WASPADA! 5 Mitos In...
 

WASPADA! 5 Mitos Ini Bisa Bikin Batal Puasa!  

 
Bang Kumis [Admin Komando]
Pak RW Supermin

Dalam menjalankan ibadah puasa, banyak hal yang harus dipahami agar ibadah puasanya berjalan lancar dan maksimal. Tapi, di antara kamu pasti pernah merasa ragu karena mendengar sejumlah mitos yang bisa membuat puasa kamu batal. Misalnya, menangis, batal puasa, dan masih banyak lagi.

Kira-kira apa saja sih mitos-mitos yang bisa membatalkan puasa tersebut? Kira-kira benarkah mitos-mitos tersebut?

 

Jadi, biar ke depannya gak salah informasi lagi, cek dulu nih 5 mitos yang bisa bikin batal puasa:

 

1. Menangis

1 Mitos Ramadan

Ternyata, tidak ada hukum tentang menangis yang membatalkan puasa. Jadi, meskipun saat puasa menangis sejadi-jadinya karena mungkin diputus pacar, puasanya tidak batal.

Justru, adanya anggapan menangis membatalkan puasa adalah karena dikhawatirkan kalau adanya air mata yang masuk ke mulut. Menangisnya memang tidak membatalkan puasa, tapi air matanya itu yang bakal bikin batal khususnya ketika tertelan.

 

2. Menelan Ludah

2 Mitos Ramadan

Sebenarnya, menelan ludah hanyalah mitos belaka. Pasalnya, tidak ada sama sekali hukum yang menyatakan bahwa menelan ludah dapat membatalkan puasa.

Ludah asalnya dari tubuh sendiri, jadi meskipun tertelan, tidak terhitung membatalkan puasa. Alhasil saat berpuasa, mereka sangat berhati-hati agar ludah tidak tertelan, bahkan lebih memilih untuk tidur saja agar tidak melakukan hal seperti ini.

 

3. Marah

3 Mitos Ramadan

Tidak ada hukumnya yang mengatakan bahwa marah dapat membatalkan puasa. Benar, hukumnya jika marah menghilangkan pahala dari puasa kita, bukan ibadahnya yang batal.

Meskipun tidak membatalkan puasa, tapi rugi sekali ya kalau tidak dapat pahalanya? Istilahnya hanya kewajibannya gugur, tapi balasan pahalanya tidak sama sekali kita dapat.

 

4. Keramas

4 Mitos Ramadan

Dulu, sering sekali dilarang keramas karena ada yang bilang kalau keramas di bulan puasa itu bisa bikin batal. Ternyata hal itu adalah anggapan yang salah, pasalnya kalau kita tidak keramas selama sebulan, entah bagaimana keadaan rambut di kepala ini.

Sebenarnya hukum keramas yang bakal membatalkan puasa muncul karena ditakutkan air bakal masuk ke tubuh yang sedang berpuasa setelah dibilas. Namun jika kita menggunakan cara yang benar, hal itu dapat diantisipasi.

 

5. Mengeluarkan Darah

5 Mitos Ramadan

Darah yang keluar karena tidak sengaja tidak akan membatalkan puasa. Bahkan, jika darah diambil untuk sebuah tes darah tidak akan membatalkan puasa. Kecuali, jika kita dengan sengaja melukai diri sendiri maka itu bisa batal.

Meskipun keluar darah tanpa sengaja tidak batal, tapi menelannya akan membuat puasa kita tidak sah. Ya, menelan darah yang nyatanya bakal membatalkan puasa karena darah punya rasa sendiri. Namun, untuk darah haid dan nifas jelas hukumnya membuat puasa batal.

Sekali lagi, 5 hal di atas memang terbukti mitos belaka. Tidak hukum yang membenarkan hal tersebut. Jadi, ke depannya jangan khawatir lagi batal puasa karena mitos-mitos tadi ya!

 

Sumber Gambar:

https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/erny/nostalgia-yuk-semasa-kecil-pasti-kamu-percaya-10-mitos-puasa-yang-bikin-deg-degan-ini

http://www.ikhtisarislami.com/menelan-ludah-bisa-membatalkan-puasa-jika-3-hal-ini-luput/

https://www.liputan6.com/citizen6/read/3677415/10-meme-kocak-enggak-mau-ngatain-orang

https://twitter.com/jitunews/status/565163440973443072

https://bimbinganislam.com/flek-ketika-hamil-sholat-mandi-besar/

 

Quote
Posted : Mei 17, 2019 18:25

Leave a reply


Maximum allowed file size is 2MB

Bagikan:
  
Working

Please Masuk or Daftar