SYARAT & KETENTUAN PENGGUNA

Selamat datang di KUDO (Kios Untuk Dagang Online). Terima kasih telah mengunjungi web kami.
Halaman ini menampilkan Syarat & Ketentuan Pengguna yang mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT Kudo Teknologi Indonesia terkait penggunaan web dan/atau aplikasi KUDO. Pengguna diwajibkan untuk membaca dengan seksama karena berisikan hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan web dan/atau aplikasi KUDO, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami, dan menyetujui semua Syarat & Ketentuan yang telah ditetapkan KUDO. Syarat & Ketentuan Pengguna ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara KUDO dan Pengguna. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat & Ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan pada web dan/atau aplikasi KUDO.

Definisi

1. PT Kudo Teknologi Indonesia (untuk selanjutnya disebut KUDO) adalah perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce (perdagangan online) yang melayani pembelian produk online, pulsa, tiket transportasi, voucher, pembayaran tagihan (di antaranya : PLN, PDAM, asuransi, dan lain-lain) dan produk digital lainny melalui Agen yang akan mendapatkan komisi untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh Agen tersebut pada web dan/atau aplikasi KUDO.

2. Agen adalah perorangan yang melakukan transaksi dengan memanfaatkan platform KUDO sebagai media usaha dan mendapatkan imbalan berupa komisi dan/atau insentif untuk setiap transaksi yang dilakukannya.

3. Aplikasi KUDO adalah perangkat lunak resmi yang dikeluarkan oleh PT Kudo Teknologi Indonesia.

4. Kecurangan adalah segala bentuk tindakan yang dilakukan dengan sengaja atau dapat dikira sebelumnya oleh Agen bahwa tindakan tersebut dapat menguntungkan diri sendiri dan/atau merugikan KUDO.

5. Komisi adalah bagian keuntungan penjualan berupa persentase dari harga produk untuk setiap transaksi sukses.

6. Konsumen adalah orang yang melakukan transaksi melalui Agen KUDO yang sewaktu-waktu akan mendapatkan loyalti apabila KUDO sedang mengadakan promo.

7. Merchant adalah partner/mitra KUDO yang menjual produk di platform KUDO.

8. Pelanggaran adalah perilaku yang menyimpang untuk melakukan tindakan menurut kehendak sendiri tanpa memperhatikan Syarat & Ketentuan Pengguna ini.

9. Pengguna adalah Agen dan/atau Konsumen pemakai produk dan/atau jasa baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga maupun orang lain dengan melakukan transaksi melalui platform KUDO.

10. Platform adalah perangkat lunak yang merupakan media bisnis portable yang digunakan sebagai media untuk berjualan serta bertransaksi produk online, pulsa, tiket transportasi, voucher, dan pembayaran tagihan.

11. Produk adalah benda berwujud, pulsa, tiket transportasi, voucher, dan/atau pembayaran tagihan.

12. Refund adalah suatu proses pengembalian sejumlah uang ke saldo KUDO untuk produk/jasa yang pernah dibeli tetapi dibatalkan, yang disebabkan karena adanya halangan dari merchant dan /atau Pengguna itu sendiri.

13. Rekening KUDO adalah nomor rekening yang digunakan oleh KUDO untuk proses tambah saldo yang dilakukan Agen.

14. Saldo adalah sejumlah uang yang ditransfer Agen kepada KUDO untuk dapat melakukan transaksi di platform KUDO.

15. Syarat & Ketentuan Pengguna adalah perjanjian antara KUDO dan Pengguna yang mengatur tentang hak, kewajiban, tanggung jawab KUDO dan Pengguna, serta tata cara penggunaan platform pada web dan/atau aplikasi KUDO.

16. Web KUDO adalah situs resmi milik PT Kudo Teknologi Indonesia yaitu www.kudo.co.id.

Akun Keagenan, Saldo KUDO, Password , PIN, dan Keamanan

1. Agen dengan ini merupakan orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum yang berlaku di Indonesia.

2. Cara untuk dapat menjadi Agen adalah dengan memberikan data diri pribadi yang sesuai menurut Kartu Tanda Penduduk (KTP) berupa nama, nomor telepon dan email.

3. Cara untuk dapat menjadi Agen yang terverifikasi adalah dengan melengkapi data diri pribadi yang sesuai menurut Kartu Tanda Penduduk (KTP) berupa nama, jenis kelamin, tanggal lahir, jenis usaha atau pekerjaan, alamat usaha, serta mengunggah foto KTP dan foto diri sesuai pemilik KTP.

4. Data yang digunakan pada saat pendaftaran oleh calon Agen dan/atau calon Agen terverifikasi harus valid (berlaku) dan sesuai kepemilikannya. Apabila data yang digunakan tidak valid dan/atau tidak sesuai kepemilikannya, KUDO berhak menolak pendaftaran calon Agen.

5. Apabila Agen berhasil mendaftar di KUDO, tetapi di kemudian hari ditemukan bahwa Agen menggunakan identitas yang tidak valid dan/atau tidak sesuai kepemilikannya, KUDO berhak mengenakan sanksi terhadap Agen.

6. KUDO tidak memungut biaya pendaftaran kepada Agen.

7. Agen menyetujui untuk menyimpan saldo terlebih dahulu untuk melakukan pemesanan melalui KUDO yang kemudian akan dipotong ketika Agen akan membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga produk, ongkos kirim, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara jelas dalam halaman pembayaran.

8. Saldo yang sudah tersimpan dalam akun Agen tidak dapat ditarik kembali.

9. Agen yang telah melakukan verifikasi data sesuai poin nomor 3 akan mendapatkan kode referral yang digunakan untuk memberikan referensi atau rekomendasi kepada calon Agen lainnya. Apabila Agen berhasil mengajak orang lain mendaftar sebagai Agen KUDO, maka Agen yang memberikan rekomendasi akan mendapat keuntungan sesuai ketentuan saat itu.

10. Agen yang belum melakukan verifikasi data sesuai poin nomor 3 tidak akan mendapatkan kode referral.

11. Agen bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun, password, dan PIN untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Agen.

12. KUDO tidak akan meminta password dan PIN akun Agen untuk alasan apapun, oleh karena itu KUDO mengimbau Pengguna agar tidak memberikan password akun Anda kepada pihak manapun, baik kepada pihak ketiga maupun kepada pihak yang mengatasnamakan KUDO.

13. Agen setuju untuk memastikan bahwa Agen keluar dari akun di setiap akhir sesi dan memberitahukan kepada KUDO jika ada penggunaan tanpa izin atas password atau akun Pengguna.

14. Agen dengan ini menyatakan bahwa KUDO tidak bertanggung jawab atas kerugian dan/atau kerusakan yang timbul dari penyalahgunaan akun Agen.

15. KUDO berhak mengirimakn informasi atau notifikasi dalam bentuk email, SMS dan/atau aplikasi dalam upaya campaign terhadap data yang telah diberikan.

16. Agen berhak meminta pemberhentian pengiriman informasi atau notifikasi yang dimaksud pada pasal sebelumnya dengan menghubungi Customer Support KUDO.

17. Agen dapat mengaktifkan kembali akun Agen KUDO dengan menghubungi Customer Support KUDO dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. KUDO tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Agen, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan atas setiap dugaan atau pelanggaran Syarat & Ketentuan dan/atau hukum yang berlaku di Indonesia.

18. KUDO memiliki kewenangan untuk menutup akun Agen baik sementara maupun permanen apabila menemukan adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi.

Transaksi Pembelian

1. Agen dan/atau Konsumen wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh KUDO.

2. Saat melakukan pembelian produk, Agen dan/atau Konsumen menyetujui bahwa:

a. Agen dan/atau Konsumen wajib untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan produk (termasuk di dalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum memutuskan untuk membeli.

b. Agen dan/atau Konsumen mengetahui dan menyetujui bahwa kondisi tampilan produk yang terlihat pada web dan/atau aplikasi KUDO dapat berbeda dengan kondisi produk yang diterima. KUDO telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan akurasi kondisi produk dalam foto-foto yang ditampilkan pada web dan/atau aplikasi KUDO, tetapi tidak dapat menjamin kesamaan penampilan kondisi produk dengan aslinya.

3. Agen dan/atau Konsumen memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok produk merupakan tanggung jawab merchant yang menjual produk tersebut. Terkait ketersediaan stok produk dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok produk kosong, maka merchant akan menolak pesanan.

4. Pembayaran atas produk yang dimaksud dalam poin 3 (tiga) akan dikembalikan kepada Agen dalam bentuk saldo oleh KUDO (apabila dalam keadaan stok produk kosong atau pembayaran tagihan sedang gangguan), dan Konsumen berhak menerima pengembalian uang dari Agen.

5. KUDO tidak bertanggung jawab atas segala transaksi yang dilakukan oleh Agen dan Konsumen di luar dari Syarat & Ketentuan ini.

6. Agen dan/atau Konsumen tidak diperbolehkan untuk mengganti detail pemesanan termasuk diantaranya adalah detail produk (jenis, warna, ukuran), jumlah produk, catatan pembeli, dan alamat penerima untuk alasan apapun setelah pesanan diproses.

7. KUDO berhak melakukan pembatalan pesanan untuk alasan apapun termasuk jika produk yang diminta tidak tersedia dan/atau ada kesalahan dalam harga atau deskripsi produk yang dipasang.

8. KUDO berhak melakukan pembatalan tanpa konfirmasi terlebih dahulu kepada Agen atas pesanan yang memiliki indikasi kecurangan yang dapat merugikan pihak KUDO.

9. Apabila terjadi kondisi dimana status transaksi pada web dan/atau aplikasi KUDO terkonfirmasi sukses sehingga memotong saldo Agen, tetapi terjadi kegagalan pada merchant, maka Agen disarankan menghubungi Customer Support KUDO.

10. Untuk pembayaran tagihan, Pengguna disarankan untuk melakukan pembayaran selambat-lambatnya pukul 18.00 WIB pada 1 (satu) hari kerja sebelum batas pembayaran tagihan (H-1). KUDO tidak bertanggung jawab atas segala kegagalan pembayaran yang dilakukan setelah batas waktu yang disarankan.

Komisi dan Voucher

1. Setiap Agen yang melakukan transaksi akan mendapatkan komisi yang akan dikirimkan ke Agen dalam bentuk saldo.

2. Jumlah komisi yang diterima oleh Agen berbeda-beda berdasarkan transaksi yang dilakukan oleh Agen.

3. Mekanisme pemberian komisi akan diatur oleh KUDO.

4. KUDO mengeluarkan voucher atau promo berupa potongan harga dengan syarat dan ketentuan serta merta berlaku yang mengikat secara spesifik pada setiap voucher atau promo.

5. Setiap Agen yang telah melakukan verifikasi data berhak menggunakan voucher atau promo. Agen yang tidak melakukan verifikasi data tidak berhak menggunakan voucher atau promo.

6. Komisi dan voucher dapat dibatalkan apabila :

a. Adanya kecurangan yang dilakukan Pengguna dalam melakukan transaksi di platform KUDO;

b. Melanggar syarat dan ketentuan promo atau voucher;

c. Adanya suatu transaksi yang refund.

Harga

1. Harga produk yang terdapat pada web dan/atau aplikasi KUDO adalah harga yang ditetapkan oleh KUDO dan merchant.

2. Perubahan (update) harga dapat terjadi berdasarkan kebijakan merchant. Pengguna disarankan untuk mencermati harga final yang ditampilkan pada tahap akhir transaksi melalui web dan/atau aplikasi KUDO.

3. Harga final adalah jumlah yang harus dibayar oleh Pengguna sesuai “Total Biaya” yang tertera secara jelas pada halaman “Detail Transaksi”.

4. Dengan memasukkan PIN pada akhir transaksi, Agen setuju untuk membayar harga final sebagaimana dijelaskan pada poin 3.

5. Apabila Pengguna tidak memperhatikan perubahan (update) harga sebagaimana dijelaskan pada poin 2, maka Pengguna bertanggung jawab penuh dan tidak akan menuntut ganti rugi kepada KUDO.

6. KUDO dan merchant memahami dan menyetujui bahwa kesalahan tampilan yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar/sesuai adalah tanggung jawab KUDO dan merchant. Dalam hal ini, apabila terjadi kesalahan keterangan harga produk yang tidak disengaja, KUDO dan merchant berhak membatalkan pesanan produk yang dilakukan oleh Agen.

7. KUDO hanya melayani transaksi dalam mata uang rupiah.

Tarif Pengiriman

1. Agen dan Konsumen memahami dan mengerti bahwa KUDO akan memberikan informasi tarif pengiriman berdasarkan jasa ekspedisi yang dipakai sesuai dengan alamat yang telah dicantumkan.

2. KUDO tidak bertanggung jawab atas kesalahan pengiriman yang dilakukan oleh jasa ekspedisi terhadap alamat yang dicantumkan Agen.

Pengiriman Produk

1. Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman produk adalah wewenang sepenuhnya jasa ekspedisi.

2. Agen dan/atau Konsumen memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman produk oleh jasa ekspedisi merupakan tanggung jawab jasa ekspedisi.

3. Agen dan/atau Konsumen menyetujui bahwa produk yang akan dikirim ke alamat pengiriman tidak dapat diubah ketika pesanan sudah dikonfirmasi. KUDO tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau ketidaklengkapan alamat pengiriman yang mengakibatkan produk tidak diterima.

4. Agen dan/atau Konsumen menyetujui bahwa KUDO tidak bertanggung jawab atas keterlambatan pengiriman yang disebabkan oleh bencana alam (banjir, gempa bumi, tanah longsor, serta kebakaran) dan faktor eksternal lain (huru hara, kerusuhan, pemberontakan, dan perang) yang menggangu kelangsungan pengiriman produk.

5. Agen dan/atau Konsumen memahami dan menyetujui bahwa KUDO tidak akan mengganti uang pemesanan jika Konsumen menyatakan pesanannya tidak diterima, tetapi jasa ekspedisi telah memiliki bukti bahwa pesanan tersebut telah diterima berupa tanda tangan dan nama jelas penerima.

6. Lama pengiriman mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh merchant dan/atau jasa ekspedisi.

Ketentuan Lain

1. Apabila Pengguna menggunakan fitur-fitur yang tersedia pada web dan/atau aplikasi KUDO, maka Pengguna dengan ini menyatakan, memahami, dan menyetujui segala syarat dan ketentuan yang diatur khusus sehubungan dengan fitur-fitur tersebut.

2. Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam syarat dan ketentuan khusus dalam fitur tersebut maka akan sepenuhnya merujuk pada Syarat & Ketentuan KUDO secara umum.

3. Segala selisih biaya yang ditimbulkan dari biaya pengiriman produk bukan merupakan tanggung jawab KUDO.

4. Segala bentuk masalah dan/atau perselisihan yang timbul karena ketidaksepahaman antara Agen dan Konsumen bukan merupakan tanggung jawab KUDO.

Ganti Rugi dan Pengembalian Produk

1. Agen dan Konsumen akan melepaskan KUDO dari tuntutan dan ganti rugi, serta menjaga nama baik KUDO (termasuk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, yang dilakukan pihak ketiga yang timbul dalam hal Agen melanggar Syarat & Ketentuan Pengguna ini.

2. Produk yang dapat dikembalikan adalah produk yang berbeda sama sekali dengan yang dipesan dan/atau rusak pada saat diterima.

3. Konsumen wajib langsung memeriksa produk yang diterima. Apabila terdapat kerusakan atau bukan merupakan produk yang dipesan, Konsumen wajib menghubungi Customer Support KUDO dalam waktu 1x24 jam setelah produk diterima.

4. KUDO tidak bertanggung jawab atas pengembalian produk yang melewati ketentuan batas waktu pengajuan retur/pengembalian dari merchant.

5. KUDO tidak bertanggung jawab apabila terdapat kerusakan pada pengemasan produk saat diterima, yang merupakan tanggung jawab jasa ekpedisi sepenuhnya.

Larangan

1. Agen tidak diperbolehkan untuk memalsukan identitas sebagai orang lain (Agen terdaftar atau karyawan KUDO), memalsukan identitas diri sebagai Pengguna, dan menggunakan nomor handphone atau alamat e-mail palsu.

2. Agen tidak diperbolehkan menggunakan web dan/atau aplikasi KUDO untuk:

a. Mengirim informasi, teks, gambar, file, link, atau perangkat lunak kecuali yang berhubungan dengan penggunaan web secara resmi atau untuk menanggapi permintaan informasi spesifik oleh KUDO.

b. Menciptakan dan/atau menggunakan alat dan fitur otomatis yang bertujuan untuk memanipulasi data pada sistem KUDO, termasuk namun tidak terbatas pada (i) manipulasi data akun (ii) melakukan perambanan (crawling) (iii) transaksi jual beli otomatis.

c. Memberikan virus, worm, trojan horse, dan atau kode berbahaya lainnya.

d. Mendapatkan akses tidak resmi ke setiap sistem komputer milik KUDO.

e. Menyerang, melanggar data privasi pribadi atau hak milik (termasuk hak atas kekayaan intelektual) dari setiap orang atau kelompok tertentu.

f. Memodifikasi atau memperoleh akses secara ilegal pada setiap komponen.

g. Melakukan hal-hal yang dapat merusak atau mencemarkan nama baik KUDO dan/atau pihak-pihak yang bekerja sama dengan KUDO.

h. Melaksanakan kegiatan penipuan.Mengumpulkan informasi tentang Pengguna lain untuk alasan apapun, termasuk diantaranya namun tidak terbatas pada komunikasi komersial apapun yang tidak diinginkan Pengguna.

3. KUDO berhak untuk menon-aktifkan akun Agen, menahan dan/atau mengurangi komisi Agen sebesar kerugian yang ditimbulkan apabila Agen telah terbukti melakukan pelanggaran terhadap Syarat & Ketentuan Pengguna dan/atau merugikan KUDO.

Hak Kepemilikan

1. Agen dan/atau Konsumen mengakui dan menyetujui bahwa isi, materi, dan komponen lainnya (termasuk namun tidak terbatas pada logo, grafis, ikon dan header) yang tersedia pada web dan/atau aplikasi adalah milik KUDO dan dilindungi oleh hak cipta, merek dagang, service mark, hak milik, serta undang-undang.

2. Agen dan/atau Konsumen menyetujui untuk tidak menjual, melisensikan, menyewakan, memodifikasi, mendistribusikan, menyalin, memperbanyak, mengirimkan, mempublikasikan tampilan, memperlihatkan kepada publik, menerbitkan, mengadaptasi, mengedit, atau membuat karya turunan dari isi atau materi yang terdapat pada web dan/atau aplikasi KUDO, kecuali melalui izin dan/atau perjanjian tertulis dengan KUDO.

Sanksi

1. Apabila Agen terbukti memalsukan identitas diri dan/atau melakukan kecurangan lainnya, KUDO memiliki kewenangan untuk mengenakan sanksi berupa termasuk namun tidak terbatas pada:

a. Pembatalan komisi Agen;

b. Pembatalan insentif Agen;

c. Non-aktivasi akun Agen;

d. Pelaporan kepada pihak berwenang.

2. Atas sanksi yang dikenakan, Agen dapat mengajukan pertanyaan melalui Customer Support KUDO.