[Siapkan Uangmu] Bi...
 

[Siapkan Uangmu] Biaya-Biaya Yang Gak Terduga Saat Ramadan!  

 
Bang Kumis [Admin Komando]
Pak RW Supermin

“Jadi irit nih karena gak makan siang!” kata Bang Kumis.

“Lha, kenapa bang?” tanya mimin.

“Kan lagi puasa. Gak perlu beli makan siang, hahahaha,” Bang Kumis ketawa kesenengan.

 

Hmmm.. belum tau aja Bang Kumis kalau bulan Ramadan biasanya bakalan banyak pengeluaran yang gak terduga. Bahkan bisa bikin kantong kita lebih jebol daripada biasanya. Makanya, biar kantong aman, kita perlu siapin dana untuk kebutuhan yang gak terduga ini.

Emangnya apa aja sih biaya gak terduga di bulan Ramadan? Nih mimin kasih tau:

 

1. Ngabuburit

1 Biaya Ramadan

Iseng-iseng nunggu buka puasa emang paling enak jalan-jalan sore. Tapi yang namanya jalan-jalan pasti ngeluarin uang dong? Makanya, keseringan ngabuburit juga bisa bikin kantong jebol. Kamu bisa lho cari kegiatan ngabuburit yang bermanfaat tanpa perlu keluar uang banyak. Misalnya, mengikuti kegiatan bakti sosial di panti asuhan atau acara pengajian di masjid. Selain kegiatannya bermanfaat, kamu juga gak perlu boros ngeluarin uang deh.

 

2. Bukber alias Buka Bersama

2 Biaya Ramadan

Bulan puasa bisa jadi ajang buat reunian. Dari temen SD, SMP, SMA, kuliah, bahkan sampai temen karang taruna dan tetangga, semuanya deh pasti ngadain acara buka bersama. Acara kayak gini pasti bikin kantong kempes kalau acaranya di cafe atau restoran. Nah, gak ada salahnya sih menjalin silaturahmi dengan bukber sama teman, tapi mungkin kamu bisa cari alternatif acara lain seperti bukber di rumah salah satu teman. Selain lebih hemat karena bisa patungan makanan, kamu juga gak akan dikejar waktu untuk bergantian makan dengan pelanggan lain di cafe, karena acara di rumah teman bisa lebih santai.

3. Bensin untuk Bepergian

3 Biaya Ramadan

Karena bulan puasa kamu tetap berkegiatan seperti biasa (pergi ngantor, ke sekolah, dll) ditambah banyak acara tambahan di bulan puasa, kamu perlu siapkan uang untuk ongkos atau bensin kendaraanmu.

 

4. Belanja Kebutuhan Lebaran

4 Biaya Ramadan

Mempersiapkan dana untuk kebutuhan lebaran perlu dilakukan dari jauh-jauh hari. Seperti membeli kue lebaran, baju baru, dan sebagainya. Biasanya, kamu bisa menghabiskan banyak uang untuk keperluan lebaran. Tapi, kamu bisa ngerem pengeluaran dengan cara tidak berbelanja berlebihan. Misalkan, kalau kamu masih punya baju yang bagus, kamu gak perlu beli baju baru lagi. Atau kalau kamu mau mudik, berarti kamu gak perlu menghabiskan uang untuk membeli kue lebaran di rumah, karena kamu kan akan ninggalin rumah juga hehe.

 

5. Biaya Buat Mudik

5 Biaya Ramadan

Nah, biaya buat mudik itu gak sedikit lho. Kamu butuh untuk bensin atau ongkos, penginapan (jika perlu), makan, dan sebagainya. Kamu juga perlu mempersiapkan dana mudik jauh-jauh hari dan merencanakan itinerary perjalanmu agar kamu bisa mengukur seberapa banyak dana yang kamu butuhkan. Nah, kalau mudik mau lebih hemat, kamu bisa lho beli tiket kereta api. Gak usah jauh-jauh nyari tiketnya. Beli aja di Kudo, semuanya ada! Hehehe

 

Bulan puasa, gak cuma nahan lapar haus aja. Tapi, harus bisa juga nahan nafsu untuk memboroskan uang. Kira-kira kamu punya siasat lain agar lebih hemat di bulan Ramadan ini? Share di kolom komentar ya!

 

Sumber Artikel:

https://majalahnabawi.com/ngabuburit-saat-ramadhan-boleh-nggak-sih/

http://www.genmuda.com/trik-milih-menu-bukber-yang-gak-bikin-jebol-kantong-tapi-tetep-seru-dimakan-bareng-bareng/

http://kaltim.tribunnews.com/2015/07/16/bbm-menipis-jangan-kuatir-karena-spbu-buka-24-jam

https://ramadan.sindonews.com/read/764225/73/belanja-kebutuhan-lebaran-di-tanah-abang-1374559543

https://nasional.tempo.co/read/1095835/menpan-rb-akhirnya-larang-mobil-dinas-dipakai-buat-mudik-lebaran

 

 

Quote
Posted : Mei 16, 2019 11:48

Leave a reply


Maximum allowed file size is 2MB

Bagikan:
  
Working

Please Masuk or Daftar