[Simak Yuk!] Cara P...
 

[Simak Yuk!] Cara Pintar Tambah Penghasilan untuk Mahasiswa  

 

Bang Kumis [Admin Komando]
Pak RW Supermin
0

1 Komando 10 Juli

Jadi mahasiswa harus berani lebih mandiri pastinya. Salah satu cara untuk bisa mandiri ialah dengan mencari penghasilan sendiri. Nah, apa aja sih jalan untuk menambah penghasilan? Ini dia gaes cara pintar untuk tambah penghasilan bagi mahasiswa! Disimak ya!

 

1. Jadi asisten dosen (asdos) bisa nambah jejaring di kampus plus dapat penghasilan.

2 Komando 10 Juli

Kalau kamu rajin belajar dan mendapat nilai yang bagus di kampus, dijamin deh kamu pasti bakal dilirik oleh dosen dan pihak kampus untuk menjadi asisten dosen. Jadi asisten dosen enak banget lho! Selain menambah penghasilan, kamu juga bisa lebih akrab dengan dosen dan memperbanyak jejaring di kampusmu.

 

2. Jadi guru privat untuk anak-anak sekolah

3 Komando 10 Juli

Selain jadi asdos, kamu bisa juga lho jadi guru privat untuk anak-anak sekolah. Mengajar untuk anak-anak juga seru dan bisa jadi refreshing waktu kamu ketemu dengan tingkah anak-anak sekolahan yang beraneka ragam. Kamu juga bisa membangun kedekatan dengan anak didikmu agar mereka senang belajar denganmu.

 

3. Bisnis buku aja! Sekalian bantu teman-teman

4 Komando 10 Juli

Anak kuliah pasti identik dengan buku. Nah, kamu bisa nih jadikan kebutuhan anak kampus yang satu ini menjadi peluang berbisnis. Tawarkan ke teman-temanmu berbagai buku yang dapat membantu mereka untuk belajar. Lumayan kan, bisa bantu teman dalam berkuliah.

 

4. Jadi penulis lepas. Tambah penghasilan sekaligus mengasah skill

5 Komando 10 Juli

Banyak lho yang butuh jasa penulis lepas atau freelance writer di zaman now ini! Bayarannya juga lumayan karena kamu bisa mendapatkan fee per artikel/tulisan yang kamu buat. Buat kamu yang mau serius menggeluti bidang content writing, menjadi freelance writer di masa kuliah berguna banget untuk  mengasah skill menulismu.

 

5. Usaha makanan. Dijamin ludes saat jam istirahat kuliah!

6 Komando 10 Juli

Gak perlu pusing-pusing mikirin ide bisnis saat kuliah. Jual aja berbagai jenis makanan ringan atau makanan berat untuk teman-teman kuliahmu. Apalagi, kalau teman-temanmu pada mager buat pergi ke kantin. Dijamin bakal laris pas jam istirahat deh!

 

6. Dropshipper barang. Jualan tanpa modal, tapi kantong tetap tebal

7 Komando 10 Juli

Kalau mau usaha yang gak banyak modal, jadi dropshipper juga bisa dilakukan! Kamu tinggal cari supplier barang yang terpercaya dan bisa diajak kerjasama agar jualanmu semakin lancar.

 

7. Jualan pulsa atau token listrik buat kosan aja!

8 Komando 10 Juli

Kalau mau jualan yang lebih gampang tapi penghasilan lumayan, jualan pulsa dan token listrik jawabannya! Kamu bisa lho jualan lewat aplikasi Kudo. Tinggal isi Saldo Pulsa/PPOB atau Saldo OVO Cash, udah bisa langsung jualan deh. Gampang banget kan? Teman-teman kamu langsung pada nyariin kamu buat beli pulsa atau token listrik kosan deh!

 

Berani gak untuk nyoba cara-cara di atas? Kalau kamu punya ide lain atau udah berani coba cara-cara di atas? Ayo share cerita kamu di kolom komentar ya!

 

 

Sumber Artikel:

https://www.moneysmart.id/7-cara-mendapatkan-uang-buat-mahasiswa/

Sumber Gambar:

https://www.idntimes.com/life/education/grace/11-keuntungan-yang-pasti-kamu-dapatkan-kalau-jadi-asisten-dosen
http://lesprivatdibogor.com/2018/08/27/guru-privat-matematika-fisika-kimia/
https://www.radarbanten.co.id/toko-buku-di-pakupatan-selain-murah-juga-jual-buku-lawas/
https://bogor.net/tips-dan-trik-menulis-artikel-dengan-baik-dan-benar/
https://darunnajah.com/siswa-kelas-iii-meramaikan-pesta-besar-siaga-dengan-berjualan/
http://kirimustoindo.com/biaya-pengiriman-barang-dari-amerika-ke-indonesia/
https://www.wilddigital.com/wild-digital-indonesia/program

 

Your Answer


Maximum allowed file size is 2MB

Bagikan:
  
Working

Please Masuk or Daftar