5 HAL INI CUMA ADA ...
 

5 HAL INI CUMA ADA DI INDONESIA LHO!  

 
Bang Kumis [Admin Komando]
Lurah Supermin

Apa saja yang jadi ciri khas Indonesia? Batik? Komodo? Hmm...itu mah sudah umum. Kamu pernah ngeh gak kalau 5 hal di bawah ini pasti ada di Indonesia? Inilah 5 hal yang cuma ada di Indonesia!

 

1. Pertamini

1 Komando 13 Agustus

Kita semua sudah tahu Pertamina memiliki banyak tempat pengisian bahan bakar untuk kendaraan bermotor dari ujung Indonesia barat hingga ujung Indonesia bagian timur. Nah, sekitar beberapa tahun belakangan ini, Pertamina punya ‘pesaing’ di mana pesaingnya adalah rakyat Indonesia sendiri yang sangat kreatif untuk membuat tempat pengisian bahan bakar untuk kendaraan bermotor yang diberi nama Pertamini.

Mungkin konsepnya adalah Pertamina yang mini (kecil) karena mereka menyediakan bensin eceran menggunakan alat isi bensin yang sama seperti yang disediakan Pertamina dengan harga yang lebih mahal sedikit dan menjangkau daerah-daerah yang jauh dari SPBU. Lalu, dari mana mereka mendapatkan suplai bensin eceran? Ya, dari Pertamina lah! Secara tidak resmi mereka membeli di sana untuk dijual lagi. Kreatif dan unik kan ya?

 

2. Cengtri (Bonceng Bertiga Naik Motor)

2 Komando 13 Agustus

Ya..ya..ya, memang gak cuma di Indonesia yang mengalami fenomena ini. Fenomena ‘cengtri’ alias bonceng bertiga naik motor sudah ditemukan di beberapa negara, seperti India dan Meksiko. Tapi, Indonesia punya ciri khas sendiri. ‘Cengtri’ di Indonesia biasanya dilakukan oleh cewek-cewek di sore hari dengan tanpa menggunakan helm, rambut yang basah habis keramas, dan sambil main HP. Bahkan, seringkali mereka terlihat ugal-ugalan membawa motornya dan beberapa kali muncul berita kecelakaan dari para pelaku ‘cengtri’. 

 

3. Sensor Tak Berguna

3 Komando 13 Agustus

Mulai dari acara ajang pemilihan Putri Indonesia hingga acara kartun, hampir nggak ada yang luput dari sensor dan editan media. Anehnya, hampir nggak ada yang bisa menerka apa yang perlu disensor sebenarnya. Tapi, gak hanya bagian belahan dada kartun yang disensor. Petani yang sedang memerah susu sapi, benda tajam, zat adiktif, dan darah juga kena sensor! Di lain pihak, masih banyak juga sinetron dan acara TV yang menampilkan belahan dada, tapi nggak disensor. Aneh kan? Cuma di Indonesia!

 

4. Martabak

4 Komando 13 Agustus

Salah satu kuliner revolusioner di Indonesia pasti adalah martabak. Orang luar Indonesia menyebutnya pancake. Tapi, jelas martabak bukan hanya sekadar kue kenyal yang dikasih mentega dan madu.

Dari tipenya saja sudah ada dua, yaitu martabak asin dan manis. Martabak asin dengan telur (ayam/bebek) yang ditambahkan daging, daun bawang, kemudian keju di atasnya bisa jadi hidangan utama kapan saja. Tapi, kalau bicara martabak tentu martabak manis jagonya. Makanan khas Indonesia ini bisa dibilang bunglonnya makanan karena bisa beradaptasi dalam segala situasi. Awalnya hanya cokelat, keju, kacang, dan wijen. Namun, seiring berkembangangnya kuliner, kamu bisa menikmatinya dengan Nutella, Ovomaltine, keju mozzarella, red velvet, matcha (teh hijau), es krim, dan masih banyak lagi!

 

5. Warung

5 Komando 13 Agustus

Memang sebenarnya warung gak cuma ada di Indonesia, tapi tahu gak kamu? Warung sudah menjadi bagian yang tak terlepaskan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Sebab, bagi sebagian orang, warung tak hanya sekedar tempat jual beli, tetapi sudah jadi tempat aktivitas sosial; mulai dari rumpi ibu-ibu hingga sekedar berkeluh kesah. Bahkan, bagi sebagian masyarakat lainnya, warung juga kerap menjadi tempat meminjam uang.

Seiring berjalannya waktu, warung di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Para pemilik warung dapat mengembangkan usahanya dengan menambah variasi produk yang tersedia secara digital seperti pulsa, pembayaran tagihan dan penjualan tiket perjalanan, dapat dengan mudah membeli stok barang grosir untuk warung, hingga mendapatkan pinjaman modal usaha hanya dari satu aplikasi. Aplikasi tersebut adalah aplikasi Kudo di mana banyak orang yang memiliki warung dan ingin mendapatkan penghasilan lebih maksimal melalui produk-produk digital terbaik yang pastinya menguntungkan!

 

Kira-kira itulah 5 hal yang pasti kamu temukan di Indonesia dan jika kamu pernah melihat atau menikmati atau bahkan menjadi bagian dari hal itu, fix kamu orang Indonesia banget!

 

Sumber Gambar:

www.liputan6.com/tekno/read/3971315/kudo-dorong-ratusan-ribu-warung-tradisional-melek-teknologi?

rejekinomplok.net/cara-membuat-martabak/

www.hipwee.com/hiburan/sensor-kpi-emang-makin-absurd-aja-9-anak-muda-indonesia-ini-angkat-bicara/

pasangmata.detik.com/contribution/263064

www.cnnindonesia.com/ekonomi/20170818201832-85-235755/pemerintah-akan-terbitkan-aturan-soal-pertamini

Quote
Posted : Agustus 13, 2019 16:29

Leave a reply


Maximum allowed file size is 2MB

Bagikan:
  
Working

Please Masuk or Daftar