Air Bersih? Sepenti...
 

Air Bersih? Sepenting Itu Kah?  

 
Bang Kumis [Admin Komando]
Pak RW Supermin

Air bersih jadi salah satu kebutuhan primer manusia. Air begitu penting bagi kehidupan karena air merupakan salah satu prasyarat untuk mengukur kualitas hidup manusia.

1 AB

Walaupun air menjadi kebutuhan primer bagi manusia, kita harus sadar bahwa di Indonesia akses air bersih masih menjadi masalah besar terutama di daerah-daerah terpencil. Akibatnya, bisa ditebak yang salah satunya adalah masih banyak orang yang terkena penyakit akibat rendahnya akses terhadap air bersih.

2 AB

Disinyalir masih ada kurang lebih dari 100 juta penduduk Indonesia yang masih kesulitan mengakses air bersih serta tidak mempunyai sarana sanitasi yang baik.

Dilansir dari www.kelair.bppt.go.id:

Pengadaan air bersih di Indonesia khususnya untuk skala yang besar masih terpusat di daerah perkotaan, dan dikelola oleh Perusahan Air Minum (PAM) di masing-masing kota. Namun demikian secara nasional jumlahnya masih belum mencukupi dan dapat dikatakan relatif kecil yakni 16,08 % (Supas 1995). Untuk daerah yang belum mendapatkan pelayanan air bersih dari PAM umumnya mereka menggunakan air tanah (sumur), air sungai, air hujan, air sumber (mata air) dan lainnya. Dari hasil survei penduduk antar sensus (SUPAS) 1995, persentase banyaknya rumah tangga dan sumber air minum yang digunakan di berbagai daerah di Indonesia sangat bervariasi tergantung dari kondisi geografisnya. Secara nasional yakni sebagai berikut:

7 AB

Jadi, apa intinya? Sebagai orang-orang yang masih bisa mengakses air bersih, ada baiknya kita jaga dengan baik sebagai bentuk syukur karena jika dilihat dari kegunaannya, air bersih memang sangat berguna di berbagai lini kehidupan.

3 AB

Bagaimana cara menjaganya? Untuk kamu yang memiliki akses air bersih, baik yang menggunakan pompa air tanah atau PDAM, gunakanlah air secukupnya. Jika tidak terlalu penting untuk digunakan, matikan keran. Dan, yang tidak kalah penting adalah, bayarlah tagihan air bulanan tepat waktu agar tidak kena denda atau sampai aliran airnya diputus. Jika akses air diputus karena telat bayar, dijamin ribet deh!

4 AB

Nah, kamu gak mau kan sampai seperti itu? Bisa dibayangkan kalau ternyata gak cuma kamu, tapi orang-orang di sekeliling kamu juga sampai kesulitan saat harus bayar tagihan air bulanan.

5 AB

Jadi, buat kamu para agen Kudo, inilah saatnya untuk berikan kemudahan untuk banyak orang yang mau bayar tagihan air bulanan. Tawarkan bayar tagihan PDAM pakai aplikasi Kudo karena cara bayarnya mudah dan kamu bisa dapatkan potongan hingga 500 ribu pakai kode: KUDOPREMIUM.

[Promo PD MAR] KUDOPREMIUM 2019 inbox

Faktanya, masih banyak lagi keuntungan yang bisa kamu dapatkan cuma dengan jualan pakai aplikasi Kudo. Banyak yang udah berhasil dan buktiin, lho! Gak percaya? Makanya, download sekarang aplikasi Kudo di Google Play Store!

 

Sumber Gambar:

http://basukirahmatrpla.blogspot.com/2016/02/sumber-kehidupan.html

https://www.boombastis.com/air-semahal-nyawa/78632

http://aceh.tribunnews.com/2018/08/05/bisa-sebabkan-diabetes-jangan-langsung-minum-sehabis-makan

https://akurat.co/news/id-316231-read-kemarau-berkepanjangan-delapan-desa-di-pekalongan-jawa-tengah-kesulitan-air-bersih

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4157155/antre-berjam-jam-demi-2-liter-air-bersih-ini-terjadi-di-pasuruan

Quote
Posted : Maret 15, 2019 15:38

Leave a reply


Maximum allowed file size is 2MB

Bagikan:
  
Working

Please Masuk or Daftar