Media Sosial Dibaja...
 

Media Sosial Dibajak? Emangnya Sawah!  

 

Bang Kumis [Admin Komando]
Pak RW Supermin
0

Sebagai generasi yang hidupnya jadi hampa kalau gak browsing di media sosial, baca artikel ini sampai selesai. Kalau udah, boleh ucapkan terima kasih sama mimin.

1 HI

 

Seiring dengan berkembangnya media sosial, banyak masalah bermunculan muncul dan yang paling utama salah satunya adalah masalah keamanan.

2 HI

 

Faktanya, banyak laporan tentang masalah penerobosan keamanan dan privasi media sosial yang sangat merugikan penggunanya.

Apa aja sih kerugiannya?

Seseorang bisa saja mencuri data-data pribadi kamu dari media sosial dengan cara menerobos sistem keamanan yang ada kemudian menggunakannya untuk hal-hal buruk, misalnya untuk menipu.

Nah, biar gak kejadian hal seperti itu, ada beberapa tips yang penting banget buat kamu baca dan lakukan agar media sosial kamu terjaga keamanannya. Simak yuk!

 

1. Verifikasi 2 Lapis

3 HI

Ini adalah cara mengamankan akun media sosial kamu dengan menggunakan 2 lapis keamanan untuk login. Jadi, selain dengan verifikasi melalui username dan password, kamu juga bisa menambahkan verifikasi lain yang hanya diketahui oleh kamu saja, seperti menggunakan email atau nomor telepon. Nah, salah satunya di Instagram. Berikut mimin kasih tau cara mengaktifkan two-factor authentication di Instagram.

4 TA

 

2. Gunakan Password Manager

4 HI

Secanggih apa pun teknologinya, kecerobohan pengguna pasti tidak akan terelakkan. Seperti halnya seringkali password yang sudah dibuat justru gampang ditebak. Solusinya, gunakan Password Manager untuk membuat password yang lebih rumit sehingga membingungkan siapa saja yang ingin menerobos keamanan akun kamu. Lalu, di mana kah cara mendapatkan Password Manager?

Di beberapa smartphone, sistem ini sebenarnya sudah tertanam. Tapi, jika kamu mau yang lebih aman lagi, download aplikasinya di App Store atau Google Play Store kamu.

 

3. 1 Akun Media Sosial = 1 Akun Email

Screen Shot 2019 03 22 at 3.46.26 pm

Biar gak repot, biasanya banyak orang hanya pakai satu akun email untuk beberapa akun media sosial, dan ini yang bisa bikin berbahaya.

Bayangkan, ketika seseorang menerobos akun kamu dan telah mendapatkan alamat email dari salah satu media sosial kamu, itu berarti semua akun media sosial kamu bisa dengan mudah diambil-alih juga karena email yang digunakan sama. Dengan mudah si pembobol akun kamu untuk mengganti data-data di setiap akun media sosial kamu.

Yakin, masih mau pakai satu email saja?

 

4. Wajib Jaga Privasi Kamu

5 HI

Menjaga privasi data akun media sosial kamu juga bisa menjadi langkah pencegahan yang baik. Dengan membatasi akses ke data pribadi kamu, maka setidaknya kamu sudah bisa mencegah para pencuri data mengakses atau menggunakan data kamu untuk keuntungan mereka yang tentunya bisa saja merugikan diri sendiri.

Saran mimin, batasi akses data akun media sosial kamu hanya ke teman-teman kamu dengan membatasi siapa saja yang boleh melihat profil kamu. Sesimpel itu kok!

 

Sumber Gambar:

http://wow.tribunnews.com/2018/01/04/awas-kecanduan-bisa-sosial-media-memperburuk-hidupmu-begini-mencegahnya

https://myrepublic.co.id/blog/2017/03/24/hacker-vs-cracker/

https://download.cnet.com/news/two-step-verification-101/

https://www.intego.com/mac-security-blog/how-to-choose-the-right-password-manager-for-you/

https://www.maxmanroe.com/ingin-menghubungkan-akun-media-sosial-dan-email-pemasaran-mudah-kok.html

https://www.kompasiana.com/husni_anshori/582b5536de22bd520a8b456b/sssttt-harap-tenang-ada-gelar-perkara-al-maidah-51

 

Your Answer


Maximum allowed file size is 2MB

Bagikan:
  
Working

Please Masuk or Daftar