuan Pengguna yang berlaku. Pengguna menyadari bahwa penyedia pihak ketiga penyedia barang dan/atau jasa tertentu mungkin membutuhkan persetujuan Pengguna atas Syarat & Ketentuan lain atau syarat & ketentuan tambahan sebelum Pengguna melakukan transaksi dan/atau akses ke barang atau jasa yang disediakan pihak ketiga tersebut.

XXI. GANTI RUGI

  1. Dengan menyetujui Syarat & Ketentuan Pengguna setelah menggunakan Layanan, Pengguna setuju bahwa Pengguna harus mengganti rugi kepada Kudo, dan organisasi induk Kudo, grup, afiliasi, petugas, direktur, anggota, karyawan, pengacara dan mitra ("Pihak Afiliasi Kudo") serta akan melepaskan Kudo dan Pihak Afiliasi Kudo atas dan terhadap setiap dan semua klaim, biaya, kerusakan, kerugian, kewajiban dan beban (termasuk biaya, biaya pengacara dan biaya lain yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan) yang timbul dari atau sehubungan dengan: (a) penggunaan Layanan dan/atau Platform, urusan dengan pihak ketiga penyedia, mitra, pengiklan dan/atau sponsor; (b) pelanggaran dari salah satu Syarat & Ketentuan Pengguna atau hukum atau peraturan yang berlaku, apakah disebut dalam Syarat & Ketentuan Pengguna ini atau tidak; (c) pelanggaran Pengguna terhadap hak-hak pihak ketiga, termasuk pihak ketiga penyedia yang diatur melalui Layanan; atau (d) penggunaan atau penyalahgunaan Layanan dan/atau Platform.
  2. Pengguna dan Konsumen akan melepaskan Kudo dari segala tuntutan dan ganti rugi, serta menjaga nama baik Kudo (termasuk direksi dan karyawan Kudo) dari setiap klaim atau tuntutan, yang dilakukan pihak ketiga yang timbul sebagai akibat atau sehubungan dengan Kecurangan dan/atau Pelanggaran yang dilakukan Pengguna dan/atau Konsumen terhadap Syarat & Ketentuan Pengguna ini.

XXII. PENOLAKAN JAMINAN

  1. Kudo tidak memberikan pernyataan, jaminan, atau menjamin reliabilitas, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi atau kelengkapan layanan dan/atau Platform. Kudo tidak menyatakan atau menjamin bahwa (a) penggunaan layanan dan/atau Platform akan aman, tepat waktu, terganggu atau bebas dari kesalahan atau beroperasi yang dikombinasikan dengan hardware, software, sistem atau data lainnya; (b) Layanan akan memenuhi persyaratan atau harapan Pengguna; (c) setiap data yang tersimpan akurat atau terpercaya; (d) kualitas produk, layanan, informasi, atau materi lain yang dibeli atau diperoleh oleh Pengguna melalui Aplikasi akan memenuhi persyaratan atau harapan; (e) kesalahan atau cacat dari Platform Pengguna yang akan diperbaiki; (f) Platform atau server yang membuat Platform yang tersedia bebas dari virus atau komponen berbahaya lainnya; dan/atau (g) Platform dapat mengetahui posisi Pengguna. Layanan disediakan untuk Pengguna hanyalah untuk "apa adanya". Semua kondisi, pernyataan dan jaminan, baik tersurat, tersirat, diatur dalam hukum atau lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada jaminan perdagangan yang tersirat, kesesuaian untuk tujuan tertentu, atau non-pelanggaran hak pihak ketiga, dengan ini dikecualikan dan ditolak.
  2. Kudo tidak memberikan pernyataan, jaminan, atau menjamin reliabilitas, keamanan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian atau ketersediaan layanan, termasuk, tetapi tidak terbatas pada layanan jual beli dari dan oleh pihak ketiga melalui penggunaan Layanan dan/atau Platform. Pengguna memahami dan setuju bahwa seluruh risiko yang timbul dari penggunaan layanan, dan layanan pihak ketiga, bukan tanggung jawab Kudo dan Pengguna tidak akan mengalihkan tanggung jawab apapun kepada Kudo.

XXIII. KELAMBATAN PADA JARINGAN INTERNET

Layanan dan/atau Platform memiliki kemungkinan adanya pembatasan, kegagalan, keterlambatan, dan masalah lain dalam penggunaan internet dan komunikasi elektronik termasuk perangkat digunakan oleh Pengguna. Kudo tidak bertanggung jawab atas kegagalan pembelian dan/atau transaksi, keterlambatan pengiriman, kerusakan atau kerugian akibat masalah tersebut.

XXIV. BATASAN TANGGUNG JAWAB

  1. Kudo tidak memberikan pernyataan, jaminan, atau janji bahwa teknologi, Aplikasi, atau layanan Customer Support milik Kudo akan berjalan sebagaimana dimaksudkan pada telepon genggam, komputer, tablet, ataupun perangkat lainnya.
  2. Kudo tidak memberikan pernyataan atau jaminan mengenai ketersediaan, keandalan, ketepatan waktu, ketepatan atau kualitas dari pelaksanaan layanan, Aplikasi, atau pihak ketiga.
  3. Kudo tidak bertanggung jawab atas segala kehilangan, kerusakan, klaim atau biaya termasuk segala hal yang berkaitan, baik secara tidak langsung atau kehilangan atau kerusakan, atas perangkat berjalan (mobile device) Pengguna atau Aplikasi yang tersimpan di dalamnya sebagai akibat dari instalasi atau penggunaan Aplikasi.
  4. Kudo tidak bertanggung jawab atas segala risiko/akibat/kerugian yang terjadi pada Pengguna, Konsumen dan Pedagang yang terjadi akibat dan/atau sehubungan dengan pelanggaran terhadap Syarat & Ketentuan Pengguna.
  5. Kudo akan membantu Pengguna untuk menghubungi pihak ketiga penyedia jasa layanan pembayaran apabila terjadi risiko/akibat/kerugian pada Pengguna, Konsumen dan Pedagang yang terjadi akibat dan/atau sehubungan dengan metode pembayaran. Dalam hal ini, Pengguna mengakui bahwa tanggung jawab Kudo hanyalah terbatas pada sistem yang berada di bawah penguasaan Kudo sepenuhnya, dan tidak termasuk sistem yang disediakan oleh pihak ketiga penyedia jasa layanan pembayaran.

XXV. PEMBERITAHUAN

Kudo dapat memberikan pemberitahuan melalui pemberitahuan umum pada Aplikasi, surat elektronik ke alamat e-mail Pengguna yang tersimpan dalam catatan Kudo, atau dengan komunikasi tertulis yang dikirim dengan surat atau surat berprangko kepada alamat yang Pengguna daftarkan dalam sistem Kudo. Pemberitahuan tersebut akan dianggap telah diberikan setelah berakhirnya 48 (empat puluh delapan) jam setelah surat disampaikan (jika dikirim melalui surat atau surat berprangko) atau 1 (satu) jam setelah mengirim (jika dikirim melalui e-mail). Pengguna dapat memberikan pemberitahuan kepada Kudo (pemberitahuan tersebut harus dianggap diberikan saat diterima oleh Kudo) dengan surat yang dikirim oleh kurir atau pengirim surat yang terdaftar kepada Kudo menggunakan rincian kontak sebagaimana diatur dalam Aplikasi.

XXVI. KETETAPAN

Syarat & Ketentuan Pengguna ini dapat diubah sewaktu-waktu oleh Kudo tanpa persetujuan Pengguna.

XXVII. PENYELESAIAN SENGKETA

  1. Syarat & Ketentuan Pengguna ini diatur berdasarkan hukum Indonesia. Setiap perselisihan, tindakan, tuntutan atau aksi yang timbul atau sehubungan dengan Syarat & Ketentuan Pengguna atau Layanan harus diselesaikan pada Badan Arbitrase Nasional Indonesia yang berdomisili di Wahana Graha, Lt. 1 & 2, Jl. Mampang Prapatan No. 2, Jakarta 12760 ("BANI"), sesuai dengan Peraturan BANI sebagaimana yang sudah diperbarui atau diubah dari waktu ke waktu ("Peraturan") oleh arbiter tunggal yang ditunjuk oleh kesepakatan bersama para pihak ("Arbiter"). Jika para pihak tidak dapat menyepakati penunjukan Arbiter tunggal tersebut, Arbiter akan diangkat oleh ketua BANI sesuai dengan Peraturan yang ada.
  2. Arbitrase harus diselenggarakan di Jakarta, dalam bahasa Indonesia dan Biaya Arbiter wajib ditanggung bersama oleh seluruh pihak, dengan ketentuan bahwa Arbiter mungkin mengharuskan biaya tersebut dibebankan menurut cara lainnya yang ditentukan perlu oleh Arbiter agar klausul arbitrase ini dapat dilaksanakan menurut hukum yang berlaku.
  3. Masing-masing pihak dengan ini menyetujui bahwa sehubungan dengan Pasal 60 Undang – undang No. 30 Tahun 1999 ("UU Arbitrase"), putusan arbitrase adalah final dan mengikat para pihak dan berdasarkan hal tersebut, para pihak tidak memiliki hak untuk mengajukan banding atas putusan arbitrase. Para pihak dengan ini juga secara tegas mengesampingkan ketentuan Pasal 48 ayat (1) dan Pasal 73 huruf (b) UU Arbitrase sehingga mandat kepada Arbiter sebagaimana ditetapkan melalui Syarat & Ketentuan Pengguna ini tetap berlaku hingga putusan final arbitrase telah ditetapkan oleh Arbiter.

XXVIII. KETENTUAN LAIN

  1. Pengguna setuju untuk tidak mengumumkan, membuat tulisan-tulisan di media cetak dan/atau digital serta media sosial yang dapat menyudutkan serta mencemarkan nama baik Kudo, termasuk, tetapi tidak terbatas pada afiliasi, entitas terkait, petugas, direktur, komisaris, pemegang saham, agen dan karyawan Kudo.
  2. Tidak ada kerjasama, kemitraan, hubungan kerja, atau lembaga yang ada di antara Pengguna, Kudo atau pihak ketiga yang menyediakan sebagai akibat dari Syarat & Ketentuan Pengguna atau penggunaan Layanan.
  3. Jika ada ketentuan dalam Syarat & Ketentuan Pengguna ini yang dianggap tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan, ketentuan tersebut akan menjadi tidak berlaku dan ketentuan lainnya yang sah akan dilaksanakan sepenuhnya menurut hukum.
  4. Kegagalan Kudo untuk menerapkan hak atau ketentuan dalam Syarat & Ketentuan Pengguna tidak dapat diartikan sebagai pengabaian terhadap hak atau ketentuan tersebut kecuali diakui dan disetujui oleh Kudo secara tertulis. Syarat & Ketentuan Pengguna terdiri dari seluruh perjanjian antara Pengguna dan Kudo dan menggantikan semua komunikasi sebelumnya, termasuk syarat & ketentuan sebelumnya (jika ada).
  5. Pengguna setuju bahwa Kudo berhak untuk mengakhiri Syarat & Ketentuan Pengguna ini ketika Pengguna dinyatakan melanggar syarat manapun yang ditetapkan dalam Syarat & Ketentuan Pengguna ini. Untuk menghindari keraguan, pengakhiran Syarat & Ketentuan Pengguna ini tidak akan mewajibkan Kudo untuk memberi kompensasi, mengganti atau menutup kerugian biaya yang dikeluarkan oleh Pengguna. Kudo dan Pengguna dengan ini secara tegas mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang – undang Hukum Perdata sejauh mana diperlukan untuk mengakhiri Syarat & Ketentuan Pengguna ini tanpa adanya putusan pengadilan terlebih dahulu.

Kudo merupakan pemegang segala bentuk hak atas kekayaan intelektual untuk Platform dan sistem elektronik. Kudo beralamat terdaftar di Jalan Yado 1, Radio Dalam, RT.6/RW.4, Gandaria Utara, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia 12140.