Makhluk-makhluk Mit...
 

Makhluk-makhluk Mitologi Seram di Indonesia  

 
Admin Komando [Amir]
Lurah Supermin

Setiap daerah pasti punya urban legend yang menyeramkan. Begitu juga di Indonesia. Banyak banget lho makhluk mitologi yang dipercaya masih eksis di beberapa daerah. Mau tau apa aja? Yuk simak bareng!

 

1. Leak

Leak adalah makhluk mitologi yang berasal dari Bali. Penampakan Leak emang cukup nyeremin sih. Siapa yang gak takut dengan badannya yang besar dan berbulu, dengan gigi-gigi taring yang keluar dan lidah yang menjulur? Katanya, Leak akan keluar di malam hari untuk mencari tumbal.

LEak

 

 

2. Cindaku

Cindaku adalah jelmaan manusia setengah harimau. Cindaku ini legenda dari Jambi. Katanya, Cindaku merupakan manusia yang memiliki kekuatan magis, sehingga dia bisa menjelma menjadi manusia setengah harimau.

cendika

 

3. Ebu Gogo

Meskipun namanya mirip orang Jepang, tapi Ebu Gogo merupakan legenda khas dari pulau Flores lho. Ebu artinya nenek dan Gogo artinya pemakan segala. Ebu Gogo merupakan makhluk gabungan manusia dan peri. Tubuhnya kecil hanya setinggi 1 meter dan dipenuhi dengan bulu, serta wajahnya mirip manusia purba.

Ebu gogo

 

4. Aul

Aul adalah makhluk yang berwujud setengah manusia dan setengah serigala. Aul dipercaya sering meresahkan masyarakat karena suka mengurai perut ternak mereka. Katanya nih, Aul dulunya adalah orang sakti yang bisa menggabungkan badannya ketika terpotong. Nah, suatu hari kepalanya terpenggal dan jatuh jauh ke dalam. Sehingga, dia tidak bisa mengambil kepalanya lagi. Jadi, dia mengganti kepalanya dengan kepala serigala.

Aul

 

5. Babi Ngepet

Nah, kalau ini pasti kamu gak asing deh dengernya. Babi Ngepet emang terkenal banget sebagai manusia babi jadi-jadian. Katanya nih, Babi Ngepet suka berkeliaran di malam hari untuk mencuri uang warga di sekitarnya. Jangan sampe ya kita kecolongan sama Babi Ngepet ini.

Babi ngepet

 

Nah, segitu dulu makhluk mitologi yang ada di Indonesia. Pernah ngeliat makhluk-makhluk di atas tadi? Atau jangan-jangan di wilayahmu ada makhluk mitologi yang terkenal juga? Share di kolom komentar ya!

 

Sumber:

Sumber gambar Leak: http://bali.tribunnews.com/2018/01/23/ngerinya-leak-di-bali-dirahasiakan-dalam-100-kelahiran-dari-nusa-penida-diyakini-paling-ampuh?page=2

Sumber gambar Cindaku:  https://kumparan.com/creeps/makhluk-mitologi-cindaku

Sumber Gambar Ebu Gogo:  https://kumparan.com/creeps/makhluk-legendaris-ebu-gogo

Sumber gambar Aul: http://unordinary-world.blogspot.com/2010/11/legenda-aul-manusia-berkepala-anjing_2936.html

Sumber gambar Babi Ngepet: https://www.youtube.com/watch?v=GbbIZEdDtRY

 

Quote
Posted : Maret 8, 2019 11:08

Leave a reply


Maximum allowed file size is 2MB

Bagikan:
  
Working

Please Masuk or Daftar