Keluyuran di Bulan ...
 

Keluyuran di Bulan Ramadan  

 
Bang Kumis [Admin Komando]
Pak RW Supermin

Kesehatan tubuh dan pikiran wajib dijaga tertama selama bulan Ramadan ketika kita berpuasa selama sebulan penuh. Salah satu cara menjaga agar tubuh dan pikiran tidak stres adalah dengan berwisata. Tak perlu berwisata ke luar negeri, karena di Indonesia juga ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di bulan puasa ini.

1 Keluyuran Bulan Ramadan

Berikut adalah rekomendasi tujuan wisata dari Bang Kumis., Kita simak yuk!

 

Masjid dengan Arsitektur Unik

Indonesia memiliki begitu banyak masjid dengan arsitektur yang unik. Nah, masjid dengan bangunan yang unik ini bisa menjadi tujuan wisata saat bulan puasa. Saat mengunjungi masjid-masjid tersebut, kamu bisa menunaikan ibadah salat sembari mengagumi arsitektur unik dari masjid itu. Nah, salah satu masjid unik di Indonesia adalah Masjid Menara Kudus.

2 Keluyuran Bulan Ramadan

Masjid Menara Kudus memiliki arsitektur pura bergaya Bali yang sangat unik. Selain itu, ada pula Masjid Muhammad Cheng Ho di Surabaya yang memiliki arsitektur khas Cina yang sangat kental. Di sekeliling bangunan dihias dengan piring-piring bergambar yang berjumlah 32 buah. 20 buah di antaranya berwarna biru yang berlukiskan masjid, manusia dengan unta, dan pohon kurma. Sementara itu, 12 buah lainnya berwarna merah putih berlukiskan kembang. Di dalam menara terdapat tangga yang terbuat dari kayu jati yang mungkin dibuat pada tahun 1895 M.

 

Museum

Tujuan wisata selanjutnya adalah museum. Di tempat ini, kita bisa mengenal segala macam benda bersejarah. Di Indonesia sendiri begitu banyak museum-museum unik. Salah satu museum unik yang bisa dikunjungi saat bulan Ramadan adalah Museum Kayu Tuah Himba.

3 Keluyuran Bulan Ramadan

Museum Kayu Tuah Himba terletak 600 meter dari Kawasan Waduk Panji Sukarame, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Dibangun dengan bangunan kayu panggung yang berukuran 20 x 20 M². Di dalam Museum Kayu ini terdapat beragam jenis kayu-kayu yang ada di Pulau Kalimantan.

 

Wisata Laut

Bahagia itu sederhana. Duduk di atas pasir pantai lalu melihat matahari terbit dan tenggelam adalah salah satu contohnya.

4 Keluyuran Bulan Ramadan

Kamu bisa menikmati wisata laut bersama keluarga, teman ataupun orang-orang tersayang. Tidak perlu yang jauh, wisata laut dekat-dekat saja juga bisa jadi pilihan berwisata. Misalnya di Jakarta., Kamu bisa berwisata ke Pantai Ancol Jakarta. Nah kalau, kamu tinggal di Yogyakarta, Pantai Parangtritis bisa jadi pilihan yang menarik. Kalau yang berdomisili di Madura, bisa mengunjungi Pantai Gili Labak yang keindahannya tidak kalah dengan Gili Trawangan, Lombok.

 

Bioskop

Nonton film adalah satu kegiatan yang menyenangkan tapi nggak butuh tenaga banyak untuk menikmatinya. Kamu cuma perlu duduk diam dan menyimak jalan ceritanya lewat layar lebar.

5 Keluyuran Bulan Ramadan

Nah, kalau kamu tidak punya banyak waktu untuk berwisata ke luar kota, kamu bisa mengisi waktu luangmu dengan berwisata ke bioskop untuk nonton film. Tapi kalau sedang mager keluar rumah, mending streamingan film saja. Biar puasamu tambah semangat, pilihlah film bertema traveling.

Nah itu dia beberapa rekomendasi tempat dari Bang Kumis, semoga kamu bisa meluangkan waktu untuk berwisata di saat bulan Ramadan ini ya.

 

Sumber Artikel:

https://jrangoan.wordpress.com/2016/07/28/pulau-terbesar-di-indonesia/

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/lebih-dekat-masjid-menara-kudus/

http://www.way2east.id/destinations/museum-kayu-tuah-himba

https://www.kompasiana.com/ida_isaura/552bf1ec6ea834e9648b4648/perempuan-yang-membuang-puisi

http://pontianak.tribunnews.com/2018/04/05/jangan-norak-ini-6-etika-nonton-bioskop-yang-sering-banget-kamu-langgar

Quote
Posted : Mei 29, 2019 12:14

Leave a reply


Maximum allowed file size is 2MB

Bagikan:
  
Working

Please Masuk or Daftar